Kisah Melati Air-ku

October 19, 2009 at 12:10 pm 3 comments

Bunga melati darat emang harum baunya. Pernah dengar tanaman melati air?? Walau kalah harum sama yang di darat, tapi tanaman yang satu ini ga’ kalah gaya loh, daunnya, tangkainya, bunganya… eksotis buangetz! Masyaallah…

Pertama kali kenal ma tanaman ini, gara-gara hobi cuci mataku di taman tetangga yang ada kolam ikannya, yang selalu kulirik setiap pagi dan sore dalam perjalanan rumah-sekolah. Di sana ada sebuah tanaman yang daunnya besar nian, bikin mataku so ‘greeny’…

Lalu ketika aku mulai nukang kebun, hmmm… aku minta bibit tanaman itu pada tetanggaku. Diberinya aku beberapa tunas, dan batang kembangnya yang panjang, terdiri dari beberapa rumpun bunga. Aku sediakan beberapa wadah kecil, keberi tanah dan air, kutanam bibit melati air pada wadah-wadah itu. Kutunggu beberapa lama dia berproses untuk tumbuh…

Yang membuatku takjub, batang dengan rumpun bunga di atasnya, bila ditanam bisa menghasilkan individu baru, tunas-tunas mungil bermunculan dari dalam air…

Sekiaaan lama kutunggu pertumbuhannya, hingga hampir setengah tahunan, tapi tetep aja kerdil, kuntet, tak seperti punya tetangga. Padahal air selalu kusuplai setiap hari. Hmmmm… sepertinya ada masalah pada akarnya neeh…

Bener juga, setelah salah dua dari tanaman yang ada dalam wadah kecil kupindah ke dalam pot tanah liat yang besar, dalam hitungan 1-2 bulan, dia seperti mulai bergairah untuk tumbuh. Hingga memasuki 3 bulan kepindahannya, tanaman melati air itu sudah bisa membuat mataku so ‘greeny’ memandangnya… Daun-daunnya itu loh, segede-gede mangkok!!  Jadilah dia salah satu tanaman klangenanku…

DSC03381

Hingga akhirnya dia mengeluarkan tangkai bunga yang panjang dari sela-sela rimbun tangkai daunnya. Alhamdulillah berbunga juga…

DSC04128

Pertumbuhan akar tanaman ini sangat pesat, jadi kita harus pandai-pandai menyiasatinya agar dia tetap pada keanggunannya. Sayang sekali, aku tak telaten untuk mengurusnya kemudian, dikarenakan berbagai kesibukan yang menderaku…

Akhirnya… ketika dia mulai renta dan tak ada upaya regenerasi dari pemiliknya, tampaknya dia mulai ogah-ogahan tuk tumbuh, ditambah lagi … tubuh tuanya sudah tak kuat lagi menahan hujan dan angin yang menerpanya. Membuatku tuk beraksi menggundulinya, dengan harapan dia kan tumbuh seperti sedia kala. Namun ternyata, tunas berikutnya  yang tumbuh, tidaklah se-eksotis pendahulunya…

Jadi teringat dulu saat melanglang buana di toko-toko tanaman hias, aku lihat tanaman melati air besar yang dipajang di salah satu stand dengan harga jual 200 ribuan (belum ditawar)….

Weleh… (sambil geleng-geleng kepala kutinggalkan tempat itu, teringat melati airku di rumah… he..he…)

Pingin tau gimana cara bertanam melati air n perawatannya, please klik di sini.

Entry filed under: alam dan hobiku. Tags: .

Varian Sunflower Felt Carft: Menjawab Tantangan Mengenal ‘Makanan Rakyat’ Saudi

3 Comments Add your own

  • 1. bintangtimur  |  October 21, 2009 at 5:27 am

    Sama dong, saya juga pernah menjadi peng-koleksi melati air waktu masih tinggal di Lumajang😛
    Berhubung setelah itu pindah ke daerah lain, tidak mungkin melati air itu digotong-gotong dalam wadah pot tanah liat yg besar, jadi sekarang di rumah dinas ini, saya malah tidak punya melati air sama sekali…hehehe
    Melati air memang mudah dipelihara, tapi bisa membuat kagum banyak mata, daunnya seger. bunga putih kecil-kecilnya juga menggoda….
    Hiks, jadi inget melati air saya di rumah Surabaya😦

    sekarang galakin lagi tanam menanamnya sis, lumayan…buat klangenan…

    Reply
  • 2. Fakhrullah  |  October 29, 2009 at 11:13 pm

    wah. seperti ini toh tanaman yg namanya melati air. hijau sekali:mrgreen:

    pengetahuan saya tentang tanaman hias, sempit sekali.
    paling ya cuma tahu anggrek, yang jadi koleksi bapak saya.

    makasih ya mbak infonya. nambah pengetahuan

    yup makasih jugaa, lumayan buat cuci mata n bikin mata jadi greeny…

    Reply
    • 3. alisnaik  |  October 30, 2009 at 9:12 pm

      kalo saya, malah bikin wajah jadi greeny:mrgreen:

      ho oh tuuh…nyengir lagiii…^^

      Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Blogger

NOVI dengan nama pena SUNFLO ... ^^ Silahkan ambil yang bermanfaat dari sini, tanpa harus meninggalkan jejak atau komentar, kalau mau copas, silahkan, tapi harap yang bertanggungjawab...

sunflo’s Calendar

sunflo’s posting

October 2009
M T W T F S S
« Sep   Nov »
 1234
567891011
12131415161718
19202122232425
262728293031  

Translate My Blog

Translate this blog into different languages...
العربية
english
Français
हिन्दी

Archives

Blog Stats since August '09

  • 3,959,441 hits

sedang ada di kebun sunflower

”amung

visitors traffic

Enter your email address to subscribe to this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 393 other followers

Like My Site

FP NOVI NOUF

Instagram NoviNouf

Nasi Merah goreng cabe rawit spesial pake telor.

#nasigoreng #berasmerah #friedrice #menu #enyakenyak #nomnom #simplemenu #instafood #foodporn Ternyata setelah berhasil menguasai mobil, belajar motor itu jadi lebih mudah.

Aku udah bisa menaklukkan motor bebek manual ini, alhamdulillaah.. Dulu, diajari pake motor matic berulang kali, ga bisa-bisa. Setelah berhasil nyetir mobil, diajari sekali aka pake motor ini, langsung bisa ngacir.. Yaah.. Dengan prestasi, jatuh dua kali hehehe.. Hidupku jadi lebih normal sekarang, ga jalan kaki lagi n ngandelin sopir angkot.. :)) #motor #motorbebek #honda #belajarmotor #motorcycle #indonesiantransportation #me #experience #excited 
@munaayazid

%d bloggers like this: