Tahu Juga Rasanya Ruthab…

August 8, 2009 at 3:34 pm 3 comments

datesWah…momennya kayaknya pas nih… Sebentar lagi Ramadhan akan menjelang. Tahu gak buah apa yang paling banyak dicari di bulan suci ini? Ya… kurma jawabnya. Berbuka dengan buah ini selain merupakan sunnah juga banyak mengandung manfaat.

Sebenarnya aku kurang begitu suka kurma karena saking manisnya. Kalaupun suka aku pilih-pilih jenisnya, yaitu jenis sukari dan ajwah. Sudah sejak lama aku memimpikan ingin makan kurma yang masih seger dipetik dari pohonnya. Kayak apa rasanya yach..?

Alhamdulillah, Allah kabulkan keinginanku tersebut. Kemarin, sewaktu jam istirahat suamiku pulang dengan penuh semangat ’45 membawakanku oleh-oleh. Apaan tuuuh..??? Wowwww………………ruthab!!!!!!!!!!!! Langsung saja aku cicipi buah tersebut. Mmmmmmmmm………………..(aku deskripsikan dulu yach…kita berwisata kuliner;) ), begini:

pas masih berupa ruthab begini, tekstur daging buahnya masih keras, bila dikunyah akan menimbulkan sensasi, “krenyes-krenyes” gak lembek seperti tekstur kurma biasanya. Rasanya juga masih seger, manis dengan nuansa sedikit sepet, namun rasa manisnya belum terlalu kuat seperti kurma tua yang sudah coklat gelap ( malah perasaanku seperti makan buah kesemek…;) ).

DSC06720

ini adalah kurma pertama yang kucicipi, rasanya manis-manis sepet…

DSC06723

sedang ini adalah kurma kedua yang kuicipi, ini yang aku suka, rasanya lebih segar, manis dan tidak sepet …

Untuk berbuka puasa, kita dianjurkan untuk memakan ruthab (kalau tersedia tentunya…), sebagaimana disebutkan dalam sebuah hadits, dari Anas bin Malik radhiyallahu ‘anhu berkata, “Nabi shalallahu’alaihi wa sallam biasa berbuka dengan ruthab (kurma muda) sebelum shalat, jika tidak ada ruthab, maka beliau berbuka dengan kurma, jika tidak ada kurma, beliau minum dengan satu tegukan air.” (HR. Ahmad, Abu Dawud, Ibnu Khuzaimah) 

Bagaimanapun juga, aku sangat bersyukur pada Allah bisa mencicipi si “ruthab” ini, sehingga hilanglah rasa penasaranku padanya. Alhamdulillah…

By the way, ntar lagi Ramadhan yach…?  Semoga kita bisa berjumpa dan menjalaninya dengan full ibadah dan ketaatan pada-Nya. Aamiin…

Entry filed under: pertama kali. Tags: .

The Cheerful Sunflowers Ketika ia menjadi sesuatu yang sangat aku rindukan

3 Comments Add your own

  • 1. setitikharapan  |  February 2, 2010 at 8:52 pm

    #1. Wah jadi pengen neh mbak. Kalau adek sih yang penting kurma. Apapun jenisnya, kipas habis. Kalau bijinya bisa dimakan mungkin sama bijinya pun habis. whuuush meluncur ke komen 2

    tapi beneran, enakan ruthab de’… seger

    Reply
  • 2. Dan (TlsnKhdpn)  |  February 3, 2010 at 1:57 pm

    kalau yg dijual pake dus yg judulnya fresh date atau apa itu ruthob bukan yah? yg masih ada tangkainya itu loh.. rasanya seger.. tidak terlalu manis, enak..

    pengin ruthob…

    sepertinya blom pernah ada, fresh dates keknya bukan…itu kurma biasa

    Reply
  • 3. Ruroh Ragil  |  January 13, 2014 at 12:02 pm

    wah belinya dimana tuh

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Blogger

NOVI dengan nama pena SUNFLO ... ^^ Silahkan ambil yang bermanfaat dari sini, tanpa harus meninggalkan jejak atau komentar, kalau mau copas, silahkan, tapi harap yang bertanggungjawab...

sunflo’s Calendar

sunflo’s posting

August 2009
M T W T F S S
    Sep »
 12
3456789
10111213141516
17181920212223
24252627282930
31  

Translate My Blog

Translate this blog into different languages...
العربية
english
Français
हिन्दी

Archives

Blog Stats since August '09

  • 3,959,459 hits

sedang ada di kebun sunflower

”amung

visitors traffic

Enter your email address to subscribe to this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 393 other followers

Like My Site

FP NOVI NOUF

Instagram NoviNouf

Nasi Merah goreng cabe rawit spesial pake telor.

#nasigoreng #berasmerah #friedrice #menu #enyakenyak #nomnom #simplemenu #instafood #foodporn Ternyata setelah berhasil menguasai mobil, belajar motor itu jadi lebih mudah.

Aku udah bisa menaklukkan motor bebek manual ini, alhamdulillaah.. Dulu, diajari pake motor matic berulang kali, ga bisa-bisa. Setelah berhasil nyetir mobil, diajari sekali aka pake motor ini, langsung bisa ngacir.. Yaah.. Dengan prestasi, jatuh dua kali hehehe.. Hidupku jadi lebih normal sekarang, ga jalan kaki lagi n ngandelin sopir angkot.. :)) #motor #motorbebek #honda #belajarmotor #motorcycle #indonesiantransportation #me #experience #excited 
@munaayazid

%d bloggers like this: