Aku dan Mertuaku

May 11, 2010 at 2:25 pm 105 comments

Bagi kebanyakan pasangan suami istri, tinggal dengan mertua merupakan suatu momok tersendiri… hiiiiiiiiiiiiiiiiii … like a night mare…. !!! Hehehe… bener ga siih??? :lol:

Pinginnya siih, setelah berumah tangga, idealnya punya kehidupan sendiri bersama keluarga kita, tanpa campur tangan pihak manapun terutama anggota keluarga besar kita, ya tho??

Tapi kalau terpaksa tinggal ma mertua, gimandra dunk??

Ah.. tenang ajah…. barangkali kisah sunflo ini bisa dijadikan inspirasi yaa… Karena sunflo punya kisah dengan mertua tersayangnya….

Begini kisahnya…

***

Pada suatu hari …. (halah!!! )

Aku berasal dari Solo, Jawa Tengah, hubby berasal dari Cirebon, Jawa Barat. Aku berasal dari suku Jawa yang notabene lemah lembut ( uhuk…uhuk… ), sedangkan hubby berasal dari golongan keluarga jama’ah (sebutan untuk keturunan Arab di Indonesia, lawan kata istilah jama’ah di sini adalah ahwal, untuk menyebut suku selain keturunan Arab), yang notabene sifatnya adalah keras-keras…

Pada tahun 2003, terpaksa ibu mertuaku tinggal bersama aku di rumah sederhana yang kami bangun bersama-sama… dikarenakan abah meninggal dunia, sedangkan hubby adalah anak satu-satunya beliau.

***

Awal-awalnya sih berjalan biasa saja… Namun lama kelamaan mulai timbul gesekan-gesekan… Mungkin lebih dikarenakan kecemburuan kali yaa (bagaimanapun jugaa… ^^ )  … ditambah ada sikapku yang ga beliau sukai, seperti kadang manja dan kolokan… yang tak sesuai untuk sikap seorang istri yang baik …

Pernah ada suatu kejadian yang membuatku nangis keras di depan mertua dan suamiku… dan sejak itu suamiku memberi tips jitu cara menghadapi watak keras keluarga keturunan Arab…

Apaan tuuh tipsnya?? 

” Keluarga arab itu suka ngomong dengan nada tinggi (kek orang marah), baik dalam keadaan normal atau marah… kalau kamu diam saja (secara aku kan orang Jawa… masih pegang unggah-ungguh) … kamu akan kalah meskipun kamu benar… Makanya, bila kamu benar, belalah dirimu di depan mereka dengan argumen … niscaya bila itu kebenaran yang diungkapkan… mereka akan sportif menerimanya, alias terdiam… “

***

Sejak saat itu… aku jadi punya trik dan strategi dalam menghadapi sikap mertuaku dengan menerapkan Arabian Taste di dalamnya… Aku yang tadinya kalem jadi agak pethakilan… secara emang orangnya juga heboh… xexexe … Namun semua itu masih dalam koridor yang wajar… karena kami adalah keluarga yang berusaha menjadikan syari’at sebagai pegangan kami…

Alhamdulillaah ibu mertuaku paham akan agama… suka menghadiri ta’lim… dan berusaha menjadi muslimah yang baik… sehingga setiap persoalan yang ada selalu ditimbang berdasarkan dalil qur’an dan sunnah…

Ibu mertuaku paling sulit untuk menganggap aku sebagai anaknya (hehehe… emang bukan anak kandungnya.. :-P  ) … secara aku sangat ingin dianggapnya kek anak sendiri… Sehingga aku selalu mencari akal dan cara, untuk menaklukkan hati beliau …

Strategi yang aku terapkan adalah berusaha selalu mengalah meskipun aku akui … aku ini punya kecenderungan untuk egois, suka ngatur dan mimpin. Sambil tak bosan-bosannya aku jalin PDKT ke beliau…

Bila ada masalah dengan beliau … pantang bagiku tuk menangis di depan beliau… seringnya aku nangis di dalam kamar… atau di kamar mandi … hehehe… dan setelah itu keluar lagi dengan perasaan yang dibuat biasa dan mata yang udah dipakein celak… biar ga kliatan nangis… :mrgreen:

Aku terapkan cara PDKT yang lainnya dengan sikapku yang humoris dan kocak… sehingga tidak terkesan kaku lagi bila berinteraksi dengan beliau…

Hehehee… anehnya… aku bisa mempengaruhi dan membuat perubahan pada hubby dan mertuaku… sehingga menjadi sosok yang demokrat dan mau menerima perubahan, entah itu dalam pola makan, gaya hidup, bergaul dan gaya bicara… hihihi … dasar si sunflooo….. tukang kompor kelas bantam …

***

Hingga kemudian Allah takdirkan hubby merantau ke Saudi selama 2 tahun… Otomatis aku dan beliau berada dalam satu rumah…

Kesedihan ditinggal orang yang dicintai membuat kami semakin dekat… Kami berdua sering pergi kemana-mana berdua, ke pasar, ke mall, ke tetangga, ke acara-acara keluarga… Ummi jadi semakin dekat ma aku dibanding sama anaknya sendiri, bila ada ganjalan dengan suamiku, malah ummi yang sering curhat ke aku, kemudian aku menyampaikan keluhan ummi ke suamiku seraya menasehatinya… agar memperhatikan tugas dan kewajibannya kepada ibunya…

Kami juga suka curhat-curhatan… Cari hiburan bareng … Dan yang paling gokil… aku ajari mertuaku jadi gaul gan….!!!  hahaha… Ngomong pake bahasa gaul… tampil modis…. aah, pokoknya kliatan muda laah… :lol:  secara kami juga bergaul dengan teman-teman dekat kami yang berjiwa muda semua…

Hihihihi…geli kalau mengingatnya, kata-kata yang sering kami ucapkan saat ngobrol adalah embel-embel kata ‘Coy’ di belakang kalimat percakapan …

Kami jadi serasa kek kakak adik… (emang mertuaku masih terlihat muda) … secara penampilan kami hampir sama secara fisik, sama-sama pake gamis dan kerudung besar, bedanya cuma aku pakai niqab ajah … ^^

***

Hal lucu lagi yang selalu membuatku tersenyum bila mengenangnya adalah…

Aku kan punya langganan tempat fotokopian, yang ngelayani ibu-ibu…. Dia selalu menduga bahwa aku tuh masih gadis… secara suaraku emang kek ABG… (gubraaakkk… !!)  Aku sih cuma ngekek saja… seriiiing banget aku ke toko ibu-ibu itu buat fotokopi kerjaan sekolah …

Pada suatu hari sewaktu aku dan ummi mo belanja di Mall, dan harus menitipkan fotokopian di tempat itu… Aku pesen dulu ma mertuaku, gini…

“Mi… nanti, kalau ditanya sama ibu yang jaga fotokopian itu, “Bu.. ini anak gadisnya yaa??”  entar ummi jawab “Ya” gtu yaaaak…. jangan bilang saya mantunya ummi yaa’… hehehe… buat jaga imej di depan penggemar bahwa saya masih pantes kek gadis… jiahahaha….” 

Gubraaaakkkk…!!!

Ummi ngakak dan berseloroh, “Wadoohhh mantune inyong, mulai ganjen… entar kubilangin suamimu looh…” :lol:

Dan benar juga… Si ibu-ibu itu nanyain seperti yang kuduga, dan ummi pun menjawab, “Iya bu… ini anak saya… “ wkkwkwkwkkkk….

Hehehe…. yessss…. merdeka!!!

Ngekeklah kami berdua di sepanjang perjalanan ke mall… :lol:

***

Alhamdulillah… setelah sekian tahun…, akhirnya aku bisa merebut dan menaklukkan hati mertuaku… Di saat menjelang keberangkatanku ke Saudi … banyak nuansa haru yang tercipta antara aku dan ummi, beliau udah luluh tuk anggap aku sebagai anaknya dan mantu satu-satunya…

Beliau sayang ma aku meskipun kami lama belum dikaruniai buah hati… Bahkan kami bersepakat … kemana-mana kami harus selalu bertiga dalam suka dan duka, hingga ajal yang akan memisahkannya… :-(

Temans… mertua kita bukan musuh, beliau adalah orang tua kita juga…. Berbuat baik kepada mereka, berarti pula kita berbakti pada suami kita masing-masing… Sungguh mereka adalah orang tua kita, meskipun terjadi perceraian antara suami istri… mereka tetep orang tua kita, tetep mahram kita…

Oleh karena itu, mari kita sayangi orang tua dan mertua kita masing-masing yaaak… Doa dan restu mereka-lah salah satu senjata kita tuk meraih kesuksesan hidup di dunia dan di akhirat kelak…

Bagi yang masih belum menemukan celah hati hubungan dengan mertuanya masing-masing… berusahalah tuk terus mencarinya… hingga kan tercipta hubungan kekeluargaan yang indah… bahagia kan menyerta meski hidup dibalut dalam kesahajaan dan kesederhanaan …

***

Miss u, Ummi … Terimakasih atas kebersamaan yang indah kemarin... ^^

About these ads

Entry filed under: renungan dan curhatku. Tags: , .

Aku Juga Pernah Dipanggil “Mas” … :D Kemarin Aku ke Riyadh… ^^

105 Comments Add your own

  • 1. fansmaniac  |  May 11, 2010 at 2:29 pm

    Wuih tumben pertamaxx
    wahaha.. iya kalo tinggal ama mertua emang ggak enak sih ya sunflo :D seperti halnya saya saat ini, kadang nggak enak banget tetapi ya begitulah kehidupan… cerita yang menarik dan menginspirasi…

    O ya, emocotions nya keren… ;)

    makaih fans… ada indahnya juga tinggal ma mertua, fans… melatih dewasa dan kesabaran… ^^

    Reply
  • 2. marisa  |  May 11, 2010 at 2:34 pm

    oo gitu y mba??
    makasih ilmunya ya mba…^^

    yup…

    Reply
  • 3. marisa  |  May 11, 2010 at 2:36 pm

    nanti aja menerapkannya..hihihi….

    ya dong sekarang kan blom nikah… ;)

    Reply
    • 4. marisa  |  May 12, 2010 at 7:09 am

      iya…^^
      doakan mertua saya baik ya mba pas udah nikah kelak….
      saat ini sih baik-baik aja… :)
      bahkan kadang2 beliau ngajak jalan…

      huhuuyyyy… ^^

      Reply
  • 5. marisa  |  May 11, 2010 at 2:37 pm

    mba…mba ga ada mampir keblog saya.. :(

    udaah… ;)

    Reply
  • 6. Asop  |  May 11, 2010 at 2:48 pm

    Alhamdulillah, senangnya… :)

    hooh sop.. ;) alhamdulillaah

    Reply
  • 7. wiwin9  |  May 11, 2010 at 2:55 pm

    wah pengalaman yang sangat menarik,jadi inspirasi buatku kelak kalo punya mertua hehehehhe.thx mbak

    yyuuuiiii… sama2 win9… ^^

    Reply
  • 8. yanrmhd  |  May 11, 2010 at 3:44 pm

    hehehe, siiip..siiip… :mrgreen:
    jadi masukan nih buat ane, hehehe…
    siap..siap klo ntar punya mertua..hahayyy
    dirubah jadi ngakalin si abah.. ;)

    kok abah?? bisa juga loh ma ummi mertuanya kek gtu… ;)

    Reply
    • 9. yanrmhd  |  May 11, 2010 at 8:26 pm

      siiip…dua2nya aja kali yah, ahahayyy :mrgreen:

      yyuuuuuuu’

      Reply
  • 10. gerhanacoklat  |  May 11, 2010 at 4:09 pm

    duhhh merinding aku mbacanya
    seandainya punya mertua kekgitu flo
    *hiks telat*

    semoga ntar dapat mertua yang baik ya Jul… ;)

    Reply
  • 11. sedjatee  |  May 11, 2010 at 4:49 pm

    kisah yang indah… lucu, konyol, brillian…
    bener banget, mertua adalah orangtua kita juga..
    seseorang yang selalu mendoakan kita
    seseorang yang mencintai kita setulusnya..
    Allahumaghfirlahum …

    sedj

    ya mr… aamiiin… mereka adalah ortu kita… ^^

    Reply
  • 12. ysalma  |  May 11, 2010 at 5:03 pm

    benar sekali ceritanya sunflo,, :D
    seneengnya hati mertuanya ketemu mantu yang baik ;)

    alhamdulillaah insyaAllah salma… ^^

    Reply
  • 13. Gema  |  May 11, 2010 at 5:07 pm

    mertua adalah orang tua kita juga, itu idealnya, dan jelas masih bisa di capai, hanya perlu kerja keras lebih….keras lagi……. :(

    ada afa bro… kok gini …. :( samting wrongkah??

    Reply
  • 14. ummumarwa  |  May 11, 2010 at 5:27 pm

    nice story mba sunflo…

    alhamdulillah saya ga perlu tinggal sama mertua, he-he
    tapi jadi berkurang kesempatan tuk lebih dekat dengan beliau walau rumah ga terlalu jauh.

    semoga beliau memahami bahasa hati kami yang penuh hormat dan cinta…

    salam :)

    masyaAllah… meski ga serumah tetep ajah perhatian ya mbak… ^^

    Reply
  • 15. alamendah  |  May 11, 2010 at 5:31 pm

    Wakakakakakakak
    Akhirnya setelah ‘bergesek-gesekan’ dengan sang mertua, toh akhirnya bisa kompak nipu status juga.
    wakakakakakakak

    hehehe… geli aq kalu ingat itu Lam… ganjen banget rasanya… nipu status…. :mrgreen:

    Reply
  • 16. ismi  |  May 11, 2010 at 7:17 pm

    ehiks, Inyong dadi kangen Ibu mertuane Inyooooong :cry: :cry: :cry:

    jiah… kenafa nduk??

    Reply
    • 17. ismi  |  May 12, 2010 at 6:40 am

      yo kangen o’, takon knopo??? :cry:

      :-? apa maning aq sing nang sondang yuah..

      Reply
      • 18. marisa  |  May 12, 2010 at 7:07 am

        hihih..mba ismi ni lucu.. :)
        nyang sabar ya.. :)

        lutuna ismi… :-P

  • 19. fitrimelinda  |  May 11, 2010 at 7:21 pm

    wah… pengen euy belajar ma mbak gimana naklukin hati mertua… ;)

    yuuk sini daftar dulu… :-P

    Reply
    • 20. fitrimelinda  |  May 15, 2010 at 9:54 am

      mesti ngisi form dulu ya mbak…hehehe

      hooh neh

      Reply
  • 21. bundadontworry  |  May 11, 2010 at 7:42 pm

    Alhamdulillah, memang kecocokan anara menantu dan mertua pd dasarnya kembali pd awalnya ada rasa curiga kah atau cemburukah?
    atau hanya termakan cerita2 seram ttg ibu mertua, jadi parno duluan dan pasang strategi ( kayak mau siap2 perang aja :D )

    Mertua bunda tinggal serumah dgn bunda, sejak dr awal pernikahan dgn suami, hingga akhirnya beliau berpulang ke Rahmatullah pun dirumah kami, selama lebih dr 20 thn, kalaupun ada gesekan, gak terlalu berarti,hanya salah paham kecil saja.

    Alhamdulillah lagi ya Mbak Flo, kita diberikan mertua yg baik, juga kita dijadikan menantu yg baik pula :D
    salam

    subhanallah… senang membaca sharing bunda ini… bunda hebat dech… aku juga ingin kek bunda… mendampingi mertua hingga akhir nanti… ^^ makasih ya bunda, jadi terharu nie sunflo…

    Reply
  • 22. Masdin  |  May 11, 2010 at 7:48 pm

    Hmm… yang umum terjadi itu memang antara mantu dan mertua sering ada gesekan-gesekan dan riak-riak kecil, khususnya jika tinggal dalam satu atap. Tetapi yang udah pisah total dari mertua biasanya hal-hal yang semacam itu tidak terjadi lagi.

    Btw, thanks for sharing to us, coy….. :D

    sama2 coy… :-P masing2 ada keunikannya masing2 masdin… ^^

    Reply
  • 23. asepsaiba  |  May 11, 2010 at 8:03 pm

    Ah.. salah lagi! ternyata yg dari Cirebon itu hubby-nya flo.. *hadoh!…

    Andaikan setiap istri memiliki pemikiran sprti mbak flo ini.. menendang jauh ego dan ‘rasa menguasai’ suami.. menganggap mertua layaknya orangtua kandung.. menghormati mereka sepenuh hati… niscaya kehangatan dan kedamaian keluarga akan terpupuk…

    hehehe… berapa kosong kang?? makasih kang… sy nikah ga cuma utk suami, namun buat keluarga kami berdua… ^^

    Reply
  • 24. betea2005  |  May 11, 2010 at 8:14 pm

    semuanya mmg ada hikmahnya…
    alhmdulilah skg malah deket ma mertuanya.

    salam kenal :-))

    iya makasih beti… salam kenal juga… ^^

    Reply
  • 25. setitikharapan  |  May 11, 2010 at 8:15 pm

    Wah asyiknya akur sama mertua, emang menikah selain mencari pasangan juga nambah keluarga dan orang tua. Jadi mertua kan orang tua kita juga. Jadi harus Akuur…
    Tipsnya boleh dicoba tuh.. :D

    semoga adek kelak dapat istri dan mertua yang baik yaak… aamiin

    Reply
  • 26. Duta Aurora  |  May 11, 2010 at 8:42 pm

    Subhanallah….

    jadi terharu bacanya,

    Mba Sunflo, semoga tetap istiQomah menjadi istri yang solehah dan Menantu kesayangan Mother in Law ya.. hehe,

    Salam

    Duta Aurora
    Di Tepian Selat Sunda

    ya Allah.. aq juga terharu baca komenmu de’… makasih yaa…. aamiin atas doanya… ^^

    Reply
  • 27. Ifan Jayadi  |  May 11, 2010 at 8:56 pm

    Wow, patut dicontoh oleh mantu dan mertua yang lain nih. Cos mbak Sunflow telah membuktikan bahwa dengan pendekatan yang baiklah yang akan menjadikan hubungan dengan mertua menjadi terjalin mesra. Tentu perlu waktu dan kesabaran. Nggak bisa langsung-langsung dan sim salabim gitu :P

    yup.. udah jadi naluri manusia normal tul struggle n survive for their life de’… bikin hati nyaman n piss dah… ^^

    Reply
  • 28. mahesapandu  |  May 11, 2010 at 9:02 pm

    ilmu baru nih, menakhlukkan mertua ala sunflo
    boleh..boleh…boleh…

    sip…sip…sip… ^^

    Reply
  • 29. Sing Mbaurekso Gubug  |  May 11, 2010 at 9:30 pm

    wah wah.. aku pengen punya istri Arab… Wakakakka

    hewwdewwwh… aamiin semoga dapet yuah…

    Reply
  • 30. nakjaDimande  |  May 11, 2010 at 9:47 pm

    Subhanallah nouf, segala sesuatu memang tergantung kita.. harus berjuang untuk meraihnya.

    termasuk meraih cinta dari mertua, bundo senang banget baca ceritamu ini.

    terimakasih bundo… ini menggelikan sekaligus mengharukan… saya kangen ma mertua dan ortu saya bundo.. :-(

    Reply
  • 31. Julina Purwaningsih  |  May 11, 2010 at 10:01 pm

    Sama mbak, amku juga tinggal ma mertua, bedanya,, aku yg nebeng tinggal ma mereka :D

    Aku jg org jawa dan kebetulan jg sama, suami ket arab.. cowok satu2nya pula dari 9 bersaudara yg wanita semua.. OMG.. Alhasil mertuaku bergantung sekali dg anak laki2 satu2nya itu..

    Tapi alhamdulillah, aku diberi mertua yg baik dan ipar yg baik2 juga.. sebelum merit sempet ngeri duluan ngebayangin tinggal ma mertua, tapi setelah dijalani.. fine2 aja kok (kok jadi curcol) hehhehe… :mrgreen:

    suksess ya mbak..

    weeh… kita sama ya Jul… masyaAllah… (pssstt dari bangsa apa neh suaminya… xixixiii)…. mereka unik yuaah… yup.. makasih Jul.. 4 u 2 … ^^

    Reply
  • 32. aldy  |  May 11, 2010 at 10:01 pm

    Ach, tidak selamanya hidup serumah dengan mertua adalah momok, buktinya flo bisa tuh.

    alhamdulillaah…dy, meski melewati perjuangan sekian tahun… ^^

    Reply
  • 33. agukusuma  |  May 11, 2010 at 10:22 pm

    salut,, saya acungkan jempol dua-duanya untuk sunflo
    luar biasa, banyak wanita yg sulit bisa beradaftasi dg sang mertua

    wah mas agus.. jadi pingin terbang nie… ^^

    Reply
  • 34. agukusuma  |  May 11, 2010 at 10:24 pm

    dan mungkin para wanita hrs belajar sama mbak sunflo

    aah… bisa ajah… *sambil nyibakin poni* :mrgreen:

    Reply
  • 35. abrus  |  May 11, 2010 at 10:44 pm

    temans … gitu kiat2 ‘inyongggg merebut hati ibu mertua … jadilah ‘mertua sayang banget sama si N*V* TEAK … hari-hari inyongpun indah di kompleks mertua indah …. . :D

    hmm ngomong apa pulak nie org..??

    Reply
  • 36. abrus  |  May 11, 2010 at 11:00 pm

    Hmm … strategi yg jitu, pantut dicontoh … walau awalnya ‘berurai air mata … hiks (kamar tidur s/d kamar mandi jadi saksi) … namun akhirnya … ‘be happy … kini kyknya sunflo ‘rindu berat ama si-umi-mertu … :P

    iya neh kangen ma ummi… :-(

    Reply
  • 37. Afif logicprobe10  |  May 11, 2010 at 11:12 pm

    alur cerita yang enak dibaca… mungkin para mertua juga butuh proses adaptasi yah mbk sunflo.. biar sikon rumah tangga tenang, damai, mengalir seperti air.. :mrgreen:

    terimaksih afif… ^^

    Reply
  • 38. didot  |  May 11, 2010 at 11:25 pm

    cerita ini bikin ngakak,bikin terharu,aduh lengkap banget deh pokoknya kayak gado2…

    thanks udah sharing ya,semoga kelak sayapun bisa meluluhkan hati mertua2 saya hehehe :)

    kok mertua2 ??? hmmmm… :roll:

    Reply
    • 39. didot  |  May 12, 2010 at 7:36 am

      ups ,maksudnya mertua laki dan mertua perempuan,tadi mau nyebut ibu mertua aja,tapi biar gampang disebutnya mertua2 hehehe

      kesannya mau poligami deh diriku ini, dituduh sama kamu nouf ,sumpah belum ada niatan sampai sejauh ini utk itu,kecuali takdir Allah menentukan lain ya :P

      oohh.. leganya… hehehe… blom2 kok udah rencana 2 gtu loh… :-P

      Reply
  • 40. ian abuhanzhalah  |  May 11, 2010 at 11:27 pm

    menantu sayang mertua hehe
    kapan pulang lagi ke indonesia buw..

    entahlah yan.. masih betah di sondang… ^^

    Reply
  • 41. kikakirana  |  May 12, 2010 at 12:17 am

    wiw wiw wiw wiw ,,,, qkqkqkq…..
    selamat dech mbak… atas keberhasilannya menaklukkan hati mertua :D

    yang QK baru tau….
    Sungguh mereka adalah orang tua kita, meskipun terjadi perceraian antara suami istri… mereka tetep orang tua kita, tetep mahram kita… <<< iya ya mbak?? :mrgreen:

    HIDUP!!! ^_^

    hihihi…. makasih kika… ;)

    Reply
  • 42. kopral cepot  |  May 12, 2010 at 12:18 am

    bahagianyah ;)

    yup kopral… alhamdulillaah… ^^

    Reply
  • 43. sapta  |  May 12, 2010 at 12:45 am

    hehe….ceritanya lucu dan indah bgt yah.. menaklukan hati mertua.. hihi.. :mrgreen:

    postingan ini mgkn harus dibaca kakak aq nih.. secara yg aq perhatikan kakak q (ni cewek jg) dan mertuannya kurang dekat gt.. seperti masih ada jarak dan terkesan masih sungkan dari waktu masih serumah sampai pisah rumah dan tinggal sendiri skrng.. blm dapat cara jitunya menaklukan mertua kali.. :mrgreen: semoga bisa menaklukan hati mertua seperti mbak sunflo.. amin.. ;)

    btw bisa jd referensi buat aq jg nih klo dah jd suami…hehe.. thanks sharingnya.. :)

    hehehe… sama2 de’ semoga bermanfaat yaak… ^^

    Reply
  • 44. ekopras  |  May 12, 2010 at 1:08 am

    mantap sekali nih triknya…jitu…
    ayo kepada ibu-ibu muda yang masih gabung dengan mertua, cari trik-trik jitu lainnya ya…kreatif lah.
    Emangnya gampang yah….tapi ya..coba dulu ya.

    hihihi… blom ngerasain yuaah?? ^^

    Reply
  • 45. MU2'  |  May 12, 2010 at 2:13 am

    Semoga kelak dapet mertua yang murah senyum…
    :D

    aaamiiiiiiiiiiiin…. ^^

    Reply
  • 46. julianusginting  |  May 12, 2010 at 8:28 am

    menurutku sebaiknya gausah tinggal di t4 mertua, atau ortu langsung aja beli rumah, jadi bisa gimana aja, bener2 kerasa kalo kita dah punya keluarga…apalagi bagi suami, wow..kerasa jadi kepala rumah tangga..hheehee…

    ini takdir berkata lain o’ de’.. masak mertuaku yang janda itu disuruh tinggal sendian?? sunggun terlalunya diri kami dong… hubby anak beliau satu2nya… :-(

    Reply
  • 47. tomi  |  May 12, 2010 at 9:02 am

    prikitiewww…..
    selamat deh mba.. smua asal dijalani dengan kesabaran dan adanya komunikasi yg lancar pasti akan berjalan dengan baik hehehe..
    kadang kecemburuan dan percekcokkan kan tjd krn ada nya salah paham dan kurangnya komunikasi

    betul Tom… karena kurangnya komunikasi… makasih ya

    Reply
  • 48. Tanti  |  May 12, 2010 at 9:03 am

    Nice Posting mbakku…
    Alhamdulillah, punya mertua seperti mamah, tempat curhat sgala masalah… Loph mamah puoooll…l

    alhamdulillaah mamahnya baik ya tant… ^^

    Reply
  • 49. free blog  |  May 12, 2010 at 9:04 am

    ihiiiiiiii…. jadi seneng kalo mba bisa rukun ma mertua….
    ini pelajaran yg baik buat masa depan saya mba hehehe

    alhamdulillaah bisa buat gambaran yaa de’… ^^

    Reply
  • 50. Mvstova  |  May 12, 2010 at 9:24 am

    hehe. senangnya akur. semoga nanti kalo udah nikah saya bisa rukun sama mertua juga.. diajak maen catur bareng gitu sama si bapakmer. :D

    sip…sip…sip… mancing bareng juga yaak…^^

    Reply
  • 51. Berdebu  |  May 12, 2010 at 9:31 am

    ndak tau ahhh gimana rasanya…. belum nikah atuh…. :-(

    ntar kalau udah nikah tau sendiri kok… ^^

    Reply
  • 52. firdausfarisqi  |  May 12, 2010 at 10:14 am

    klw saya mumpung masih pacaran segera pdkt sama camer, cari muka dikit gak dong :D hehehehheheehhe… soalnya saya haqul yakin , apalagi melihat londisi gaji saya.. untuk sementara pasti tinggal di PMI ( pondok mertua indah ) :D … mudah2an jika sudah ada rejeki bisa tinggal di rumah sendiri, meski sederhana pasti kebabasan dalam rumahtangga lebih terasa :)

    hehehe…. kdang meski udah pdkt sejak dini, tetep ajah ada gesekan… tapi ya jangan takyuut.., enjoy ajah n disikapi secara dewasa pula ^^

    Reply
  • 53. wawansri  |  May 12, 2010 at 10:35 am

    h.h.h.h
    bisa aja nih mbak….
    bisa nyontek resepnya nih…

    btw kok tega amat mbak, mertuanya suruh bo’ong …
    en mertuanya kok ya manut aja ya… ( mantu tersayang nih… )
    h.h.h.

    eehhh…. ga boong kok…. beneran ga boong, emang aq anaknya kan??? hehehe….

    Reply
  • 54. bayuputra  |  May 12, 2010 at 11:05 am

    wah indahnya jika mendengan keakraban bersama mertua tercinta ……
    seperti saya juga akrab dengan mertua saya .. heee..
    sudah seperti orang tua sendiri …

    masyaAllah… bahagia ya bayu… ^^

    Reply
  • 55. rime  |  May 12, 2010 at 11:40 am

    Saya belum menika jadi ga bisa ngebayangin hubungan mantu-mertua, hehehe..

    “Tips” dari sunflo akan selalu saya ingat :)

    semoga bermanfaat yaaa… ^^

    Reply
  • 56. alisnaik  |  May 12, 2010 at 11:50 am

    kalo yang ini saya baca 9/10 lho.. hampir semuanya. hehe.

    kisah yg bagus,
    ntar kalo saya punya mertua, akan saya perlakukan sebaik mungkin :cool:

    masyaAllah…. barakallahu fiikum, sayangi dan perlakukan dengan baik yaa roel… ^^

    Reply
  • 57. abrus  |  May 12, 2010 at 11:51 am

    Sunflo apdetnya sudah sampai ke kampung halaman … kyknya kangen ‘berat nih … :D

    http://abrus.blogdetik.com/2010/05/12/wanita/

    iya… ntar aq kunjungi

    Reply
  • 58. soefah  |  May 12, 2010 at 12:25 pm

    Saluuuuuuuuttt tuk sunflo………………….. bisa aja..

    sama-sama… makasih de’… ^^

    Reply
  • 59. iin syah  |  May 12, 2010 at 12:49 pm

    hihihiiiiiiiiiiiii………..
    sunflo lucu banget sih
    pantesan mertuanyaaa jatuh hati juga
    sama sunflo :-)

    uhuk..uhuk..uhuk… makasih de’.. ^^

    Reply
  • 60. Award Jiwa Sukses « Batavusqu  |  May 12, 2010 at 1:59 pm

    [...] Mbak Sunflo [...]

    makasih bang… keknya kejutan buat ane neh…

    Reply
  • 61. hakim  |  May 12, 2010 at 3:07 pm

    hihi..mertua gaul..blog mertua mba sunflo apaan tuh??

    dooh Kim… blom sempet kenal ma blog, aq udah ke saudi duluan e…. :-(

    Reply
  • 62. bidansmart  |  May 12, 2010 at 4:21 pm

    assalamu’alaikum….mba’….
    absen….

    wa’alaikumussalam… kemana ajah de’?

    Reply
  • 63. didien  |  May 12, 2010 at 4:53 pm

    makasih mbak infonya, suatu saat saya butuh tips menghadapi mertua lainnya :D

    semoga bermanfaat ya..

    Reply
  • 64. Aulia  |  May 12, 2010 at 4:57 pm

    enaknya :)
    tapi saya belum punya mertua ;)

    hehehe… ntar kalu udah punya tau rasanya dech… ;)

    Reply
  • 65. Haryanto  |  May 12, 2010 at 5:48 pm

    tinggal sama mertua memang gak enak

    ga selalu bgtu kok de’… tgantung kitanya ajah… ^^ ini dikarenakan kewajiban kami kpd bliau org tua kami… ^^

    Reply
  • 66. Didien®  |  May 12, 2010 at 6:00 pm

    jadi pengen cepet² punya mertua yg bisa di ajak gokil²an hahahaha…
    pakabar mbak Novvie?
    lama ga berkunjung kesini…maklum kuli lg byk kerjaan hehehe…

    salam, ^_^

    alhamdulillaah baik2 ajah nie dien semoga didin juga yaa

    Reply
  • 67. bri  |  May 12, 2010 at 6:27 pm

    kabarrr baik bundaa sun^^
    waahhh asiik juga poenya mertua kaya begituh….hihihi

    alhamdulillaah kalau baik2 bri… ^^

    Reply
  • 68. bintangtimur  |  May 12, 2010 at 7:09 pm

    Sunflo…saya juga pernah tinggal serumah dengan mertua, waktu suami sekolah selama 6 bulan di Bandung. terus waktu abis melahirkan, baliau juga tinggal 3 bulan di rumah dinas kami yang keciiiiiil banget :P
    Gesekan itu pasti ada, latar belakang keluarga yang berbeda, sifat dan tingkah laku yang tidak sama…
    Tapi Alhamdulillah, saya beruntung pernah tinggal bersama mammie (almarhumah ibu mertua saya…). sebagai sesama isteri tentara, kita sangat cocok kalo bergossip tentang kehidupan keluarga militer…hehehe :P

    beruntunglah anak2 yang bisa berbakti kepada orang tau2nya ya jeng… alhamdulillaah…. ^^

    Reply
  • 69. Bibi Titi Teliti  |  May 12, 2010 at 8:21 pm

    whuaaaaa…
    hebat mbak Sunflooo…
    pantang menyeraaaaah!!!
    Aku kalo ada masalah ama mertua kadang suka ciut duluan…hihihi…
    Tapi Alhamdulillah sampe sekarang sih masih aman2 aja :)

    yeah … harus berani n jangan menyeraaah… merdeka!!!

    Reply
  • 70. udienroy  |  May 12, 2010 at 8:41 pm

    Hmm trimakasih kang? Eh! Mbak, saya kebetulan belum punya mertua, untuk itu saya akan…??

    Akan apa yo???

    Ah nanti sajalah..

    hayooo akan apa??? ;)

    Reply
  • 71. Yui  |  May 12, 2010 at 9:50 pm

    sebagai cowok saya juga mau belajar menghadapi mertua(calon) ahhhh….

    mareee…. ^^

    Reply
  • 72. Bee'J  |  May 12, 2010 at 11:44 pm

    so sweet….
    jarang-jarang tuh mertua akur sama menantu dalam satu atap…
    sukses selalu deh buat sunflo and keluarga.. :D

    terimaksih bee… ^^

    Reply
  • 73. anantobudiarto  |  May 13, 2010 at 3:05 am

    hehe, menantu yang berbudi..! :)

    uhuk…. ^^

    Reply
  • 74. Meliana Aryuni  |  May 13, 2010 at 5:59 am

    Menantu yang baik….Salut, pribadi yang berbeda disatukan dalam kasih sayang.Indahnya….

    alhamdulillaah…. makasih Mell…. ^^

    Reply
  • 75. adelays  |  May 13, 2010 at 9:48 am

    Hi.. Sunflo..
    Hehehehe.. tips jitu dari salah satu ketidak cocokan kalian berdua yang akhirnya secara sinergi bisa diambil hal positifnya..

    Salut sunflo.. Selamat atas keberhasilannya mengambil hati orangtua yang dalam hal ini mertua.

    Semoga rukun rukun selalu kedepannya.

    alhamdulillaah de… aamiiin makasih atas doanya… ^^

    Reply
  • 76. asih  |  May 13, 2010 at 9:59 am

    hem,,,,dan taukah bu…selepas bu nv k saudi hampir tiap hari ummi slalu panggil namaku dg sebutan namamu,,berarti menandakan?
    tapi syukur Alhamdulillah dengan banyaknya anak2 yg tinggal dirumah suasana rumah jd rame n seger

    masyaAllah.. terharu dengernya Sih… titip ummi yaaak… :cry:

    Reply
  • 77. dedekusn  |  May 13, 2010 at 10:58 am

    Ikut senang membacanya, mertuamu pastinya sangat mendambakan menantu sptimu.
    SUkses!

    alhamdulillaah…. aamiiin… makasih de…

    Reply
  • 78. monda  |  May 13, 2010 at 10:59 am

    ummi yg nemenin siapa dong sekarang?

    baru di sini tau arti jamaah
    pernah aku disangkain jamaah juga… padahal nggak ada garis turunan arabian di keluargaku

    ditemenin ma anak2 kos mbak… ^^ waah mbak kek arab pastinya… ^^

    Reply
  • 79. cempaka  |  May 13, 2010 at 10:59 am

    huaa. tipsnya cucok mbak..

    ntar bisa saya terapkan… mana tau sy ntar nikah sama arab2 g2 wkwkw *ngarep.com*

    aamiiin…. moga mas sutrisnonya keturunan arab juga yaa… ^^

    Reply
  • 80. dedekusn  |  May 13, 2010 at 11:00 am

    Lagi2 komentarku barusan menghilang ketangkep, keluarkan ya! hehe…

    Mertuamu pasti mendambakan menantu sptimu…

    iya nih de… aki emang kejjaaaaamm… !! makasih de

    Reply
  • 81. yasiin  |  May 13, 2010 at 11:56 am

    sabar aja…
    namanya juga pengantin baru…
    musti saling beradaptasi ^^!

    ooopppsss…!! *.*

    Reply
  • 82. Kakaakin  |  May 13, 2010 at 12:14 pm

    Kasihan ummi ditinggal sendirian deh :(
    *sedang memimpikan dapat mertua yang baek* :mrgreen:

    ummi sama anak2 kos Kin…. aamiiin dech

    Reply
  • 83. achoey  |  May 13, 2010 at 1:02 pm

    Maaf baru ngeblog lagi nih :)

    A dan camer malah ska chating. Akrab bgt deh :)

    buat ngerancang hari pernikahan ya a’… ;)

    Reply
  • 84. delia4ever  |  May 13, 2010 at 1:37 pm

    membaca pengalaman mbak sunflo jadi semakin yakin ..:D

    Lia juga kayaknya ntar tinggal ama mertua….

    Doakan semoga lancar ya mbak.. heheheh

    aamiin.. yang sabar ngadepin mertua nantinya ya de…

    Reply
  • 85. Berdebu  |  May 13, 2010 at 3:51 pm

    kunjungan sore ah…..salam hangat

    makasih vir… ^^

    Reply
  • 86. Nanang  |  May 13, 2010 at 5:43 pm

    Pengalaman yang menarik, bisa d jadikan tips neh. emang gampan-gampang susah untuk dekat sama mertua. saya sendiri serumah sama mertua (nenek mertua karena ibunya sang istri udh meninggal) sedangkan dari kecil, istri diamanati mengurus neneknya.

    subhanallaah… beruntunglah anak2 yang diserahi dan diamanahi orang tua, de’… manfaatkan itu tuk meraih surgaNya… :-)

    Reply
  • 87. Caride™  |  May 13, 2010 at 7:01 pm

    ntar kalo udah punya mertua juga mo aku ajakin gaul ahhh hehehehe… *dugem kali yah?*

    hehehee… ada2 saja…

    Reply
  • 88. d-Gadget™  |  May 13, 2010 at 7:02 pm

    mulai sekarang mo cepet² cari mertua ahh..biar bisa ngerasain enaknya punya mertua hihihihi..

    ayoooo cepetan cari mertua…. ^^

    Reply
  • 89. yoriyuliandra  |  May 13, 2010 at 9:00 pm

    Waduh.. Si Sunflo lagi kumat nih narsisnya :lol:
    Btw, mertua kan juga terhitung orang tua, jadi anggapan dan opini yang terbentuk selama ini tentang mertua yang gimanaa gitu harus dihilangkan. Lagi-lagi, mereka adalah orang tua (baca: parents)
    Walaupun parents in law, tapi kan parents.
    *kek yang udah punya mertua aja… :mrgreen:

    bener kok Yo emang kek gtu… bagus sekali pemikiranmu… salut dech, masyaAllah… ^^

    Reply
  • 90. asfan  |  May 13, 2010 at 9:35 pm

    lho berasal dari solo juga to ?

    iya de’… :mrgreen:

    Reply
  • 91. Wahyu Reza  |  May 13, 2010 at 10:40 pm

    gdubrak… seluruh kemampuan dikeluarkan ya bu waktu itu? g bisa bayangin deh abis nangis tu mukanya gimana wkwkwkwkwk…..

    kadang aq buat tidur dulu biar rada netral nie mata rez… :mrgreen:

    Reply
  • 92. Rina  |  May 14, 2010 at 1:44 am

    Menyimak cerita yang menarik ini..
    Secara saya belum punya mertua..hehe
    semoga nanti juga bisa sprti mbak sunflo…akur n gaul gettoh..
    mertuanya ikut2an gaul… :-)

    aamiin semoga ya de’…

    Reply
  • 93. desicandra  |  May 14, 2010 at 10:21 am

    Alhamdulillah, mertuaku juga sangaaaattt baik dan sayaaaaang sekali denganku…

    masyaAllah… barakallaahu fiikum mbak… aamiiin ^^

    Reply
  • 94. RyZack  |  May 14, 2010 at 3:02 pm

    Diem aja, soalnya belum berkeluarga dan sepertinya masih lama deh saya bakal berkeluarga, hihihihi.. Tulisan Sunflo ini siapa tahu bakal jadi bahan pelajaran saya kelak :D

    semoga bermanfaat ya Ry… ^^

    Reply
  • 95. cara mengatur keuangan  |  May 14, 2010 at 3:30 pm

    Sebelum kita masuk dalam suatu ikatan semeetinya kita mmg harus tau bnyk dulu ttg pasangan kita termasuk jg kebudayaannya,…
    Biar enjoy gto,…
    Slamat dah,…..

    hooh makasih dah… ^^

    Reply
  • 96. tommy  |  May 14, 2010 at 4:25 pm

    numpang lewat :)

    mareee..

    Reply
  • 97. fajar  |  May 15, 2010 at 1:17 pm

    mertua ky gitu perlu dijinakin pake ap ya?hehehhe…
    nnti deh aq bljr dr mbak novi,kalo udh married seh…wkwkwkk..

    sip…sip… sip.. hehehe

    Reply
  • 98. idana  |  May 15, 2010 at 11:30 pm

    enak ya kalo punya mertua yang baik kek gitu, tp tergantung sikapnya kita juga yaaa…
    mudah2an nanti mertuaku baik yaaa hehehe

    semoga dapat mertua yang baik n penyayang yaaak… ;)

    Reply
  • 99. rhainy  |  May 17, 2010 at 7:07 pm

    mertua bukan musuh kita, mereka juga orang tua kita…setuju!!
    hhehehe…semangat nih mbak…soalnya mertuaku juga gak kayak yang di cerita2…mertuaku baek, nerima semua menantunya apa adanya…jadi ikutan kangen….hihihihi

    alhamdulillaah funya mertua yang baik ya mbak… hehehe

    Reply
  • 100. agoenk70  |  May 18, 2010 at 9:54 am

    woalaahh ternyata ada trik2nya hehe…
    bermanfaat sekali buat suatu saat klo sudah menikah…..

    mantaabzz gan… hehehe

    Reply
  • 101. febty  |  May 18, 2010 at 1:35 pm

    belum bisa komen ttg ini, mbak novi. secara ke tempat mertua juga baru hitungan jari lima :D

    waah… baru dikit ya fet… ;)

    Reply
  • 102. myrna  |  May 19, 2010 at 5:58 pm

    slm kenal ya sunflo…….
    seneng baca tulisan sunflo, apalagi kali ini yang dibahas soal mertua. sangat menginspirasi.
    trimakasih ya kak…………….

    kenal juga de’ makasih yaa… ^^

    Reply
  • 103. ahsanfile  |  May 19, 2010 at 6:43 pm

    Curahan hati seorang menantu
    xixixixiii

    biar rukun emang kudunya menantu perempuan diserumahkan dengan ibu ..

    setujuuuu

    setujuuu dan mari kita sayangi mertua… ^^

    Reply
  • 104. asma  |  April 25, 2014 at 2:49 pm

    Memang ga enak tinggal ma mertua, seperti saya skrg INI, apalagi saya blm d karuniai momongan..tapi namanya hidup past I ada senang Dan sedih nya….di nikmati saja…

    Reply
  • 105. mamaray  |  June 23, 2014 at 12:45 pm

    ngakak baca ini *ups

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Blogger

NOVI dengan nama pena SUNFLO ... ^^ Silahkan ambil yang bermanfaat dari sini, tanpa harus meninggalkan jejak atau komentar, kalau mau copas, silahkan, tapi harap yang bertanggungjawab...

sunflo’s Calendar

sunflo’s posting

May 2010
M T W T F S S
« Apr   Jun »
 12
3456789
10111213141516
17181920212223
24252627282930
31  

Translate My Blog

Translate this blog into different languages...
العربية
english
Français
हिन्दी

Archives

Blog Stats since August '09

  • 3,102,332 hits

sedang ada di kebun sunflower

”amung

visitors traffic

Kicauanku

Error: Twitter did not respond. Please wait a few minutes and refresh this page.

Flickr Photos

060120131133

2013-01-06 20.13.31

2013-01-06 22.18.13

2013-01-06 22.53.12

2013-01-06 22.53.25

More Photos

Enter your email address to subscribe to this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 372 other followers


Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 372 other followers

%d bloggers like this: