Bila Sunflo Bicara Tentang Pahlawan

November 10, 2009 at 12:08 am 25 comments

stickerWeleh…lebaayy banget judulnya…he..he… Emangnya siapa seeh diriku?? Diriku bukan apa-apa, hanyalah manusia biasa…^^ Yaa…tau, lagian siapa juga yang nanya??!! Lanjuut…

Biasa… sekarang aku lagi suka jalan-jalan untuk menyehatkan blogku yang sedang menderita gizi buruk… Mampir di blognya kopral cepot, di sana ada postingan tentang penganugerahan gelar pahlawan terhadap beberapa tokoh nasional. Kalo pingin tahu, silahkan baca di sini.

Definisi tentang pahlawan memang beranekaragam, kesemuanya memberikan penilaian yang positif dan di dalamnya terkandung nilai-nilai kebaikan. Kucoba mencari di wikipedia mengenai definisi pahlawan secara baku. Di sana disebutan bahwasanya pahlawan adalah orang yang menonjol karena keberaniannya dan pengorbanannya dalam membela kebenaran, atau pejuang yang gagah berani.

Saat aku masih kecil, ketika disebutkan kata pahlawan, yang terbayang di benakku adalah orang-orang yang gugur di medan perang. Pokoknya yang berkaitan dengan perang lah… Hingga akhirnya, aku menemukan sendiri definisi pahlawan saat penalaranku tegak di dalam diri.

***

Dulu waktu belajar sejarah perjuangan bangsa, aku mengenal berbagai macam sebutan pahlawan. Ada pahlawan nasional, pahlawan kemerdekaan, pahlawan revolusi dan yang terakhir adalah pahlawan reformasi.

Tak asing pula telinga kita mendengar istilah pahlawan tanpa tanda jasa yang merupakan julukan bagi para guru yang telah berjasa mendidik anak-anak bangsa. Ada juga pahlawan devisa, julukan kehormatan untuk para TKI dan TKW yang bekerja di negeri orang. Pokoknya banyak macamnya dech…, yang mana sudah keluar dari arena medan laga dan adu senjata, dar…der … dor…duooorr!!!

***

Pahlawan bukanlah gelar eksklusif untuk orang-orang tertentu, semua orang berhak menyandang gelar pahlawan, walaupun dia hanyalah seorang tukang becak, tukang sampah, seorang ayah, seorang ibu, yang jauh dari gelar-gelar akademik atau kemiliteran…mereka juga pahlawan bagi keluarganya…

youremyheropatrioticHe..he… dan anehnya pula, pasangan muda mudi yang belum meresmikan hubungannya, dengan gombalnya menyebutkan kekasihnya sebagai seorang pahlawan… entah pada akhirnya, sebutan itu berubah jadi sumpah serapah tatkala dia jumpai sebuah pengkhianatan sang kekasih…weleh…^^

***

Eniwei,… pahlawan sebenarnya bukanlah gelar yang musti dicari, namun setidaknya penilaian itu datang bukan dari dalam diri, namun dari sisi pandang orang lain.

Dan inilah pahlawan sejati, yaitu semua orang yang berusaha tuk menjalan kan tugas dan kewajibannya, demi kemaslahatan diri dan sesama, dengan penuh tanggung jawab, sportif dan ikhlas melaksanakannya tanpa pamrih dari manusia. Hanya wajah Tuhannya yang dia harapkan, karena setiap orang pasti kan mati, sebagaimana para pahlawan bangsa yang dulu telah berjuang untuk kemerdekaan negeri ini… Semata yang ada hanyalah urusan antara dia dengan Tuhannya setelah itu…

Sikap kepahlawanan adalah mencakup segala kebaikan. Dan di masa yang penuh dengan cobaan dan huru hara ini, apakah semangat kepahlawanan yang ada, yang pernah kita pelajari sebagai teori-teori, dapatkah kita warisi dan kita teladani kemudian diterapkan dalam sikap diri? Ataukah hanya seremonial belaka tanpa makna, bahkan yang lebih parah lagi… Emang Gue Pikirin??!! (prihatin mode:on) ……………. :(  ………… Hingga banyak kubaca kisah cicak vs buaya di banyak blog yang pernah kusinggahi…, beredarnya rekaman-rekaman video mesum generasi muda penerus bangsa, berbagai macam kedzaliman yang terjadi… semuanya membuatku prihatin…  

Allahul musta’an…

****

Entry filed under: renungan dan curhatku. Tags: .

Saat Kau Tak Bersamaku Inspirasiku: Kreasi Kain Flanel Karya Mereka

25 Comments Add your own

  • 1. nA  |  November 10, 2009 at 12:41 am

    Kalo pahlawan blogger, sapa ya? Mmm, mantan prajurit blogger yg btempur di medan perang perbloggeran? *hayah*

    weleh…kalo itu mah…sekali berarti sudah itu mati…banyak banget mungkin, kagak bisa disebutin satu persatu disini, soalnya statusnya jadi pahlawan tak di kenal…^^

    Reply
  • 2. bintangtimur  |  November 10, 2009 at 5:05 am

    Pahlawan adalah sebutan bagi mereka yg telah berbuat bagi kepentingan banyak orang. Tanpa pamrih, apalagi imbalan materi…
    Sekarang ada nggak ya orang seperti itu…?🙂

    inshaallaah masih ada sis, di tengah dominansi kesemrawutan dan kekacauan suatu keadaan, Allah pasti kan sisipkan di dalamnya sebagian kecil org2 yang berhati lurus…

    Reply
  • 3. kata motivasi  |  November 10, 2009 at 5:52 am

    kita sering lupa tuh jasa para pahlawan kita, kita lebih kenal spidermen atau superman. kenapa ya ngak ada film tentang para pahlawan kita, adanya film hantu aja

    iyyaaa..tau tuuh… sebagian oknum produser pingin mengangkat derajat hantu biar jadi seleb juga…welehh… *.^

    Reply
    • 4. alisnaik  |  November 10, 2009 at 1:15 pm

      film MERAH PUTIH ???

      apaan tuuh? aq sekarang ga pernah nonton pilem lagi

      Reply
      • 5. alisnaik  |  November 11, 2009 at 9:24 pm

        katanya seh film bagus tuh mbak.
        ditayanginnya pas Agustusan tahun 2009 ini.

        tentang perjuangan melawan penjajah.
        settingnya jaman peperangan dulu

        aq dulu jg suka banget nonton pilem perjuangan, secara nasionalis gtu…jadi inget, baca buku tebel merdeka tanahku merdeka negeriku sampai 7 jilid keknya, smp khatam..weleh… tapi sekarang dah ga suka nonton pilem lg, banyak hantu yg jadi seleb seh…

  • 6. fandhie  |  November 10, 2009 at 6:39 am

    tuhh kan bener perasaan gw nih blog pasti udah update lagi dehh..
    ngejar setorann yakk :-))
    duh pahlawan… berat juga bahasannya

    weh…fandhie lagiii…^^… gak fandh, emang sopir angkot…??! aq lagi jadi pengangguran kelas berat, buat bunuh bete, posting is ok, ntar kalo aq aktif lagi, blom tentu bisa kek gini…biasaaa…aji mumpung…seneng dech liat fandh aktif lagi, aq juga suka opinimu di dalam postingan2mu, natural banget…semangat fandh!!

    Reply
  • 7. Si kurus  |  November 10, 2009 at 11:24 am

    Tapi tetep saya suka pahlawan tanpa jasa

    mungkin yg dimaksud, pahlawan tanpa mengharapkan balas jasa yaa??

    Reply
  • 8. Dangstars  |  November 10, 2009 at 11:53 am

    Hidup Pahlawan kita…
    Indonesia…
    Selamat hari Pahlawan

    hiduup..juga..^^

    Reply
  • 9. Dangstars  |  November 10, 2009 at 11:54 am

    Gimana tadi ikut upacara gak…?

    weleh…mo upacara dimana pak, org sy lagi sendirian di padang pasir jeh…*.^

    Reply
  • 10. angga erlangga  |  November 10, 2009 at 12:50 pm

    Hari Pahlawan…
    moga Cicak Vs Buaya ga’ da lagi.. (lho ko?!)
    hehee….

    Salam kenal…😉

    kenal juga…keknya masih tetep ada dech..cuma nanti namanya laen..he..he..^^

    Reply
  • 11. yos  |  November 10, 2009 at 12:56 pm

    Berbeda suku, berbeda golongan dan agama
    Bhinneka Tunggal Ika kami yang pertama
    Bahu membahu, bimbing saling membimbing
    Berat sama dipikul, ringan sama dijinjing
    ————————————
    selamat hari pahlawan ya..

    he..he..

    Reply
  • 12. kolojengking  |  November 10, 2009 at 1:04 pm

    Pahlawan ada di mana-mana mas… cuma sayang, pahlawan sejati yang berjuang bukan untuk mencari nama lebih sulit ditemui… bukan karena sedikit, tapi karena memang tidak mau dikenali… he.he.🙂

    Salam.

    mas..lagiii..keknya si kolojenking org yg ke-7 dech yg memanggil aq mas…ayo siapa lagi…siapa lagi…^^

    Reply
  • 13. alisnaik  |  November 10, 2009 at 1:17 pm

    pahlawan adalah tokoh PROTAGONIS

    ho oh, pokoknya yg baek2

    Reply
    • 14. Kakaakin  |  November 10, 2009 at 2:42 pm

      yang tokoh antagonis tuh namanya PENJAHAT…:mrgreen:

      ho oh, penjahat tuh org jahat ya kin, mengerikan gtu plus menyebalkan…ramenya kalo dah diabisin ma pahlawan…adegan yg paling seru..he.he…

      Reply
      • 15. alisnaik  |  November 11, 2009 at 9:24 pm

        saya suka jadi penonton saja. ehehehe

        welingku, jadilah penonton yg bijak n berkualitas, brgx suatu saat nanti disuruh gantiin pemain yg cedera..he..he..

  • 16. aurora  |  November 10, 2009 at 4:25 pm

    bagi aku sih kak, pahlawan adalah siapa saja yang memberikan kontribusi positif dalam hidupku: tukang bersihin WC, tukang kebun, pembantu, tukang pangsit, bakso, penjaga warung ampera, penjaga warnet, dan lain-lain… hihihi….

    they are ur heroes he..he…not for me…. *.^…xixixi…

    Reply
  • 17. wardoyo  |  November 10, 2009 at 4:40 pm

    Temanku bilang di status fb-nya : diantara cicak vs buaya ternyata ada kadalnya…
    Maka aku bilang sekarang : sebenarnya pahlawan itu cicak? buaya? atau kadal? atau pemilik kebun binatang? atau penonton yang teriak2 di jalanan?

    weleh segitunyaa..*.* ….utk masalah kek gini, sy ga ikut arus katanya2…yg menggiring masyarakat luas ke suatu opini, mendingan diem kalo ga tau permasalahan sebenarnya, kejadian kek gini emang udah sering terjadi…sy cuma prihatin dan berharap ada perbaikan kualitas diri insan2 indonesia, bila itu terwujud, kelak diri yg berkualitas dan memegang kekuasaan, dia akan bikin sistem yg berkualitas, sehingga bisa menyingkirkan org2 yg tak bertanggungjawab, minimal mempersempit ruang geraknya, bgtu…^^

    Reply
    • 18. alisnaik  |  November 11, 2009 at 9:22 pm

      yups.
      mending NO COMMENT

      ho oh

      Reply
  • 19. mamah aline  |  November 10, 2009 at 7:29 pm

    setuju banget kalo pahlawan sejati adalah orang bertanggung jawab terhadap tugas dan kewajibannya, sikap kepahlawanan yang bisa kita liat sehari-hari

    yup jeng…^^

    Reply
  • 20. andry sianipar  |  November 10, 2009 at 7:30 pm

    salam super,,,
    wah ulasan yang menarik,,,
    pahlawan yang paling berjasa bagi diri kita adalah DIRI KITA SENDIRI.
    dia juga sahabat paling mengerti siapa diri kita sebenarnya. makanya muncul istilah, hanya diri kita sendiri yang bisa merubah hidup kita bukan orang lain,,, setuju ?

    weleh…kok jadi bingung neh, emang diri sendiri bisa jadi pahlawan yaaak…weh…filosof bener niee…^^

    Reply
  • 21. achoey  |  November 11, 2009 at 7:33 am

    Mari kita lanjutkan membangun negeri dengan aksi yang kita mampu
    semisal dengan peduli sesama🙂

    siiiiiiiiiiiipp…

    Reply
  • 22. sedjatee  |  November 11, 2009 at 10:28 am

    yup.. di masa kini, kepahlawanan bisa muncul di rumah kita sendiri.. mom and dad adalah the real hero… salam pahlawan…

    sedj

    yup juga agree gtu..

    Reply
  • 23. wardoyo  |  November 12, 2009 at 5:06 am

    Sekali lagi… hidup para pahlawan (kesiangan)…

    ho oh…sekarang lagi pada banyak yg pada bangun n berkeliaran…he..he..

    Reply
  • 24. makngah lena  |  November 12, 2009 at 9:46 am

    semoga saja semangat para pahlawan menitis di jiwa kita semua..
    berbuat yang terbaik sebisa kita tanpa mengharapkan pamrih apapun juga..
    salam hangat dari bangka

    Reply
  • 25. Shaquille  |  November 13, 2009 at 9:32 pm

    Udah ah, daripada ngomongin cicak, buaya, atau kadal kek, lebih baik ngomongin sapi aja atau onta. Bisa direndang tuh, kan enak😀

    mendingan ngomongin sunflo…^^ seleb baru di dunia blogging…*.* (lebaaayyyy mode: over)

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Blogger

NOVI dengan nama pena SUNFLO ... ^^ Silahkan ambil yang bermanfaat dari sini, tanpa harus meninggalkan jejak atau komentar, kalau mau copas, silahkan, tapi harap yang bertanggungjawab...

sunflo’s Calendar

sunflo’s posting

November 2009
M T W T F S S
« Oct   Dec »
 1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
30  

Translate My Blog

Translate this blog into different languages...
العربية
english
Français
हिन्दी

Archives

Blog Stats since August '09

  • 3,957,967 hits

sedang ada di kebun sunflower

”amung

visitors traffic

Enter your email address to subscribe to this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 393 other followers

Like My Site

FP NOVI NOUF

Instagram NoviNouf

Tamu tak diundang.. Nyopiri abi yg mo ngisi khutbah nikah di Cilimus, dari pada eikeh memble sendirian di mobil nunggu hingga hajat selesai, akhirnya dipersilahkan duduk di kursi tamu. Niatnya mah numpang duduk manis aja, eh.. Dapat souvenir n snack juga deh.. Alhamdulillaah.. Kipasnya cantik-cantik, ada warna pink, ungu n biru.. #kipas #kipastangan #kipascantik #souvenir #kondangan #hajatan #nikah #me #tamu #guest #jalanjalan #jelongjelong Rasanya.. As usual, cuma.. Aq pake resep sponge cake ekonomis: 
4 butir telur
100 gr terigu
100 gr gulapasir
1/2 sdm emulsifier
50 gr mentega
#tiramisu #italiandessert #me #homemade #baking #bikinsendiri #enyakenyak #nomnom

%d bloggers like this: