Ditodong Jadi Pembicara

September 8, 2009 at 2:12 am 6 comments

Profesi guru mang dah jadi nafasku. Ketika sekarang lagi off, aku kangen dengan rutinitasku yang lalu. Belajar mengajar, berinteraksi, bercanda tawa dengan anak-anak harapan ummat ini. Seperti materi yang telah singgah di pikiranku, bahwasanya seseorang bekerja sesuai dengan kapabilitasnya dan bidangnya masing-masing, atau katakanlah, serahkan suatu urusan pada ahlinya, akur??

Bidang yang kugeluti adalah mata pelajaran umum. Untuk masalah ilmu-ilmu agama?? Selama ini aku hanya jadi pendengar dan pelaksana. Untuk menularkannya??  yaa…sebatas kemampuan yang aku bisa lakukan.

Ternyata harapan tak seindah kenyataannya. Aku tak berharap untuk jadi seorang daiyah atau ustadzah dalam kacamata orang kebanyakan. Rasanya tanggung jawabnya  beraaat bagiku. Tapi tak berlaku di lingkungan baruku sekarang. Orang-orang tahunya aku seorang daiyah, karena imej yang menyanding diriku. Aku berusaha menangkis smash-smash teman-temanku di sini, ketika mereka berkelakar agar aku mengisi pengajian. Jauuuh banget deh rasanya untuk itu…

Hingga pada suatu hari, karena kekosongan da’iyah dari Indonesia di salah satu Jaliyat (semacam islamic centre), aku didaulat untuk mengisi di sana. Sampai-sampai si mudirah (pimpinan) meminangku pada hubby, plis…plissss…gtu… Aku sih menanggapinya antara maju dan mundur. Duuh…it is a nightmare….!! Beneran…makan jadi ga enak (masih buntu soal materi), tidurpun tak nyenyak (jam tidurku ketularan orang saudi, jadi kayak kalong).

Bagaimana tidak?? Boro-boro hapal dalil-dalil dan baca kitab gundul, lha wong ngomong bahasa gaul mereka saja aku tak bisa. Kalau diajak ngomong sama mereka bisanya hanya a ..b.. c.. d.. e ..f ..g.. atau paling gak cuma nyengir saja… 

Hubby tak henti-henti kasih motivasi, insyaallah aku bisa jalani ini dilihat dari objek dakwah yang sesuai dengan kapabilitasku. Ayoooo kamu bisaaaaaa!!

H-4 masih bolong soal materi kajian…mual rasanya karena nervous. Mau kasih materi apa yach?? Rasanya pingin segera melalui hari itu, agar hari-hariku kembali nyaman…:)

Alhamdulillah, H-2 baru ketemu bahannya, soalnya kalau materi tak sesuai dengan penguasaanku…bisa-bisa aku malah gak bisa ngomong di depan publik… Huh mau dibuang kemana nie muka??

Tibalah hari H-nya… Aku berangkat ke tempat tujuan bersama dengan rombongan dari jaliyat tersebut. Sepanjang perjalanan aku bungkam, karena gak nyambung dengan pembicaraan mereka.

Bla…bla…bla… Dengan rahmat dan kemudahan dari Allah, seiring dengan berlalunya jarum jam dari satu detik ke detik yang lain… didukung dengan stabilitasnya ke-pede-anku karena sudah agak menguasai medan. Mengalirlah kata demi kata yang terangkai untuk tersampainya untaian nasehat bagi diri ini dan juga saudara-saudaraku yang sedang mengadu nasib di negeri padang pasir tersebut. Alhamdulillah…. (lega rasanya seperti kata pepatah bahwa bisul telah pecah….-pfyuuh!!)

Bahwasanya, segala sesuatu kalau sudah dijalani, akan terasa mudah. Terkadang kita hanya dihantui oleh bayang-bayang yang belum tentu terjadi sehingga akan menjegal langkah kita. Kolaborasi antara bisikan setan dan jiwa yang kerdil. Berarti hati ini harus selalu diasah untuk bisa besar, sehingga berani menghadapi tantangan, dan tentunya akan banyak kita jumpai tantangan-tantangan berikutnya, because it is a life….

Kelegaanku semakin berasa nikmat saat Allah perkenankan aku berkenalan dengan seorang pekerja jaliyat yang berasal dari Mesir. Kami bercakap-cakap dengan bahasa Inggris gado-gado, sesekali pembicaraan terhenti karena gak nyambung, sambil cari-cari sinyal koneksi, he..he…. Whatever happened, it was nice to meet her…😉

Alhamdulillah..atas segala nikmat yang telah Dia berikan…

Entry filed under: kisahku di saudi. Tags: .

Tumis Spaghetti Bungaku Tinggal Kenangan…

6 Comments Add your own

  • 1. nengsri  |  September 10, 2009 at 6:33 am

    wah keren !!!!!
    aq yakin ibu novi emank bisa.

    sukses yah.

    aamiiin……….kreatif juga yach…!! follow me to ‘ngeblog’..!!

    Reply
    • 2. nengsri  |  September 14, 2009 at 7:42 am

      kehidupanku biasa az, ng semenarik dan seberwarna bu novi.
      So … bingung dech mo nulis apa.

      dari yang biasa…jadikan yang luar biasa…, gni aja dech…jalan2 dulu liat2 blog orang lain, pasti ketemu ilhamnya…akur?? ^^

      Reply
  • 3. zipoer7  |  September 10, 2009 at 10:21 am

    Salam Takzim
    Ukhti selamat ya, profesi guru dalam kacamata saya sudah bisa menyampaikan walau satu ayat, salut dengan kreatifitas nya diblog matahari
    Salam Takzim Batavusqu

    alhamdulillaah…, makasih mas..

    Reply
  • 4. faith99  |  September 14, 2009 at 12:32 am

    welll…once u become a teacher u will always be a teacher! hidup teacher!

    he eh…hidup gtu dah!! ^^

    Reply
  • 5. faith99  |  September 14, 2009 at 12:37 am

    hhhmmm…..bu guru…bu guru….hiduuup guru!

    ho oh….hiduuup atuh mah euy!!

    Reply
  • 6. wawansri  |  April 5, 2010 at 10:14 am

    GURU = di gugu lan ditiru….kata orang jawa..
    sungguh pekerjaan yg mulia Insya Allah berguna sepanjang masa.

    insyaAllah de’… makasih dah nambahin komen di postingan awal2ku ini… ^^

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Blogger

NOVI dengan nama pena SUNFLO ... ^^ Silahkan ambil yang bermanfaat dari sini, tanpa harus meninggalkan jejak atau komentar, kalau mau copas, silahkan, tapi harap yang bertanggungjawab...

sunflo’s Calendar

sunflo’s posting

September 2009
M T W T F S S
« Aug   Oct »
 123456
78910111213
14151617181920
21222324252627
282930  

Translate My Blog

Translate this blog into different languages...
العربية
english
Français
हिन्दी

Archives

Blog Stats since August '09

  • 3,960,791 hits

sedang ada di kebun sunflower

”amung

visitors traffic

Enter your email address to subscribe to this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 393 other followers

Like My Site

FP NOVI NOUF

Instagram NoviNouf

Kalo ini buat kajian tahfizh tahsin pagi ini.
#milkypudding #pudingsutrabuah #pudingbuah #fruitpudding #dessert #jumatbarokah #blessedfriday #instapic Milky silky pudding fruit buat pagi ini.. #pudding #pudingsusu #pudingbuah #dessert #cucimulut #seger #enyakenyak #fresh #fruit

%d bloggers like this: