Antara Wukufku, Buku Doaku dan Kisah Taubat Seorang Penyanyi Ronggeng

December 9, 2009 at 12:07 am 25 comments

9 Dzulhijjah 1430 H / 26 November 2009

Suasana bising, macet dan pengap…membuaiku sesaat dalam tidur di dalam bus… hingga suara sang sopir, Hijazy dari Mesir, dengan lantangnya membangunkan tidurku. Dia memberitahukan pada kami, bahwa rombongan telah sampai di padang Arafah… (pfyuuhh…capek dan deg-degannya, mengingatkanku pada acara Kemah Bakti sewaktu di bangku kuliah dulu…). Segera kami turun dari bus dan berbaris menuju perkemahan di padang Arafah…

Suasananya gelap…tak ada lampu, kami berjalan dengan panduan cahaya lampu jalanan tinggi yang menyorot temaram.. Waktu menunjukkan pukul 3 dinihari…

Segera aku dan temanku: Sauda’, mbak indo dan mbak india, mencari tempat yang nyaman dan layak… Suasana di dalam tenda gelap temaram, aku mencari tempat paling belakang bersama dengan ketiga rekanku. Kami menggelar alas…dan tidur sejenak hingga waktu shubuh, setelah sholat shubuh…acara tidur kembali dilanjutkan…, untuk persiapan acara inti setelah zawal (tergelincirnya matahari, sesudah dhuhur, kira-kira pukul 12.30 waktu setempat) hingga tenggelamnya matahari..

***

Suasana di perkemahan kami, sebelum acara inti dimulai… Kuambil gambar dari tempat dudukku di belakang…

***

Hingga saatnya acara inti tiba…

Sehabis shalat dhuhur yang dijama’ qashar dengan shalat ashar…, suasana perkemahan yang tadinya bising, berubah jadi senyap… masing-masing tenggelam dalam doa dan permohonannya kepada Allah Ta’ala. Terdengar isak tangis para jama’ah…

Keluarlah air mata yang dari tadi kutahan… Terpekur dan terbuai dengan puji-pujian kepadaNya… Betapa besar rahmat dan nikmatNya padaku, dan betapa banyak dosa dan maksiat yang telah kuperbuat padaNya… Belum kuajukan permohonan-permohonan… hanya sebatas puji-pujianku padaNya…, dengan panduan buku kecil doa-doaku….

***

Dan dari Jabir bin ‘Abdillah Rodhiyallahu ‘anhu, dia berkata, “Rasulullah Sholallahu ‘alaihi wasallam bersabda,
Pada hari ‘Arafah sesungguhnya Allah turun ke langit dunia, lalu membangga-banggakan mereka (para jama’ah Haji) di hadapan para Malaikat, maka Allah berfirman, “Perhatikan hamba-hamba-Ku, mereka datang kepada-Ku dalam keadaan kusut berdebu dan tersengat teriknya matahari, datang dari segala penjuru yang jauh. Aku bersaksi kepada kalian (para Malaikat) bahwa Aku telah mengampuni mereka.” (HR. Ibnu Khuzaimah, Ibnu Hibban, al Laalikai, dan Imam al Baghawi, hadits shahih)

###

Dari ‘Aisyah Radhiyallahu ‘anha, ia berkata, Rasulullah Sholallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Tidak ada hari yang Allah lebih banyak membebaskan hamba-Nya dari adzab Neraka daripada hari ‘Arafah. Sesungguhnya Dia (pada hari itu) mendekat, kemudian membangga-banggakan mereka (para jama’ah Haji) dihadapan para Malaikat. Lalu Dia bertanya, “Apa yang diinginkan oleh para jamah Haji itu?” (HR. Muslim)

Yaa… sungguh kami telah datang padaNya dalam keadaan kusut, berdebu, lelah, dari berbagai penjuru dunia… namun, semuanya tak dihiraukan, demi untuk mendapatkan kabar gembira dariNya… dengan diampuninya dosa-dosa dan dikabulkannya permohonan-permohonan kami

***

Namun sayang… suasana syahdu tak berlangsung lama, paling hanya setengah jam, karena datangnya petugas yang mengantarkan makan siang kami membuyarkan acara agung itu… Setelah acara makanpun… tidak semua jamaah menyadari waktu mustajab tersebut hingga tenggelamnya matahari nanti. Mereka kembali tenggelam dalam obrolan dan canda tawa…😦

Akhirnya…, aku keluar tenda dan mencari tempat menyendiri di luar, di bawah terik matahari, namun alhamdulillaah ada payung yang membantu kenyamananku untuk bermunajat padaNya…

Kugelar sajadah dan kukembangkan payung tuk melindungiku dari sengatan terik matahari…, buku kecil doa-doaku kuletakkan di depanku. Kulirik di sebelah kiriku, datang seorang mbak-mbak… menggelar sajadah dan payung, mengikuti apa yang kuperbuat… dan kami tenggelam dengan kesibukan hati masing-masing. Menyusul di sebelah kananku, seorang mbak-mbak juga yang melakukan hal yang sama seperti yang kulakukan. Alhamdulillaah…masih ada mbak-mbak TKW yang menyadari arti pentingnya waktu-waktu ini… walaupun sangat sedikiiiiiiitt sekali yang berbuat seperti ini…

Saat ini, mulai kupanjatkan doa-doa padaNya untuk diri sendiri, suami, orang tua, adik-adik, sahabat-sahabatku, teman-temanku… dan tak lupa… sobat-sobat blogger yang namanya terlintas dalam benakku dan secara keseluruhan sobat blogger yang pernah singgah di blogku…

***

Hingga…

Entah kenapa aku menengok ke arah kiri, ke arah mbak-mbak yang duduk di sebelah kiriku… Aku tersenyum padanya, dan dia membalas senyumanku. Kutanya beberapa hal padanya: asalnya dan daerah kerjanya. Hingga tercetus ucapan dari mulutku, yang kira-kira seperti ini bunyinya, ” Iya mbak, ini adalah waktu dikabulkannya doa-doa dan permohonan, minta apa saja pada Allah, hingga tenggelamnya matahari nanti…” Dan kami kembali tenggelam dengan kesibukan munajat kami…

Hingga…

Terdengar isak tangis di tengah permohonannya… Aku meliriknya, terharu dan merasa iri ingin menangis seperti dia sambil meminta padaNya… Tanpa kuduga, dia mendekat padaku dan bersandar di pundakku… sambil menghiba…”Masihkah adakah ampunan Allah untukku?? Aku telah melakukan dosa dan kemaksiatan yang besar…”

Terasa ada yang menohok hatiku, namun kucoba memberikan jawaban padanya, “Mbak, mohonlah ampun padaNya… Allah akan mengampuni segala dosa, kecuali satu saja, yaitu dosa syirik…”

Kemudian dia berkata, dia lembut dan sepertinya pandai sekali beretorika, “Aku melakukan haji untuk bertobat pada Allah, dari dosa yang telah kuperbuat, namun .. dari kemarin hingga sebelum aku bertemu dengan mbak, aku tak bisa menangis. Apakah hatiku sudah sedemikian kerasnya?? ” Lalu dia menceritakan dosa dan kemaksiatan apa yang telah dia lakukan… dia ceritakan hanya pada suaminya dan padaku…

Dan aku ingin menjaga rahasianya, akan kuberitahukan seperlunya saja kepada teman-teman semua. Dulu dia adalah seorang penyanyi ronggeng di kampungnya. Dia dipasangi susuk pemikat oleh suaminya… agar para lelaki terpikat padanya, melihat dia bak bidadari… Hingga akhirnya terciptalah beragam dosa lain yang ditimbulkannya hingga dia terdampar di saudi sekalipun…

Bertaubatlah mbak, jangan diulangi lagi…tinggalkan semuanya, sesungguhnya perbuatan itu sudah termasuk ke dalam kesyirikan, karena bersekutu dengan setan. Tak perlu ke dukun lagi untuk mencabutnya, mintalah hanya kepada Allah, Dia-lah yang memberikan manfaat dan madharat dari suatu benda… Bila Allah berkehendak, benda itu akan hancur dengan sendirinya…” kataku padanya.

Bagaimana caranya?”, tanyanya. Untuk mencari jawabannya, aku kemudian berkonsultasi pada suami, meminta nasehatnya dan kemudian kusampaikan pada mbak tadi. Kami menyarankan beliau untuk meruqyah sendiri, dengan cara membaca doa dan dzikir-dzikir yang dicontohkan oleh Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wasallam.

***

Dan…

Aku tergerak untuk memberikan buku kecil doa-doa yang ada di tanganku padanya, sambil kuarahkan dia untuk mengamalkan doa-doa yang ada di dalamnya sebagai sarana untuk membentengi dirinya dan mendekatkannya pada Allah…

Buku kecil ini adalah terjemahan dari kitab Hisnul Muslim karya Syaikh Sa’id bin Ali bin Wahaf Al Qahthany. Buku ini telah 12 tahun ada di tanganku, merupakan kenang-kenangan dari adik kelasku yang merupakan istri dari salah seorang ustadz yang menyelesaikan program doktoralnya di Universitas Islam Madinah sekarang ini. Buku ini telah banyak memberikan manfaat padaku. Dan kini…kurelakan buku ini berpindah ke tangan seorang hambaNya yang benar-benar ingin bertaubat. Aku hanya berharap…semoga apa yang telah kulakukan ini dapat menjadi pahala yang mengalir tiada putusnya walaupun aku sudah tak ada lagi di alam fana ini…aamiin.

***

Sampai sekarang, aku tak tahu siapa nama mbak tersebut… Sebelum berpisah dia hanya mengucapkan beberapa kalimat padaku, ” Aku ingin bisa melihat Allah di akhirat nanti. Semoga kita kelak bisa berjumpa lagi di surgaNya ya mbak…” Subhanallaah… Dan aku berharap…semoga dia bisa bertaubat dengan taubatan nasuha… dan dapat menjadi hamba yang diridhaiNya… aamiiin..

Aku begitu terkesan dengan isi buku tersebut. Di rumah ada buku serupa, namun tersedia dalam bahasa arab dan bahasa inggris. Aku inginkan yang sudah diterjemahkan ke dalam bahasa indonesia, sehingga kucari dengan bantuan google, dan alhamdulillah kudapatkan situs untuk mendownloadnya. Bagi teman-teman yang berminat untuk mendownloadnya, bisa klik di sini. Silahkan mengamalkannya tanpa ragu-ragu, karena doa dan dzikir ini berasal dari hadits-hadits yang shahih…^^

(bersambung…)

Entry filed under: kisahku di saudi, umrah dan haji. Tags: .

Izinkan Aku menangis KarenaMu Ujian Kesabaran 1

25 Comments Add your own

  • 1. nakjaDimande  |  December 9, 2009 at 1:52 am

    InsyaAllah buku doa itu akan menjadi mata air bagi saudara kita, sunflo..

    ya bundo…aamiin…

    Reply
  • 2. Aribicara  |  December 9, 2009 at 2:43 am

    Aku lom pernah ke sono tapi aku bisa membayangkan betapa Indah dan bahagianya untuk mereka2 yg di beri kesempatan memenuhi panggilan Allah S.W.T …..

    setiap do’a yang terucap makbul, setiap taubat di ampuni, dan masih banyak hikah dan kel\mulyaan yg bisa kita dapat di tanah suci…..

    Smoga bener2 menjadi Hj yg Mabrur. Amiin …

    aaamiin…makasih doanya ya ri..^^

    Reply
  • 3. anny  |  December 9, 2009 at 4:25 am

    Subhanallah begitu sejuk hati mbak itu ya ketika mendapat solusi dari sunflo, semoga amal ibadah mbak tadi dan juga sunflo mendapat berkah dan ridho Nya amin.

    aamiiin…terima kasih doanya ya ann…^^

    Reply
  • 4. idana  |  December 9, 2009 at 4:26 am

    Tuhan selalu memberikan jalan bagi hambanya yg mau bertobat

    yup, that is right da…

    Reply
  • 5. ruanghatiberbagi  |  December 9, 2009 at 6:33 am

    share oleh2 nya dunk pengalaman menarik dari sana, thanks

    yoi…jgn khawatir…sunflo share dech…^^

    Reply
  • 6. bundadontworry  |  December 9, 2009 at 7:05 am

    spechless……………….hiks…..hiks……..
    mengaminkan semua doa diatas.
    hiks……..hiks……….
    salam.

    terimakasih bunda…

    Reply
  • 7. tary si lempah kuning  |  December 9, 2009 at 8:44 am

    subhanallah…flo
    tulisanmu ini membuat hati ku bergetar.
    semoga kita selalu ingat dan diberi jalan untuk selalu bertobat.

    iya ry…aamiiin…

    Reply
  • 8. rizal  |  December 9, 2009 at 9:14 am

    insya Allah buku itu menjadikan sesuatu yang bermanfaat, sebuah pengalaman yang menarik dalam perjalanan meraih keridaan,
    makasih link downloadnya langsung TKP nih…

    salam kenal

    kenal juga..semoga bermanfaat yaa..^^

    Reply
  • 9. Miftahur  |  December 9, 2009 at 9:24 am

    Subhanallah. . . begitu besarnya niat mbak itu untuk bertaubat. Semoga ALLAH menerima taubatnya dan menjadikan ia Hamba yg bertaqwa, dan pahala yg tiada putus tetap tercurah pada mbak Sunflo
    Amin. . .

    aamiin…makasih doanya, miftah…barakallahu fiik too…^^

    Reply
  • 10. bayu  |  December 9, 2009 at 9:28 am

    merinding mba baca tulisan ini. menakjubkan dan betapa indahnya sebuah hidayah itu….

    jadi inget triloginya ahmad tohari. ronggeng dukuh paruk.

    alhamdulillah…makasih bay atas komengnya…^^

    Reply
  • 11. JR  |  December 9, 2009 at 9:38 am

    ikut terhanyut dalam cerita itu mba…dan ikut mengamini

    makasih de’…^^

    Reply
  • 12. JR  |  December 9, 2009 at 9:45 am

    ikut mengamini dalam doa mba..

    iya de’…makasih…

    Reply
  • 13. mamah aline  |  December 9, 2009 at 10:09 am

    semoga pertobatan mba itu diterima Allahasalkan dia benar-benar amu bertobat, dan dia pun menemukan secercah hidayah dari Allah, amien…

    iya jenk…semogaa…

    Reply
  • 14. wi3nd  |  December 9, 2009 at 10:09 am

    adakah namaku terlintas dibenakmu sahabatQ?

    terlepas dari itu trimakasi..🙂

    **perjalanan yan9 a9un9 dan indah..

    wi3nd?? keknya ada dech…soalnya aq terkesan ma komeng wi3nd yang bilang bahwa wi3nd gampang terharu tuuh…^^

    Reply
  • 15. zipoer7  |  December 9, 2009 at 12:37 pm

    Salam Takzim
    Semoga menjadi Hajjah yang mabrur,
    Salam Takzim Batavusqu

    aamiiiin….makasih bang atas doanya..

    Reply
  • 16. Desri Susilawani  |  December 9, 2009 at 1:03 pm

    semakin hanyut aku akan jurnal perjalananmu ini….semakin aku merasa, betapa belum seberapanya amal yang kulakukan untuk persiapan akhiratku…ugh

    semoga bermanfaat yaa…

    Reply
  • 17. adelays  |  December 9, 2009 at 6:50 pm

    Setiap mampir kesini, qalbu ku selalu terharu. Membaca berbagai kisah, termasuk pertaubatan seorang yang sunflo tidak tahu namanya ini.

    semoga bermanfaat ya de…^^

    Reply
  • 18. melianaaryuni  |  December 10, 2009 at 1:41 am

    Subhanallah…pengalaman haji yang begitu mengirikan diri ini,Mbak….Moga dia pulang dengan sebenar2 taubat ya.Mbak….

    alhamdulillaah…aamiin, semoga ya mel..^^

    Reply
  • 19. bintangtimur  |  December 10, 2009 at 8:47 am

    Perbuatan yg begitu mulia…🙂
    Saya yakin mbak tadi merasa sangat beruntung saat duduk berdoa disamping Sunflo, mendapat keteduhan dan buku doa kesayangan pemiliknya.
    Saya belum tentu bisa begitu mbak, memberikan buku yang sudah melekat selama 12 tahun, bukanlah perbuatan mudah. Tapi dengan kebesaran jiwa Sunflo sudah bisa melakukannya…hebat!

    alhamdulillaah…semua telah diatur olehNya jeng…damai terasa saat itu…^^

    Reply
  • 20. mr psycho  |  December 10, 2009 at 7:26 pm

    hmm banyak kejadian2 tak terduga ya sis, demikian pula mantan penyanyi itu, mungkin pengalaman bertemu Sunflo ngga akan terlupakan sepanjang hidupnya

    yup mr, dan kuberitahukan padamu…dia pernah bilang padaku, pas ketemu di kemah, malamnya dia bermimpi…bersama dengan banyak wanita, namun yang bisa melindungi dia hanya diriku, katanya…
    aku hanya tersenyum dan mengucap subhanallaah…
    kutitipkan padanya beberapa pesan…krn aq tak bisa mendampingi dalam hidupnya…dan kini dia fight sendirian di saudi bersama dengan Tuhannya yg selalu bersamanya…

    Reply
  • 21. Shaquille  |  December 10, 2009 at 10:23 pm

    Kelanjutannya mana?

    Reply
  • 22. Shaquille  |  December 10, 2009 at 10:25 pm

    🙄 🙄 🙄 🙄

    Reply
  • 23. adelays  |  December 11, 2009 at 7:08 am

    btw, sunflo…
    adelay termasuk yang didalam list yang didoakan ikut ke tanah suci nggak ?

    (hopefully.. , dengan penuh berharap)

    ade masuk ke dalam list secara umum sobat blogger, aq doakan 3 hal: ampunan, agar diberi kebaikan, n dibukakan pintu rahmat n rezkinya…, ade sempat menghilang dr peredaran siih…padahal aq ingin ade bisa bkunjung ksini..hehe…mungkin ade sibuk yaa…apdet ajah ga sempet…, insyaAllah ya de, bila aq bisa kembali ke haramain, terutama saat thawaf, doa khusus buat ade dech… dan semoga Allah mudahkan urusan2 ade…aamiin…^^

    Reply
  • 24. alisnaik  |  December 11, 2009 at 5:27 pm

    tampaknya saya pernah komen di sini,
    kok menghilang ya😕

    apa dianggep spam ?

    aah, entahlah😛

    belom pernah jeh…ini pertama kali roel komeng d postingan ini…😛

    Reply
  • 25. Wong Jalur  |  December 12, 2009 at 12:25 pm

    Oleh-olehnya banyk mmbawa manfaat, semoga pengunjung blog ini semakin bisa mengambil manfaatnya.

    alhamdulillaah..semoga manfaat ya wong..^^

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Blogger

NOVI dengan nama pena SUNFLO ... ^^ Silahkan ambil yang bermanfaat dari sini, tanpa harus meninggalkan jejak atau komentar, kalau mau copas, silahkan, tapi harap yang bertanggungjawab...

sunflo’s Calendar

sunflo’s posting

December 2009
M T W T F S S
« Nov   Jan »
 123456
78910111213
14151617181920
21222324252627
28293031  

Translate My Blog

Translate this blog into different languages...
العربية
english
Français
हिन्दी

Archives

Blog Stats since August '09

  • 3,959,441 hits

sedang ada di kebun sunflower

”amung

visitors traffic

Enter your email address to subscribe to this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 393 other followers

Like My Site

FP NOVI NOUF

Instagram NoviNouf

Nasi Merah goreng cabe rawit spesial pake telor.

#nasigoreng #berasmerah #friedrice #menu #enyakenyak #nomnom #simplemenu #instafood #foodporn Ternyata setelah berhasil menguasai mobil, belajar motor itu jadi lebih mudah.

Aku udah bisa menaklukkan motor bebek manual ini, alhamdulillaah.. Dulu, diajari pake motor matic berulang kali, ga bisa-bisa. Setelah berhasil nyetir mobil, diajari sekali aka pake motor ini, langsung bisa ngacir.. Yaah.. Dengan prestasi, jatuh dua kali hehehe.. Hidupku jadi lebih normal sekarang, ga jalan kaki lagi n ngandelin sopir angkot.. :)) #motor #motorbebek #honda #belajarmotor #motorcycle #indonesiantransportation #me #experience #excited 
@munaayazid

%d bloggers like this: