Oat dan Pengolahannya Ala Sunflo

November 11, 2009 at 3:06 pm 10 comments

oat_left_soften_whiteSudah pernah denger istilah oatmeal?? Yup, bahan pangan ini biasanya identik dengan bubur. Oat atau dikenal dengan Haver (Avena sativa L.) merupakan serealia yang cukup penting di daerah yang beriklim subtropis  dan sedang. Kenapa bisa nyampe di indo? Jelas banget dibawa dan dikenalkan oleh orang-orang Belanda yang pernah menjajah indo, yang kita kenal dengan nama havermut. He..he.. ternyata di habitat aslinya, si oat ini, selain dimanfaatkan sebagai makanan orang, juga digunakan sebagai pakan kuda, domba, ayam dan anjing…(weleh…*.^)

Kenalan sama Oat

Makanan yang satu ini memang kurang begitu populer dikalangan masyarakat indonesia. Bubur gandum atau oatmeal ini bukan sekedar sumber karbohidrat biasa. Sereal itu merupakan sumber terbaik yang dibuat dari biji gandum yang diproses dengan tidak menghilangkan sumber seratnya tersebut.

Lapisan terluar (oatbran) pada biji bagian dalam gandum (groats) itulah yang dijadikan sereal yang menjadi makanan utama negara Skotlandia dan Irlandia itu, sebagai sumber serat terbaik yang dapat dicerna manusia.

 Oat 

Oat-Groats   rolledoats

aslinya oat – biji oat – oat yg siap diolah

Oat banyak mengandung serat yang dapat mengikat kolesterol. Mengkonsumsi jenis makanan ini sebanyak 70 gram per hari secara rutin dapat mengikat kolesterol dan mengeluarkannya dari dalam tubuh.

Juga baik untuk penderita diabetes karena mengandung glikemi yang rendah. Oat juga merupakan sumber vitamin E, vitamin B, potassium dan seng yang membuat tubuh dan fungsi otak berfungsi pada kapasitas penuh, terutama pada masa pertumbuhan anak-anak.

Cara praktis mengolah Oat

Kalau pas kebetulan oat tengah berada di arena dapur anda, ada baiknya resep dari sunflo berikut ini bisa sedikit memberikan gambaran untuk mengolahnya. Memang siih…aku pake cara yang sederhana dan praktis, pokoknya menggunakan alat dan bahan yang ada di rumah, sehingga gak musti kudu nyari di luar.

Untuk memperoleh cita rasa yang kena di lidah, rasa oat yang hambar bisa dipadukan dengan penambahan susu, gula, rempah, sayur dan buah-buahan.

Terdapat banyak produsen oat yang masuk pasaran Saudi, sehingga bahan makanan ini begitu popular di sana yang dikenal dengan istilah syurbah sebagai nama kerennya.

oat

ini adalah contoh produk oat putih (white oat) karena memang ada oat coklat yang pernah kulihat di market, tapi aku belum pernah mencobanya

Hmmm…resep apaan sih sebenernya…kok heboh amiir..??!

bubur oat jagung manis

Bubur Oat Jagung Manis

Oat ini kuolah bersama dengan susu, remukan spaghetti, jagung manis, direbus bersama dalam air, tambahi gula dan garam dikit… jadi deh, paling gak sampe 5 menit jadi, biasanya kalo aku malas masak, menu ini yang jadi sasaran untuk sarapan atau makan malam…^^

bubur oat gurih

Bubur Gurih Oat

Olahan ini kek macam bubur ayam. Tumis dulu irisan bawang merah dan bawang putih, daun bawang, ditambah irisan ayam, masukkan ke dalam air kaldu mendidih bersama dengan oat, kasih susu bubuk 1-2 sendok makan, garam dan gula sedikit, jangan lupa merica bubuknyanya, biar sedep…aduk…aduk…icipi…angkat trus hidangkan… 

Oya… khusus yang kek ginian, orang sono seneng banget masak oat (syurbah) gurih sebagai menu buka puasa… Rasanya??!! Hwedeww… kental aroma cumin-nya (cumin = jinten putih), pokoknya enakan yang ngolah orang indonesia-laahh.. Terus, temen-temen kita yang sedang merantau di sana juga suka mengolah bubur yang kek gini, bedanya, mereka suka nambahin wortel dan kecap di dalamnya, jadilah bubur sop ayam praktis, karena masaknya juga cepet…

sup oat makaroni

Sop Oat Makaroni

Bumbunya kek bumbu sop, cuma kutambahi makaroni, jagung manis, wortel yang diparut kasar dan irisan daun bawang, susu bubuk, merica bubuk, gula, garam, dan disajikan dengan berkuah

Barangkali ada di antara pembaca yang punya resep oat lainnya, boleh dong share di sini… Kita tukeran resep yaaak…^^ Semoga bermanfaat….

Entry filed under: kuliner. Tags: .

Inspirasiku: Kreasi Kain Flanel Karya Mereka Kentang Kukus Tuna Pedas Tabur Keju Jagung Manis

10 Comments Add your own

  • 1. mr psycho  |  November 11, 2009 at 6:34 pm

    hmmm ini sarapan rutin saya waktu kuliah sis, biasanya ditambah susu coklat ..

    mmmm…mungkin kalo ga pake susu wkt masaknya, bisa ditambahi dengan susu krim waktu makannya ya mr…??

    Reply
  • 2. andry sianipar  |  November 11, 2009 at 7:21 pm

    salam super,,,
    tipsnya praktis dan patut dicoba,,,
    terimakasih atas sharingnya !!!

    yup…sama2 bro…

    Reply
  • 3. bintangtimur  |  November 12, 2009 at 4:35 am

    Hehehe, saya belum pernah ‘terpaksa’ makan atau mengolah oat, jadi aja nggak bisa ngasih resep buat dipraktekkan🙂
    Btw, ibu saya sarapannya memang oat, dicampur susu dan kopi sedikit, terus dituang air panas…jadi deh kopi susu campur oat yang (kata ibu saya nih…) sehat dan lumayan enak…
    Caila, cuma lumayan, ternyata…hehehe ;P

    kalo di lidah kita nih sis, rasanya kek semacam bubur beras campur dengan ketan gtu…he..he..^^

    Reply
  • 4. makngah lena  |  November 12, 2009 at 9:29 am

    anak-anak makngah kurang suka sarapan sereal , oat dan sejenisnya , sist..
    sama kayak emaknya mereka lebih suka sarapan nasi goreng ,he..he..he..
    salam hangat dari bangka

    salam dr gurun, mak ngah… ^^ maap bru di bales sekarang nie…

    Reply
  • 5. fandhie  |  November 12, 2009 at 7:02 am

    gw dah bbrp kali beli sih tp ngga doyan jadi nyetok aja disudut lemari tuhh😛

    trus dianggurin gtu?? eman…mending dikasih ke yg mau, ato fandhie masakin tuh oat n bagi2 ke tetangga or temen2…mangfaat n muantaabbzz…

    Reply
  • 6. achoey  |  November 12, 2009 at 6:12 pm

    wah, enak bgt sepertinya
    mauuuu

    mauu??!! Bikin sendiri dooooong…^^

    Reply
  • 7. Kakaakin  |  November 12, 2009 at 7:13 pm

    Dulu di rumah saya pernah ada oatmeal kayak gitu, trus saya coba masak sperti petunjuk di kemasan dan hasilnya… emang seperti bubur ketan ya…🙂 Kurang suka deh..
    Mungkin kalo dikreasiin sperti resep diatas, saya bakalan suka…🙂

    yup…silahkan dicobaaaa…^^

    Reply
  • 8. Ismi  |  November 15, 2009 at 8:05 am

    Ai en suami Ai gag dowyan syama oat….
    we berdua sama2 lidah kampung,,,

    nie juga sekale-kale nyobain makanan sono, biar adaptif gtu..

    Reply
  • 9. mamaray  |  November 15, 2009 at 3:40 pm

    belum pernah makan oat Mbak… kayaknya eneg hehehe… wong Jowo harus ketemu nasi Mbak, belum bisa makan makanan wong Londo hahaha

    weeh…ini mah lidah dah terkena dampak globalisasi jeng…

    Reply
  • 10. nina  |  April 23, 2010 at 11:22 am

    aku juga tiap pagi berusaha sajikan oat lezat untk swmi tcinta.krna dia g suka manis2,aku masak oat dg sayur2an,ku beri taburan bwang goreng,ato irisan daun bawang.kadang potongan tempe,and telur rebus….aku pernah cobain oatmeal instan yg udah da pilhan rasana,tp eneg mnrut ku.

    wah kalu sekarang kenapa aq gie bosen ma oat ya…😕

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Blogger

NOVI dengan nama pena SUNFLO ... ^^ Silahkan ambil yang bermanfaat dari sini, tanpa harus meninggalkan jejak atau komentar, kalau mau copas, silahkan, tapi harap yang bertanggungjawab...

sunflo’s Calendar

sunflo’s posting

November 2009
M T W T F S S
« Oct   Dec »
 1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
30  

Translate My Blog

Translate this blog into different languages...
العربية
english
Français
हिन्दी

Archives

Blog Stats since August '09

  • 3,957,967 hits

sedang ada di kebun sunflower

”amung

visitors traffic

Enter your email address to subscribe to this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 393 other followers

Like My Site

FP NOVI NOUF

Instagram NoviNouf

Tamu tak diundang.. Nyopiri abi yg mo ngisi khutbah nikah di Cilimus, dari pada eikeh memble sendirian di mobil nunggu hingga hajat selesai, akhirnya dipersilahkan duduk di kursi tamu. Niatnya mah numpang duduk manis aja, eh.. Dapat souvenir n snack juga deh.. Alhamdulillaah.. Kipasnya cantik-cantik, ada warna pink, ungu n biru.. #kipas #kipastangan #kipascantik #souvenir #kondangan #hajatan #nikah #me #tamu #guest #jalanjalan #jelongjelong Rasanya.. As usual, cuma.. Aq pake resep sponge cake ekonomis: 
4 butir telur
100 gr terigu
100 gr gulapasir
1/2 sdm emulsifier
50 gr mentega
#tiramisu #italiandessert #me #homemade #baking #bikinsendiri #enyakenyak #nomnom

%d bloggers like this: