Tips Sederhana Atasi Busuk Akar pada Anthurium

October 23, 2009 at 5:14 pm 22 comments

giant_wol_026_blAku emang bukan hobbiest  yang berhasil dalam kancah percaturan anthurium lovers, baru sebatas nyubi yang nyoba-nyoba. Apalagi ahli di bidang tanaman klangenan ini?? Bukaaan, masih jauuuh….

Tapi aku punya sedikit pengalaman tentang hiruk pikuknya memelihara tanaman daun ini dengan berbagai aral n cobaan yang menghadang. Selain terkena hama mouse attack, duka yang sering mendera dari sebuah obsesi menikmati keanggunan the wave of love atau sering disebut gelcin ini adalah gangguan busuk akar.

Pada umumnya, busuk akar terjadi karena over-watering, media tidak steril, kurang sabar dan adanya rasa khawatir, bila media kekeringan, maka si anthurium akan mati (dari luar dan dalam, lengkap sudah penyebabnya…)

‘Over-watering’ ini disebabkan oleh kurang pengalamannya kita terhadap perubahan musim dan lingkungan dimana anthurium tersebut berada, serta penggunaan media yang kurang pas dengan cuaca.
Contoh sederhana, penggunaan pakis sebagai media. Media pakis, kalau ditempat yang kena sinar bisa jadi sangat cepat kering, tapi begitu di tempat teduh, lembab atau basahnya menjadi lama karena akar pakis lama ‘memegang’ air. Idealnya dalam waktu paling lama 2 hari media tanam harus kering atau minimal lembab sedikit.

Untuk masalah media yang steril, mungkin dikarenakan kurangnya pengetahuan kita tentang media tanam anthurium (sistem tanam ala kadarnya), maka kita tidak mensterilkan media tanam terlebih dahulu, sehingga mengakibatkan munculnya jamur yang menyebabkan kebusukan pada akar.

Kurang sabar dan rasa kekhawatiran yang berlebihan?? Nah, ini merupakan faktor dari dalam negeri, yang disebabkan karena minimnya pengetahuan tentang objek yang sedang kita garap ditambah dengan rasa ingin menikmati hasil secepat-cepatnya tanpa memperhitungkan efek samping yang seburuk-buruknya (he..he.. nie sifat lumrahnya manusia yang perlu dijinakkan…tergesa-gesa …^^).

Busuk akar pada anthurium ditandai dengan kondisi tanaman yang terinfeksi layu seperti mati, ujung daun terlihat menggulung kekuningan seperti terbakar, dan pada saat media dibongkat terlihat akar membusuk, mudah putus. 

Penyebabnya busuk akar adalah jamur Pythium sp. Jamur ini merajalela bila lingkungan tumbuh terlalu panas dan dranaise di pot jelek , sehingga suhu dan kelembapan meningkat tajam. Ia juga mudah menyerang jika kondisi tanaman lemah dan stress (ck..ck.., tanaman ajah bisa stress, palagi manusia…)

Begitu pula yang dulu kualami. Dua kali aku mengalami kasus busuk akar dan berkali-kali mengalami mouse attack (weleh…). Saat melihat gelcinku yang berpenampilan mengenaskan, terlihat dari daun yang loyo dan pucat, feeling so bad-ku mengarah pada media dan sistem perakarannya. Dan… benar juga!! Akar gelcin yang dulunya kekar dan gemuk, saat itu terlihat busuk, berair dan mudah putus. Kayaknya memang aku terlalu semangat menyiramnya, sehingga media pakisnya terlalu lembab n kebanyakan air. Masih adakah harapan hidup untuknya…. ??😦

rootone FTindakan penyelamatan segera kulakukan… Ikhtiar dulu gtu… Aku cari solusi penyelamatan melalui tabloid tanaman hias yang kubeli. Alhamdulillah pas di sana ada artikel tentang mengatasi busuk akar pada anthurium. Kebanyakan menganjurkan untuk menggunakan perawatan dengan menggunakan hormon perangsang pertumbuhan akar seperti Biozon dan Rootone-F. Ini mah gak kulirik…, yang kuinginkan adalah bagaimana menyelamatkan si gelcin seselamat-selamatnya dengan biaya yang segratis-gratisnya… (maunya….dengan dalih penerapan prinsip ekonomi neh…^^)

Dan pada sebuah rubrik kutemukan lagi artikel yang pas di hati n ngertiin sama keinginanku, yaitu solusi dengan memanfaatkan fitohormon, berupa auksin yang terdapat pada daun-daun tanaman yang masih muda. 

Aku cari segenggam ujung tunas daun berbagai macam tanaman yang ada di sekitarku, kemudian ditumbuk halus, lalu diperas dan ditampung dalam wadah. Usaha penyelamatan selengkapnya adalah sebagai berikut:

1. Cuci akar gelcin dengan air mengalir hingga bersih

2. Buang akar yang busuk dengan cara dipotong dengan silet/cutter yang steril (diolesi alkohol dulu), karena bila akar busuk ini dibiarkan, maka akan semakin menjalar ke atas,

3. Kemudian rendam akar gelcin yang masih bagus ke dalam perasan daun-daun muda tersebut yang sudah dicampur dengan sedikit air untuk mengencerkan, pilih wadah yang sesuai dengan lebar badan pasien, diamkan selama 1 minggu, lihat perkembangannya.

Dalam waktu sekitar 1-2 minggu, maka tunas akar baru akan tumbuh dari akar pokok yang masih sehat. Setelah dirasa akar cukup kuat dan mampu lagi untuk menopang kehidupan gelcin, maka pindahkan si pasien ke media baru dan siap berjuang untuk tumbuh lagi.

Sudah dua kali cara itu kulakukan, dan alhamdulillah, pasien-pasienku bisa melanjutkan perjuangan hidupnya. Walaupun perkembangannya kurang memuaskan, dan kupikir ini kembali pada masalah pemeliharaannya. Dan kupikir pula, mungkin solusi di atas cukup efektif dilakukan, sebatas untuk menyelamatkan hidup gelcin dari rongrongan busuk akar.

Aku akan sangat senang  bila ada yang berminat untuk menjadikan caraku ini sebagai bahan penelitian, sehingga bisa mendapat penguatan dari sisi ilmiahnya… Ditunggu…^^ (kesempatan terbuka bagi ade’-ade’ yang mo mengajukan judul penelitian buat tugas akhir neeh…)

Sumber:www.duniaflora.com, http://www.fiorenza.web.id dan pengalaman pribadi, gambar diambil dari google karena dulu gak kepikiran mo bikin blog…^^

Entry filed under: alam dan hobiku. Tags: .

‘Buah Kaki’ Itu Ternyata… Qisythah: Temannya Makan Kurma

22 Comments Add your own

  • 1. yangputri  |  October 24, 2009 at 5:03 am

    waahh kebetulan banget, aku juga pecinta tanaman….. dan kebetulan banget anthorium ku sudah agak layu bahkan daunnya sudah ada yang menguning…. kemarin akhirnya kuganti medianya dengan campuran pupuk kandang… krn aku awam gak ngerti ngurus masalah pertanaman. Bagaimana menurutmu..??? salah gak kuganti medianya dengan campuran tanah dan pupuk kandang trus ku ksh pupuk yang untuk menyuburkan daun *lupa aku nama pupuknya*

    hwedeeh…put nanya ma nyubi yg nyoba2 neh…
    keknya ada masalah ma akarnya dech…, tanda2 awal busuk akar tuh.., terlalu banyak air, or kadang malah medianya buat sarang semut. Keknya put kudu, keringin dulu tuh media pakis, n then tanam lagi di sono. but kalo mo ganti pake media tanah sih bisa ajah, tapi jgn langsung dikasih pupuk, tunggu dia adaptasi ma media barunya, baru kalo dah aman, kasih dia makanan yg bgizi…gtu.

    Reply
  • 2. Badruz  |  October 24, 2009 at 12:06 pm

    wah, no komeng saja deeh.
    yang penting jadi tahu.
    salam kenal

    komeng??… moga2 bmanfaat gtu… kenal juga, thx for visiting…

    Reply
  • 3. bundadontworry  |  October 24, 2009 at 3:09 pm

    wah, ini sih suami saya harus ikut baca tulisan ini,
    karena dia yg hobi dgn tanam2an termasuk bermacam2 jenis anthurium.
    terima kasih Mas, sudah berbagi info.
    salam.

    hwedeeh…bunda…ini mbak bunda…mbaaak…=) xii..xi..xi.. (slh sendiri ga kliatan penampakannya….), sama2 bunda…makasih nie dikunjungi balik… ini mah cara sederhana bin murah… moga bmanfaat ajah…

    Reply
    • 4. bundadontworry  |  October 28, 2009 at 9:31 am

      oh, maaf mbak………..saya sudah cari2 profilnya, nggak ketemu, jadi ya sekedar menebak saja.
      mohon maafnya diterima ya………
      Salam.

      diterima bangetz bund… maklum… bukan salah bunda menebak…he..he..

      Reply
  • 5. adelays  |  October 25, 2009 at 4:19 am

    Mbak sunflo,
    penjelasan yang cukup membantu para penggemar anthurium, walaupun aq bukan salahsatu diantaranya.

    Jangan2 nama blognya nanti jadi ilikeanthurium.wordpress.com ?

    weleeeh….kagak de’….bener!! kagak mo diganti…emooh..ilikesunflower…always!!

    Reply
  • 6. vany  |  October 25, 2009 at 11:11 am

    hmmm…
    nanti tipsnya aku ksh tau ke mama ajah deh…
    coz mama suka bgt berkebun…
    kalo aku gak terlalu suka tanaman siyh…
    hihihi…

    hi..hi..hi… vanny datang…welcome…^^ …tuh tips murah meriah n natural buangetz…met mencoba yach

    Reply
  • 7. asepsaiba  |  October 25, 2009 at 11:35 am

    Sunflower? Wah, yang sy inget tentang bunga ini cuma .. KWACI.. hehe.. kkwaci dari bunga matahari.. Hobby waktu SD..

    Btw, keren mas blognya
    Kunjungan balik… Trims udah mampir.. Gimana kalu kita tukaran link? Biar tambah erat persahabatan kita…

    hpfyuuuuh…ini lagi… mas asep orang keempat yang panggil diriq maz-maz,… btw, eniwei, baswei, … boleh…boleh… tukeran linknya… makasih yaa’…

    Reply
  • 8. bintangtimur  |  October 25, 2009 at 2:13 pm

    Ih, ternyata busuk akar itu sebabnya itu ya…
    Kalo saya pikir, kebanyakan nyiram…hehehe😛
    Bener nih, baca posting disini, bikin saya tambah wawasan…thanks!

    emang dmikian sis, itu jamur muncul bcoz of over watering…gmna kabar anthurium di rmh?? semoga mereka sehat2 selalu yaa’…^^

    Reply
  • 9. asepsaiba  |  October 25, 2009 at 5:57 pm

    Lapor.. Link Mas.. eh.. Mbak.. sudah saya add di blogroll saya… Laporan selesai..

    laporan diterima, siap ditindaklanjuti…^^

    Reply
  • 10. Aisha  |  October 26, 2009 at 1:07 am

    wah..saya juga termasuk penggemar.Tapi sampai saat ini nggak ada masalah.By the way ,terimaksih sharingnya dan kunjungannya ya.

    alhamdulillah kalo sehat2 ajah anthuriumnya…^^..maksih juga kunjungannya, tukeran link yaa’?

    Reply
  • 11. Pakde Cholik  |  October 26, 2009 at 2:41 am

    isteri saya juga punya tanaman seperti itu tapi dikasih orang. Sekarang sudah lumayan besar.
    katanya kalau dijual laku 750 juta ha ha ha
    Salam hangat dari Surabaya

    weleh…emang mo dijual, pakdhe?? emaan… tapi kalo laku segtu mah…mau..mau ajah n dengan sukarela nglepasnya yaaa… maksih kunjungannya, pakdhe, tukeran link yaaa’..

    Reply
  • 12. ruanghatiberbagi  |  October 26, 2009 at 4:34 am

    Menyapa sahabat pagi hari dalam
    mengawali pekan ini dengan penuh kesuksesan, selamat meraih
    keberhasilan
    di pekan ini, salam

    makasih…maksih neh support n kungjungannya…sukses buat kita semuaaaa yaaa’…^^

    Reply
  • 13. Si kurus  |  October 26, 2009 at 4:34 am

    weks.. pengen tanam menanam. tapi gak sempet. Salam kenal yach

    disempet-sempetin ajah, lumayan … bikin greeny mata…^^… kenal juga…thx for visiting…

    Reply
  • 14. mamah aline  |  October 26, 2009 at 5:57 am

    saya punya beberapa athurium, kalo sakit saya amputasi aja bagian yang bermasalah seperti akar dan daunnya saya cuci pakai air beras dan dilap gar gak ada kutil tau kutu yang nempel, tak perlu ganti media kayaknya

    siiiiiiiiip…ini tambahan info dari mamah aline, makasih ya mah…sukses selalu…^^

    Reply
  • 15. liza  |  October 26, 2009 at 7:25 am

    ok banget penjelasannya.. ntar aku kabari mamaku, biar anthurium di rumah semakin subur😀

    siiiiip… pecinta anthurium juga mamahnya? salam buat mama yaaa de’…^^

    Reply
  • 16. WARSO WIJAYA  |  January 11, 2010 at 1:02 pm

    kirim dong informasi untuk merawat anthurum jemani dan gelombang cinta……. terimakasuh

    okeeeii… nanti sunflo sediakan halaman khusus buat para hobbies tanaman n ikan hias… buat sunflo juga manfaatnya…

    Reply
  • 17. Bunga Matahari dari Sahabat « Blog Asepsaiba  |  May 7, 2010 at 11:02 am

    […] dengan panggilan ‘mas’ (punten.. punten.. ya bun..). Ini komentar pertamax saya di blognya sunflo : Kunjungan perdana Asepsaiba di blognya […]

    gapapa kang… ada pula yang manggil Gan, Bos selain dari mas… lagi nungguin ada yang manggil bang nieeeh… ^^

    Reply
  • 18. Bunga Matahari dari Sahabat | asepsaiba.web.id  |  January 28, 2012 at 3:16 pm

    […] dengan panggilan ‘mas’ (punten.. punten.. ya bun..). Ini komentar pertamax saya di blognya sunflo : Kunjungan perdana Asepsaiba di blognya […]

    Reply
  • dimana saya bisa dapatkan rootone f..berapa harganya…untuk budidaya singkong agar akarnya banyak bisa gak ya..tlg.hub.kami:klmpok tani LESTARI ASRI..sumberasri-nglegok-blitar-jatim..hp.081332828262..trm kasih bantuannya..

    Reply
  • kami membutuhkan obat perangsang akar & pembesar umbi…mhn hub.kami..klmpok tani LESTARI ASRI..Sumberasri-nglegok-blitar-jatim.hp.081332828262 ato 08990462579(budi)

    Reply
  • 21. mas witra  |  April 9, 2013 at 4:25 pm

    susah ya ngerawatnya.. tapi gimana udah 3 tahun lebih. sekarang udah sehat dan gede blum si anto (alias anthurium) nya?

    Reply
  • 22. Cak Her  |  August 18, 2014 at 10:51 am

    Makasih infonya bu, saya barusan copas apa yg ibu lakukan. Semoga Gelcin saya bisa bertahan. Kasian pasien saya masih bayi……..

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Blogger

NOVI dengan nama pena SUNFLO ... ^^ Silahkan ambil yang bermanfaat dari sini, tanpa harus meninggalkan jejak atau komentar, kalau mau copas, silahkan, tapi harap yang bertanggungjawab...

sunflo’s Calendar

sunflo’s posting

October 2009
M T W T F S S
« Sep   Nov »
 1234
567891011
12131415161718
19202122232425
262728293031  

Translate My Blog

Translate this blog into different languages...
العربية
english
Français
हिन्दी

Archives

Blog Stats since August '09

  • 3,959,441 hits

sedang ada di kebun sunflower

”amung

visitors traffic

Enter your email address to subscribe to this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 393 other followers

Like My Site

FP NOVI NOUF

Instagram NoviNouf

Nasi Merah goreng cabe rawit spesial pake telor.

#nasigoreng #berasmerah #friedrice #menu #enyakenyak #nomnom #simplemenu #instafood #foodporn Ternyata setelah berhasil menguasai mobil, belajar motor itu jadi lebih mudah.

Aku udah bisa menaklukkan motor bebek manual ini, alhamdulillaah.. Dulu, diajari pake motor matic berulang kali, ga bisa-bisa. Setelah berhasil nyetir mobil, diajari sekali aka pake motor ini, langsung bisa ngacir.. Yaah.. Dengan prestasi, jatuh dua kali hehehe.. Hidupku jadi lebih normal sekarang, ga jalan kaki lagi n ngandelin sopir angkot.. :)) #motor #motorbebek #honda #belajarmotor #motorcycle #indonesiantransportation #me #experience #excited 
@munaayazid

%d bloggers like this: