Pengalaman Naik Pesawat Terbang Saat Hamil

September 30, 2010 at 2:30 pm 24 comments

Sebagaimana yang kurasakan dulu, bepergian jarak jauh dengan menggunakan pesawat terbang saat hamil adalah sesuatu yang sepertinya ‘mengkhawatirkan’ dan membuat resah.

Bagi yang dah terbiasa mah, gak usah nanya… namun sepertinya banyak pula para ibu hamil yang sedikit bingung dan khawatir dengan penerbangan pertama kalinya di waktu hamil.

***

Satu bulan sebelum penerbangan, aku minta suamiku ‘tuk mencari info tentang pengalaman wanita hamil naik pesawat terbang di internet. Disebutkan di sana, bahwa usia kehamilan yang aman untuk bepergian, termasuk naik pesawat adalah kala memasuki trimester 2 (4-6 bulan).

Bismillah… Aku menjadi tenang, karena saat penerbangan, usia kehamilanku telah masuk 19 minggu.

Awalnya suami memilih maskapai penerbangan Cathay Pasific atau Emirates, namun karena ada acara transit segala (di Hongkong, Dubai dan Kuala Lumpur), aku merasa keberatan.

Pilihanku jatuh pada Saudi Arabian Airlines, karena yang kutahu, maskapai ini langsung terbang menuju Jakarta, tanpa pake acara transit segala, plus… ada bimbingan untuk doa safar sesuai dengan tuntunan Rasulullah shalallahu ‘alaihi wa sallam, itu yang membuatku tenang.

***

Lama perjalananku total seluruhnya dari keluar apartemen di Buraidah hingga tiba di Cirebon sekitar 24 jam.

Bepergian menggunakan pesawat terbang bagiku bagaikan antara hidup dan mati, awalnya aku merasa resah namun kemudian timbul kepasrahan padaNya akan segala hal yang mungkin akan terjadi.

Ibuku senantiasa berpesan agar aku menggunakan pengikat perut (semacam gurita) untuk memperkecil goncangan selama dalam perjalanan. Dan memang kurasakan benar manfaatnya untuk melindungi janin di dalam rahim saat terjadi goncangan-goncangan perjalanan.

Tak lupa kusiapkan surat pengantar dari dokter kandunganku di Saudi. Dia selalu optimis dan tak pernah membuatku merasa khawatir. Everything will be OK…

***

Aku mencintaimu, Saudi…

namun aku harus meninggalkanmu saat ini

kondisi alam dan budayamu terlalu keras kurasakan untuk kondisiku sekarang ini …

Semoga kelak kita bisa bersua kembali …

***

Penerbangan Buraidah-Riyadh, alhamdulillah berjalan dengan mulus, meski diwarnai perasaan haru yang membiru kala aku tinggalkan jauh deretan lampu-lampu di daratan Buraidah nun di bawah sana…

Penerbangan Riyadh-Jakarta ternyata terganjal dengan acara transit dulu di Singapura selama 1 jam…  Gapapa-lah… dari pada transit di Hongkong dan Dubai selama 4 jam… :)

Teman perjalananku sebagian besar adalah para TKW yang pulkam… (InsyaAllah aku akan ceritakan tentang mereka pada tulisan yang lain), sebagian warga Saudi dan turis yang berasal dari Eropa/Amerika.

***

Katanya sih disuruh banyak minum selama di pesawat bagi ibu yang lagi  hamil… Aku minum kala merasa haus saja, dan ke kamar kecil cuma sekali. Untuk urusan ke belakang, aku emang agak rewel, ga mau liat kamar kecil yang kotor dan jorok, atau diburu-buru oleh para pengguna yang lainnya…, sesekali aku jalan-jalan, walau ga sering… hehe malu diliatin sih, aku kan orangnya ga bisa cuek … :mrgreen:

Alhamdulillaah, semua baik-baik saja untuk urusan yang kek ginian… sesuai dengan artikel yang kubaca tentang masalah pasokan air bagi tubuh saat safar dalam keadaan hamil.

Aku banyak berkomunikasi dengan janinku agar tenang dan menikmati perjalanan jauh ini …

***

Gangguan penerbangan yang cukup membuatku lemas tak bertenaga, pucat dan khawatir adalah saat pesawat mengalami turbulensi, menabrak awan hitam saat mau mendarat di bandara Cengkareng, mengingat cuaca yang kurang bersahabat di langit Indonesia dan Asia Tenggara pada umumnya.

Suasana pesawat yang semula kayak pasar oleh para TKW, berubah jadi sunyi, masing-masing berdoa demi keselamatan bersama. Teman dudukku menangis saling berangkulan. Hubby mikirnya dah ga karu-karuan, karena habis baca berita tentang kecelakaan pesawat di India barusan saat mau landing.

Janinku bergerak hebat, seolah merasakan kepanikanku… Aku pasrahkan semuanya pada Allah, sambil memohon ampun padaNya.

***

Akhirnya, alhamdulillaah kami dapat mendarat dengan selamat di bandara Sukarno-Hatta, pada 20 September 2010 pukul 13.37 WIB ( mundur 2 menit dari jadwal).

Perjalanan kemudian dilanjutkan menuju Cirebon, pada pukul 17.10 dengan KA Argojati. Tiba di stasiun Kejaksan pukul 20.30 WIB… Dan air mataku menetes haru, saat melihat sosok teman-temanku dan teman-teman suamiku menjemputku di sana… Surprise banget, kek tamu istimewa aja!!! Subhanallah… Satu tahun 5 bulan berpisah dengan mereka dan sempat kehilangan canda ceria bersama mereka, kini… Allah izinkan aku kembali bersama-sama mereka lagi…

Terimasih ya Rabb, atas segala limpahan rahmat dan nikmatMu kepada kami selama ini …

***

About these ads

Entry filed under: kisahku di saudi, pertama kali, renungan dan curhatku. Tags: , , , , .

Tutorial Cara Membuat Pisang dari Kain Flanel (2) Rolade Daun Singkong Edisi Maksa

24 Comments Add your own

  • 1. dheminto  |  September 30, 2010 at 5:02 pm

    wah pengalaman yg menarik,
    smoga ridhoNya snantiasa tercurah tuk kita semua.amin
    ssalam kenal ya

    Reply
  • 2. rizki  |  September 30, 2010 at 5:09 pm

    kahiji … wah. lagi di indonesi. mampir kesumedang teh :)

    Reply
  • 3. alamendah  |  September 30, 2010 at 8:02 pm

    (Maaf) izin mengamankan KETIGAX dulu. Boleh, kan?!
    Wah, lagi di Indonesia ya, Mbak. Sayang saya gak punya pengalaman naik pesawat pas hamil :lol: sehingga gak bisa ikutan berbagi cerita
    hehehehe

    Reply
  • 4. rosenrain  |  September 30, 2010 at 8:21 pm

    alhamdulillah..
    sdh sampai indonesia dan telah berkumpul kembali dg orang2 yg mbk cintai..
    smg sehat selalu mbk.. utk kk sendiri dan bayinya..
    smg suatu saat kita bisa ketemu :)

    Reply
  • 5. rosenrain  |  September 30, 2010 at 8:22 pm

    gak kebayang juga, kalau sy yg ngalami :mrgreen:

    Reply
  • 6. Bibi Titi Teliti  |  September 30, 2010 at 8:37 pm

    mba Sunfloooooo…
    udah pulang yaaaaaa….

    senengnyaaaaa…
    Lagi hamil kah?

    Selamat ya mbaaaaa….
    Semoga sehat selalu buat mba Sunflo dan jabang bayi nya ya :)

    Reply
  • 7. Kakaakin  |  September 30, 2010 at 8:42 pm

    Subhanallah… perjalanannya sehari penuh ya…
    Syukurlah kalo Mbak Nouf tak kurang suatu apapun… :)
    Ntar masih bakalan balik ke Saudi lagi ya,Mbak?

    Reply
  • 8. rizarahmi  |  September 30, 2010 at 9:32 pm

    Semoga Allah selalu menjaga mbak dan si janin :)
    selalu gembira mendengar cerita yang ada bagian hamilnya. hamil, menurutku, adalah tanda rahim diberkati. Diamanahi sebagai tempat singgahnya sepotong nyawa lain. Ah, semoga segalanya baik-baik saja, Mbak :)

    Riza pernah baca bahwa Mbak Helvy Tiana Rosa juga pernah naik pesawat saat sedang hamil. Masih bulan pertama malah. Tapi waktu itu, Mbak-nya nggak tahu kalau ia sedang hamil. hehhe…
    Alhamdulillah calon bayinya dijaga Allah :)

    Reply
  • 9. sunflo  |  October 1, 2010 at 4:32 am

    maturnuwun sadayana (halah!! bhs kacau) :) alhamdulillah dah di indo, n blom ada rencana lagi ke saudi

    Reply
  • 10. uphiet  |  October 1, 2010 at 12:22 pm

    pfiuhh, perjalanannya melelahkan ya, mbak…
    alhamdulillah tba di indo dengan selamat

    senengnya lagi hamil. Selamaaattt

    Reply
  • 11. Deq  |  October 3, 2010 at 12:10 pm

    uhoo~~ Uhoo~~Alhamdulilah, ikut senang karena sampai d tanah air dengan selamat:)

    Reply
  • 12. yoriyuliandra  |  October 3, 2010 at 10:22 pm

    Hmm… pengalaman yang luar biasa…
    (luar biasa karena saya tidak akan pernah mengalaminya)
    *gubrak…*
    hehe… nice post

    Reply
  • 13. kasato  |  October 4, 2010 at 11:06 am

    wah nice info banget

    Reply
  • 14. ~jayaros  |  October 4, 2010 at 4:12 pm

    Alhamdulillah – ikut tegang selama penerbangan (padahal baca postingan aja …) … hehehe … :)

    Ikut sujud syukur begitu sampai Cirebon … :P

    Reply
  • 15. dwiewulan  |  October 5, 2010 at 2:08 am

    Subhanallah… Alhamdulillah… dah lama ndak ngintip blog denger kabar gembira…
    sudah/sedang dikarunia amanah besar ya mba… amiin
    semoga lancar…
    o ya, maaf lahir dan batin ya mba… :)

    Reply
  • 16. Goda-Gado  |  October 7, 2010 at 1:27 pm

    ngeblog meneh……………….

    Reply
  • 17. rizkiaji  |  October 7, 2010 at 3:56 pm

    wah setelah sekian lama nih blog menganggur, ternyata sekarang diupdate lagi..

    Reply
  • 18. bintangtimur  |  October 8, 2010 at 7:03 pm

    Pengalaman yang menyentuh…ternyata berkah kehamilan berada di Saudi :)
    Selamat datang di Indonesia, Sunflo, selamat bertemu kembali dengan teman-temen lama dan keluarga tercinta. Mudah-mudahan suatu hari nanti kita bisa ketemuan ya…. ;)
    Oya, rewel soal kamar mandi itu, saya banget lo… ;)

    Reply
  • 19. fety  |  October 10, 2010 at 6:14 pm

    asyik, mbak novi ttp ngeblog meski di Indonesia. slm kangen, mbak:) gmn kbr si dedek kecil?

    Reply
  • 20. dien  |  December 9, 2010 at 10:35 am

    huaaaaaaaaa..jadi erharu nih…

    Reply
  • 21. melani  |  June 29, 2011 at 11:16 pm

    mbaaaaaaaaaa….cerita juga ttg acara d saudi dunk.alasan tinggal dsana.kgiatanx pa aja.trus ko bs senang flanel.suka foto2 n hiking jg y mb?eh…sy blum baca kisah alam mba…tar…seru bgt seh mb…

    halah! udah aq share dari dulu di sini, ubeg ajah.. ^^

    Reply
  • 22. Pengalaman Terbang Disaat Diriku Hamil | Info Penerbangan  |  December 4, 2011 at 4:17 pm

    [...] Sumber Artikel Terkait:Parkir Menginap di Bandara, Amankah? Smartphone Apps Yang Berguna Untuk Penerbangan Konsep Pesawat Tempur Fairey: 1944 Terbang Dengan Cassa 212, Rasanya? Wuih!!! Menjelajahi Sudut 'Gelap' Soekarno-Hatta Filed in: Article, Flight Experience [...]

    Reply
  • 23. bang Haydar.  |  April 26, 2012 at 2:15 pm

    SubhanaLLAh, Saudi Arabiyah adalah negeri yang aku dambakan sjak dulu kala, tapi qoddarllah, blum di ijinkan k sana.

    aku sangat berharap bisa hidup di saudi dan jadi wrga negara sana smp datang ajal,

    Ya Allah, kapan hamba bisa k sana dan sujud penuh hina di masjid Nabi-Mu yang mulia.

    mohon doanya ya tman2 yang baca dan yang punya blog ini.

    aku juga pengen berkarya dgn apa yang ada di blog ini.

    salam kenal bwt smua nya yah. ^_^

    banyakin doa bang, n berserah diri, banak2 berbuat kebaikan, tanpa pamrih kecuali mengharap wajahNya, aq dulu juga ga nyangka bisa hidup di sana… atau gini aja bang,kerja di sana tapi jangan kerja sopir, krn belom tentu dapat majikan yang baik, mmmm, aq kok tertarik ma yang kerja2 bersih2 masjidil haram n masjid nabawi.. pekerjaan yg mulia, klo kita ga metre.. bisa setiap saat bersimpuh di sana, mengadu lgs padaNya..

    Reply
  • 24. cobra commander costume  |  April 27, 2013 at 2:34 pm

    Do you mind if I quote a few of your posts so long as I give credit and sources back to wordpress.
    com? My website is in the exact same niche as your
    own and my visitors would easily gain from a lot of the
    information you provide here. Please let me know if this would be fine.

    Regards

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Blogger

NOVI dengan nama pena SUNFLO ... ^^ Silahkan ambil yang bermanfaat dari sini, tanpa harus meninggalkan jejak atau komentar, kalau mau copas, silahkan, tapi harap yang bertanggungjawab...

sunflo’s Calendar

sunflo’s posting

September 2010
M T W T F S S
« Jun   Oct »
 12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
27282930  

Translate My Blog

Translate this blog into different languages...
العربية
english
Français
हिन्दी

Archives

Blog Stats since August '09

  • 3,135,901 hits

sedang ada di kebun sunflower

”amung

visitors traffic

Kicauanku

  • RT @Naomigeraldinee: Jual Followers twitter • 500 Followers : 10 rb • 2000 Followers : 25 rb Minat? sms aja 087870856038 Bukti : cek foll… 1 hour ago
  • Alergi cefotoxime.. 1 hour ago
  • Karena tiada kedengkian di hatinya kepada muslim yg lain.. Meski amalannya biasa saja, namun dia adalah ahli surga.. 1 day ago
  • Stay cool.. Dalam socmed, tendang menendang adalah hal yg biasa. Perlu kelapangan jiwa dan kebesaran hati dlm menerimanya.. 1 day ago
  • Tau aja... >.<... Buat hiburan, tauk.. "@WOWFAKTA: Orang yang sedang sedih cenderung lebih banyak berbelanja daripada orang yang bahagia." 1 day ago

Flickr Photos

060120131133

2013-01-06 20.13.31

2013-01-06 22.18.13

2013-01-06 22.53.12

2013-01-06 22.53.25

More Photos

Enter your email address to subscribe to this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 374 other followers


Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 374 other followers

%d bloggers like this: