Musim Buah Apa di Saudi?

October 3, 2009 at 7:45 pm 4 comments

Emang ada pohon buah di saudi? Ada laah… Tuh pohon kurma bertebaran di gurun nan gersang, lumayan buat cuci mata, hijau yang menyejukkan… Walau tak punya banyak keanekaragaman hayati berupa pohon buah-buahan seperti di indonesia, saudi gak kalah ‘unjuk gigi’ dalam suplai buah-buahan bagi penghuninya, impor adalah  jurus ampuh untuk datangkan buah dari manca negara.

Kalau ditanya, lagi musim buah apa di saudi? Untuk menjawabnya, lihat dulu di pasar tradisional dan di swalayan, liat di sana, buah apa yang lagi asyik mangkal di stand buah-buahan. Bulan-bulan ini, buah yang lagi jadi idola adalah buah delima merah dan buah peach (persik).

buah peachPertama kali lihat buah peach lagi booming di saudi saat jalan-jalan di pasar sekitar masjidil haram, mekkah. Buahnya segede apel, bahkan ada yang lebih besar dikit, warnanya kuning kemerah-merahan dan bersisik putih halus. Ciri khasnya adalah terdapat belahan di salah satu sisinya, ciri yang khas dimiliki oleh keluarga Prunus (plum, peach dan apricot).

persik dibelahDaging buahnya lebih tebal, padat, berwarna kuning cerah, dan rasanya….manis-manis asem, selembut daging buah mangga dengan aroma yang khas keluarga Prunus.

 

biji plum n peachBijinya berwarna coklat tua, lebih besar dibandingkan dengan biji buah plum, dan lebih indah karena tercipta dengan relief (lekukan) yang eksotis (Mashaallah… Allah ciptakan mahluk-Nya dengan penuh keindahan, walaupun itu sesuatu yang luput dari perhatian kebanyakan manusia). Harga per kg nya adalah 8,95 real, 1 kg dapat 4 buah persik sebesar apel atau jambu bangkok besar, sedangkan di mekkah 10 real belum ditawar.

delima besarBuah lainnya yang lagi membanjiri pasaran saudi adalah buah delima merah…, biasanya buah ini sering muncul dalam bentuk jus instan di pasaran dengan nama keren pomegranate juice, sekarang aku bisa mencicipinya secara langsung. Sesuai dengan kondisinya sebagai buah impor, penampilan delima merah di sini lebih besar dibanding delima yang tumbuh di indonesia. Di indonesia sendiripun, sepertinya delima sudah jadi buah yang langka yaa, karena sudah jarang ditanam oleh masyarakat kita. Di komplek perumahanku saja, dulu aku adalah satu-satunya warga yang menanam buah delima di pekarangan belakang rumah, dan akupun sempat mencicipi buahnya, sebelum akhirnya ditebang habis karena jadi tempat nongkrongnya ulat bulu nan gatal.

Saat buah delima ini dibelah….wow…mashaallah.., ini bener-bener yang disebut dengan merah delima….soooooo red!! Sangat merah, biji buahnya besar-besar dan rasa buahnya…suegeeeerrr, asem-asem manis… bijinya tidak terlalu keras dan bisa dimakan langsung … Nah, kalau yang ini, aku belum melirik berapa harga per kg nya, habis…,  dapat dikasih oleh salah seorang teman sich…, 4 buah delima besar-besar!!

delima merekah delima merah delima red

Si Merah Delima

Buah-buahan lain yang hampir selalu ada adalah semangka. Semangka di saudi bentuknya aneh, panjang dan segede bayi. Rasanya macam-macam,semangka gede ada yang asrep sampai muaaniiiss banget, tergantung seberapa beruntung kita dalam memilihnya. Kalau pingin dapat yang agak terjamin manisnya, silahkan beli di swalayan, kalau di pasar tradisional?? maaf,… bukan salah pedagang yang menjualnya…

Subhanallaah, walau gersang dan tandus, Allah bukakan kemakmuran untuk negara ini. Buah-buahan mewah yang dirasakan sulit terjangkau oleh kantong pas-pasan di indonesia, kita bisa menikmatinya di sini: buah kiwi, anggur merah, anggur hijau (bahkan si manis ini sempat merambah pasar tradisional dengan harga jual 5-8 real seember kecil penuh, lebih dari 1 kg bila ditimbang), melon super manis, pear dengan berbagai jenisnya, apel merah dan hijau. Cuma…untuk buah yang begitu murah di indonesia saat musimnya tiba, seperti mangga, jambu biji, durian, dan rambutan…., harganya selangit, kalau mau beli musti mikir-mikir dulu, mending ditunda dulu keinginan ‘tuk merasakannya, hingga tiba kembali di tanah air…he..he…^^.

Entry filed under: pertama kali. Tags: .

Bencana Kembali Mengguncang Negeriku Rumput Arab: Mudanya Imut Banget, Tuanya Galak Sangat

4 Comments Add your own

  • 1. bintangtimur  |  October 5, 2009 at 6:42 am

    Aduuuh, buah delimanya mau dong…😛
    Saya punya pohon delima di rumah masa kecil saya dulu. Di Bandung.
    Tapi sekarang, saya belum pernah melihat pohon delima di halaman rumah siapapun. Mungkin benar ya, pohon delima sudah menjadi pohon yg langka…
    Buah peach kalengan saya pernah coba, tapi kalo yg asli belum pernah…hehehe, posting disini membuat rasa penasaran saya agak terobati, karena rasa buah peach yg asli ditulis dg detail dan menarik…

    he..he… ini juga baru pertama kali nyoba, mbak…pake aji mumpung………mumpung di saudi n bisa terjangkau saku neeh…

    Reply
  • 2. mr psycho  |  October 5, 2009 at 1:19 pm

    nggak ada buah naga ya ? padahal bentuk pohonnya persis kaktus lho, ngomongin timur tengah kan identik dengan kaktus hehehe

    mmmm..kayaknya pernah liat, tapi kemarin lagi gak mangkal di hyperpanda….walau arab=kaktus, perasaan belum pernah liat kaktus di sana, apalagi tanaman buah naga…bakalan KO dah dengan sengatan terik mataharinya…, perkebunan di sana pakenya macam green house, n biasanya yg ditanam tanaman yg ga bikin ribet, kayak tomat or timun, ato…rumput, mereka hobi banget nanam rumput, ntar deh inshaallah aq coba bikin reportase tentang gaya bercocok tanam dsana, thanks 4 visiting

    Reply
  • 3. dinny  |  December 14, 2009 at 8:14 am

    wah buah delima emang indah dilihat dan banyak khasiatnya. Untuk diare,cacingan…….sariawan..dan msh banyak lagi.Klo ada yg tertarik kerja sama untuk memproduksi / mengolah buah delima boleh jg tuh…di tempatku kira2 1/2 ha di tanam pohon delima ,merah,hitam/ungu,putih…..atw mw beli buahnya langsung ok juga… NEW PRICE Delima merah ukuran 4bh/kg/rp 75000,-Delima hitam dan putih s/d rp100.000,-/kg ..hub Dinny ph.o22 71382226 – 022 93763492.buruan…..petik langsung di kebun juga boleh……

    wadooww…dimana tuh?? boleh juga buat agrowisata..^^

    Reply
  • 4. santi  |  January 19, 2010 at 4:51 pm

    buah peach gimana nanem nya ya???
    pengen banget..indo ga ada…
    beli dimana ya???

    lama kelamaan nanti di indo juga akan ada…tunggu aja…

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Blogger

NOVI dengan nama pena SUNFLO ... ^^ Silahkan ambil yang bermanfaat dari sini, tanpa harus meninggalkan jejak atau komentar, kalau mau copas, silahkan, tapi harap yang bertanggungjawab...

sunflo’s Calendar

sunflo’s posting

October 2009
M T W T F S S
« Sep   Nov »
 1234
567891011
12131415161718
19202122232425
262728293031  

Translate My Blog

Translate this blog into different languages...
العربية
english
Français
हिन्दी

Archives

Blog Stats since August '09

  • 3,957,967 hits

sedang ada di kebun sunflower

”amung

visitors traffic

Enter your email address to subscribe to this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 393 other followers

Like My Site

FP NOVI NOUF

Instagram NoviNouf

Tamu tak diundang.. Nyopiri abi yg mo ngisi khutbah nikah di Cilimus, dari pada eikeh memble sendirian di mobil nunggu hingga hajat selesai, akhirnya dipersilahkan duduk di kursi tamu. Niatnya mah numpang duduk manis aja, eh.. Dapat souvenir n snack juga deh.. Alhamdulillaah.. Kipasnya cantik-cantik, ada warna pink, ungu n biru.. #kipas #kipastangan #kipascantik #souvenir #kondangan #hajatan #nikah #me #tamu #guest #jalanjalan #jelongjelong Rasanya.. As usual, cuma.. Aq pake resep sponge cake ekonomis: 
4 butir telur
100 gr terigu
100 gr gulapasir
1/2 sdm emulsifier
50 gr mentega
#tiramisu #italiandessert #me #homemade #baking #bikinsendiri #enyakenyak #nomnom

%d bloggers like this: