Adakah Tukang Sayur Keliling di Saudi?

September 29, 2009 at 11:44 pm 7 comments

“Yuuuuuuuuuurrrrrrr………!!”

Masih teringat jelas lengkingan mamang tukang sayur setiap jam 06.30 di komplek tempat tinggalku (Cirebon), ngumpulin ibu-ibu untuk memenuhi kebutuhan belanja hariannya. Bener-bener tukang sayur yang profesional, datang tepat waktu, jujur, amanah, telaten… dari berarmadakan becak hingga terakhir kemarin menggunakan sepeda motor, canggih euy!! Mungkin nanti lama kelamaan pake mobil bak terbuka, kali…

***

Terinspirasi dari pertanyaan salah seorang ‘muridku’ di FB, tentang apakah ada tukang sayur keliling di saudi, maka kucoba untuk memberikan gambaran gimana gaya belanja di tempat dimana aku tinggal sekarang.

Orang saudi memenuhi belanja harian dan bulanan mereka di pasar swalayan. Biasanya mereka akan berbelanja dalam jumlah banyak, ber-trolly-trolly, untuk kebutuhannya, seperti bahan makanan akan mereka simpan dalam lemari pendingin. Di saudi, kulkas menjadi barang yang wajib dimiliki setelah AC, bila tak ada kulkas…alamat bahan makanan akan basi dan busuk semua, dan kulkas yang dimiliki rata-rata berukuran besar.

Ada banyak pasar swalayan di Buraidah, yang lagi nge-tren, banyak dikunjungi orang sekarang ini adalah Hyperpanda. Segala macam kebutuhan pokok rumah tangga rata-rata yang dibutuhkan di saudi, tersedia di sana. Termasuk kami juga suka berbelanja di sana karena praktis dan harganya yang terjangkau.

masuk ke area parkir  hiperpanda

ini adalah swalayan hyperpanda dengan area parkir yang luas dan dipenuhi mobil melulu…

badognes  krupuk indo deretan jus

Beberapa sudut swalayan yang berhasil kujepret. Sebelah kiri adalah stand sayuran, sejenis seledri, namanya bagdones. Sayuran ini lebih murah dibandingkan dengan seledri. Gambar kanan adalah stand bahan makanan kering dari asia, aku pingin goreng krupuk nih… Gambar bawah adalah deretan jus buah-buahan (‘ashiir). Di Saudi terdapat berbagai macam jus buah-buahan dari berbagai macam pabrik. Harganya berkisar 6-8 real per 1,8 liter.

kelapa tua  santan instan ubi jalar

He..he.. yang bikin aku ngekek, di sana ketemu sama bahan makanan desa, yaitu kelapa tua lengkap dengan batoknya yang belum dikupas, buat konsumsi siapa yaa?? Pikir aku mendingan beli santan instan saja, seperti gambar kanan, sebagaimana layaknya orang saudi, senangnya pada yang praktis-praktis. Dan yang paling wekekek…:)  adalah ketemu sama ‘boled’ (ubi jalar), talas ( uwi dalam bahasa jawa), pepaya muda, pisang kluthuk (pisang batu) muda dan bonggol pisang!! Uupfh…makanan siapaaa lagi nih… Perkiraanku, sepertinya buat konsumsi orang bangladesh atau india kali… Harganya?? 3,95 real per kg.

***

Ada lagi stand yang menjual daging-dagingan. Lucunya aku pernah menjumpai ikan hiu-ikan hiu “balita” yang dijual di sana… lagi meringis kelihatan gigi-gigi tajamnya…hiiiiiiii……………… ada lagi gurita, mmm…. kayaknya enak nih…tapi harganya yang gak enak…jadi cuma jadi pencuci mataku belaka.

***

Untuk mencari bahan makanan indonesia, kita bisa mencarinya di toko indonesia yang tersebar di setiap kota. Di Buraidah ada 2 toko yang menyediakan bahan makanan asia tenggara, yaitu Mohaisiny dan Kabayan. Di Mohaisiny kita bisa menjumpai beberapa produk makanan, kosmetik dan rumah tangga lainnya yang diimpor dari indonesia, seperti terasi dan kerupuk. Untuk tempe dan tahu, khusus didatangkan dari jeddah, seharga 7 real per bungkusnya.

mohaisiny sudut mohaisiny tahu

Gambar kiri adalah pintu masuk toko Mohaisiny, gambar kanan menunjukkan salah satu sudut ruangan toko ini, gambar bawah menunjukkan stok tahu yang dijual, disimpan di dalam  freezer.

Bagi golongan penduduk menengah ke bawah atau para ajnabi (pendatang), biasa berbelanja di pasar tradisional yang ada di daerah Khubaib. Ada berbagai macam barang dijual di sana, bahkan ada beberapa toko yang menjual barang dengan harga serba 2 real (kalau di indonesia serba Rp 6.000,00).

pasar khubaib

pasar buah khubaib

salah satu sudut pasar sayur dan buah Khubaib

***

Jadi untuk:

“Yuuuuuuuuuurrrrrrr………!!”

di saudi???

…………mmmmm….kayaknya untuk sementara ini belum tersedia deh….

(dan smoga jangan…, biarlah saudi dengan ciri khasnya sendiri dan indonesia dengan kekhasannya sendiri…)

(untuk menjawab pertanyaan Faris Muhammad Yusuf)                                                         

Entry filed under: kisahku di saudi. Tags: .

Kembali Mengunjungi Haramain Bencana Kembali Mengguncang Negeriku

7 Comments Add your own

  • 1. bintangtimur  |  September 30, 2009 at 2:35 pm

    Posting ini keren banget…saya sampe terkagum-kagum, begitu lengkap semua jenis barang disebutkan!
    Tapi memang, tukang sayur mah kayaknya hanya ada di Indonesia…hehehe, lain kali cerita tentang kebun sayur di Saudi ya, ada nggak siiih? Atau semua harus diimport juga? Walah, walah…

    kebun sayur ada juga loh mbak…malah canggih euy! pake AC segala…ntar dech dilaporin…nembus perijinan orang sono dulu…btw, makasih kujungannya yach…^^

    Reply
  • 2. faris  |  September 30, 2009 at 6:36 pm

    OK bu, gmna gambarannya?
    http://infofaris.blogspot.com

    gambaran opo tho, ris?

    Reply
  • 3. faris  |  September 30, 2009 at 6:38 pm

    coba ke daerah kampungnya, brg-x ada

    dasar…, kamu tuh ngerjain bnv, yach… ?? enough, ane ga mo ke kampung! faris kgak tau ya, tukang sayur bakalan ogah ke kampung sana, jarak rumah satu dengan yang lain ber km-km jauhnya… aah…gni aja dech..faris yang jadi pioneernya aja, gmana??

    Reply
    • 4. faris  |  October 1, 2009 at 10:52 am

      hak..100x

      cape’ dech…

      Reply
  • 5. faris  |  October 1, 2009 at 10:50 am

    boleh jadi pioner, tapi bisa kuliah disana ga kalo jadi pioner?

    boleh…boleh…kuatin niat n berusaha sungguh2… kuliah sambil jadi tukang sayur keliling, yyuuuuuuuurrrrrrrrr!!

    Reply
  • 6. faris  |  October 1, 2009 at 10:51 am

    YM ane yusuf_ris

    k…

    Reply
  • 7. kosmetik murah  |  July 24, 2013 at 6:03 am

    Generally I do not read article on blogs, but I would like to say that
    this write-up very forced me to try and do it! Your writing style has been amazed me.
    Thanks, very nice post.

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Blogger

NOVI dengan nama pena SUNFLO ... ^^ Silahkan ambil yang bermanfaat dari sini, tanpa harus meninggalkan jejak atau komentar, kalau mau copas, silahkan, tapi harap yang bertanggungjawab...

sunflo’s Calendar

sunflo’s posting

September 2009
M T W T F S S
« Aug   Oct »
 123456
78910111213
14151617181920
21222324252627
282930  

Translate My Blog

Translate this blog into different languages...
العربية
english
Français
हिन्दी

Archives

Blog Stats since August '09

  • 3,961,049 hits

sedang ada di kebun sunflower

”amung

visitors traffic

Enter your email address to subscribe to this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 393 other followers

Like My Site

FP NOVI NOUF

Instagram NoviNouf

This is another one.. #myredrose #redrose in #mygarden #gardening on a #balcony #flowerporn #love #beautiful #instaflower #instapic Tampak atas.. Aku masih terkesima aja sama penampakan ini, meski sekarang udah habis, tinggal kenangan.. Tapi cakep yak.. #gaadayangnanya :)) #pudingsusu #silkypudding #pudingbuah #me #dessert #bikinsendiri #homemade #instapic

%d bloggers like this: