Kembali Mengunjungi Haramain

September 28, 2009 at 2:39 am 4 comments

Alhamdulillah atas segala karuniaNya yang telah memperkenankan aku untuk melaksanakan umrah untuk kedua kalinya. Aku berangkat bersama suami dan keluarga salah seorang da’i yang tinggal di Bukairiyah pada tanggal 21-25 September 2009 dengan menggunakan kendaraan sendiri. Ceritanya, kami ingin mengisi liburan ied dengan mengunjungi haramain. Aku pribadi pingin sepuas-puasnya bermunajat di masjidil haram, tidak seperti saat ikut dengan hamlah (rombongan) pada umrah yang pertama.

Berangkat dari Qasim setelah shalat maghrib, dan sempat istirahat selama 1 jam di ‘Afif, akhirnya sampai di miqat Qorn al Manazil (Al Sail Al Kabir) pada pukul 03.00 waktu Saudi. Sampai di masjidil haram pas shalat subuh dimulai, dengan imamnya adalah Syaikh ‘Abdullah bin ‘Awadh al-Juhny, syahdu banget…

batu di bukit shofwahSelesai shalat shubuh, langsung kami melakukan thawaf dan sa’i seperti biasanya. Umrah kali ini, keluar masuk masjidil haram kulakukan melalui bagian perluasan bangunan untuk sa’i. Batu di bukit shofa yang pada umrah pertama dulu ditutup, kemarin sudah mulai diperlihatkan untuk umum.

penuh org thawafUmrah kali ini, aku begitu puas untuk berdiam diri dan berjama’ah shalat 5 waktu di masjidil haram, alhamdulillah… Bahkan aku senang ‘mengembara’ sendirian di dalam masjid, yang serasa di rumah sendiri, saat mencari tempat yang ‘mantap’ buat shalat dan bolak-balik ke tempat wudhu. Bahkan suami dan temannya sudah sampai di luar area masjid, aku masih asyik berada di dalam. Bermodalkan Hp dan papan petunjuk, aku cari sendiri jalan keluar dari kerumunan lautan manusia di dalam masjid. Maklum, waktu itu musim liburan, jadi banyak orang yang melakukan umrah di sana.

Selain di masjidil haram, kami juga mengunjungi masyaa’iril haram (tempat-tempat syi’ar islam di mekkah: arafah, mina, muzdalifah) dan gunung Tsur yang terdapat gua Tsur di puncaknya. O,ya…karena ingat pesanan adikku berupa boneka unta, maka aku dan suami menyempatkan diri berbelanja di pasar al ghazzah, tak hanya di pasar tersebut, kami juga menggaet abaya dan senter mainan yang dijual di sepanjang jalan menuju tempat parkir al haram. Uniknya di sana, banyak toko yang menjual barang serba 10 real, dan….he..he.., saking banyaknya orang indonesia yang ada di sana, para pedagang yang entah dari negara mana mereka berasal, bisa berbahasa indonesia loh…walau cuma ngomong: “Mari…mari…4 sepuluh real…!!”

gunung tsur

Gunung Tsur dilihat dari kejauhan, di puncaknya terdapat gua tsur, tempat Nabi Shalallahu ‘alaihi wa sallam dan Abu Bakar bersembunyi dari kejaran kaum musyrikin mekkah, kebayang gak bagaimana Asma’ binti Abu Bakar Radhiyallahu ‘anhuma bolak-balik mengirim makanan kepada Rasulullah dan ayahnya?

Banyak orang yang menaiki puncak gunung, kulihat mereka seperti titik-titik kecil yang berjalan mendaki puncaknya.

unta hias2

Unta hias di jabal rahmah, arafah. Pinginnya ketemu sama unta polos, eh…malah ketemu sama unta hias, kasihan si unta…😦

pasar ghazza

Salah satu sudut pasar al ghazzah…masih banyak sudut-sudut lain yang ramai oleh barang dagangan dan pengunjung.

Kamis pagi sekitar pukul 09.00 waktu setempat, kami menuju Madinah. Qadarullah… staminaku down, mungkin karena kecapean ditambah asyik minum es teh di warteg sewaktu di mekkah, aku terserang flu dan radang tenggorokan. Agak tersiksa juga selama perjalanan menanggung rasa demam di badan, namun semoga bisa menjadi pelebur dosa dan kesalahan diri ini, aamiin…

masjid nabawiSesampai di Madinah, aku langsung beristirahat di flat seorang sahabat lamaku, dan baru sempat ke masjid nabawi keesokan harinya untuk melaksanakan shalat shubuh di sana. Selesai shalat shubuh, kami mengunjungi mantiqoh baydho’ 30 km dari kota Madinah, katanya tempat tersebut terdapat medan magnet terbesar di dunia. Kendaraan akan berjalan dengan sendirinya meskipun mesin mobil dimatikan, dan kami membuktikannya sendiri, kecepatan bisa mencapai 100 km/jam.

mantiq baydho'

Salah satu ruas jalan di gunung magnet, saat mobil kami melaju kencang padahal mesinnya dimatikan…

jabbal rummatKunjungan selanjutnya adalah ke masjid Quba’ dan aku menyerah tidak ikut… istirahat … karena badan ini serasa air mendidih. Baru setelah shalat ashar kami mengunjungi jabal uhud, dilanjutkan dengan perjalanan pulang menuju al qasim. Alhamdulillah, kami tiba di rumah dengan selamat. Semoga umrah kali ini bisa memberikanku semangat baru ‘tuk menempuh kehidupan di tanah rantau agar lebih bermakna…

Untuk foto-foto umrah kedua ini bisa dilihat di blog multiply-ku.

Entry filed under: kisahku di saudi. Tags: .

Lebaran di Negeri Orang Adakah Tukang Sayur Keliling di Saudi?

4 Comments Add your own

  • 1. NURA  |  September 28, 2009 at 5:31 am

    salam sobat
    wah senangnya ya,,umroh keduakalinya ,,

    oiya lebaran ramai ngga disini?

    kalau saya lebaran tahun kemarin di MEKKAH
    lebaran tahun ini di ALJUBAIL S,A,,mau umroh lagi.eh,,berhalangan.

    alhamdulillah…, ah…ga seramai indo, ka…, ya…smoga kaka n keluarga bisa mengunjungi haramain lagi..aamiiin

    Reply
  • 2. bintangtimur  |  September 30, 2009 at 2:39 pm

    Menikmati kedekatan dengan Sang Pencipta memang luar biasa ya…
    Saya seperti mengingat kembali kenangan beberapa belas tahun yg lalu, saat berkesempatan mengunjungi Tanah Suci biarpun bukan di saat ramadhan atau lebaran.
    Selamat datang kembali, semoga kenangan indah disana, senantiasa terjaga baik disini…

    makasih mbak…setiap detik yang berlalu ‘kan jadi suatu ‘tuk dikenang

    Reply
  • 3. elroms  |  October 15, 2009 at 12:38 pm

    Wah..jadi pengin ke Al Haramain juga.

    Reply
  • 4. Martabak Paling Enak di Jakarta  |  June 6, 2015 at 1:16 pm

    Pengen ey ke haramaian … semoga ajah nanti bisa ke sana ,amiin

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Blogger

NOVI dengan nama pena SUNFLO ... ^^ Silahkan ambil yang bermanfaat dari sini, tanpa harus meninggalkan jejak atau komentar, kalau mau copas, silahkan, tapi harap yang bertanggungjawab...

sunflo’s Calendar

sunflo’s posting

September 2009
M T W T F S S
« Aug   Oct »
 123456
78910111213
14151617181920
21222324252627
282930  

Translate My Blog

Translate this blog into different languages...
العربية
english
Français
हिन्दी

Archives

Blog Stats since August '09

  • 3,961,049 hits

sedang ada di kebun sunflower

”amung

visitors traffic

Enter your email address to subscribe to this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 393 other followers

Like My Site

FP NOVI NOUF

Instagram NoviNouf

This is another one.. #myredrose #redrose in #mygarden #gardening on a #balcony #flowerporn #love #beautiful #instaflower #instapic Tampak atas.. Aku masih terkesima aja sama penampakan ini, meski sekarang udah habis, tinggal kenangan.. Tapi cakep yak.. #gaadayangnanya :)) #pudingsusu #silkypudding #pudingbuah #me #dessert #bikinsendiri #homemade #instapic

%d bloggers like this: