Sunflo Bisa Bikin Kerupuk Gendar Tanpa Bleng Neh… ^^

May 22, 2010 at 5:54 pm 84 comments

Jumpa lagi ma sunflo di sini yang masih tetap merindukan Indonesian Taste…

Kali ini mo bicara tentang kerupuk aahh… ^^

Kerufuk adalah barang yang harus ada sebagai teman kami buat menyantap nasi… Kalau ga ada kerufuk, serasa sepi dech acara makannya … serasa ingin banget mukulin kaleng biar terasa hingar bingar n heboh….  hehehe..

Emang di saudi ga ada kerufuk??

Ada siih banyak yang jual.. tapi kebanyakannya kerufuk udang dan kerupuk  rasa bawang… Dan bagiku serasa membosankan…

Karena yang kusukai banget adalah kerupuk ….

g e n d a r

hehehe

***

Apaan Tuh Gendar??

Kerupuk gendar adalah kerupuk yang terbuat dari beras… Tau kan?

Dulu sewaktu masih ABG, aku sudah bisa bikin kerupuk ini sendiri, secara diajari sama ibuku…

Pakai nasi sisaan yang dicampur dengan bleng … lalu dikukus, kemudian ditumbuk, diiris-iris tipis n then dijemur… jadi dech… :mrgreen:

***

What is Bleng Itu??

Bleng adalah adalah campuran garam mineral konsentrasi tinggi yang dipakai dalam pembuatan beberapa makanan tradisional, seperti karak atau gendar. Sinonimnya natrium biborat, natrium piroborat, natrium tetraborat.

nie penampakan bleng … ^^

Bleng digunakan untuk mengembangkan atau mengenyalkan serta memberikan aroma dan rasa tersendiri pada kerupuk gendar.

Setahuku, membuat kerupuk gendar harus pake bleng, biar OK gtoh… Aku coba cari bleng di toko yang menjual bahan makanan Indonesia di Saudi… Tapi apa yang kudapat?? Hmm.. harganya mahal amiir, temans… :(  20 real (hampir 50 ribu rupiah) ukuran 20x20x3 cm. Gak jadi beli deh… sayang fulusnya… :mrgreen:

Terus aku coba tuk nitip salah seorang mahasiswa Universitas Madinah yang akan balik ke Saudi dari liburan panjangnya… Eh, dianya ga berani bawa… Soalnya entar disangkanya narkoba oleh petugas bandaranya… Hmm, gagal juga aku mendapatkan bleng itu … :-(

***

Terus Gimana??

Akhirnya aku iseng-iseng nyari info tentang pembuatan kerupuk gendar ini … Eh, alhamdulillaah nemu!! Bikin kerupuk gendar kesukaanku tanpa pake bleng… ^^

***

Pingin Tahu Cara Bikinnya??

siapkan nasi putih … bawang putih diuleg halus, merica, garam dan penyedap rasa, semuanya dikira-kira ajah ukurannya… (soalnya aku kalau masak pake perasaan siih… :roll: )

Terus… bumbu halus + nasi dicampur jadi satu, campuri sedikit air dan 1 sdm tepung kanji, dan urab sampai rata… lalu, dikukus beberapa menit

setelah dikukus, nasi berbumbu itu ditumbuk (ditetel) kek macam mo bikin jenang/jadah …

kek gini nie… sampai halus

terus di’bebas’kan dari bungkus plastiknya…

diiris-iris …

hmm… karena ga pake bleng, jadi ya nggak kenyal, sehingga rada susah ngirisnya … :-(

Atau bisa juga dicetak kok… pake plastik terus dipenyet-penyet gtu…

lalu dijemur sampe kering…

dan…

digoreng…

n then …

taraaaaaaaaa….

jadi deh… hehehe…

Kerupuk Gendar Buatan Sunflo … ^^

Alhamdulillaah .. sekarang aku ga usah pusing-pusing lagi nyari kerupuk gendar kesukaanku… Tinggal bersusah payah sedikit ajah tuk mendapatkannya…

***

Satu keuntungan lagi, kerupuk buatanku ini ga pake bleng, secara bleng itu mengandung asam borat atau boraks yang berbahaya bagi kesehatan sehingga produk makanan yang dihasilkan menjadi tidak aman…

Jadi???

Jadi… ya halalan wa thayyiban laah kerufuk gendar buatanku ini … hehehe…

Ada yang mo nyoba juga??? Silahken… ^^

About these ads

Entry filed under: kuliner. Tags: , .

Singkong VS Kentang di Saudi Perang Melawan ‘Teroris’

84 Comments Add your own

  • 1. marisa  |  May 22, 2010 at 6:15 pm

    mau…. :)
    lumayan mba..buat nambah2 pengahisal di sana.. :mrgreen:

    hooh neeeh… ;)

    Reply
    • 2. marisa  |  May 22, 2010 at 6:16 pm

      penghasilan maksudnya

      Reply
  • 3. marisa  |  May 22, 2010 at 6:15 pm

    pertamaxxxxxxxxxxxxx

    horeeee

    Reply
  • 4. an9el  |  May 22, 2010 at 6:21 pm

    wahhh mau doonk kerufuk gendarnya :D *harap2 cemas pertamax*

    Reply
  • 5. an9el  |  May 22, 2010 at 6:21 pm

    noh ke emmpat :((

    gafafa…

    Reply
  • 6. aby umy  |  May 22, 2010 at 6:28 pm

    enak tu kayaknya,,,

    bagi dunk mbak flow?

    xixiixiii.. suruh bikinin umy…

    Reply
  • 7. kang ian  |  May 22, 2010 at 6:58 pm

    yang peting rasa kerupuk gendar..kalao dilihat lihat mirip lah hahaha

    kok gtoh?? :-(

    Reply
  • 8. desicandra  |  May 22, 2010 at 7:00 pm

    Kalau di saya namanya krupuk puli, ibu yang suka membuatnya. Saya sih tinggal makannya soalnya paling males bikinnya tapi paling mau makannya ^^
    Ngomong-omong itu uleg-ulegnya dapat dari mana? Bawa dari Indonesia to? Apa beli di Saudi ?

    bawa dari indo mbak… di sana ada tapi dari kayu…

    Reply
  • 9. idebagusku  |  May 22, 2010 at 7:03 pm

    asyik komenku masuk 10 besar
    memang yah kalo ibu-ibu urusannya makanan mulu, jadi suka laper lah liat makanan teh

    hehehe… emak2 gtoh… ^^

    Reply
  • 10. muhasabahcinta  |  May 22, 2010 at 7:06 pm

    nyam..nyam… mbak sunflo masak kerupuk gendar neh jadi pengen… tapi kok kerupuk gendar nya hampir mirip dengan makanan disini ya mbak di kota medan namanya rengginang, klw rengginang dibuat dari pulut mbak bukan nasi… tapi tak apalah apapun makanannya yang penting enak apalagi klw dikasih gratis hehehehe :D

    apa tuh pulut de?? getah nangka kah?

    Reply
    • 11. blumbik  |  October 1, 2010 at 10:42 am

      pulut itu ketan bah.. :D

      Reply
  • 12. bintangtimur  |  May 22, 2010 at 7:28 pm

    Ternyata ada percobaan baru lagi nih di dapur Sunflo…krupuk gendar tanpa bleng :P
    Saya juga suka krupuk gendar, tapi nggak pernah bikin sendiri…langsung beli mentahnya apa matengnya aja…hehehe…apalagi kalo dicampur bumbu pecel, duh, itu kerupuk jadi berlipat-lipat enaknya ;)
    Sunflo, nggak bisa log in di bintangtimur nih, jadi belom bisa balas komen Sunflo deh…blogdetik, kenapa rewel ya :(

    iya jeng blogdetiklagi bmasalah ya … sy jarang bisa berhasil ke sana neh

    Reply
  • 13. Julina Purwaningsih  |  May 22, 2010 at 7:32 pm

    wahh.. hebat bgt mbak bisa bikin kerufuk gendar..
    pasti tangan pegel bgt yak, soalnya sampe halus gituu :mrgreen:
    keliatannya enak.. mauuuuuuuuuuuuuuu…. hehhehee

    hooh enak nieee… ^^

    Reply
  • 14. nakjaDimande  |  May 22, 2010 at 7:34 pm

    Tuh kan, dengan keterbatasan justru sunflo makin kreatif
    dan bisa bikin gendar tanpa mengunakan zat yg berbahaya.

    saluuuttt..!

    yeaah terimaksih bundo

    Reply
  • 15. Goda-Gado  |  May 22, 2010 at 7:44 pm

    sebenarnya beda mbak antara kerupuk gendar dengan kerupuk beras..

    lebih enak yg kerupuk beras..
    di Solo istilahnya KARAK.

    sy coba cari2 di jkt ga ada Karak.

    kalau aq sukanya gendar …

    Reply
  • 16. Ruang Hati Blog  |  May 22, 2010 at 8:03 pm

    lapar-lapar :D
    selamat berakhir pekan sobat semoga lebih sukses di minggu ini juga minggu depan

    makasih de

    Reply
  • 17. asfan  |  May 22, 2010 at 8:18 pm

    wah di arab kok ya masih sempat bikin karak…ha2…^_^

    pingin o’ de

    Reply
  • 18. setitikharapan  |  May 22, 2010 at 8:18 pm

    Wah edy kalau ketempat nenek selalu dibawain kerufuk gendar sampai satu kardus mbak. Mblenger ngabisinnya. :D secara dia rajin banget buat kerufuk yang satu ini.

    aku juga mo bikin lagi neh de

    Reply
  • 19. bluethunderheart  |  May 22, 2010 at 9:14 pm

    nanti kalau ke bogor blue kasih y……..heheeh
    salam hangat dari blue

    aq blom pernah ke bogor nie blue… ;)

    Reply
  • 20. abrus  |  May 22, 2010 at 9:28 pm

    Bleng digunakan untuk mengembangkan … kyk ‘ragi dong … :)
    truz Bleng mirip narkoba … bahaya juga, jangan coba2 deh bawa2 ‘barang itu … :D

    ya ga kek ragi bgt2 brus

    Reply
    • 21. abrus  |  May 23, 2010 at 7:42 am

      Sayang saya punya pengalaman ama kerupuk Gendar … bagi saya kerupuk ya kerupuk, gak tau nama2nya …

      weh … tapi suka ma kerupuk2 jg kan?

      Reply
      • 22. abrus  |  May 23, 2010 at 8:32 am

        maksudna : Sayang saya GAK punya … dst…. (maaf) … :)

        weeh.. :-?

  • 23. zee  |  May 22, 2010 at 9:29 pm

    Wah kreatif sekali. Boleh juga kalau mau didagangkan itu… :)

    Reply
  • 24. ysalma  |  May 22, 2010 at 10:15 pm

    kayaknya kriuk-kriuk deh tuh kerupuknya,..mantaf..

    hooh neh

    Reply
  • 25. monda  |  May 22, 2010 at 10:24 pm

    ho..hoo…hooo..emang sunflo itu pejuang banget deh
    demi selera apapun dikerjain…

    maju terus pantang mundur mbak… ^^

    Reply
  • 26. yani  |  May 22, 2010 at 10:55 pm

    aku suka kerupuk jenis ini kalo di Jawa, tapi sering takut karena ada bleng-nya mba :( ya ntar nyobanya kalo dah di bogor aja deh, di sini ngga sempet niy mo masak2 spesial gitu, pake dijemur pula, haha..btw, makasih ya resepnya :)

    dioven juga bisa katanya yan… ^^

    Reply
  • 27. didot  |  May 22, 2010 at 11:04 pm

    hmm temanya makanan terus nih ,jadi laper :)

    besok pesen bikin nasi gila dong nouf ,tau gak??

    nasi gila Dot???!! :shock: ga tau … :-(

    Reply
    • 28. didot  |  May 24, 2010 at 9:21 am

      nasi gila itu kayak nasi goreng tapi gak digoreng nasinya,semua bumbunya diorak arik aja hehe :P

      mmm.. ada gambaran sekarang

      Reply
  • 29. kikakirana  |  May 23, 2010 at 12:14 am

    selamat…..selamaattttttttttttt……….

    HIDUP!!! ^_^

    makasiih.. ^^

    Reply
  • 30. idana  |  May 23, 2010 at 12:19 am

    itu kerufuk kesukaankuuuuuu
    bagiii donk :D

    cuba bikin sendiri da… ^^

    Reply
  • 31. iin syah  |  May 23, 2010 at 12:23 am

    waaahhh
    resep sunflo ok buanget………
    sunlfo pinter deh……… :-)
    mauuu dong………..
    kerupuknyaaa…………………

    mo nyuba sendiri kan??

    Reply
  • 32. ummumarwa  |  May 23, 2010 at 12:33 am

    gendar memang siip,,,
    apalagi buatan sendiri tanpa zat berbahaya
    telaten ya mba sunflo… :)

    alhamdulillaah mantaabzz jeng

    Reply
  • 33. Mamah Aline  |  May 23, 2010 at 12:51 am

    jadi inget jaman dulu deh liat kerupuk gendar ini, di majalengka banyak yang jual tapi di ciamis susah nyarinya… sunflo selalu kreatif soal makanan siiip..

    makasih jeng… ^^

    Reply
  • 34. Ifan Jayadi  |  May 23, 2010 at 3:49 am

    Wah, hebat juga nih usahanya. Bertahan dari serbuan makanan2 timur tengah dan selatan dengan mencoba menghadirkan variasi penganan khas tanah air. Mantap tuh…

    aq tetep org indonesia kok fan… kangen ma makanan indo… :-(

    Reply
  • 35. abu ghalib  |  May 23, 2010 at 5:12 am

    *ngiler

    hmm… :-?

    Reply
  • 36. PakOsu  |  May 23, 2010 at 5:13 am

    wah jadi kepengen nyicipin..

    silahken… ^^

    Reply
  • 37. Den Hanafi  |  May 23, 2010 at 5:17 am

    bagi dong mbak gendarnya…. kayanya enak bila dimakan sambil nonton bola. hehehe….

    beli di warung terekat de’

    Reply
  • 38. cempaka  |  May 23, 2010 at 5:46 am

    ini baru cewek bgt :)

    bisa bikin krupuk ehhehe
    :D

    hehehehe…

    Reply
  • 39. Nanang Abdullah  |  May 23, 2010 at 6:23 am

    Hi..hi..baru tau krupuk gendar (kalau d tmpt saya lagendar) pakai blank, aeh…bleng. Selama ini tau tinggal makan doang.

    itu mah di dunia neblog kale nang…

    Reply
  • 40. kyra.curapix  |  May 23, 2010 at 7:01 am

    aku minta boleh
    kayaknya enak
    hhaha

    yup enak banget neh

    Reply
  • 41. Ari Aja Ahh  |  May 23, 2010 at 8:13 am

    wkwkwkwk
    keren Oey ,,,, ;d

    oia, kalau ga ada sainganya, jualan Gendar aja sekalian disono ekekekek ..

    oia, sekalian juga dongs BIKIN KERON wkwkwkwk ;d
    masih saudaraan tuh ;d

    weeh apa tuh keron ri aku ga n blom tau neh

    Reply
  • 42. yanrmhd  |  May 23, 2010 at 8:22 am

    wah, mau dooong ‘flo :mrgreen:
    ternyata banyak manfaat ya tinggal disana, tuh jadi bisa bikin
    kerufuk sendiri, hehehe…
    ntar buat apalagi nieh??? :D

    ayo tetep smangat!!! bisa2 buka fabrik kerufuk tuh disana,
    kerufuk gendar sunflo cihuyyy :lol:

    makasih yan… semangat!!

    Reply
  • 43. achoey  |  May 23, 2010 at 8:34 am

    wah sudah lama saya tidak mencicpi kerupuk gendar
    rindu rasa khasnya

    ummi, kirim donk via email biar saya bisa mencicipinya :D

    Pagi bening lagi sibuk nyiapin pernikahannya :)

    kapan seh a’ hari Hnya?? :-?

    Reply
  • 44. dedekusn  |  May 23, 2010 at 8:40 am

    Ternyata Sunflo rajin juga ya, kreatif… salut,
    salah satu tipe wanita idaman kayaxnya nih :mrgreen:

    uhuk..uhuk… thx…^^

    Reply
  • 45. sunarnosahlan  |  May 23, 2010 at 8:55 am

    biasanya mertuaku bikin gendar juga nggak pake bleng, padahal untuk beli gampang

    sama ya pak.. ini pengalaman saya yg baru neh

    Reply
  • 46. yangputri  |  May 23, 2010 at 11:28 am

    mbaaaaaaaakkkk kreatip banget seh…..
    xixixixixixiii

    yuhuuuuuuuuuuuuu… ^^

    Reply
  • 47. Den Hanafi  |  May 23, 2010 at 12:04 pm

    mbak maaf nih OOT. ternyata eh ternyata, link kita belum bertaut. hehe….
    supaya silaturahmi dapat terjalin dengan baik, linknya sudah saya pasang mbak.
    terima kasih.

    udah kupasang de’.. makasih yaa

    Reply
  • 48. Kakaakin  |  May 23, 2010 at 12:35 pm

    waktu diriku KKN di desa, sering banget bantuin ibu inang kami waktu bikin krupuk gendar ini untuk camilan kami para mahasiswa. Puegel banget mbak, waktu numbuknya :(
    Tapi rasanya lumayan juga :)

    kalau pake bleng membuat pegel kin… enakan ga pake bleng keknya…

    Reply
  • 49. camera  |  May 23, 2010 at 1:44 pm

    aneh banget…
    hehehe….
    tapi sukses ya…..

    makasih..

    Reply
  • 50. Tanti  |  May 23, 2010 at 1:55 pm

    itu kesukaaan ku jugaaaa… bleng itu bikin renyah gak?? trus hasilnya gak pake bleng piyee.. enak kan.. renyah..? gak bikin gigi rontok kan..? hehhe :mrgreen:

    ajah ngece sampeyan tant.. iki renyah loooh… aman n sehat tanfa bleng…. ^^

    Reply
    • 51. Tanti  |  May 24, 2010 at 8:29 am

      huahahahaaaa…. oce mbak… kalo gituh mau tak cobain… tapi kayaknya dirumah nasi gak pernah sisa deh..

      pake nasi baru tant..

      Reply
  • 52. lyna riyanto  |  May 23, 2010 at 3:55 pm

    kerufuk nya bikin ngiler mbak :)
    emang kreatif banget mbak yang satu ini

    hehehe.. makasih.. ^^

    Reply
  • 53. Meliana Aryuni  |  May 23, 2010 at 9:29 pm

    Hebat…hebat, kreatif Mbakku yang satu ini :)

    heheheehee… makasih mell

    Reply
  • 54. herryager1  |  May 24, 2010 at 1:52 am

    jadi ngiler aku dibuatnya tu ma kerupuk gendar…kiriman ya aku…salam

    weh ongkos kirimnya yang mahaaallll… :(

    Reply
  • 55. bluethunderheart  |  May 24, 2010 at 9:53 am

    koq belum ada kirimannya ke rumah blue y……….hehehhe
    salam hangat dari blue

    ini lagi dijemur blue, td malam aq nglembur bikinnya.. :(

    Reply
  • 56. wawansri  |  May 24, 2010 at 11:47 am

    jd inget..ama ibuku…
    beliau paling suka bikin kayak gini…biar irit plus memanfaatkan nasi yang lebih..

    aq malah bikinnya pake nasi baru e….

    Reply
  • 57. sapta  |  May 24, 2010 at 11:51 am

    bagi dunk mbak.. eheheh… :D

    hehehe… dah habis

    Reply
  • 58. alisnaik  |  May 24, 2010 at 11:52 am

    selamat pagi

    oalah, kerupuk yg kayak gitu namanya Gendar toh. baru tahu saya.

    masih lebih enak kerupuk putih bawang itu menurut saya.

    terima kasih dan mohon maaf :o

    aq ga bgto suka kerufuk bawang… :(

    Reply
  • 59. rosenrain  |  May 24, 2010 at 1:59 pm

    sy suka gendar yang disajikan ama pecel itu k, sbg pengganti nasinya..
    baru tahu ternyata bs dibuat kerupuk ya..
    nice info k.. !

    hooh udah lama nuuii

    Reply
  • 60. melly  |  May 24, 2010 at 2:34 pm

    haha
    aku jg suka kerupuk gendar, waktu SD sering bgt makan kerupuk ini, tp semenjak di Bogor jarang nemuin yg enak :D

    bikin sendiri mell gampang kok

    Reply
  • 61. ossy  |  May 24, 2010 at 8:54 pm

    bleng itu jg suka dipake bikin buras, sunflo.. biar kenyal2 gitu…
    btw aq posting ttg rumput fatimah, skalian nanya nih bener ga klo di arab dipake buat onta ngelahirin?

    wedewwh blom tau oss.. selama tinggal di arab blom ketemu ma rumput itu… :(

    Reply
  • 62. suparnojumar  |  May 25, 2010 at 7:30 am

    kunjungan pertama dan salam kenal!
    wuihhh … jadi inget ke jawa neh! persis … kerupuk bleng …

    kenal juga.. makasih… iya nih

    Reply
  • 63. dreesc  |  May 25, 2010 at 9:33 am

    sunflo… rajin banget seh…

    apa ajah bisa… dree jadi ngiri… hiks…

    belajar bikin sendiri dree… :)

    Reply
  • 64. firdausfarisqi  |  May 25, 2010 at 9:40 am

    klw di tempat saya namanya kerupuk puli mbak ^^

    iya ada yang nyebit kek gtu

    Reply
  • 65. bloqaditaaz  |  May 25, 2010 at 11:53 am

    wah ini oleh2 dari tetangga yang pulang dari jawa

    jawa gtoh loh

    Reply
  • 66. darisjati  |  September 22, 2010 at 6:41 pm

    Wah bagus nih, justru kalau pakai BLENG malah berbahaya loh. Bleng kan tak lain dan tak bukan adalah wujud lain dari borax. Penjelasannya bisa dibaca di sini:
    http://www.suaramerdeka.com/harian/0709/03/ragam05.htm

    Reply
  • 67. tymoet  |  March 15, 2011 at 7:39 pm

    mau nanya urab teh naon nya, n’te apa?

    Reply
  • 68. tymoet  |  March 15, 2011 at 7:40 pm

    urab teh naon ?n’te apal

    urab teh gudangan… or… sayuran yang dicampur ma parutan kelapa tuuh

    Reply
  • 69. Budi Wirawan  |  April 20, 2011 at 2:42 am

    Menanggapi masalah atas penggunaan boraks yang berbahaya di masyarakat luas, saya telah melakukan serangkaian test dan uji coba selama lebih dari 4 tahun guna menemukan formula atau alternatif untuk pengganti bleng yang mengandung boraks.

    Saat ini telah tersedia bahan tambahan pangan pengembang (BTPP) yang sangat aman bagi kesehatan karena semua bahan-bahannya 100% food grade dan TIDAK mengandung BORAX. BTPP ini telah dites oleh Badan POM dan telah disertifikasi sebagai yang PERTAMA dan satu-satu nya BTPP di Indonesia yang 100% food grade tanpa mengandung BORAX.

    Beberapa keunggulan dari BTPP saya adalah:
    - 100% food grade non-Borax.
    - membuat kerupuk lebih renyah.
    - membuat kerupuk lebih mekar dan besar.
    - membuat kerupuk lebih putih bersih dan tidak terlihat kusam setelah digoreng.
    - membuat mie tahan lebih lama karena biasanya mie yang dibuat pada pagi hari maka sore nya mie akan berubah warna dan tidak fresh lagi. Dengan BTPP ini mie dapat disimpan hingga besok pagi dan tetap fresh.
    - memberikan warna kuning alami yang cantik pada mie (TANPA menggunakan pewarna makanan)
    - Lolos uji BPOM dan fully certified.

    Apabila Bpk/Ibu mempunyai usaha atau bisnis di bidang industri kerupuk puli atau mie dapat mencoba BTPP saya dan membuktikan sendiri keunggulan dari BTPP saya. Untuk keterangan lebih lanjut Bpk/Ibu dapat menghubungi saya di 081-7445758 atau 08994-578578. Terima Kasih.

    Reply
    • 70. sriyono  |  November 22, 2012 at 1:46 pm

      pak Budi untuk mendapatkan itu saya harus beli dimana yak..?

      Reply
  • 71. Heny Widiyawati  |  June 10, 2011 at 6:08 pm

    aku jg bikin krupuk beras ,tapi pake tepung beras n ga pake bleng,emng beda hasilx klo pake bleng yang bisa ngembang 2x lipat lebih dari ukuranyang masih mentah tapi kalo ga pake bleng ngembangx dikit tapi untuk rasa lebih enak ga pake bleng, dah gitu lebih sehat lagi ….

    Reply
  • 72. Dini Santica  |  May 29, 2012 at 11:17 pm

    hheemm kaya nya enk tuh :)

    Reply
  • 73. eka  |  June 6, 2012 at 10:03 am

    kerupuk kulit kerupuk gendar nenek2 ganti kulit dunia
    gempar

    Reply
  • 74. ema haeroni  |  August 12, 2012 at 5:22 am

    Wah kpn aq maucoba ah

    Reply
  • 75. muladi  |  October 2, 2012 at 7:41 am

    jadi pngen nyoba mbakyu…psti gurih nan..

    Reply
  • 76. sriyono  |  November 22, 2012 at 1:50 pm

    wah mantep juga tuh idenya…..

    Reply
  • 77. asep  |  December 9, 2012 at 8:31 pm

    Wau….! Enak2x miau donk mba flow

    Reply
  • 78. asma azzahra  |  April 11, 2013 at 8:55 am

    ng. .jadi kerupuk gendar yg pasar kurang baik buat kesehatan y?

    Reply
  • 79. Adi susetyo  |  July 29, 2013 at 10:13 pm

    Ikut nimbrung nih, sebnarnya soal kerupuk itu yg penting mengembang alami artinya ga pake bleng jg hrs bisa bagus. berdasarkan percobaan sy dg beberap jenis tepung yang paling unggul – sampai yg paling reseh untuk krupuk adalah Sagu, Tapioka, Tp Beras, Tp Maizena, Tp Terigu. Saran klo kerupuk mo tahan lama renyahnya pakelah sagu atau tapioka. The best is Sagu.

    Nah soal gendar supaya mengembang bagus tapi renyah, sagunya ditambah aja kalau bisa sampai kalis, baru dikukus & dijemur gendarnya pasti lebih enak & renyahnya merata.

    cobain deh.

    Semoga bermanfaat.

    Pengganti bleng bisa juga pake baking soda tpi jangan banyak2 nanti krupuk rasa asinnya aneh & bisa bikin pusing. he3

    Reply
  • 80. suryapatria65  |  August 31, 2013 at 5:07 am

    Oke banget deh. Informasinya.. ✽̶┉♏∂ƙ∂șîħ┈⌣̊┈̥-̶̯͡♈̷̴ ya bye..bye…borax

    Reply
  • 81. salim sunarto  |  September 10, 2013 at 12:42 pm

    borrax sudah dilarang bro (toko bahan makanan sudah nggak berani jual tuh) dan sekarang sudah ada pengganti yaitu stp (es te pe) yang sudah beredar dipasaran

    Reply
    • 82. Adi susetyo  |  September 17, 2013 at 8:26 pm

      Bro ralat sedikit kayaknya tepatnya STTP alias Sodium Tri Poly Posphat kadarnya jangan lebih dr 0,5% dr berat adonan. Sebab tetap aja berdampak tidak baik klo kebanyakan getu lho

      Reply
  • 83. siti sumarlik  |  March 7, 2014 at 3:07 pm

    Tq bagus gak pakek bleng sehat

    Reply
  • 84. agus aryo  |  April 7, 2014 at 2:32 pm

    wuih…2x boleh boleh ane coba

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Blogger

NOVI dengan nama pena SUNFLO ... ^^ Silahkan ambil yang bermanfaat dari sini, tanpa harus meninggalkan jejak atau komentar, kalau mau copas, silahkan, tapi harap yang bertanggungjawab...

sunflo’s Calendar

sunflo’s posting

May 2010
M T W T F S S
« Apr   Jun »
 12
3456789
10111213141516
17181920212223
24252627282930
31  

Translate My Blog

Translate this blog into different languages...
العربية
english
Français
हिन्दी

Archives

Blog Stats since August '09

  • 2,990,974 hits

sedang ada di kebun sunflower

”amung

visitors traffic

Kicauanku

  • mengapa sekarang semu itu begitu menjemukan bagiku? kecuali kamu.. iyaa,kamuu.. that's you, bleh.. :-| 1 hour ago
  • besarnya pahala tergantung pd bsarnya ujian.. dan aq tak merasa dihinakan dg adanya ujian... 11 hours ago
  • @thetrueideas kasiaaaannn.. :'( 11 hours ago
  • Dan sebagian dari semangat itu adalah kamu.. That's you... 1 day ago
  • RT @UB_CintaSunnah: mungkin Allah enggan untuk menolong dakwah ini melalui demokrasi.. tapi melalui kesabaran kita menghadapi ujian demi uj… 1 day ago

Flickr Photos

060120131133

2013-01-06 20.13.31

2013-01-06 22.18.13

2013-01-06 22.53.12

2013-01-06 22.53.25

More Photos

Enter your email address to subscribe to this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 369 other followers


Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 369 other followers

%d bloggers like this: