Kegiatan di Hari Tasyrik

December 13, 2009 at 4:39 pm 10 comments

 11 Dzulhijjah 1430 H/ 28 November 2009

Setelah thawaf ifadhah pada hari qurban, jamaah haji kembali lagi ke Mina untuk mabit pada tanggal 11 dan 12 Dzulhijjah, bisa juga dilanjutkan pada malam 13 Dzulhijjah. Kegiatan inti yang dilakukan pada hari-hari tersebut adalah melempar 3 jumrah setelah zawal (tergelincirnya matahari).

Rombongan dibagi menjadi 2. Rombongan yang berasal dari Riyadh, melempar jumrah sehabis ashar, sedangkan yang dari al qasim, Jeddah, Tabuk dan makkah, melempar jumrah sehabis maghrib…

Pada malam tanggal 11 Dzulhijjah, rombongan dari al qasim, jeddah dan makkah berjalan secara berbaris menuju jamarat, dibawah komando langsung dari hubby… Sepanjang perjalanan pergi dan pulang, barisan kami selalu rapi karena koordinasi yang baik dari petugas-petugasnya, sampai-sampai orang-orang dan para polisi memuji barisan rombongan kami…🙂

Aku mengambil foto dari tempatku baris, jauuuh kan?? dan dibelakangku juga masih ada barisan sepanjang itu pula, karena aku berada di tengah barisan…

Ini adalah Muhammad dari Palestina, salahseorang petugas hamlah yang bertanggungjawab dan berdedikasi baik. Dia selalu menjaga keselamatan dan keamanan rombongan yang dia bawa…

Yang berjalan pake baju gelap dan membelakangi kamera adalah Pak Syaiful dari Indonesia, sudah puluhan tahun tinggal di saudi dan  menangani rombongan haji, temen deketku, Erna, menyebutnya dengan sebutan Pak Mandor… karena pekerjaannya mengatur dan mengawasi logistik rombongan..

Di sepanjang jalan kulihat banyak jamaah yang tidur seadanya, untuk kegiatan lempar jumrah pada hari berikutnya…

melempar jumrah ula…

melempar jumrah wustha… (eh…yang kefoto malah jamaah haji ONH dari indo ..euy!!)

Setiap selesai melaksanakan lempar jumrah ula dan wustha, disunnahkan untuk berhenti menghadap kiblat, dan berdoa sesuai yang diinginkan sambil mengangkat kedua tangan…

dan yang terakhir adalah jumrah aqabah…

Akhirnya rombongan kembali menuju tenda dengan berbaris rapi kembali…

****

12 Dzulhijjah 1430H / 29 November 2009

Kegiatan manasik hari ini sama seperti kemarin malam. Hanya saja rombongan kami hari ini tanpa didampingi oleh hubby.. karena hubby harus mendampingi jamaah dari Tabuk untuk melakukan thawaf wada’ di haram bersama dengan Muhammad.. Barisan kami dikomandoi oleh Ibrahim, Ali (keduanya dari Mesir) dan Pak Mandor… Hmmm… barisan agak kacau, tidak seperti kemarin malam…

Malam ini, kami diberi kebebasan untuk berbelanja di pasar kaget di sekitar lokasi perkemahan…sepulang dari kegiatan melempar jumrah…🙂

Ini adalah salah satu temen deketku selama hajian, namanya Erna dari Sulawesi…, teman untuk becanda dan konyol ala sunflo… hehehe… Doi ‘hobby’ banget ngegaet barang-barang untuk dibelinya, soalnya dia mau pulang ke indonesia, jadi banyak membeli oleh-oleh untuk sanak kerabat dan handai taulan di kampung halaman…🙂 (hehe…gayanya kek bodyguard yaa…dia emang ‘bodyguard’ku ….karena dia berani banget, beda ma aku yang merasa sungkan-an ….)

Salah satu pedagang dan barang dagangannya… Pingin tahu keadaan pasar kaget di sana?? Bayangin ajah seperti suasana pasar malam di indonesia… Berbagai macam barang dijual di sana: mainan anak, perhiasan imitasi, baju, … pokoknya yang khas padang pasir-lah, tapi tetep made in China punya…hehehe…

….

Aku dan Erna blasak-blusuk sepanjang jalan untuk melihat-lihat dagangan yang digelar, barangkali ada yang nyantol di hati… Erna sibuk memilih mainan anak-anak dan perhiasan imitasi… aku sendiri tak tertarik… cuma lihat-lihat saja…

Akhirnya setelah sekian lama mengintai, barang belanjaan yang berhasil nyantol di hatiku adalah:

baju panjang khas saudi (timur tengah), namun tetep bikinan china or india.. harganya 10 realan… pinginnya cari baju di pasar ghazzah, tapi rombongan tak punya waktu shopping di makkah…😦

Henna (semacam pacar berbentuk pasta) warna merah dan hitam serta minyak wangi…semuanya 5 realan.. Kata temanku, harga henna segitu masih kehitung mahal, bisa 2-3 realan di makkah, aahh…pikir aku masih mending laaahh…soalnya aku pernah beli di indo harganya Rp 35.000,00 (banyak banget ambil untungnya tuuuhh…!!! :(    )

Dan… sebenarnya aku sangat menginginkan boneka unta segede anakan aslinya, biar bisa ditunggangi anak kecil… buat oleh-oleh ponakanku di indo… tapi sampe detik ini…. aku belum mendapatkannya…😦 mungkin harus hunting di toko boneka kali yaaaa…..^^

(bersambung…..)

Entry filed under: umrah dan haji. Tags: .

Jumrah Aqabah, Thawaf Ifadhah dan Ujian Kesabaran 2 Aku Akan Merindukan Mereka…

10 Comments Add your own

  • 1. abrus  |  December 13, 2009 at 6:56 pm

    Alangkah lengkap sajiannya … serasa kembali berada disana …

    Ya Allah, berilah hamba-Mu ini kesempatan kembali bersujud di Ka’bahMu …
    Dulu Kau berikan kesempatan melaksanakan ibadah Umrah …
    Kini hamba berharap ibadah Haji (seperti tayangan2 pada blog.sunflower). Amin!

    Salam taqzin utk sunflower …🙂

    aamiiin..semoga Allah memudahkan jalan bagi abrus sekeluarga utk dapat berhaji kelak yaa..aamiin

    Reply
  • 2. yangputri  |  December 14, 2009 at 3:05 am

    inginnya aku kesana mbak…

    Ya Allah berilah hambaMu ini kesempatan untuk bertandang kerumahMu
    amien

    aamiin..semoga Allah mengabulkan permintaan putri.. ^^

    Reply
  • 3. kakaakin  |  December 14, 2009 at 3:22 am

    Mbak, ada ngobrol dengan pedagang pasar kaget itu nggak? Katanya ada orang Indonesia juga yang dagang ya…
    Hehehe… waktu saya kecil seneng banget dapat oleh2 dari orang yang baru pulang haji… pas udah gede, baru ngerti kalo barang2 itu bukan asli arab.
    Boneka unta-nya lucu…🙂

    wkwkwkk..yg jualan org2 afrika, paling bisanya..kam hadza.. fii kidzaa?? ho oh tuh kin…^^

    Reply
  • 4. Aribicara  |  December 14, 2009 at 6:06 am

    Bener2 banyak banget kisah dari tanah yang Suci ini yach ….

    Itu barisnya panjang banget apa disedian air minum ?
    kalau ga kan kasian juga .. atau udah bawa bekal sendiri2 ?

    disepanjang jalan banyak disediain tempat2 minum umum ri, kek di eropa or amrik tuuuh…., atau kami bawa bekal sendiri..^^

    Reply
  • 5. FaiS  |  December 14, 2009 at 9:07 am

    jgn lupa oleh2’y mbak…,

    masih lama di saudinya de’…^^

    Reply
  • 6. anny  |  December 14, 2009 at 10:23 am

    Pastinya enggan untuk cepat berakhir moment itu ya mba🙂

    bener bgt ann…😦

    Reply
  • 7. sedjatee  |  December 14, 2009 at 10:44 am

    motong kambing qurban ya… ingat tanah air ya mbak nov… banyak yang berebut daging tapi gak kebagian… kasihan deh…

    sedj

    iya neh mr, kalo bisa dikirim ke indo sih… dan dapat diterima oleh pihak yang berhak menerima…

    Reply
  • 8. bintangtimur  |  December 15, 2009 at 3:00 am

    Hihihihihi…boneka unta dan bajunya lucuuuuu….😛
    Ternyata ibadah ini nggak sesederhana yg saya bayangkan deh!
    Tapi syukurlah semua udah terlewati dg selamat dan lancar…
    Foto Sunflo dan hubby-nya mana nihhhhh?
    Jadi penasaran….

    hihihi..malu sis, foto kmi di sini cuma bayangannya doang, kalo yg nyatanya ada di FB…hehehe…

    Reply
  • 9. bundadontworry  |  December 15, 2009 at 10:22 am

    lengkap sekali tulisan ini, serasa ikut berada disana.
    boneka unta nya lucu, apalagi kalau gede ya…….
    kenapa nggak bikin sendiri yg utk keponakan, khan Mbak Subflo jago bikin2 kerajinan gitu, jadi inget wortelnya…he……he…….
    salam.

    waaahhhh…kalo unta terlalu rumit bund…syusyaaah….😦

    Reply
  • 10. alisnaik  |  December 15, 2009 at 6:58 pm

    cerita yang menarik.
    ternyata belajar baris-berbaris sewaktu sekolah, ada gunanya juga ya, mbak Sunflo.
    hmm.. boneka untanya imut juga. ahaha

    terima kasih dan mohon maaf😮

    walo dah gede kek gini, masih perlu juga diatur barisnya loh roel…^^

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Blogger

NOVI dengan nama pena SUNFLO ... ^^ Silahkan ambil yang bermanfaat dari sini, tanpa harus meninggalkan jejak atau komentar, kalau mau copas, silahkan, tapi harap yang bertanggungjawab...

sunflo’s Calendar

sunflo’s posting

December 2009
M T W T F S S
« Nov   Jan »
 123456
78910111213
14151617181920
21222324252627
28293031  

Translate My Blog

Translate this blog into different languages...
العربية
english
Français
हिन्दी

Archives

Blog Stats since August '09

  • 3,961,049 hits

sedang ada di kebun sunflower

”amung

visitors traffic

Enter your email address to subscribe to this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 393 other followers

Like My Site

FP NOVI NOUF

Instagram NoviNouf

This is another one.. #myredrose #redrose in #mygarden #gardening on a #balcony #flowerporn #love #beautiful #instaflower #instapic Tampak atas.. Aku masih terkesima aja sama penampakan ini, meski sekarang udah habis, tinggal kenangan.. Tapi cakep yak.. #gaadayangnanya :)) #pudingsusu #silkypudding #pudingbuah #me #dessert #bikinsendiri #homemade #instapic

%d bloggers like this: