Mencicipi Buah Plum

September 18, 2009 at 12:34 pm 13 comments

Saudi adalah salah satu negeri yang dibanjiri dengan buah-buahan impor, tak hanya buah lokal yang kita kenal di Indonesia, namun juga buah asing dari daerah 4 musim. Buah yang menarik perhatianku adalah buah kiwi, apricort dan plum. Ketika di Indonesia, buah-buahan tersebut serasa jauh dari kantong karena harganya yang gak ketulungan dengan dompet orang Indonesia rata-rata, tapi anehnya, ketika buah tersebut nyampe di Saudi, terasa lebih murah jika dibandingkan dengan harga penjualannya di Indonesia. Kenapa yaa…?? 

Pertama kali mencicipi buah plum adalah ketika seorang saudara membawakan oleh-oleh berupa permen plum, sepertinya plum yang dikeringkan dan diawetkan serta dibuat manisan. Rasanya enak, manis…walau pertama kali kena di lidah berasa asing banget. 

Kedua kalinya, ketika berkunjung ke rumah salah seorang teman di Saudi, beberapa hari lalu. Tapi yang kuicipi saat itu mungkin buah plum yang kualitasnya kurang bagus, sehingga berasa asrep dan agak asem… 

Ketiga kalinya saat berbelanja di mall, setelah kunjungan tadi…kutemukan rak yang memajang buah plum dan buah apricort berdampingan. Itung…itung…itung… buah plum dulu yang kujadikan sasaran icip-icip. Setengah kilogram, dapat 15 buah, harganya sekitar 4,95 real. Bandingkan dengan harga pasaran di Indonesia yang mencapai Rp 30.000,00 per dua buah (sumber:www.situshijau.co.id). Selama di Indonesia, aku sendiri belum pernah menjumpai penampakan buah ini berpose di etalase mall di kotaku. 

Plum yang kubeli adalah jenis red plum, besarnya sedang sebesar bola pingpong. Rasanya…?? Mmm… manis ternyata!! Buahnya berdaging banget, rasanya seperti buah manggis, namun berasa lebih manis dengan aroma yang khas dan daging buahnya yang tebal.

Bijinya seperti biji sawo, bentuk maupun kerasnya namun berwarna kecoklatan dan permukaannya kasar.

 buah plum utuh buah plum dibelah 

Katanya sih banyak manfaatnya.. baca selengkapnya di sini, namun…bagi kita orang Indonesia yang serasa jauh banget sama buah ini baik fisik maupun harganya…kayaknya mending cari alternatif buah lain untuk menggantikan manfaatnya. Yang penting bagi kita kalau sempat mencicipi buah ini adalah untuk membunuh rasa penasaran dan menambah pengalaman merasakan buah-buahan asing … akur???

About these ads

Entry filed under: pertama kali. Tags: .

Award Pertama Buat Blogku Mendadak Baru

13 Comments Add your own

  • 1. cuTezZZ_giRlLzZ  |  September 28, 2009 at 3:33 pm

    aQuw dAh pErnAh mAkAn….
    eNak sAn9aT…
    peNgeN lg tp suSah nyAri nYa…
    hufh..
    thx,

    sip..emang enax… susah nyari?? mending nyari yg ada aja de’…., thanks 4 visiting

    Reply
  • 2. Lenz  |  April 12, 2010 at 9:34 am

    Aq juga sudah pernah makan…
    rasanya enak banget loh….rasa’a menyerupai anggur…

    owowowoow…enak bed…

    yang belon pernah makan coba dech mencari’a soal’a rasa’a sangat enak…

    heee….

    hooh … tapi di indonesia harganya masih muahaaaallll…

    Reply
  • 3. fachrunnisaeva  |  May 24, 2010 at 2:56 pm

    aku juga pernah,,rasanya enak,,seger,,ky anggur,,hahah,,tapi ga bisa d makan bnyak..di pake praktek,,sial!!

    kalau di sana melimpah ruah nis…

    Reply
  • 4. linlin  |  October 7, 2010 at 2:03 pm

    aq Gy MkAn ney … Tp berupa Manisan ….. Ennaaaaaggg Sangadd
    Tp Aq Pngeenn Buah Aslinya .

    Reply
  • 5. Maskur  |  March 2, 2011 at 7:57 am

    4 biji 17 rebu
    rasanya aneh, manis dikit, asem dikit, pahit dikit, tawar banyak

    Reply
  • 6. El Fhivi  |  February 12, 2012 at 11:03 am

    Aku mau jual buah plum neh.. Kbetulan pohon plum yg ditanam bapakku sepulang berhaji 6 th yg lalu dah mulai berbuah… Sapa yg mau..? Datang kerumahku, nicipi gratiiisss….

    Reply
    • 7. vai  |  April 3, 2012 at 7:27 am

      mbaknya ada bibit taneman plumnya gak? kayaknya bagus tuh u disebarkan di seantero nusantara

      Reply
    • 8. wismarus adam  |  April 7, 2013 at 9:50 am

      dimana lokasi rumahnya? saya pingin tahun pohon plum. tks.

      Reply
  • 9. vie  |  March 31, 2012 at 8:31 pm

    tadi aku baru beli buah plum tapi dalam bentuk manisan,ada kok di salah satu mall didaerah bintaro dan harganya terjangkau banget:)

    Reply
  • 10. vai  |  April 3, 2012 at 7:25 am

    hari minggu< 1 april pas di jakarta aku juga beli buah ini, ada yang merah dan kuning kulit buahnya…tapi rasanya manisan yang kuning loh…dan yang bikin seneng hatiku, ternayata haraganya murah banget…cuman 10-15 ribu per kg, itupun isinya dah banyak…….siiiip….apalagi kalo tahu manfaatnya…ehmmmm
    gak rugi lah kita konsumsi ini buah.

    Reply
  • 11. Fani  |  November 25, 2012 at 6:15 am

    Aq jga dh prnah mkan loch,enagh bgt rasa’y jdi pngen lgy

    Reply
  • 12. FebriyanaPratiwi Putri Sasmito  |  May 31, 2013 at 1:35 pm

    aku sudah sering sekali makan buah ini,
    dan semalam baru aku beli lagi di Cilegon di Hypermart,
    benar sekali harga di Indonesia sangat mahal Perkilogramnya Rp. 117.***,ribu
    dan sulit dijumpai di sini,
    aku beli 3 buah dgn harga Rp. 50.000,- mantapya :D
    tapi sesuai dengan rasanya lho, bagi yang menyukai :D

    Reply
  • 13. pasaran bola liga inggris  |  September 20, 2014 at 9:47 pm

    Howdy, only turned into cognizant of your web site by way of Bing, and located it’s truly beneficial. My business is usually very careful intended for the town. I’m going to love for those who continue that later on pasaran bola liga inggris. Other individuals will be gained from the creating. Cheers!

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Blogger

NOVI dengan nama pena SUNFLO ... ^^ Silahkan ambil yang bermanfaat dari sini, tanpa harus meninggalkan jejak atau komentar, kalau mau copas, silahkan, tapi harap yang bertanggungjawab...

sunflo’s Calendar

sunflo’s posting

September 2009
M T W T F S S
« Aug   Oct »
 123456
78910111213
14151617181920
21222324252627
282930  

Translate My Blog

Translate this blog into different languages...
العربية
english
Français
हिन्दी

Archives

Blog Stats since August '09

  • 3,192,577 hits

sedang ada di kebun sunflower

”amung

visitors traffic

Kicauanku

  • Bukan euforia belaka, yg aq butuhkan adalah hakekatnya.. Percuma bila hanya fatamorgana semata.. :( 1 hour ago
  • Nanti malam, mandi kuota paket data, banyakin donlod n banyakin mantengin video, puas2in pokoknya.. :'| ~tepok jidat sambil meratap.. 1 hour ago
  • Alhamdulillaah berhasil membobol.. Setelah memunguti ingatan di tengah sergapan 'amnesia'... #tumblr #lebay 8 hours ago
  • Hati itu selalu mengembara laksana angin... Ilmu dan keimananlah yang dapat mengikatnya. 17 hours ago
  • Persangkaan itu tdk ada gunanya sama sekali untuk meraih kebenaran (hakekat)... 18 hours ago

Flickr Photos

060120131133

2013-01-06 20.13.31

2013-01-06 22.18.13

2013-01-06 22.53.12

2013-01-06 22.53.25

More Photos

Enter your email address to subscribe to this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 376 other followers


Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 376 other followers

%d bloggers like this: