Sop untuk Usir Dingin

November 16, 2009 at 9:02 am 21 comments

It’s November Rain… Benerkah di indo sekarang dah mulai banyak hujaaan?? Dah molai dingin doong…??? Sama dengan di saudi, dah mulai berasa dinginnya, dah kek di indo saja…^^ Puncak musim dingin akan tiba 1-2 bulan lagi.

Kalo musim dinginnya indo yaa…musim ujan kan?? Pas hari-hari itu penuh diwarnai hujan, wooww..udara jadi adem n menusuk tulang… Enaknya… sambil menikmati hujan, huuu… apalagi hujan deres… ada secangkir teh hangat atau wedang ronde atau wedang jahe atau yang lainnya yang bisa mengusir dingin dari tubuh. Dipadukan dengan beberapa cemilan kek gorengan hangat, singkong rebus…hmmm nikmatnya…

Nah… sekarang sunflo ajak sodara-sodara sekalian tuk memanfaatkan makanan yang agak berat sebagai pengusir dingin di kala hujan mewarnai hari-hari di negerimu. Apaan tuuh?? Yup … sop!! Sunflo kenalkan beberapa resep sop hangat, mantap nan hHuOottt dengan proses pembuatan yang super duper gampang buangetzz…

Mumpung belum telat-telat bangetz, mulai sekarang persiapkan bahan-bahannya di kulkas anda masing-masing, agar kalo dingin menyergap…hujan deras mengguyur, tak usah repot keluar cari bahan-bahan itu dadakan…

Bahan dasar utamanya adalah bawang merah, bawang putih, garam,…he..he.. vetsin/kaldu bubuk atau blok, merica bubuk, tomat, daun bawang, daun seledri dan wortel. Bahan yang rada ‘wah’ adalah jamur kancing, jagung manis, pasta tomat, dan daging ayam/daging kambing.

Nie dia resep sop super duper guampang dari sunflo… ^^

sop jamur jagung manis

Sop Jamur Jagung Manis

Cara membuatnya, rebus daging ayam, ambil kaldunya, ayamnya dipotong-potong dadu, singkirkan sementara. Terus tumis irisan bawang merah dan bawang putih, merica bubuk, masukkan ke dalam kaldu, direbus kembali. Setelah mendidih dan berbau haruuumm.. Masukkan irisan jamur kancing, jagung manis dan potongan ayam, aduk..aduk…., terus masukin pasta tomat dan irisan daun bawang-seledri ke dalamnya, kasih rasa…aduk..aduk…, icipi… mantap rasanya… angkat…hidangkann dengan taburan bawang goreng … silahkan menikmati… (ppsstttt….takaran dikira-kira sendiri yaa ..^^ soalnya sunflo kalo masak pakenya feeling, ga pake timbangan … he…he…)

***

sop wortel kambing

Sop Wortel Daging Kambing

Hmm…maap buangetz, bagi yang ga doyan ma kambing, bisa diganti daging apa ajah yang penting halal n kena di hati dan lidah… Rebus dulu dagingnya hingga empuk, taro ke dalamnya tumisan irisan bawang merah dan bawang putih campur merica, setelah mendidih dan harum… tambahkan irisan wortel…kasih rasa… menjelang diangkat, taro ke dalamnya irisan daun seledri-bawang dan irisan tomat yang dipotong dadu..aduk-aduk sebentar… hidangkan dan nikamti….nyaammm…

***

Khusus sop yang kek gini aku punya kenangan. Ini sop yang jadi menu lirikanku sewaktu istirahat makan di warung makan H. Subali, Batang, Jawa Tengah. Warung makan ini dikenal dengan olahan daging kambingnya. Salah satu yang jadi andalannya adalah sate kambing hot plate. (Pssstt…aku n suamiku mudik pake motor looh dari Cirebon-Semarang pp. …asyik ternyata… apalagi kalo konvoi dengan sesama pengguna motor yang lainnya…he..he.. bisa berhenti dimana suka, kek misalnya istirahat di pinggir pantai Tegal…hmm..)

080408-1220-1

Kami iseng mau coba sate hot plate tuh kek gimaanaaa gtu… apa kita makan terus dikasih piring yang panas yaa..?? Eehh…ternyata kek gini…he..he… ajiiib… tuh piring emang mirip tungku…hhHuOOoT…bangetz… jadi berasa seger makan satenya… ^^

***

wortel manis

Duuhh…aku bener-bener jatuh hati ma nie wortel…manis beneran…cakep lagi!! Yuu..huu… Mr. Rabbit… here is the carrot… (hmm..Mr. Rabbit baca postingan ini ga yaa??)

***

sop kambing

Sop Bening Kambing

Huuuh…kambing mlulu… !! (he..he… lagi banyak kambing di rumah neeh). Kalo sop yang kek ginian adalah sop khas Beber, Cirebon. Biasanya ini merupakan produk olahan selain sate kambing, jadi memanfaatkan tulang-tulangnya, paling enak kalo yang dimasak adalah kaki kambing …hmmm

Bahan-bahannya cuma tulang kambing (tentu yang masih ada dagingnya…ngapain masak tulangnya doang..) yang paling disukai adalah kakinya, direbus hingga muantap empuknya, masukkan ke dalam rebusan itu, irisan bawang putih….yang banyak…karena fungsinya untuk mengempukkan dan menghilangkan bau amis kambing….direbus hingga harum… kasih merica yang banyak… biar hHuOOTt.. Kasih rasa… Menjelang diangkat, taburi dengan irisan daun seledri… (kalo aku pake daun bawang, secara seledri di sono muahaaal amiir…lebih murahan parsley / badognes, tapi .. baunya kurang harum)

Naah … itulah resep sop sunflo untuk hadapi musim penghujan yang dingin… Menikmatinya ga musti pake nasi… disantap apa adanya is Ok buangetzz.. Silahkan mencoba… ^^

Entry filed under: kuliner. Tags: .

Kunjungan Balasan Dingin …

21 Comments Add your own

  • 1. melly  |  November 16, 2009 at 9:28 am

    wahh..gampang bgt bikinnya
    ngiler sop kaki kambing tuh..
    gregetan makanya😀
    pengen tulangnya di gigit juga ..hhihi

    bagi para penggemarnya kek sy juga… balungan is muantaaaabbbz!!

    Reply
  • 2. Ismi  |  November 16, 2009 at 9:30 am

    waduh, keduluan….
    padahal mu buat postingan besok…

    gpp sih is.. postingin ajah….beda komengnya kaan…

    Reply
  • 3. nakjaDimande  |  November 16, 2009 at 9:43 am

    bundo jatuh hati sama sup jamur jagung manis itu.. apalagi klo bundo boleh tinggal duduk doang, dan dihidangkan oleh sunflo yang maniezz..🙂

    wehehehe…bundo bisa ajah..^^

    Reply
  • 4. sedjatee  |  November 16, 2009 at 12:25 pm

    wadhuh… jujur aja… sop tak sepenuhnya mampu mengusir rasa dinginku… kecuali si pembuat sop itu turut hadir di depan menemani makan, hmmm… pastilah suasana hangat bakal terasa… salam sop…

    sedj

    yup…segera laporan ke si pembuat sop buat bikin sop ini..^^

    Reply
  • 5. komuter  |  November 16, 2009 at 12:36 pm

    kalau tidak bisa bikin sop, masak mie instant aja, bisa mengusir hawa dingin, sementara

    sama bikin api unggun ya om…*.^

    Reply
  • 6. aurora  |  November 16, 2009 at 1:45 pm

    kalau aku sih ya kak… ga mau repot-repot.. selain ga bisa masak pula…. masak udah menggigil kedinginan, aku masih sempat2 masak sup… mungkin hanya ibu-ibu dan orang2 tegar yang bisa memasaknya di tengah kurungan rintik hujan….

    haaiiyyyaah…paling ini hanya komengan penikmat sop saja, bukan org2 tegar itu… *.^

    Reply
  • 7. Desri Susilawani  |  November 16, 2009 at 2:28 pm

    siap-siap untuk idul qurban keknya nieh….banyak yang berbahan kambing. mau tanya nih…gimana ya biar daging domba ga terasa bau?ada bumbu khusus ga ya?

    kasih bawang putih yang buaannyaaak…

    Reply
    • 8. Desri Susilawani  |  November 17, 2009 at 2:22 pm

      oyyaa!? bener nih? apa ga ngefek ke kelek?

      hwedeww …bru tau ada efeknya…^.*

      Reply
  • 9. Shaquille  |  November 16, 2009 at 4:30 pm

    Enaknyo😛
    Saya pengennya sop onta. Ada gak?🙄

    ada kali…tapi belom pernah nyoba

    Reply
  • 10. alisnaik  |  November 16, 2009 at 4:35 pm

    PEMBUKAAN:
    selamat malam, mbak Sunflo. di sini tadi sore hujannya lumayan menyejukkan.

    ISI:
    uuwwwaaaaaaaaaaaaa……. iler saya menetes ke keyboard.
    sebentar, saya lap dulu.
    postingan yang tepat untuk saya yang sedang kelaparan.:mrgreen:

    PENUTUP:
    bagi bagi donk !!

    weehh…segtu dahsyatkah…

    Reply
    • 11. alisnaik  |  November 19, 2009 at 9:45 am

      ya semacam efek khusus agar komentar saya terlihat lebih dramatis

      wew..gtu yaak..^^

      Reply
  • 12. Aribicara  |  November 17, 2009 at 3:00 am

    Kalau SOp daging Onta ada ga yah ?😀

    Salam🙂

    kalo untanya sih bnyak..tapi blom pernah bikin tuh de’..^^

    Reply
  • 13. triunt  |  November 17, 2009 at 3:25 am

    waa, pagi2 eblum sarapan *dah gak ada yg bikin sarapan*
    malah liat kayak begini…
    keroncongan segera menyapa..😥

    segera hubungi warung makan terdekat…*.^

    Reply
  • 14. bintangtimur  |  November 17, 2009 at 5:07 am

    Hahahahaha…ketinggalan satu posting nih!
    Saya senyum-senyum waktu baca kata ‘vetsin’ di tiap masakan yg sunflo bikin…ssst, bumbu masak yg satu itu, selalu ada di dapur saya juga😉
    Di Bandung sudah banyak hujan juga, sop ini kayaknya bisa jadi alternatif masakan deh, apalagi yg sop bening itu…hmmmmm, yummy!
    Heran deh, baca posting disini selalu membuat saya merasa nyaman, kayak masuk ke rumah sendiri…duh, lebay😛

    weks…itulah yg sunflo harapkan..hehe..anggap ajah rumah sendiri yaah sis… psssssssstttttttt…. kita emang udah sehati, itu ..tuuuuuuuuuhhh…vetsiiiiiiiiinn, jangan bilang siapa-siapa yaak..^^

    Reply
  • 15. mamah aline  |  November 17, 2009 at 6:17 am

    hmm.. pengen yang sate kambing hot plate, kalo idul adha bisa jadi alternatif,

    weeww…kudu pake alat khusus tuh jeng…^^

    Reply
  • 16. mio  |  November 17, 2009 at 1:56 pm

    haduh jadi pengen😀

    ho oh yaak…^^

    Reply
  • 17. mr psycho  |  November 17, 2009 at 7:19 pm

    semalam ibuku berkata, kalo cari istri,cari yang pinter masak hahaha .. PS: itu carrotnya asli apa gantungan kunci,kok mirip? xixixi

    asli laah…mr, gantungannya kan udah raibbbb…*.^

    Reply
  • 18. mamaray  |  November 18, 2009 at 5:29 am

    waduh, dimakan panas-panas… hmm… seuggerr…

    yup…segeerrrr tenaaaaann

    Reply
  • 19. haris ahmad  |  November 18, 2009 at 12:48 pm

    sumpah sop kambing enak he he….

    ho oh gut, muaaantttaabzz berat!!

    Reply
  • 20. bundadontworry  |  November 19, 2009 at 6:44 am

    wortelnya bikin jatuh cinta pingin dimakan.he……he..
    rebutan sama mr.rabbit………
    salam.

    ya bund, tuh mr demen banget ma carrot…^^

    Reply
  • 21. Iksa  |  December 11, 2009 at 11:09 pm

    Mantap nih makanannya ….

    weh..om iksa..kmana ajah baru keliatan neeh..^^

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Blogger

NOVI dengan nama pena SUNFLO ... ^^ Silahkan ambil yang bermanfaat dari sini, tanpa harus meninggalkan jejak atau komentar, kalau mau copas, silahkan, tapi harap yang bertanggungjawab...

sunflo’s Calendar

sunflo’s posting

November 2009
M T W T F S S
« Oct   Dec »
 1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
30  

Translate My Blog

Translate this blog into different languages...
العربية
english
Français
हिन्दी

Archives

Blog Stats since August '09

  • 3,961,049 hits

sedang ada di kebun sunflower

”amung

visitors traffic

Enter your email address to subscribe to this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 393 other followers

Like My Site

FP NOVI NOUF

Instagram NoviNouf

This is another one.. #myredrose #redrose in #mygarden #gardening on a #balcony #flowerporn #love #beautiful #instaflower #instapic Tampak atas.. Aku masih terkesima aja sama penampakan ini, meski sekarang udah habis, tinggal kenangan.. Tapi cakep yak.. #gaadayangnanya :)) #pudingsusu #silkypudding #pudingbuah #me #dessert #bikinsendiri #homemade #instapic

%d bloggers like this: