Kentang Kukus Tuna Pedas Tabur Keju Jagung Manis

November 11, 2009 at 8:19 pm 28 comments

kentang dekatWeleh…borong ajah tuh semua jenis makanan buat judul postingan ini…^^ He..he.. Ceritanya, aku lagi bosen sama menu makan malam yang cuma sandwich doang. Bahan-bahan lain yang ada di kulkas gak kesentuh. Aku teringat sama kentang yang kubeli seminggu yang lalu. Jalan-jalan sama om gugel, ketemu ama resep yang judulnya Kentang Kukus Tuna Pedas.

Kebetulan neh… aku punya bahan-bahannya di kulkas. Kubaca sekilas bahan-bahan yang dibutuhkan, dan cara pembuatannya. “Ah, gampang..!!”, pikirku.

Aku mulai berkutat dengan resep temuanku itu dengan riang hati. Hmm… kalo berhasil, aku mau share dengan pembaca sekalian aahh…

Di blog itu dituliskan sebagai berikut:

Bahan:

  1. 500 gram kentang
  2. 2 sendok makan mentega
  3. Garam dan merica bubuk secukupnya

Isi:

  1. 1 buah bawang Bombay, cincang halus
  2. 2 siung bawang putih, cincang halus
  3. 300 gram ikan tuna, kukus, suwir-suwir
  4. 100 gram saus tomat, siap beli
  5. 2 sendok makan saus sambal, siap beli
  6. Garam, merica bubuk dan gula pasir secukupnya
  7. 1 sendok makan minyak goreng

Cara Membuat Resep Masakan Kentang Kukus Tuna Pedas:

Kukus kentang hingga matang, Angkat, haluskan. Mentega, garam dan merica, aduk rata, sisihkan

  1. Isi: tumis bawang Bombay dan bawang putih hingga harum. Masukkan tuna, aduk rata. Beri saus sambal, saus tomat, garam, merica dan gula pasir. Masak hingga matang, angkat
  2. Siapkan pinggan tahan panas yang telah dioles mentega. Letakkan sebagian kentang tambahkan tumisan tuna.
  3. Tuang sisa kentang diatasnya, kukus30 menit hingga matang.

Untuk 6 porsi.

***

Tapi dasar sunflo, senengnya mau enak sendiri dengan prinsip ekonominya, he..he…, jadilah seperti ini:

bahan kentang

Bahan:

  1. 500 gram kentang 2,5 buah kentang sedeng
  2. 2 sendok makan mentega ga pake, karena ga punya, kentangnya digoreng sebagai gantinya
  3. Garam dan merica bubuk secukupnya , he..he…tambah vetsin ..😉
  4. telur ayam 1 butir

Isi:

  1. 1 buah bawang Bombay, keknya cuma 1/4 nya dech, cincang halus
  2. 2 1 siung bawang putih, cincang halus
  3. 300 gram ikan tuna, kukus, suwir-suwir pake tuna kalengan isi 100 gr, n cuma pake setengahnya
  4. 100 gram  dikira-kira aja, saus tomat, siap beli
  5. 2 sendok makan saus sambal, siap beli
  6. Garam, merica bubuk dan gula pasir secukupnya, tambah vetsin…he..he… 
  7. 1 sendok makan minyak goreng

Cara Membuat Resep Masakan Kentang Kukus Tuna Pedas:

Kukus goreng kentang hingga matang, Angkat, haluskan. Mentega, garam dan merica, aduk rata, sisihkan

Isi: tumis bawang Bombay dan bawang putih hingga harum. Masukkan tuna, aduk rata. Beri saus sambal, saus tomat, garam, merica dan gula pasir ( plus vetsin… ). Masak hingga matang, angkat

Siapkan pinggan tahan panas yang telah dioles mentega minyak goreng. Letakkan sebagian kentang tambahkan tumisan tuna. Tuang sisa kentang diatasnya, campur semua bahan jadi satu + telur 1 butir, kukus 30 menit hingga matang.

Untuk 1 porsi (hwehehehhee…^^)

***

Sambil nunggu kukusan matang, aku iseng-iseng buka blog itu lagi, sambil ngliat-liat gambarnya, untuk membayangkan akan seperti apa yaa masakanku nanti… tapiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiii…….

whatttttt??!!!!

gambarnya kok lain?!!!! kek gini neh

samting wrong deh… coba kalian tebak, apa yang salah pada langkahku????

***

Hpfuufh… langsung aku meluncur ke dapur lagi, seakan tak sabar menunggu kukusan matang untuk me-make over percobaan resep itu.

Setelah kuletakkan pada piring ceper, langsung aku jadi tukang salon dadakan. Kentang kukusku harus dipermak, biar tak malu-maluin kalo dilihat oleh para penggemar blogku yang terhormat neh… =)   (narsis mode : on)

Kukerahkan keju krim dari kulkas, setengah kupaksakan kusisir keju lalap itu. Waahh… mana hiasan yang pantas cuma cabe lagi..!!, kebetulan sedang gak punya daun selada, dan … tomatku sudah dalam kondisi cukup mengenaskan… =(

Hmmm… masih ada yang kurang keknya… Kukeluarkan jagung manis, kutumis dengan saos tomat dan sambal, lalu kukucurkan di sekeliling kentang kukus…

keju krim

keju krim

 

Pfyuuuuhhhh……., jadilah seperti ini:

kentang kukus

kentang diiris

inilah Kentang Kukus Tuna Pedas Tabur Keju Jagung Manis, buat makan malamku…^^

Rasanya…?? Mmm… alhamdulillaah enak-enak saja, seperti rasa olahan kentang secara umum, kek macam perkedel atau kroket kentang gtu…

 …. Akhirnya tercipta juga satu resep baru, walo by accident…🙂

Entry filed under: kuliner. Tags: .

Oat dan Pengolahannya Ala Sunflo Oohh Tidaaaakk….!!

28 Comments Add your own

  • 1. alisnaik  |  November 11, 2009 at 9:32 pm

    asyik.
    dua kali bisa PERTAMAX di blognya neng Sunflo

    Reply
    • 2. alisnaik  |  November 11, 2009 at 9:36 pm

      waduh. maaf. komentarnya ndobel. ada salah jaringan tadi. maaf. maaf.

      saatnya KOMENTAR SERIUS:
      sepertinya, sebelum sarapan, saya harus melihat postingan semacam ini. supaya NAFSU MAKAN saya bisa lebih berlipat ganda !!!! haha

      yup ..makanlah yang tekun agar ada energi untuk beraktivitas yg bermanfaat…

      Reply
  • 3. alisnaik  |  November 11, 2009 at 9:32 pm

    asyik.
    dua kali bisa PERTAMAX di blognya neng Sunflo.

    muwahahahahahaha:mrgreen::mrgreen::mrgreen::mrgreen:

    wehehhehehhe…

    Reply
  • 4. Wong Jalur  |  November 12, 2009 at 12:58 am

    Kayaknya judul postingannya kurang, yg bener “Kentang Kukus Tuna Pedas Tabur Keju Jagung Manis Madura dalam baluran susu kuda Bima dengan chili Meksiko”.

    weh…ini mah namanya pengarangan kelas berat…hmm…perasaan aq ga pake susu kuda dech palagi chili meksiko…kejauhan belinya…^^

    Reply
  • 5. yangputri  |  November 12, 2009 at 3:19 am

    coba deh, kalo enak tak kirim ke camer😀

    ho oh…kalo mematuhi setiap petunjuk dan langkah di atas, keknya enak dech put…cobain ajah…^^

    Reply
  • 6. bintangtimur  |  November 12, 2009 at 4:42 am

    Hahahahahahahaha….tetep vetsin nggak boleh lupa ya!
    Saya ketawa-ketawa sendiri baca postingan sunflo ini, bahasanya lucu banget, alami…
    Makan malem itu, selain layak makan, juga harus layak pandang kan….😛
    Setujuuuuu!

    iyaaa dooong…never forget…😉

    Reply
  • 7. and1k  |  November 12, 2009 at 6:49 am

    keliatannya enak tuh

    ho oh…emang enak neh..

    Reply
  • 8. fandhie  |  November 12, 2009 at 7:00 am

    wahh lama2 jadi blog kuliner nihh

    ah ga cuma kuliner ajah fandh, blogq ini kan gado-gado…^^

    Reply
  • 9. Dhanie  |  November 12, 2009 at 12:27 pm

    nyem.. nyem.. kelihatannya enak tuh.. besok nyobain ah.. kalu yang gampang-gampan gitu aku suka… hehehe dasar pemalas..😀

    he..he… sama Dhan, aq juga kek gtu kok, cari praktisnya…, dasar sunflowerers..^^

    Reply
  • 10. Tiwi  |  November 12, 2009 at 12:36 pm

    Kayaknya enak niech….mom
    Paketin dunkzz mom

    he..he..dah habis tiw…^^

    Reply
  • 11. isnuansa  |  November 12, 2009 at 12:43 pm

    membayangkan waktu yang diperlukan untuk membuat sepotong Kentang kukus tuna keju jagung itu matang, kalo saya pilih makannya aja deh. Mau ngebagi nggak?😉

    waahhh….isnu datangnya telat seeh…dah habis neeh…he..he…kan cuma 1 porsi..^^

    Reply
  • 12. achoey  |  November 12, 2009 at 6:18 pm

    kayaknya kalo punya istri
    harus jalan2 ke blog ini deh
    biar jd pinter masak🙂

    alhamdulillaaah…^^

    Reply
  • 13. idana  |  November 12, 2009 at 6:31 pm

    bukan kayaknya lagi deh….pasti enak😀
    coba aaah

    cobain dech da..enak tenaaaannn

    Reply
  • 14. Hadiah dari Sunflo - Melangkah dengan hati….  |  November 12, 2009 at 8:16 pm

    […] banyak ide creative yang di milikinya dan sepertinya tak kan pernah ada habisnya. Tarima kasih buat sunflower ….hadiahnya sangat indah,dan terima kasih atas persahabatan maya […]

    more than words can say, but i’d love to say, thank u so much, idana

    Reply
  • 15. kakaakin  |  November 13, 2009 at 1:21 am

    Di rumah saya sekarang sudah tidak menggunakan vetsin lagi kalau memasak…🙂
    Resepnya patut dicoba nih…apalagi program penyelamatannya…:mrgreen:

    wehehehehe….iya neeh… met mencoba yaak…^^

    Reply
  • 16. alisnaik  |  November 13, 2009 at 1:25 am

    ayo updet
    ayo updet
    ayo updet
    ayo updet
    ayo updet
    ayo updet
    ayo updet😮 hehehehehe.
    *mencoba membalas*

    udah…udah…udah..udah…udah…

    Reply
  • 17. Triunt  |  November 13, 2009 at 9:10 am

    Merekomendasikan pada calon2 istri2…
    blognya Teh Sunflo ini penuh inspirasi buat kalian…
    coba Ibuku pinter masak kayak gini.
    bisa lengket sama rumah nih.
    *merem..kagak berani liat makanannya*

    kenapa ga berani liat yunt??

    Reply
    • 18. Triunt  |  November 14, 2009 at 3:36 am

      Kelaparan :rgreen:

      belom makan yunt? kasiaaaaan…*.^

      Reply
  • 19. Pakde Cholik  |  November 14, 2009 at 12:49 am

    Kenapa kemarin nggak ikut acara Ladies Program di blogku ya padahal rame tuh acaranya.
    Pinter masak nich si mbak.Kayaknya nikmat dan seger banget olahannya.
    Salam hangat dari Surabaya

    dibilang telat pakdhe…gak sempet main ke surabaya…masih ada kesempatan lagi kan??

    Reply
    • 20. mamaray  |  November 15, 2009 at 4:16 pm

      aku juga telat, pakdhe… *lho ada curhat colongan* eheheh

      ho oh neeh

      Reply
  • 21. Eka Situmorang-Sir  |  November 15, 2009 at 3:12 am

    aku ndak suka tuna…
    bisa diganti gak ya isinya?

    bisa…dimodifikasi pake olahan daging yang lainnya, coba ajah dech..

    Reply
  • 22. bundadontworry  |  November 15, 2009 at 8:28 am

    wah, telat ya bunda datengnya, sudah habis nggak kebagian ?
    kayaknya gampang ya bikinnya.
    padahal begitu nyoba bikin sendiri……….
    hasilnya nggak janji deh……he….he…..
    salam.

    iya bund…coba ajah dech..gampang kok, n pasti inshaAllah enak…bunda kan pinter masak jugaaa…^^ bundadontworry gtu looh…

    Reply
  • 23. mamaray  |  November 15, 2009 at 4:14 pm

    Hegh, kenyang kayaknya makan seporsi itu. tapi enak kok *membayangkan*

    he..he… buat dua kali makan…^^

    Reply
  • 24. faith99  |  December 19, 2009 at 3:41 pm

    yummyyyyyyy……buat ahhhhhhhhhhh

    dipostingan tbaru ada yg lebih oke loh…^^

    Reply
  • 25. makngah lena  |  December 20, 2009 at 11:54 am

    oooww..
    accident oh accident..

    oowwh…makngah dataaaaaang…seneng hatiku……..🙂

    Reply
  • 26. Meliana  |  December 22, 2009 at 1:26 am

    Memang beda,Mbak tampilannya….Tapi saya rasa sama enaknya😀 karena saya suka makan…

    keknya lebih top yg ini yaaa…^^

    Reply
  • 27. penjernih air  |  August 11, 2010 at 1:47 pm

    Terimakasih mbak resepnya ok , apalgi ada modifikasinya

    Reply
  • 28. rina  |  June 6, 2011 at 10:54 pm

    Wkakakak,kocakkk…so kalo aku ganti tuna dengan sarden kalengan? Gmana? Abis ada kentang nganggur,bahan2 lain ada,kecuali tuna nehhh…

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Blogger

NOVI dengan nama pena SUNFLO ... ^^ Silahkan ambil yang bermanfaat dari sini, tanpa harus meninggalkan jejak atau komentar, kalau mau copas, silahkan, tapi harap yang bertanggungjawab...

sunflo’s Calendar

sunflo’s posting

November 2009
M T W T F S S
« Oct   Dec »
 1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
30  

Translate My Blog

Translate this blog into different languages...
العربية
english
Français
हिन्दी

Archives

Blog Stats since August '09

  • 3,961,049 hits

sedang ada di kebun sunflower

”amung

visitors traffic

Enter your email address to subscribe to this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 393 other followers

Like My Site

FP NOVI NOUF

Instagram NoviNouf

This is another one.. #myredrose #redrose in #mygarden #gardening on a #balcony #flowerporn #love #beautiful #instaflower #instapic Tampak atas.. Aku masih terkesima aja sama penampakan ini, meski sekarang udah habis, tinggal kenangan.. Tapi cakep yak.. #gaadayangnanya :)) #pudingsusu #silkypudding #pudingbuah #me #dessert #bikinsendiri #homemade #instapic

%d bloggers like this: