Tumis Spaghetti

September 6, 2009 at 1:23 am 3 comments

bahan spaghettiSpaghetti adalah temennya pizza, keduanya berasal dari Italia. Aslinya, makanan ini jauh dari lidah orang asli Indonesia. Namun karena pengaruh globalisasi,…jadinya… enak aja tuh…:)

 

Dulu, aku merasa kesulitan dalam mengolah spaghetti. Perasaan ribet banget.. Halah!! Pingin makan makanan orang bule kok susah amir! Harus pake bahan-bahan yang gak ada di sekitarku, oregano, basil, pake topping dan keju mozarella. Masih mending kalo pake sereh, pandan atau terasi…( xi..xi..xi..)

Padahal pingin makan sepiring saja… Tapi, ternyata malah bikin isi pundi-pundiku berkurang, ditambah masaknya yang ribet dan harus super cepat, karena enaknya kalo dihidangkan hangat… Nafsu makannya jadi berkurang karena energi dan konsentrasi terkuras untuk menyiapkan mie Italia ini.

Namun, setelah aku sampe di daratan saudi, aku menjumpai pengolahan spaghetti yang simpel abiiiizz!! Dijamin enak, gampang dan tak bikin isi dompet berkurang banyak.

Untuk urusan barang-barang konsumsi, saudi berkiblat pada negaranya orang-orang bule. Paling-paling kalau ada terasi, ubi jalar atau pepaya muda, itu untuk konsumsi para ajnabi (para pendatang:  seperti india, bangladesh,pakistan, dan… indo). Jadi, yang namanya spaghetti, makaroni, kayak macamnya mie instan di tempat kita. Gak ribet-ribet amat masaknya.

Terinspirasi dari mbak-mbak temen kita yang merantau di sana, yang pinter banget mengolah bahan makanan yang di indo merupakan makanan mewah, maka… pada kesempatan ini, sunflo kenalkan resep GPA-nya yang ketiga, yaitu… Tumis Spaghetti!! Gimana caranya?

1. Sediakan bumbu dasar tumisan, yaitu bawang merah, bawang putih, tomat, cabe, dikira-kira sendiri ukurannya, kemudian iris halus.

2. Sediakan daging sebagai perangsang selera, bisa daging sapi,kambing atau ayam. Aku sendiri merasa sreg dan pas bila pake daging ayam.

3. Rebus spaghetti buat melunakkan, tiriskan.

4. Tumis bumbu irisan tadi di atas wajan, hingga harum. Kemudian masukkan daging, tumis sebentar, baru kemudian masukkan spaghetti di dalamnya

5. Kasih saus (bisa), kecap (juga bisa), setel rasa (garam dan gula, penyedap rasa bagi yang suka) dan…sesendok makan susu bubuk sebagai pengganti keju (bila ingin berasa keju, tapi kalau tak suka, tanpa susu juga oke).

6. Aduk…aduk…aduk…icipi…setelah kena di lidah, angkat dan hidangkan, hangat lebih nikmat.

tumis spaghetti

Gampang ‘kan??!!

Entry filed under: kuliner. Tags: .

Ya Allah, RahmatMu-lah yang Kami Harapkan… Ditodong Jadi Pembicara

3 Comments Add your own

  • 1. riafvanti  |  September 7, 2009 at 1:31 am

    maw dumz yg 1 porsi yang siap santap hihiii…
    salam kenal juga iah ^^

    he…he…boleh…tp ga sekarang, lg ga da di t4. thanks for visiting

    Reply
  • 2. adhe dirrah marry  |  September 7, 2009 at 9:07 pm

    Assalamu’alaykum….salam kenal dari saya. Kebetulan saya teman se-SMA Fathurrokhman. Senang bs mmbaca semua tulisan Amah…( afwan blm tahu nananya he3x…) Saya biasa dipanggil Teh Adhe. Kapan plg k Indonesia? Bagaimana dgn keadaan d negeri org?

    wa’alaikumussalaam…nice 2 meet u..:) makasiih dah berkunjung…disambung lewat mail aza yach….^^

    Reply
  • 3. faith99  |  September 14, 2009 at 12:39 am

    jadi inget waktu pertama bikin spagetti!….enak sehhh..tapiiii….hiks..hiks

    ojo nangis…isin ah!! mau pesen seporsi??

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Blogger

NOVI dengan nama pena SUNFLO ... ^^ Silahkan ambil yang bermanfaat dari sini, tanpa harus meninggalkan jejak atau komentar, kalau mau copas, silahkan, tapi harap yang bertanggungjawab...

sunflo’s Calendar

sunflo’s posting

September 2009
M T W T F S S
« Aug   Oct »
 123456
78910111213
14151617181920
21222324252627
282930  

Translate My Blog

Translate this blog into different languages...
العربية
english
Français
हिन्दी

Archives

Blog Stats since August '09

  • 3,959,459 hits

sedang ada di kebun sunflower

”amung

visitors traffic

Enter your email address to subscribe to this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 393 other followers

Like My Site

FP NOVI NOUF

Instagram NoviNouf

Nasi Merah goreng cabe rawit spesial pake telor.

#nasigoreng #berasmerah #friedrice #menu #enyakenyak #nomnom #simplemenu #instafood #foodporn Ternyata setelah berhasil menguasai mobil, belajar motor itu jadi lebih mudah.

Aku udah bisa menaklukkan motor bebek manual ini, alhamdulillaah.. Dulu, diajari pake motor matic berulang kali, ga bisa-bisa. Setelah berhasil nyetir mobil, diajari sekali aka pake motor ini, langsung bisa ngacir.. Yaah.. Dengan prestasi, jatuh dua kali hehehe.. Hidupku jadi lebih normal sekarang, ga jalan kaki lagi n ngandelin sopir angkot.. :)) #motor #motorbebek #honda #belajarmotor #motorcycle #indonesiantransportation #me #experience #excited 
@munaayazid

%d bloggers like this: