Sambosa Buat Buka Puasaku

August 30, 2009 at 10:38 pm 2 comments

Jumpa lagi… Tau gak sodara-sodara? Selama bulan puasa, sambosa adalah makanan yang paling nge-tren di arab. Mungkin sebagian ada yang masih garuk-garuk kepalanya yang gak gatal yach? Apaan tuh sambosa??

Setelah nanya ke om google, sebagian besar nara sumber mengatakan, sambosa adalah sejenis kue pastel kering nan renyah yang isinya bisa bervariasi dari sayuran hingga daging atau perpaduan keduanya. Katanya, kue ini asli berasal dari asia tengah, tapi sudah jadi ikon makanan khas dari india dan pakistan. Jadi rasanya sangat spicy banget dan biasanya berbentuk segitiga.

DSC06878Terinspirasi dari tetanggaku yang orang Bangladesh ketika nunjukkin kulit sambosa padaku, maka ketika ke mall, aku bertekad bulat untuk beli bahan-bahan buat bikin sambosa. Ceritanya mau nyoba bikin sambosa sendiri neeh….. Soalnya, sambosa bikinan orang arab kurang rasa, kalo yang bikin orang indo…….wah…muantabb deh rasanya..🙂

Setelah bahan-bahan terkumpul, mulailah eksperimen trial and errorku. Ini merupakan eksperimenku yang kedua. Eksperimen pertama … kuakui, rada gagal… Karena lidahku tak mau diajak kompromi. Assiiiiiiiinnnnn……………..!! Nah, gimana dengan eksperimen kedua kali ini??? 

DSC068771. Langkah pertama: membuat isi sambosa. Kupilih daging kambing yang dicincang kasar, parutan kasar wortel, daun seledri, bawang merah, bawang putih, merica bubuk, jangan lupa kasih ranjau (irisan cabe rawit…biar muanttaabbb!!), ditumis jadi satu, kasih rasa….jadi deh!

 

DSC068802. Masukkan isi ke dalam kulit sambosa, buat menjadi bentuk segitiga, dalam hal ini diperlukan keterampilan melipat kulit sambosa, lihatlah gambar di samping.

 

3. Goreng sambosa mentah dalam minyak panas, perlu diperhatikan, sambosa ini bak seorang putri, tak mau diperlakukan kasar loh…jadi, api kompornya jangan gede-gede yaa… agar tidak jadi kribo apalagi gosooong…!! Gorenglah hingga kecantikannya terlihat, yaitu kuning keemasan.

DSC068814. Nie dia hasilnya…………!!

 

 

 

DSC068915. Aku dan hubby berbuka dengan sambosa, ruthab dan segelas ashir (jus) mangga… alhamdulillah.. trial berhasil…

tapi…………

Nie dia errornya……………!! Tahu gak??!! Rasanya?? Wwooowww, …….. a  s  i  n  nya masih berasa banget!! ……=(     Kesalahan bukan pada isinya, tapi pada lidah pembuatnya. Padahal icipan pertama berasa asrep. Kutabur garam, sedikiiiiiiiit… tapi kok jadinya asiiiiin???!!! 

Oops… Akhirnya kami nikmati dengan cengar-cengir…malah jadi teman perjalanan kami ketika jalan-jalan malam, sambil menghibur diri, “Aaahh….gak terlalu asin kok, sedanglah rasanya!!” Padahal di dalam hatiku terasa masih ada yang mengganjal, penasaran….

Tunggu pembalasanku berikutnya….!!

Entry filed under: kuliner. Tags: .

Eksekusi ‘Tugu Monas’ Tetangga …oh…tetangga

2 Comments Add your own

  • 1. faith99  |  August 31, 2009 at 3:28 pm

    seem yumyy sista……btw….i suka buanget tulisanmu yang ini buanget……
    its so..u..ruame n gokillllll…………misss…….uuuuuuuuuuu………
    aku berdoa strawberriinya lekas bersanding dengakuuuuuuuu…..

    gokillllll abiiiizzzzzz?? ehmmm… tunggu kisah balas dendamnya yaa…;) eh…ada ga tetangga yang kerja di buraida, ntar stronya tatitipin klo dia pulang. inshaallah klo aq dah nyampe lagi di indo, kukirimi straw yang imut2. doain yaa…as soon as possible i come home to my lovely country…aameen…

    Reply
  • 2. krista  |  September 29, 2009 at 10:12 pm

    Resep Sambosa

    Kontributor: Odilia Winneke

    Bahan:
    Minyak goreng

    Kulit:
    250 g tepung terigu
    50 ml air
    1 butir telur ayam, kocok
    1 sdm mentega, lelehkan

    Isi:
    1 sdm mentega
    75 g bawang Bombay, cincang
    1 batang daun bawang, iris halus
    200 g daging kambing cincang

    Haluskan:
    3 cm kunyit
    1 siung bawang putih
    2 cm jahe
    1 sdt garam

    Cara membuat:
    Kulit:
    Campur dan aduk semua bahan menjadi satu. Uleni hingga adonan kalis.
    Diamkan selama 30 menit. Gilas adonan hingga tipis. Potong ukuran 7×7 cm. Sisihkan. Isi: Panaskan mentega hingga leleh. Tumis bawang Bombay, daun bawang dan bumbu halus hingga harum. Masukkan daging kambing, aduk hingga berubah warna dan kering. Angkat. Dinginkan.
    Isi tiap potongan adonan dengan 1 sdm adonan isi. Lipat bentuk segitiga. Tekan-tekan kelilingnya hingga rapat. Goreng dalam minyak panas di atas api sedang hingga kuning kecokelatan.
    Angkat dan tiriskan.

    waaah…makasih nih…dah dibantu kasih resep yang pake aturannya…semoga bisa bermanfaat buat pembaca

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Blogger

NOVI dengan nama pena SUNFLO ... ^^ Silahkan ambil yang bermanfaat dari sini, tanpa harus meninggalkan jejak atau komentar, kalau mau copas, silahkan, tapi harap yang bertanggungjawab...

sunflo’s Calendar

sunflo’s posting

August 2009
M T W T F S S
    Sep »
 12
3456789
10111213141516
17181920212223
24252627282930
31  

Translate My Blog

Translate this blog into different languages...
العربية
english
Français
हिन्दी

Archives

Blog Stats since August '09

  • 3,959,459 hits

sedang ada di kebun sunflower

”amung

visitors traffic

Enter your email address to subscribe to this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 393 other followers

Like My Site

FP NOVI NOUF

Instagram NoviNouf

Nasi Merah goreng cabe rawit spesial pake telor.

#nasigoreng #berasmerah #friedrice #menu #enyakenyak #nomnom #simplemenu #instafood #foodporn Ternyata setelah berhasil menguasai mobil, belajar motor itu jadi lebih mudah.

Aku udah bisa menaklukkan motor bebek manual ini, alhamdulillaah.. Dulu, diajari pake motor matic berulang kali, ga bisa-bisa. Setelah berhasil nyetir mobil, diajari sekali aka pake motor ini, langsung bisa ngacir.. Yaah.. Dengan prestasi, jatuh dua kali hehehe.. Hidupku jadi lebih normal sekarang, ga jalan kaki lagi n ngandelin sopir angkot.. :)) #motor #motorbebek #honda #belajarmotor #motorcycle #indonesiantransportation #me #experience #excited 
@munaayazid

%d bloggers like this: