Zucchini: Menu Makan Siang Sederhana ala Bangsawan Perancis dan Italia

November 4, 2009 at 2:12 pm 23 comments

Hyperpanda adalah salah satu mall terbesar di Buraidah setelah Al Othaim. Tempat belanja ini banyak diserbu oleh masyarakat karena berbagai servis yang diberikan. Tempatnya luas dengan areal parkir yang memadai, harga barang-barangnya terjangkau, dan yang paling penting, … selalu mengadakan diskon di setiap kesempatan… =)

Acara diskon besar-besaran, murah dan meriah ini lumayan menggiurkan bagi kami, para pendatang, he..he… apalagi bagi orang saudi yang fulusnya berlipat-lipat. Sehingga wajar saja kalau mereka belanja bertrolly-trolly….^^

hiperpanda

Ini adalah mall hyperpanda, tempat ternyaman bagiku buat belanja saat ini…^^

booklet diskon

Booklet diskon setebal 20 halaman berwarna dengan kertas lux, dari mulai makanan hingga alat-alat elektronik, termasuk laptop dan Hp juga ada diskonnya looh… Booklet kek gini dibagi-bagikan ke pengunjung secara cuma-cuma…

zucchini in booklet

Saat belanja, mataku selalu beradu pandang dengan mahluk kek ginian, dari booklet kuketahui namanya adalah Zucchini, senantiasa kucueki dan ga ada niatan babar blass buat menggandengnya ke dalam trollyku… Pikirku, sayuran apaaa ini, masih asing bagi lidah dusun ini… *^

zucchini di dpnq

…….dan…. tak disangka tak diduga…. nie mahluk dah nyengir di depanku… (phuufh…**)

Rejeki emang datangnya dari arah yang tak kita sangka-sangka yaaa… Kemarin temenku memberi sekantong plastik Zucchini. Kuucapkan terima kasih sambil hatiku masih bertanya-tanya, “Mo diapakaaan mahluk-mahluk mungil ini yaach??!!”

Mmmm… ini musti ditindaklanjuti neh… ga boleh dibiarkan berlarut-larut… Aku harus segera memasak si Zucchini sebelum dia busuk ditelan hawa pergantian musim saudi… Kutanya om gugel, gimana cara mengolah mahluk ini.

Ahaa… alhamdulillah dapat juga info tentang si Zucchini ini…🙂

Zucchini (Curcubita pepo) merupakan sayuran mirip mentimun, padahal sayuran yang dikenal dengan sebutan courgette (dalam bahasa Inggris) ini masih tergolong keluarga labu. Warnanya hijau dan berubah menjadi kekuningan saat tuanya. Sayuran ini berasal dari Italia.

240px-Zuchinni_1107

Zucchini di habitat aslinya… (eh..kok ga mirip yg kuliat di mall yaa’.., jenis lain kali..??)

230px-Small_Zucchini

Zucchini balita, saat masih bersama sang bunga…

180px-Courgette_jaune

Zucchini yang sudah tua…

180px-TwoTondoPiaz

Zucchini jenis lain… (tuh kan…emang Zucchini tuh banyak variannya…^^)

Kata mas Budi Sutomo, di Perancis dan Italia, Zucchini sangat populer dan merupakan sayuran yang digemari oleh para bangsawan zaman dulu… (ehm…!!). Rasa sayuran ini netral, sehingga bisa diolah menjadi beragam masakan, seperti tumis, campuran sop, salad, acar, asinan/pickle dan hidangan panggang. Salah satu hidangan Zucchini yang terkenal dari Perancis adalah Ratatouille yaitu tumis Zucchini dengan terong, paprika, tomat dan rempah-rempah…

Dan bagaimana dengan diriku…????

Dari jalan-jalan bersama om gugel, kudapatkan cara praktis dan sederhana untuk mengolah Zucchini, yaitu dibikin Sayur Bening Zucchini…^^

Bumbunya kek seperti kalo kita mo bikin sayur bening pake bayam, yaitu bawang merah, bawang putih, iris halus, rebus dalam air, hingga wangi, kemudian masukkan potongan Zucchini yang telah dikupas kulitnya, ga’ dikupas juga boleh. Oya…setelah dipotong, ternyata Zucchini ini kek gambas atau oyong, dan rasanyapun ga’ jauh-jauh beda ma gambas/oyong….(xi..xi.xi.. coba para bangsawan Perancis n Italia juga bisa ikutan ngerasain oyong…^^) Kemudian ditambahkan jagung manis ke dalamnya, kasih rasa…. menjelang diangkat, tambahkan irisan tomat ke dalamnya,  jadi dech…., kek di bawah ini:

sayur bening zucchini

sayur bening Zucchini jagung manis

Untuk menu makan siang kali ini, kupadu makanan elit bangsawan eropa ini dengan:

ayam grg

ayam goreng

sambel teri

sambal teri

tak lupa buat hidangan pembuka yaitu:

es yoghurt

ini adalah es buah ala sunflo, terdiri dari buah-buahan: nektarin, melon dan delima merah, dikasih yoghut, sirup towt (raspberry blackcurrant) dan gula…

Dan inilah menu makan siang sederhana ala bangsawan Perancis dan Italia… (he..he… ngasal…padahal cuma nebeng Zucchini ajah…^^)

menu makan siang ala bangsawan

Cukup narsis juga daku ini yaaaak..??

Entry filed under: kuliner. Tags: .

Cara Mantap Nikmati Halawiyat Edisi Narsis Parade Kreasi Kain Flanel Sunflo

23 Comments Add your own

  • 1. Ismi Humairo  |  November 4, 2009 at 2:31 pm

    nunggu yg laeen komeng dolo aaahhh, g enak body jd yg pertamaxx😆

    he..he…he… gapapa lah yaw…ismi kan bagaikan si Alamendah di blogku yaaa gaa?? siiiiiiiiipppp..!!

    Reply
  • 2. Ismi Humairo  |  November 4, 2009 at 2:32 pm

    :shy:

    ehmm…

    Reply
  • 3. Triunt  |  November 4, 2009 at 3:03 pm

    Eh itu yang di pisang..
    yang kayak sticker bulet itu..
    Label merk ya..???

    *berharap dijawab iya*:mrgreen:

    yup…visinya yunt ok jugaa…^^ merknya Sharbatly Bananas..(jawaban lengkap)

    Reply
    • 4. triunt  |  November 5, 2009 at 10:14 am

      Hihi bukan visine mbak..Wortelnya tiap hari mentahan dimakan.
      tapi ayam sana sama juga ya sama ayam sini
      kagak lebih item *rasis mode : on*

      aja ngece sampeyan…(kadir mode:on), malah lebih siiip loh yunt, ga nyeker kek di indo, soalnya ceker n kepalanya ga ikutan dijual…^^ pokoknya muantaap dech

      Reply
      • 5. triunt  |  November 5, 2009 at 10:50 am

        Hahaha, kebalikannya Jogja dong…
        Gudeg Ceker.
        ceker koreng eh ceker goreng ding…

        *:mrgreen: kabuuur..keburu dijitak..*
        *eh…yang dibawah nih, kepala ayam ya..???*

        *tenang…kagak dijual kok*

        hmmm…keknya nie dah wktnya buat yunt masuk rumah, kunci pintu rapat-rapat n mengukur berapa panjang dan lebar kasur dech…zzz…z..z.

  • 6. Ayam Cinta  |  November 4, 2009 at 3:23 pm

    lebih mirip timun apa terong ya……

    aslinya kek timun, mas ayam.., lebih asli lagi dia dari golongan labu…^^

    Reply
  • 7. yangputri  |  November 4, 2009 at 4:30 pm

    busyet mbak perut ku jadi laper ne😀

    tuh sayur rasanya kek sayur oyong, put..keren nama doang…^^

    Reply
  • 8. achoey  |  November 4, 2009 at 6:18 pm

    jadi bisa lihat2 deh🙂

    silahkan liat2..semoga dapat bermanfaat yaak…

    Reply
  • 9. alisnaik  |  November 4, 2009 at 10:09 pm

    pertama hanya membaca dan melihat tentang hyperpanda (panda raksasa)

    terus melihat penampakan sayuran mirip kayak mentimun, tapi namanya keren banget, kayak nama pemain bola, ZUCCHINI.

    kemudian, ini dia,
    menu utama kita……….

    hmm… maaf mbak. keyboard saya basah oleh tetesan iler mupeng saya. benar benar bikin lapar aja tulisan tulisannya mbak Sunflo.:mrgreen::mrgreen::mrgreen: :mrgreen::mrgreen::mrgreen: :mrgreen::mrgreen::mrgreen:

    hwedeeww…segitu dahsyatkah postinganq ini??? phuuufh…**

    Reply
  • 10. Dhanie  |  November 4, 2009 at 11:38 pm

    nyem.. nyem.. lezat banget… jadi pengen nyicipi sayur beningnya.. sluuurrrppp… hehehe…

    he..he… uenaak tenaaaaaaaannn…. mantap!!

    Reply
  • 11. uni  |  November 5, 2009 at 6:20 am

    jadi ikutan laper nieh😀

    ho oh…

    Reply
  • 12. anny  |  November 5, 2009 at 6:42 am

    Gambarnya keren2 deh🙂

    ehm…terbang dulu aahh… makasih yaak’…lama ga bkunjung neh? smoga baik2 ajah..

    Reply
  • 13. Desri Susilawani  |  November 5, 2009 at 7:20 am

    menu yang kumplit…jadi laper…..bikin ah, tapi zucchini nya ganti sama oyong…..dah pasti ada di pasar soreang mah

    yup ….pake zucchini indo ajah sis…murah meriah, katanya jenk zucchini kalo di pasaran indo, sekilonya 12 rb, weleh…padahal dah ada oyong..^^

    Reply
  • 14. idana  |  November 5, 2009 at 10:58 am

    hmmm…jadi pengen makan😀

    makanlah da…buruan, minta dibikinin sm mama yaa..

    Reply
  • 15. Bayu Ratri  |  November 5, 2009 at 12:08 pm

    keknya terong deh itu. pasang shout mix juga bu…
    btw, ga ada tukeran link y?

    weleh…klo liat yg aslinya baru percaya dech, lebih miripan ma timun…beneran!! mmm…ada tuh di pages:tukeran link…^^

    Reply
  • 16. Dewi Yana  |  November 5, 2009 at 12:42 pm

    Assalamu’alikum,
    Tampaknya perpaduan menunya sangat pas, menggugah selera. Bentuknya itu mirip mentimun, rasanya mirip juga nggak? (Dewi Yana, http://jalandakwahbersama.wordpress.com )

    wa’alaikumussalam warahmatullaah…yup mirip2 timun gtu…makasih dah berkunjung sis…^^

    Reply
  • 17. yos  |  November 5, 2009 at 1:34 pm

    terongnya mana?

    hmmmm dimana ya…coba cari di kolong meja brg kali jatuh…, hwedeww…ya di pasar atuh yoss…

    Reply
  • 18. bintangtimur  |  November 5, 2009 at 4:25 pm

    Hehehe…selalu meyenangkan lihat gambar eh, foto disini…
    Cerita oyongnya jadi menginspirasi saya buat masak sayuran serupa, bedanya kalo saya ditambahin ayam yg dipotong kecil-kecil, wortel dan suun, bumbunya bumbu sup…hehehe, kita kok tuker-tukeran resep ya😛

    gapapa sis…makasih sharing resepnya he..he… maklum … qta kan penguasa dapur, ya ga’..^^

    Reply
  • 19. bundadontworry  |  November 6, 2009 at 5:10 am

    rasanya kayak apa sih Mbak ?
    mirip oyong kali ya kalau di negeri kita.
    enaknya kalau pinter masak, jadi ada saja ide utk memasak sesuatu yg asing……..hebat dan salut, Mbak.
    salam.

    rasanya kek oyong bund, hmmm makasih bund, mau dicoba??

    Reply
  • 20. zipoer7  |  November 6, 2009 at 6:33 am

    Salam Takzim
    Jadi kepengennnnnnn tobatttttttt, kepenggggeeeeennnn nih
    Salam Takzim Batavusqu

    ini makanan desa loh, si zucch bisa diganti ma oyong…ajukan buat menu baru di warteg terdekat yaa…

    Reply
  • 21. mr psycho  |  November 6, 2009 at 2:08 pm

    hmmm jago masak ya sis .. abis ini sering2 dong masak zucchini,biar serasa jadi bangsawan, minimal raja minya lah..eh ratu ding😀

    ahh…rasanya kek gtu2 ajah mr, aq malah lagi seneng masak olahan jagung manis n jamur…^^

    Reply
  • 22. Kakaakin  |  November 7, 2009 at 2:59 am

    Saya pernah beli di hypermart, harganya lumayan mahal. Pengen ngerasain, jadi saya beli sebiji yg agak kecil, sekitar 5rb-an…
    Rasanya memang netral, agak mirip dengan labu putih (kalo gak salah ingat). Kemaren saya juga beli lettuce sedikit dan roti perancis.
    Cara saya: irisan zucchini dan lettuce ditaruh diatas irisan roti yang sudah dipanggang sebentar. taburi atasnya dengan irisan daging apapun yang anda miliki (kebetulan kmaren saya punya daging tumis). Jika ingin rasa yang pedas bs ditambah saos sambal. Ditambah keju parut juga wokeh…🙂 Silakan dimakan… (resep ngasal mode:on)

    he..he….thx neh resepnya, secara resep yg kek gtuan biasanya buat menu sarapan or makan malam, d sono mah roman lettuce kek kangkung sis…murah meriah…kalo roti perancis, mmm…blom pernah hunting, coba ntar dicobain dech…makasih yaak…

    Reply
  • 23. rini  |  November 30, 2013 at 5:56 am

    Sist, sy tinggal di kurdistan saat ini, dan kebetulan disini saya baru aja memasak The Zucchini jd campuran sayur asam xixi… ternyata rasanya oke juga selain harganya cukup murah…
    Salam kenal
    Rini😀

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Blogger

NOVI dengan nama pena SUNFLO ... ^^ Silahkan ambil yang bermanfaat dari sini, tanpa harus meninggalkan jejak atau komentar, kalau mau copas, silahkan, tapi harap yang bertanggungjawab...

sunflo’s Calendar

sunflo’s posting

November 2009
M T W T F S S
« Oct   Dec »
 1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
30  

Translate My Blog

Translate this blog into different languages...
العربية
english
Français
हिन्दी

Archives

Blog Stats since August '09

  • 3,959,441 hits

sedang ada di kebun sunflower

”amung

visitors traffic

Enter your email address to subscribe to this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 393 other followers

Like My Site

FP NOVI NOUF

Instagram NoviNouf

Nasi Merah goreng cabe rawit spesial pake telor.

#nasigoreng #berasmerah #friedrice #menu #enyakenyak #nomnom #simplemenu #instafood #foodporn Ternyata setelah berhasil menguasai mobil, belajar motor itu jadi lebih mudah.

Aku udah bisa menaklukkan motor bebek manual ini, alhamdulillaah.. Dulu, diajari pake motor matic berulang kali, ga bisa-bisa. Setelah berhasil nyetir mobil, diajari sekali aka pake motor ini, langsung bisa ngacir.. Yaah.. Dengan prestasi, jatuh dua kali hehehe.. Hidupku jadi lebih normal sekarang, ga jalan kaki lagi n ngandelin sopir angkot.. :)) #motor #motorbebek #honda #belajarmotor #motorcycle #indonesiantransportation #me #experience #excited 
@munaayazid

%d bloggers like this: