Cara Mantap Nikmati Halawiyat

November 4, 2009 at 12:24 am 11 comments

Mumpung di saudi neh… Lagi-lagi kubawa para readers sekalian tuk mengenal hal-hal yang saudi punya. Siapa tahu, bila kelak ada di antara readers yang diberi rizki oleh Allah bisa mengunjungi saudi, ingat sama blog sunflower ini yang menyediakan sedikit info yang berkaitan dengannya… (okeh…diinget-inget yaak…blog sunflower, gtu… — ^^ kepedean)

Masih seputar makanan, salah satu makanan yang khas dijumpai di daratan arabia adalah halawiyat. Berasal dari kata hulwun  dalam bahasa arab, yang artinya manis, halawiyat merupakan makanan kecil sejenis pastri mungil yang rasanya muaaniiiiiiiissss buangetz…. (hwedeew…)

Biasanya dikemas dalam wadah berupa piring plastik bulat dan ceper, di atasnya disusun berbagai macam bentuk pastri mungil. Walau bentuknya beraneka ragam, tetapi untuk urusan rasa, semuanya seragam, muanis abiiiisss….!!

halawiyat kemas

ini adalah kemasan kecil halawiyat dengan diameter wadahnya 16,5 cm 

kek gini ni si hlwyt

ini nie contoh pastri halawiyatnya… beneran dech, ini adalah halawiyat terenak yang pernah kurasakan, sangat empuk, berasa susu dan menteganya, isinya adalah kacang-kacangan yang ditumbuk kasar…mmm … walau manis sungguh… masyaAllah…euanaaak tenaan…

***

Bagi mereka yang suka banget sama makanan yang manis-manis (kek aku ini…^^), menyantapnya apa adanya bukanlah suatu masalah. Namun bagi mereka yang tingkat toleransinya terhadap rasa manis kecil banget, mungkin cara di bawah ini bisa dicoba.

Halawiyat oleh orang-orang arab, biasa dinikmati bersama dengan minum qahwah (kopi pahit), untuk menetralkan rasa manisnya.

kopi arab

ini adalah kopi arab (kopi arabika), baunya harum sekali, wangi kopi asli, beda banget sama kopi-kopi instan, serbuknya agak kasar bila dibanding kopi instan… warnanya lebih cerah. katanya neh, kopi arab tuh yang paling enak dibanding dengan jenis kopi robusta…

***

Menyiapkan minuman kopinya pun ada semacam ‘ritual’ khusus. Caranya, sediakan teko yang diisi air mentah, kemudian direbus hingga mendidih. Setelah mendidih, masukkan 1-2 sendok makan kopi arab bubuk ke dalam rebusan air tadi, tergantung banyak sedikitnya ukuran air rebusan, tunggu beberapa saat, hingga tercium aroma wangi kopi. Bisa juga ditambahi bahan penyedap lainnya, semisal daun sereh.

kopi mendidih

mendidihkan air plus kopi dalam satu teko hingga diperoleh aroma harum kopi

Tuang rebusan kopi tadi ke dalam termos, biar awet panasnya. Tuangkan ke dalam gelas-gelas teh/kopi, sedikit demi sedikit…nikmati sensasi rasa dan aromanya…

halawiyat n kopi

… kopi n halawiyat siap dijajal rasanya…

Hmmmmmm…kopi pahit panas plus pastri super manis, bila dipadu akan menciptakan sensasi rasa yang luar biasa di lidah… Sambil ngobrol-ngobrol, rasa pahit kopi akan terlupakan sejenak. Jadi teringat jadul, saat menikmati secangkir teh pahit hangat sambil makan gula aren di desa….mmmm…

Ketika kesadaranku kembali, dan mencoba menikmati kopi tanpa halawiyat, apa yang terjadi??? Hwedeeewww… puahiiit amiiiiiiiirr!!! 

He…he… terkadang aku nyalahi pakem dalam urusan menikmati kopi arab ini. Kata suamiku, aturannya ga pake gula…. saat kucoba menambahkan gula ke dalamnya malah diprikitiwikan plus ceramah tentang bagaimana menyajikan kopi ini… (weleh..) Suatu ketika, tanpa sepengetahuan suami, aku bikin kopi arab itu dengan menambahkan gula ke dalamnya, dan kunikmati sendiri dengan caraku di suatu tempat tanpa sepengetahuannya….hmmm nikmatnya…

He..he.. dasar orang jawa… manis is the best!!.. ^^

Entry filed under: kuliner. Tags: .

Nektarin: Si Peach yang Mulus Zucchini: Menu Makan Siang Sederhana ala Bangsawan Perancis dan Italia

11 Comments Add your own

  • 1. Desri Susilawani  |  November 4, 2009 at 2:22 am

    di sana ada teh ga? ga suka kopiiii……biar makan apa itu…halawiyat sama teh tawar ajah…salam sayang dari bandung selatan

    wuaah…di saudi mah apa-apa ada, kecuali bapak n ibu… mereka jauh di negeri seberang…hiks… salam sayang juga dari gurun…^^

    Reply
  • 2. Ismi Humairo  |  November 4, 2009 at 3:05 am

    haiyo……..tak bilangin suaminya lohh…minum kupi manis sambil mengendap2 biar g keteuan suami…..

    “suaminya mbak Sun…………. ini istrinya minum kupi manis, aturan kan g pke gula yaaaaaaaak”
    *sambil berteriaaaaaaak kenceng*

    kata suamiku, “xixixi… orang sekarang aq juga suka kopi arab dikasih gula…jeh… =)”

    Reply
  • 3. Wong Jalur  |  November 4, 2009 at 10:03 am

    Edan edan edan…..gak kuat nih air liur keluar terus liat gambar halawiyat (manisan) plus kopi Arab. Kpn ya bisa nyicipin???? Ah….mimpi kali…

    hwedeeww…jangan edan dunk… inshaallah…semoga kelak Allah perkenankan ade bisa mencicipinya, dan bisa ke saudi tuk mencicipi langsung…aamiiin

    Reply
  • 4. melianaaryuni  |  November 4, 2009 at 1:38 pm

    Ih, jadi pengen ngerasainnya deh,Mbak…hmmmmm keknya yummy gitu

    iyaa de’…coba cari di kampung arab setempat, barangkali ada yang jual..^^

    Reply
  • 5. bayu ratri  |  November 4, 2009 at 2:38 pm

    koq bagiku gambarnya lebih mirip martabak manis ya?
    wkwkwkwk

    martabaaak??!! weleh… tak diragukan lagi, pantaaaaaaaaaas buangetz, karena bayu liatnya jadi jakartaaaaa….ya kaaan??? =)

    Reply
  • 6. alisnaik  |  November 4, 2009 at 9:59 pm

    semakin sering saya BLOGDIVING di blognya mbak sunflo ini.

    nafsu makan saya semakin meningkat.
    wuuuaaahahahahahahahahaa:mrgreen::mrgreen::mrgreen: :mrgreen::mrgreen::mrgreen: :mrgreen::mrgreen::mrgreen:

    syukurlah…alhamdulillaah…biar sehat n semangat tuk apdet blognya…^^

    Reply
  • 7. bintangtimur  |  November 5, 2009 at 4:19 pm

    Saya penggemar kopi tubruk (yg instan sih no way…), jadi kayaknya saya udah bisa ngebayangin deh makan halawiyat ini dg kopi tubruk favorit saya yg (memang) tidak terlalu manis…😛
    Kan sayanya udah manis…hahahahahaha, nekad abis!

    pokokna eunaak tenaan sis, maknyoss gtu…^^

    Reply
  • 8. bundadontworry  |  November 6, 2009 at 5:06 am

    mungkin pastry ala saudi enaknya ditemani sama kopi pahit krn muannisnya itu ya Mbak.
    terima kasih utk infonya.
    salam.

    iyaa bunda, belum pernah coba yang satu ini, bund??

    Reply
  • 9. zipoer7  |  November 6, 2009 at 6:35 am

    Salam Takzim
    Maap ya, baru sempat mampir lagi, sajian demi sajian jadi tak sempat dinikmati, mungkinkah masih ada sisah untuk zipoer7, hehehe selamat, slamat
    Salam Takzim Batavusqu

    maap bro, dah habis nie…sy juga doyan banget ma nie makanan…hehehe..

    Reply
  • 10. idana  |  November 6, 2009 at 7:19 pm

    saia juga ngak suka kopi…jadi boleh di padukan dengan teh kan ?? hehehe

    yup….teh pait or teh idjo…biar sehaat…^^

    Reply
  • 11. idana  |  November 6, 2009 at 7:21 pm

    oh iyaaa….ada seru2an di blog detik…vote yaaa😀
    http://dblogger.blogdetik.com/2009/11/06/dblogger-king-and-queen-goes-to-final/

    yoi…entar q intip di sono

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Blogger

NOVI dengan nama pena SUNFLO ... ^^ Silahkan ambil yang bermanfaat dari sini, tanpa harus meninggalkan jejak atau komentar, kalau mau copas, silahkan, tapi harap yang bertanggungjawab...

sunflo’s Calendar

sunflo’s posting

November 2009
M T W T F S S
« Oct   Dec »
 1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
30  

Translate My Blog

Translate this blog into different languages...
العربية
english
Français
हिन्दी

Archives

Blog Stats since August '09

  • 3,959,459 hits

sedang ada di kebun sunflower

”amung

visitors traffic

Enter your email address to subscribe to this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 393 other followers

Like My Site

FP NOVI NOUF

Instagram NoviNouf

Nasi Merah goreng cabe rawit spesial pake telor.

#nasigoreng #berasmerah #friedrice #menu #enyakenyak #nomnom #simplemenu #instafood #foodporn Ternyata setelah berhasil menguasai mobil, belajar motor itu jadi lebih mudah.

Aku udah bisa menaklukkan motor bebek manual ini, alhamdulillaah.. Dulu, diajari pake motor matic berulang kali, ga bisa-bisa. Setelah berhasil nyetir mobil, diajari sekali aka pake motor ini, langsung bisa ngacir.. Yaah.. Dengan prestasi, jatuh dua kali hehehe.. Hidupku jadi lebih normal sekarang, ga jalan kaki lagi n ngandelin sopir angkot.. :)) #motor #motorbebek #honda #belajarmotor #motorcycle #indonesiantransportation #me #experience #excited 
@munaayazid

%d bloggers like this: