Dikejar Sand Storm (Badai Pasir)

October 30, 2009 at 1:02 am 9 comments

Bulan depan, perhelatan akbar kaum muslimin sedunia dimulai. Jutaan kaum muslimin berbondong-bondong akan menunaikan ibadah haji 2009 di tanah suci. Dulu sewaktu di indo, aku berpikir, “Wah, enak yaa..orang-orang yang tinggal di saudi, gampang kalo mo umrah n naik haji, gak butuh biaya banyak, tinggal naik bis, nyampe dech…”  Begitu pula di benak teman-temanku yang menanyakan hal yang sama padaku setelah aku sampai di saudi.

Alhamdulillah… untuk umrah emang kita bisa ke tanah suci kapanpun kita mau dengan biaya yang relatif murah, cuma bayar 75-110 real per orang, kita bisa menikmati paket umrah sederhana selama 3 hari plus penginapan, belum termasuk konsumsi. But…untuk haji?? Hwedeeww… sekarang aku baru tau…tak sesimpel yang kubayangkan dan yang terbayang di benak kebanyakan orang. Untuk biaya hajian tahun ini saja, minimal harus merogoh 2900 real dari kantong. Namun biasanya, ada muhsinin saudi yang bersedia membiayai bagi mereka yang belum pernah melaksanakan haji (haji faridhah/wajib). Nah… kesempatan ini yang pingin kukejar… Kalau dapat ‘kan, lumayaan… Untuk menggapai kesempatan tersebut, maka sebagian dari WNI di Qasim mendaftarkan diri di Yayasan Syaikh Muhammad bin Shalih Al ‘Utsaimin di Unaizah.

Bersama beberapa kawan, aku dan suami berangkat menuju Unaizah pukul 16.30 waktu setempat. Kulihat mendung menggayut di langit Buraidah. Memang saudi tengah memasuki masa peralihan dari musim panas ke musim dingin. Hingga sampai di perbatasan Buraidah-Unaizah, dari arah barat (Bukairiyah), kami melihat awan coklat kehitaman membentuk dinding yang bergerak di ufuknya. Awalnya kupikir itu adalah awan berjalan yang membawa hujan. Namun, baru ngeh kemudian, ternyata itu adalah fenomena badai pasir (sand storm) yang biasa dijumpai di daerah gurun, sering disebut dengan istilah Ghubaar (debu) di saudi. Badai itu bergerak menuju kami dari arah belakang dan kanan, subhanallah… pemandangan yang luar biasa, suasana cukup meneganggkan, karena baru pertama kali ini kami melihat fenomena alam yang selama ini hanya kami rasakan dari balik dinding rumah saja. Suara anginnya mirip orang menangis…

Suamiku konsentrasi dengan mobil dengan kecepatan tinggi, alih-alih ingin menghindari badai itu, namun apa daya… terjebak jualah kami di dalamnya. Tiba-tiba suasana menjadi temaram, hidung terasa sesak oleh debu, kaca mobil segera ditutup rapat, jarak pandang hanya mencapai 15 meter. Di tengah rasa tercengang, takjub dan ngeri… naluri ngeblogku masih jalan tuk mengabadikan peristiwa itu (lumayaaan… buat bahan postingan).

Berikut ini adalah foto-foto yang berhasil kuabadikan:

1

2

Dikejar badai dari arah belakang, kebayang saat tsunami mengejar ‘mangsa’nya… Subhanallah…

3

4

Dari arah samping kananpun tak luput dari kejaran badai…

6

Langit sebelah kiri masih tampak terang walau mendung menggayut padanya…

12

Badai mulai menyebar dan menggenggam atmosfer padang pasir… sisi kiri juga mulai diliriknya…

8

9

Akhirnya badai itupun menjebak kami….

10

11

Sekenceng-kencengnya mobil melaju, akhirnya kejebak jugaa…. Lampu-lampu dinyalakan, suasana temaram, padahal masih pukul 17.12 waktu setempat

13 14a 15

Tiba di Yayasan Syaikh Al ‘Utsaimin pas waktu maghrib, 17.40, bangunannya berbentuk buku, gambar kanan adalah kantor bagian wanita, sedang gambar bawah, kujepret bangunan utama dari bawah…

16

Btw, eniwei…bagaimanapun juga… badai pasti berlalu… optimislah!!he…he…he…🙂 badainya udah selesai, debunya entah kemana…

Badai pasir adalah fenomena meteorologi yang umum dijumpai di daerah gurun. Badai pasir dapat memindahkan keseluruhan bukit pasir dan membawa pasir dalam jumlah besar sehingga tepi badai dapat menyerupai dinding pasir setinggi 1,6 km.

Badai pasir disebabkan oleh angin kencang yang meniup tanah halus atau pasir, dan karena saking banyaknya materi yang berterbangan mengakibatkan pandangan agak terganggu. Di daerah gurun biasa terjadi beberapa kali dalam setahun, badai pasir akan makin banyak terjadi karena hawa panas di atas gurun yang menyebabkan atmosfir bawah menjadi tidak stabil. Ketidak stabilan udara ini bercampur dengan udara di tengah troposphir bergerak ke bawah, dan membuat angin kencang di permukaan tanah.

Alhamdulillah… rally Buraidah-Unaizah menghasilkan sesuatu yang berguna untuk menempuh hajian yang kucita-citakan tahun ini, berupa surat keterangan tath’im (vaksin meningitis) untuk mendapatkan tasyrih (surat izin haji).

17

Semoga Allah mudahkan segala urusan berikutnya, perjuangan tuk menunaikan haji 2009, aamiin…

Entry filed under: kisahku di saudi, pertama kali. Tags: .

Gantungan Kunci Wortel dari Kain Flanel/Felt Kreasi Sunflo Gantungan Kunci Bunga Krisan dari Kain Flanel/Felt Kreasi Sunflo

9 Comments Add your own

  • 1. Aisha  |  October 30, 2009 at 6:57 am

    hmm..Saudinya di mana sis?kok masih pakai biaya?Saya nggak pakai biaya tuh sis,kalau haji😀

    di buraidah sis, bisaan yaak ga bayar, gmana critanya?? share pengalaman dunk…

    Reply
  • 2. Ismi Humairo  |  October 30, 2009 at 8:13 am

    wah, baru kemaren curhat di messej, langsung posting plus poto2nya juga. keyen sista…….. berasa ajah dah idup disana….
    diajak berpetualang diGurun….
    mo hajji ya??senengnya……

    maklum…lagi bloggy bangetz neh…ho oh, semoga Allah mudahkan saudara2ku yang lainnya tuk bisa kunjungi tanah suci kelak…aamiiin..

    Reply
  • 3. haris ahmad  |  October 30, 2009 at 8:46 am

    subhanalloh………..

    salam kenal

    kenal juga, tukeran link yaa..

    Reply
  • 4. sunubiz  |  October 30, 2009 at 7:14 pm

    Semoga bisa menjalankan ibadah haji dengan baik & khusyuk. Semoga jadi haji yang mabrur

    aamiin… makasih doanya yaa mbak…

    Reply
  • 5. alisnaik  |  October 30, 2009 at 9:36 pm

    semoga hajinya lancar dan diterima Allah, ya mbak🙂

    dikejar badai pasir kayaknya seru juga.
    ehehehe

    aamiiiiiiiin… makasih yaa de’ doanya… ga kan lupain fakhrul buat didoain nanti aah…inshaallah

    Reply
    • 6. alisnaik  |  November 2, 2009 at 4:16 pm

      makasih makasih atas doanya
      :mrgrenn:

      siiip lil bro…^^

      Reply
  • 7. bundadontworry  |  October 31, 2009 at 4:42 am

    Semoga mendapatkan haji yg mabrur dan mabruroh ya Mbak.
    sungguh pengalaman yg mencekam sekaligus mengagumkan
    bisa menyaksikan langsung badai pasir di depan mata.
    Semoga Allah swt selalu melindungi dan selalu sehat ya Mbak.
    Salam.

    aamiiiiiiiin… makasih bunda…^^ semoga demikian juga bunda, sehat dan selalu dilindungi Allah…aamiin…

    Reply
  • 8. bintangtimur  |  November 1, 2009 at 9:30 am

    Amiiin…semoga bisa menjalankan ibadah haji ini dg baik ya, mendapat kemudahan serta menjadi haji yg mabrur…
    Foto-foto diatas bikin saya ikutan serem, segitunya banget badai pasir disana😦
    btw, lagu Badai Pasti Berlalu, saya suka banget lo, musik, lirik dan maknanya ok…😀

    aamiin…makasih doanya yach sis, ho oh, badai pasti kan berlalu..^^

    Reply
  • 9. mr psycho  |  November 3, 2009 at 2:36 am

    semoga tercapai naik haji nya sis.. memang kadang meraih sesuatu harus dengan perjuangan..

    makasih mr, atas support n doanya…aamiiiiin..

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Blogger

NOVI dengan nama pena SUNFLO ... ^^ Silahkan ambil yang bermanfaat dari sini, tanpa harus meninggalkan jejak atau komentar, kalau mau copas, silahkan, tapi harap yang bertanggungjawab...

sunflo’s Calendar

sunflo’s posting

October 2009
M T W T F S S
« Sep   Nov »
 1234
567891011
12131415161718
19202122232425
262728293031  

Translate My Blog

Translate this blog into different languages...
العربية
english
Français
हिन्दी

Archives

Blog Stats since August '09

  • 3,961,049 hits

sedang ada di kebun sunflower

”amung

visitors traffic

Enter your email address to subscribe to this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 393 other followers

Like My Site

FP NOVI NOUF

Instagram NoviNouf

This is another one.. #myredrose #redrose in #mygarden #gardening on a #balcony #flowerporn #love #beautiful #instaflower #instapic Tampak atas.. Aku masih terkesima aja sama penampakan ini, meski sekarang udah habis, tinggal kenangan.. Tapi cakep yak.. #gaadayangnanya :)) #pudingsusu #silkypudding #pudingbuah #me #dessert #bikinsendiri #homemade #instapic

%d bloggers like this: