Unta di Saudi, Berjuta Rasa…

October 6, 2009 at 11:47 am 5 comments

Unta adalah binatang khas padang pasir. Pingin banget aku ketemu sama unta asli yang polos, sambil menebarkan ‘salam persahabatan’ dengan menepuk-nepuk kepalanya (pikirku kayak sapi atau kambing, binatang familiar di indonesia), tapi beneran…aku gak mau naikin tuh unta, just say hello saja. Kemarin waktu jalan-jalan ke Arafah…eh … ketemunya sama unta-unta cantik yang dihiasi kayak ondel-ondel di indo. Bisa liat kawanan unta polospun dari kejauhan. Dan anehnya… di sepanjang jalan pada tempat-tempat tertentu, selalu terpampang tanda lalu lintas berupa gambar unta, sepertinya tempat itu khusus disediakan buat nyeberangnya unta, dan pengemudi diharapkan berhati-hati.

Dan penasaran yang berkeliaran di benakku terjawab sudah setelah teman perjalananku bercerita. Dulu, ada seorang syaikh…beliau tidak sengaja menabrak (kawanan) unta yang sedang melintasi jalan raya (maklum… kecepatan mengemudi di saudi rata-rata di atas 100km/jam, bahkan suamiku biasa menyetel kecepatan pada titik 120-150 km/jam saat mengendarai mobil di jalanan luar kota saudi yang mulus dan lengang, … asyik juga rasanya… :) asalkan tetap menjaga kewaspadaan). Dan apa yang terjadi? Kawanan unta itu ‘marah’, dan rame-rame menginjak-injak mobil sang syaikh, hingga beliau tewas di dalamnya… (innalillahi wa inna ilaihi raji’un…)

Whatttt??!!! I can’t believe it!! Hewan yang punya wajah kaya gini:

unta imut …lucu…

wajah unta …ramah…

Camel-Face

…anggun… (??!!%=(#!!)

bisa segarang itu kalau marah????????  (@hatiku: Bagaimana?? Masih mau ketemu ma tuh unta??!! @aku: mmmm….ntar dech, dipikirin lagi dulu…-nyengir). Yach…siapapun mahluk, kalau merasa terusik, pasti ‘kan marah…wajar laah…

Tapi…, masih diseputar aji mumpung, mumpung lagi di saudi, alhamdulillah…aku bisa juga merasakan yang namanya daging unta. Ya…mumpung di sini, karena di indonesia…’kan unta gak boleh disembelih… (aturan siapa tuh??!!). Karena nanti kalau disembelih, pengunjung bonbin tak bisa lagi ngeliat unta ‘merana’ (karena dijauhkan dari teman-teman dan habitat aslinya) di sana…

Aroma daging unta ada di pertengahan antara daging sapi dan kambing. Serat dagingnya besar-besar, dan cepat empuk bila dimasak. Rasanya….??!! Yach…semua orang dah pada tahu, yang namanya daging pasti enak rasanya… Bagiku, biasa-biasa saja, standar rasa daging dan setidaknya aku pernah mencicipi yang namanya daging unta.

O,ya.. daging unta itu kuolah menjadi berbagai variasi menu makanan sehari-hariku. Karyaku yang berhasil kuabadikan adalah:

ungkeb unta

Ungkeb unta pake bumbu masala (bumbu instan khas asia selatan/pakistan)

gule unta

Gule unta pake bumbu gule racikan dari indonesia, bumbu gule bawaan terakhirku…

sambosa unta

Dan… sambosa unta, alhamdulillah…aku dah pinter bikin isi sambosa,…gak keasinan lagi, walau gak pake acara icip-icip, hanya mengandalkan feeling saja…

***

Unta…unta… berjuta rasa aku pingin tahu tentangnya… ternyata enak tapi juga galak…

Entry filed under: kisahku di saudi, kuliner. Tags: .

Rumput Arab: Mudanya Imut Banget, Tuanya Galak Sangat Demam Gelombang Cinta dan Nasibnya Kini…

5 Comments Add your own

  • 1. mamah aline  |  October 6, 2009 at 10:04 pm

    unta itu diamat-amati koq lucu dan imut dengan bulu mata lentik nan lebat, gak bakal tega jadinya buat menyantap daging unta itu

    iya mah…lucu sich, kalo ngliat yg masih hidup emang ga’ tega…tapi kalo dah dalam bentuk daging…. lupa dech sama wajah innocentnya….makasih ya mah, dah berkunjung ke sini, ntar sy main dech ke rumah

    Reply
  • 2. Ichal  |  October 7, 2009 at 9:04 am

    untanya lucu-lucu+imut-imut bgt ci🙂
    jgn-jgn orangnya jg imut x yUa, hehe;)

    he..he… yang jelas ga’ kayak untanya…=), thx 4 visiting…

    Reply
  • 3. Iksa  |  October 7, 2009 at 5:58 pm

    Hah ….. bagaimana rasanya ya menyantap daging onta? kalau burung onta sudah pernah sih ……

    enak juga loh pak… kayaknya burung unta juga enak yach… palagi cekernya, tapi…kalo ingat wajah innocent n jangkungnya itu, jadi ga tega…:(

    Reply
  • 4. bintangtimur  |  October 9, 2009 at 5:50 am

    Unta ternyata memiliki beragam ekspresi, lucuuu…
    Masakan dari daging unta, hm, sepanjang masih ada ayam, ikan atau sapi, kayaknya itu dulu deh yang saya cicipi…😛
    Nice post!

    namanya juga lagi disamperin aji mumpung nih sis…🙂 bisa buat cerita ke anak cucu (haiyah…!!)

    Reply
  • 5. casrudi  |  October 10, 2009 at 1:57 am

    sambosa makanan apa mbaq?… daging untanya di giling atau diapain?… dilihat dr foto sh kok mirip kebab yah…😛

    Hati2 deket unta mbaq, ambegan juga dia…😆

    sambosa is like pastel tapi bentuknya segitiga, paling mantap bila ada ranjaunya (alias dikasih cabe di dalamnya), dagingnya bs digiling, tp dicacah juga bisa. eh…malah aq belom pernah makan kebab neeh… tenang aja…selama ini malah aq nyimpen satu di rumah, tp ga ambegan (boneka) he..he…

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Blogger

NOVI dengan nama pena SUNFLO ... ^^ Silahkan ambil yang bermanfaat dari sini, tanpa harus meninggalkan jejak atau komentar, kalau mau copas, silahkan, tapi harap yang bertanggungjawab...

sunflo’s Calendar

sunflo’s posting

October 2009
M T W T F S S
« Sep   Nov »
 1234
567891011
12131415161718
19202122232425
262728293031  

Translate My Blog

Translate this blog into different languages...
العربية
english
Français
हिन्दी

Archives

Blog Stats since August '09

  • 3,961,049 hits

sedang ada di kebun sunflower

”amung

visitors traffic

Enter your email address to subscribe to this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 393 other followers

Like My Site

FP NOVI NOUF

Instagram NoviNouf

This is another one.. #myredrose #redrose in #mygarden #gardening on a #balcony #flowerporn #love #beautiful #instaflower #instapic Tampak atas.. Aku masih terkesima aja sama penampakan ini, meski sekarang udah habis, tinggal kenangan.. Tapi cakep yak.. #gaadayangnanya :)) #pudingsusu #silkypudding #pudingbuah #me #dessert #bikinsendiri #homemade #instapic

%d bloggers like this: