Dan Para Malaikatpun Mendoakannya

November 21, 2009 at 3:08 pm 15 comments

Doa merupakan senjata manusia yang dapat menguatkannya untuk menghadapi segala macam cobaan hidup. Umumnya, doa sering dilakukan oleh seseorang untuk dirinya maupun untuk orang lain. Namun ada beberapa orang yang mendapatkan keutamaan untuk didoakan oleh para malaikat dikarenakan amal yang dia kerjakan. Siapa saja mereka?

1. Orang yang tidur dalam keadaan bersuci.

Imam Ibnu Hibban meriwayatkan dari Abdullah bin Umar ra., bahwa Rasulullah Shalallahu ‘Alaihi Wasallam bersabda, “Barangsiapa yang tidur dalam keadaan suci, maka malaikat akan bersamanya di dalam pakaiannya. Dia tidak akan bangun hingga malaikat berdoa ‘Ya Allah, ampunilah hambamu si fulan karena tidur dalam keadaan suci’” (hadits ini dishahihkan oleh Syaikh Al Albani dalam Shahih At Targhib wat Tarhib I/37)

2 . Orang yang duduk menunggu shalat.

Imam Muslim meriwayatkan dari Abu Hurairah ra., bahwa Rasulullah Shalallahu ‘Alaihi Wasallam bersabda, “Tidaklah salah seorang diantara kalian yang duduk menunggu shalat, selama ia berada dalam keadaan suci, kecuali para malaikat akan mendoakannya ‘Ya Allah, ampunilah ia. Ya Allah sayangilah ia’” (Shahih Muslim no. 469)

3 . Orang – orang yang berada di shaf bagian depan di dalam shalat.

Imam Abu Dawud (dan Ibnu Khuzaimah) dari Barra’ bin ‘Azib ra., bahwa Rasulullah Shalallahu ‘Alaihi Wasallam bersabda, “Sesungguhnya Allah dan para malaikat-Nya bershalawat kepada (orang – orang) yang berada pada shaf – shaf terdepan” hadits ini dishahihkan oleh Syaikh Al Albani dalam Shahih Sunan Abi Dawud I/130)

4 . Orang – orang yang menyambung shaf (tidak membiarkan sebuah kekosongan di dalam shaf).

Para Imam yaitu Ahmad, Ibnu Majah, Ibnu Khuzaimah, Ibnu Hibban dan Al Hakim meriwayatkan dari Aisyah ra., bahwa Rasulullah Shalallahu ‘Alaihi Wasallam bersabda, “Sesungguhnya Allah dan para malaikat selalu bershalawat kepada orang – orang yang menyambung shaf – shaf” (hadits ini dishahihkan oleh Syaikh Al Albani dalam Shahih At Targhib wat Tarhib I/272)

5 . Para malaikat mengucapkan ‘Amin’ ketika seorang Imam selesai membaca Al Fatihah.

Imam Bukhari meriwayatkan dari Abu Hurairah ra., bahwa Rasulullah Shalallahu ‘Alaihi Wasallam bersabda, “Jika seorang Imam membaca ‘ghairil maghdhuubi ‘alaihim waladh dhaalinn’, maka ucapkanlah oleh kalian ‘aamiin’, ” karena barangsiapa ucapannya itu bertepatan dengan ucapan malaikat, maka ia akan diampuni dosanya yang masa lalu” (Shahih Bukhari no. 782)

6 . Orang yang duduk di tempat shalatnya setelah melakukan shalat.

Imam Ahmad meriwayatkan dari Abu Hurairah,bahwa Rasulullah Shalallahu ‘Alaihi Wasallam bersabda, “Para malaikat akan selalu bershalawat kepada salah satu diantara kalian selama ia ada di dalam tempat shalat dimana ia melakukan shalat, selama ia belum batal wudhunya, (para malaikat) berkata, ‘Ya Allah ampunilah dan sayangilah ia’” (Al Musnad no. 8106, Syaikh Ahmad Syakir menshahihkan hadits ini)

7 . Orang – orang yang melakukan shalat shubuh dan ‘ashar secara berjama’ah.

Imam Ahmad meriwayatkan dari AbuHurairah ra., bahwa Rasulullah Shalallahu ‘Alaihi Wasallam bersabda, “Para malaikat berkumpul pada saat shalat shubuh lalu para malaikat ( yang menyertai hamba) pada malam hari (yang sudah bertugas malam hari hingga shubuh) naik (ke langit), dan malaikat pada siang hari tetap tinggal. Kemudian mereka berkumpul lagi pada waktu shalat ‘ashar dan malaikat yang ditugaskan pada siang hari(hingga shalat ‘ashar) naik (ke langit) sedangkan malaikat yang bertugas pada malam hari tetap tinggal, lalu Allah bertanya kepada mereka, ‘Bagaimana kalian meninggalkan hambaku ?’, mereka menjawab, ‘Kami datang sedangkan mereka sedang melakukan shalat dan kami tinggalkan mereka sedangkan mereka sedang melakukan shalat, maka ampunilah mereka pada hari kiamat” (AlMusnad no.9140,hadits inidishahihkan oleh Syaikh Ahmad Syakir)

8 . Orang yang mendoakan saudaranya tanpa sepengetahuan orang yang didoakan.

Diriwayatkan oleh Imam Muslim dari Ummud Darda’ ra., bahwasannya Rasulullah Shalallahu ‘Alaihi Wasallam bersabda, “Doa seorang muslim untuk saudaranya yang dilakukan tanpa sepengetahuan orang yang didoakannya adalah doa yang akan dikabulkan. Pada kepalanya ada seorang malaikat yang menjadi wakil baginya, setiap kali dia berdoa untuk saudaranya dengan sebuah kebaikan, maka malaikat tersebut berkata ‘aamiin dan engkaupun mendapatkan apa yang ia dapatkan’” (Shahih Muslim no. 2733)

9 . Orang – orang yang berinfak (berderma).

Imam Bukhari dan Imam Muslim meriwayatkan dari Abu Hurairah ra.,bahwa Rasulullah Shalallahu ‘Alaihi Wasallam bersabda, “Tidak satu hari pun dimana pagi harinya seorang hamba ada padanya kecuali 2 malaikat turun kepadanya, salah satu diantara keduanya berkata, ‘Ya Allah, berikanlah ganti bagi orang yang berinfak’. Dan lainnya berkata, ‘Ya Allah,hancurkanlah harta orang yang pelit’” (Shahih Bukhari no. 1442 dan Shahih Muslim no. 1010)

10. Orang yang makan sahur.

Imam Ibnu Hibban dan Imam Ath Thabrani, meriwayatkan dari Abdullah bin Umar ra., bahwa Rasulullah Shalallahu ‘Alaihi Wasallam bersabda, “Sesungguhnya Allah dan para malaikat-Nya bershalawat kepada orang – orang yang makan sahur” (hadits ini dishahihkan oleh Syaikh Al Albani dalam Shahih At Targhiib wat Tarhiib I/519)

11. Orang yang menjenguk orang sakit.

Imam Ahmad meriwayatkan dari ‘Ali bin Abi Thalib ra., bahwa Rasulullah Shalallahu ‘Alaihi Wasallam bersabda, “Tidaklah seorang mukmin menjenguk saudaranya kecuali Allah akan mengutus 70.000 malaikat untuknya yang akan bershalawat kepadanya di waktu siang kapan saja hingga sore dan di waktu malam kapan saja hingga shubuh” (Al Musnad no.754, Syaikh Ahmad Syakir berkomentar, “Sanadnya shahih”)

12. Seseorang yang mengajarkan kebaikan kepada orang lain.

Diriwayatkan oleh Imam Tirmidzi dari Abu Umamah Al Bahily ra., bahwa Rasulullah Shalallahu ‘Alaihi Wasallam bersabda, “Keutamaan seorang alim (berilmu) atas seorang ahli ibadah bagaikan keutamaanku atas seorang yang paling rendah diantara kalian. Sesungguhnya penghuni langit dan bumi, bahkan semut yang di dalam lubangnya dan bahkan ikan, semuanya bershalawat kepada orang yang mengajarkan kebaikan kepada orang lain” (dishahihkan oleh Syaikh Al Albani dalam Kitab Shahih At Tirmidzi II/343)

(Sumber: http://kebunhidayah.wordpress.com , Disarikan dari Buku Orang – orang yang Didoakan Malaikat, Syaikh Fadhl Ilahi, Pustaka Ibnu Katsir, Bogor, Cetakan Pertama, Februari 2005)

Entry filed under: artikel. Tags: .

Gunung Es Itu Akhirnya Cair… Award Lagi…

15 Comments Add your own

  • 1. haris ahmad  |  November 21, 2009 at 3:16 pm

    alo bu flo
    ini Ogut dateng

    aalllooo jg oguuut…welcome..^^

    Reply
  • 2. bintangtimur  |  November 21, 2009 at 3:27 pm

    Halo…halo…
    Saya tamu berikutnya nih🙂
    Posting menarik ini, saya baca sungguh-sungguh…
    Mudah2an saya bisa termasuk didalamnya.
    Amin.

    tsumma aaameen..iya jeng, moga bermanfaat yaa..^^

    Reply
  • 3. yangputri  |  November 21, 2009 at 4:04 pm

    mudah2an juga aku termasuk didalamnya….

    aamiiiin…iya put, berusahalah…dan inshaAllah kudoakan..^^

    Reply
  • 4. casrudi  |  November 21, 2009 at 5:02 pm

    Mbaq Sunflo, untuk yang pertama, keadaan suci artinya sebelum tidur biasakan untuk berwudlu, …🙂

    Posting untuk senantiasa mengharap doa dari para malaikat, semoga saya tak luput dari doa-doa mereka.. amin

    aamiiiin..iya de’ semoga Allah menjadikanmu termasuk diantara mereka…aamiiin..^^

    Reply
  • 5. idana  |  November 21, 2009 at 6:06 pm

    setiap bait doa menjadikan kita lebih dekat kepada Nya

    maaf baru sempat berkunjung lagi😀

    ya da…gpp, moga ida hepi selalu yaa..^^

    Reply
  • 6. alisnaik  |  November 21, 2009 at 7:59 pm

    PEMBUKAAN:
    mbak Sunflo
    selamat pagi. saya datang lagi😮

    ISI:
    wow. bermanfaat nih.
    saya ada pertanyaan agak iseng,
    “kalau tidur dalam keadaan suci, terus tiba tiba kentut tanpa sadar, apa yang akan terjadi ??”
    saya rasa tidak mungkin malaikat berkata begini,
    “yah, ini orang kentut lagi, gak jadi gue doain dah”

    PENUTUP:
    berangkat buat Haji tanggal berapa❓

    ntar kukasih tau roel..*.^

    Reply
  • 7. ismi  |  November 22, 2009 at 1:35 am

    berusaha untuk mengamalkan ah…. biar di doakan sama malaikat🙂

    iya is..semoga Allah beri kemudahan bagi kita untuk bisa beramal seperti itu…^^

    Reply
  • 8. ruhindo  |  November 22, 2009 at 1:48 am

    Makasih infonya,mbak….
    Enaknya klo didoakan or diaminkan malaikat ya🙂
    Semoga makhluk di langit dan di bumi selalu mendoakan untuk kita ya….

    iya bro…aamiin…dan kita berusaha untuk itu, semoga Allah memudahkannya..^^

    Reply
  • 9. Wong JAlur  |  November 22, 2009 at 2:52 am

    Mau komentarin yg no.7, Orang – orang yang melakukan shalat shubuh dan ‘ashar secara berjama’ah. Emang dua waktu ini menjadi bgt sulit dilakukan berjama’ah. Shubuh, tentu ini waktu yg lg enak2nya tidur, aplg di daerah yg shubuhnya waktunya lbh cpt. Ashar, kebiasaan orang sibuk kerja aplg on the way susah deh untk melakukan ashar berjama’ah.

    betul wong, yang susah2 itu pasti pahalanya lebih gede…^^

    Reply
  • 10. Kakaakin  |  November 22, 2009 at 5:04 am

    Mudah2an saya bisa nyangkut paling enggak di salah satu poinnya …🙂

    yup sis, kita berharap seperti itu..semoga Allah mudahkan jalannya aamiiin..^^

    Reply
  • 11. fandhie  |  November 22, 2009 at 9:24 am

    numpang baca aja buat nambah ilmu yahh…
    soale di agama gw ga ada pokok bahasan kek gini nih…

    iya fandh, moga bermanfaat yaa..^^

    Reply
  • 12. ruanghatiberbagi  |  November 22, 2009 at 12:32 pm

    datang menyapa sobat bloger di akhir pekan, semoga bahagia selalu

    makasih sob..^^

    Reply
  • 13. bundadontworry  |  November 22, 2009 at 3:39 pm

    bahagianya seandainya kita didoakan oleh malaikat.
    semoga kita termasuk orang2 yg didoakan malaikat ya Mbak Sunflo.
    boleh nggak artikel ini, bunda simpan Mbak ?
    terima kasih sebelumnya ya,
    semoga Allah swt menggantikan dgn yg lebih baik, amin.
    salam.

    ya bunda..dengan senang hati, semoga bermanfaat…

    Reply
  • 14. achoey  |  December 8, 2009 at 7:45 am

    indah
    sungguh indah

    Reply
  • 15. insan  |  August 19, 2010 at 5:03 am

    good job…………………………………………………………….^_^

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Blogger

NOVI dengan nama pena SUNFLO ... ^^ Silahkan ambil yang bermanfaat dari sini, tanpa harus meninggalkan jejak atau komentar, kalau mau copas, silahkan, tapi harap yang bertanggungjawab...

sunflo’s Calendar

sunflo’s posting

November 2009
M T W T F S S
« Oct   Dec »
 1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
30  

Translate My Blog

Translate this blog into different languages...
العربية
english
Français
हिन्दी

Archives

Blog Stats since August '09

  • 3,960,791 hits

sedang ada di kebun sunflower

”amung

visitors traffic

Enter your email address to subscribe to this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 393 other followers

Like My Site

FP NOVI NOUF

Instagram NoviNouf

Kalo ini buat kajian tahfizh tahsin pagi ini.
#milkypudding #pudingsutrabuah #pudingbuah #fruitpudding #dessert #jumatbarokah #blessedfriday #instapic Milky silky pudding fruit buat pagi ini.. #pudding #pudingsusu #pudingbuah #dessert #cucimulut #seger #enyakenyak #fresh #fruit

%d bloggers like this: