The Kingdom of Saudi Arabia

February 15, 2010 at 11:54 pm 13 comments

Sebelum membahas keistimewaan provinsi per provinsi yang ada di Saudi, ada baiknya kita kenalan dulu dengan yang punya rumahnya yaak… :mrgreen:

***

The Kingdom of  Saudi Arabia (KSA) atau Al-Mamlakah Al-Arabiyah as-Su’udiyah atau yang sering dikenal dengan Arab Saudi, berada di wilayah benua Asia Barat Daya. Sebelah utara berbatasan dengan Yordania, Irak, dan Kuwait; di sebelah timur dengan Teluk Persia, Qatar, Bahrain dan Uni Emirat Arab; di tenggara oleh Oman; di selatan oleh negara Republik Yaman dan di sebelah barat oleh Laut Merah dan Teluk Aqabah.

Beriklim gurun, yang artinya antara musim panas dan dinginnya sangat ekstrim terasa. Sebagian besar wilayahnya terdiri atas gurun pasir, namun ada juga gurun dan gunung berbatu cadas. Gurun yang terkenal di Saudi adalah Gurun Rub Al Khali yang sering disebut sebagai the empty quarter (daerah kosong) terletak di sebelah selatan. Hmm.. padahal dulunya daerah ini dihuni oleh kaum yang mempunyai peradaban yang tinggi, makmur dengan hasil bumi… namun kemudian dibinasakan oleh Allah, dan berubah jadi tempat ‘jin buang anak’… (beneran, ngeri loh…!!)

Ada pula gurun An Nahfudz  yang terletak di bagian utara…. (hehehe… termasuk yang selama ini sunflo share pada temans semua tuuh… :)   ) dan Ad Dahna yang terletak di wilayah timur.

***

Kenapa dinamakan Saudi?? Karena negara ini didirikan oleh keluarga Su’ud (bin Su’ud) yang mana pada tahun 1932, Abdul Aziz bin Su’ud memproklamirkan berdirinya Kerajaan Saudi Arabia.

Nie nama raja-rajanya:

1. Raja Abdul Aziz bin Saud (1882-1953)
Pendiri & Pertama Raja Arab Saudi (1932-1953)

2. Raja Saud bin Abdul Aziz bin Saud (1902-1969) berkuasa pada 1953-1964

3. Raja Faisal bin Abdul Aziz bin Saud (1905-1975) berkuasa pada 1964-1975

4. Raja Khalid bin Abdul Aziz bin Saud (1912-1982) berkuasa pada 1975-1982

5. Raja Fahad bin Abdul Aziz bin Saud (1923-2005) berkuasa pada 1982-2005

6. Raja Abdullah bin Abdul Aziz bin Saud (1924) Penguasa Raja Arab Saudi (2005) saat ini…

Gambar bendera dan lambang negaranya

***

Semua udah tahu, Saudi itu negara makmur, perekonomian utamanya tertumpu pada sektor migas, didukung yang lainnya berupa pertanian terutama kurma dan penyelenggaraan umrah dan haji. Sumber minyaknya baru ditemukan pada tanggal 3 Maret 1938, secara hitungan matematis, cadangan minyak Saudi akan habis dalam masa 60 tahun ke depan…. ( hehehe… makanya sekarang Saudi sedang giat-giatnya menggali potensi alamnya yang lain…   :mrgreen:   )

***

Wilayah Saudi terbagi menjadi 13 provinsi… Nah, ini yang rameee… entar sunflo share pics yang okei punya di tiap provinsinya…. ^^

Al Baha, Asir, Eastern Region (provinsi timur), Hail, Jizan, Al Jouf, Madinah, Makkah, Najran, Northern Boarders (wilayah utara), Qassim, Riyadh dan Tabuk adalah ke-13 provinsi yang ada di wilayah Saudi.

***

Terakhir… pingin tahu lagu kebangsaannya?? Klik aja video di bawah ini… b*.^

terjemahannya nie…

Mempercepat untuk kemuliaan dan supremasi
Memuliakan Pencipta langit
Dan meningkatkan hijau, bendera berkibar-kibar,
Membawa lambang cahaya
Allah Maha Besar
O negaraku,
Negaraku, semoga kau tetap jaya,
Kemuliaan seluruh umat Islam
Panjang umur Raja,
Untuk bendera dan negara

About these ads

Entry filed under: artikel, Saudi Arabia. Tags: .

Keanekaragaman Flora Arab Saudi: Bunga Gurun Provinsi Al Bahah

13 Comments Add your own

  • 1. Dan (TlsnKhdpn)  |  February 16, 2010 at 12:14 am

    Semoga Allah memberkahi dan menjaga negara tauhid ini. Amin. Ingin Indonesiaku menjadi sepertinya.

    aamiin

    Reply
    • 2. bosen  |  June 25, 2011 at 8:30 pm

      ke arab sana

      Reply
  • 3. Dan (TlsnKhdpn)  |  February 16, 2010 at 12:17 am

    Mbak, terjemahkan syair lagu kebangsaanya dong. Syukron. :)

    Reply
  • 4. abrus  |  February 16, 2010 at 6:03 am

    Bu Sunflo, serba ahli tuh … kini jadi ahli sejarah negeri saudi … :)

    Btw kata Sunflo – Negara Saudi ini didirikan oleh keluarga Su’ud (bin Su’ud) yang mana pada tahun 1932, Abdul Aziz bin Su’ud memproklamirkan berdirinya Kerajaan Saudi Arabia.

    Trus Bu, dulu yang didirikan oleh Khalifahurrasyidin (?) yg ‘ngurusin negeri saudi dan khalifah seterusnya / raja-raja (?) sesudah itu kemana? Adakah hubungan dengan keluarga Su’ud ini? (hehehe … sok serius – mode on)

    Reply
  • 5. Kakaakin  |  February 16, 2010 at 6:55 am

    Oooo… gitu toh sejarah namanya… :)
    Lagu kebangsaannya pendek aja ya… nggak kayak Indonesia Raya

    hehehe…

    Reply
  • 6. bintangtimur  |  February 16, 2010 at 7:30 am

    Bendera ijo itu saya udah hafal banget, Sunflo… ;)
    Saya juga baru tau kalo Saudi Arabia itu beda dengan Uni Emirat Arab… :(
    Eh, kalo Sunflo bisa jalan-jalan ke 13 propinsi itu kayaknya seru juga, postingnya pasti keren, menarik dan beda…!
    Lo, diatas saya komen Abrus to?
    Hihihihi…ternyata Abrus juga seorang pemerhati sejarah… :P

    iya dunk…. GF is SUNFLO…………….. b*.^

    Reply
  • 7. Makna Hidup  |  February 17, 2010 at 12:01 am

    Assalamu’alaikum,
    Semoga Rahmat Allah senantiasa bersama miss Sunflo dan keluarga, Amin. Saya suka banget dengan negara Saudi, negara dengan sejarah umat manusia yang sangat luar biasa. Dan kini Saudi benar-benar menjelma menjadi bagian penting di Dunia Internasional. Tak ada janji Allah yang tidak ditepati, termasuk kemakmuran negara-negara Arab ini, Allahu ‘Alam bi Showwab.
    Alhamdulillah, terima kasih banyak Sahabatku atas semuanya, semoga Kasih Sayang Allah senantiasa bersama kita semua, Amin.

    wa’alikumussalam, aamiiin…

    Reply
  • 8. achoey  |  February 17, 2010 at 11:58 am

    baru tahu arti lagu kebangsaannya :)

    Reply
  • 9. wi3nd  |  February 17, 2010 at 3:14 pm

    sayan9 nda bisa you tubenya..
    jadi nda isa den9er la9unya sist :(

    masak siih??

    Reply
    • 10. wi3nd  |  February 22, 2010 at 10:04 am

      iyah,pas buka dikantor

      you tubenya di blokir :(

      nape wi3nd?

      Reply
  • 11. Amir  |  March 31, 2010 at 1:42 pm

    Boleh tahu ngga arti dari lambang pada Bendera Arab Saudi? Trims

    ok… dulu aq sebenarnya pingin juga sertakan arti lambang2 di atas, tapi kupikir apa perlu, gini:

    bendera saudi: kalimat syahadah tau sendiri kan artinya, bahwasanya saudi itu bertekad tuk menegakkan tauhid dan berusaha mengikuti ajaran2 nabi Shalallahu ‘alaihi wa sallam.. atau simplenya negara islam dengan berlandaskan syari’at islam sebagai dasar negaranya

    pedang artinya melambangkan kemenangan dinasti Sa’ud sebagai pendiri kerjaan saudi arabia, dulu mereka kan berkabilah-kabilah, di ka’bah ajah ga ada kesamaan dlm hal ibadah, sholat misalnya,.. nah di bawah pemerintahan bin Sa’ud, saudi dipersatukan dalam satu visi dan misi

    emblem saudi:

    pohon kurma melambangkan vitalitas dan pertumbuhan
    pedang yang bersilang melambangkan keadilan dan kekuatan yang berakar dalam iman

    demikian semoga bermanfaat.
    sumber: splendidarabia.com dan http://www.the-saudi.net

    Reply
  • 12. taufan ali  |  June 2, 2013 at 12:18 pm

    kalau saya lebih mengartikan benderanya begini
    dalam kalimat syahadat itu ada pedang
    barang siapa tidak sesuai dengan sahadat(menurut mereka) akan diperangi simbol dari pedang
    tapi masalahnya koq umat islam yang justru diperngi aqidah di indonesia dengan aqidah mereka
    mengharamkan tahlil bahkan pelakunya dianggap kafir
    sedang amrik yang mengexplore minyak saudi dianggap teman

    mohon dicek kembali kata kata saya bilamana ada keselahan asumsi saya hanya manusia biasa

    Reply
  • 13. oces  |  July 1, 2013 at 1:59 am

    arti lambang bendera arab sauid “diatasnya kalimat syahadat, sedang dibawanya gambar pedang” artinya siapapun yang tidak mau mengakui syahadat atau islam maka akan ditebas dengan pedang, sesuai dengan sejarah islam pada awalnya dulu, mau memeluk islam atau dibunuh…?

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Blogger

NOVI dengan nama pena SUNFLO ... ^^ Silahkan ambil yang bermanfaat dari sini, tanpa harus meninggalkan jejak atau komentar, kalau mau copas, silahkan, tapi harap yang bertanggungjawab...

sunflo’s Calendar

sunflo’s posting

February 2010
M T W T F S S
« Jan   Mar »
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728

Translate My Blog

Translate this blog into different languages...
العربية
english
Français
हिन्दी

Archives

Blog Stats since August '09

  • 3,102,275 hits

sedang ada di kebun sunflower

”amung

visitors traffic

Kicauanku

Error: Twitter did not respond. Please wait a few minutes and refresh this page.

Flickr Photos

060120131133

2013-01-06 20.13.31

2013-01-06 22.18.13

2013-01-06 22.53.12

2013-01-06 22.53.25

More Photos

Enter your email address to subscribe to this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 372 other followers


Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 372 other followers

%d bloggers like this: