Aku Akan Merindukan Mereka…

December 14, 2009 at 4:56 pm 24 comments

13 Dzulhijjah 1430 H / 30 November 2009

Hari ini hari terakhir rangkaian pelaksanaan ibadah haji kami. Setelah melakukan thawaf ifadhah yang digabungkan dengan thawaf wada’, rombongan akan melanjutkan perjalanan menuju Madinah dan setelah itu kembali ke Al Qasim.

Rombongan berangkat untuk lempar tiga jumrah pada pukul 11 dari perkemahan dan berjalan kaki menuju jamarat, setelah itu melanjutkan perjalanan menuju makkah untuk melakukan thawaf dan sa’i haji. Aku dan suami beserta dua orang teman yang lain, memisahkan diri dari rombongan dan melakukan lempar 3 jumrah setelah zawal.

Begitu adzan dhuhur selesai dikumandangkan, jamaah mulai memasuki jamarat bak air bah… padat sekali… namun kami masih dapat berjalan dengan leluasa…

Aku ambil gambar setelah berhasil melempar jumrah Ula, di tengah padatnya manusia, kali ini perlu kerja ekstra untuk bisa melempar ke tiga jumrah tersebut…

***

Aku mulai merasakan sakit, bengkak dan kram pada kakiku karena rangkaian perjalanan panjang malam-malam lalu. Aku sudah tak kuat lagi berjalan dengan gagahnya…, paling pelan-pelan … Dan setelah lempar 3 jumrah selesai, kami bersepakat untuk naik taksi menuju haram, menyusul rombongan yang lebih dulu sampai di sana… Kami semobil dengan 2 pasang suami istri yang sudah sepuh dari rombongan jamaah haji ONH dari indo. Jalanan macet pada waktu itu… sampai kami terkantuk-kantuk di dalam mobil…^^

Dari dalam taksi aku mengambil gambar gunung yang berada tepat di depan haram, Majral Kabsy namanya… Dalam cerita kenabian, dari gunung tersebut, malaikat Jibril ‘alaihissalam menyeret seekor kambing yang akan digunakan untuk menggantikan Nabi Ismail ‘alaihissalam untuk disembelih….

***

Setelah melalui beberapa waktu yang membosankan karena terjebak kemacetan, akhirnya kami berhasil sampai di jalanan raya bawah tanah, tepat di bawah Haram…

MasyaAllah..ratusan ribu manusia berkumpul untuk menunggu shalat ashar berjama’ah… Alhamdulillah…akhirnya aku sampai juga di depan Haram… Biasanya bila aku ke Haram, selalu lewat bangunan sa’i yang baru…

Hmm….dapat juga objek menara al Haram yang oke punya…

Setelah berwudhu, kami masuk ke masjid dan menuju lantai 3 untuk melakukan shalat ashar (dijama’ takhir dengan shalat dhuhur) … Setelah shalat, aku ingin sekali mengambil gambar ka’bah dengan posisi yang se-oke-okenya… tidak terganggu oleh padatnya manusia.

Kami naik ke lantai 4, yang merupakan perluasan bangunan al Haram khusus untuk sa’i. Tempat ini tak terlalu padat, sehingga enak buat ‘cuci mata’ memandang ke bawah, melihat pusaran thawaf manusia di sekitar ka’bah…

***

Ini adalah lantai paling atas bukit Shafa…, tempat untuk memulai sa’i…

Dan dikejauhan sana adalah bagian paling atas bukit Marwa…, bentuk atapnya berbeda dengan bentuk atap pada bukit Shafa..

Subhanallaah…area thawaf semakin melebar, menghabiskan seluruh lantai dasar, bahkan hingga lantai 2 dan 3 penuh sesak oleh manusia yang melaksanakan thawaf (ifadhah maupun wada’ atau kedua-duanya)..

Subhanallaah….

***

Aku dan suami tidak melakukan aktivitas manasik thawaf maupun sa’i, karena telah kami tuntaskan pada hari sebelumnya, tinggal thawaf wada’ yang akan kami lakukan ketika kami akan meninggalkan makkah.

Aku masih harus ada di makkah untuk beberapa hari, dikarenakan tugas hubby dari kementrian agama kerajaan saudi belum selesai, sehingga aku tak bisa melanjutkan perjalanan dengan rombongan malam ini.

Malam ini adalah malam terakhir aku bersama mereka, TKW dan TKI yang ada di saudi, yang tahun inidiberi kesempatan oleh Allah untuk memenuhi panggilanNya…

Aku senang bersama mereka. Kami, sesama perantau di negeri asing, harus saling membantu dan menguatkan satu sama lain… agar tetap terjaga semangat dan motivasi untuk melanjutkan perjuangan di tanah rantau… dan yang terpenting adalah agar perantauan ini menjadi lebih bermakna di mataNya…

Aku dan suami ikut bus rombongan hingga ke daerah Otaibiyyah, Makkah, 30 menit dari Muzdalifah… dengan iringan lambaian tangan dan ucapan salam perpisahan dari para jamaah yang masih terjaga… karena waktu telah menunjukkan pukul 00.30 dini hari… yang membuai tidur sebagian besar jamaah bersama dengan kelelahan aktivitas manasik hari ini dan tuntasnya perjalanan haji mereka tahun ini…

… dan aku, … aku akan merindukan mereka, mbak-mbak TKW itu… entah kapan kami bisa bertemu lagi…😦

(bersambung …)

Entry filed under: kisahku di saudi, umrah dan haji. Tags: .

Kegiatan di Hari Tasyrik Ujian Kesabaran 3 dan Akhirnya…Selesai Sudah!!

24 Comments Add your own

  • 1. yangputri  |  December 14, 2009 at 7:01 pm

    subhanaallah mbak…
    nikmat sekali ya bisa melaksanakan itu semua…

    alhamdulillaah puuut…^^

    Reply
  • 2. idana  |  December 14, 2009 at 8:39 pm

    rasanya nikmat bnget ya bisa berada di rumah Tuhan yaaa

    ho oh da..^^

    Reply
  • 3. nakjaDimande  |  December 15, 2009 at 1:22 am

    bundo memahami rindumu itu sunflo.. ikatan itu terasa sangat kuat. saling mendoakan saja yaa..

    benar bundo… serasa baru kemarin, sampai sekarang kalo liat foto2 temen2 baru sunflo, jadi kangeeen berat neeh…

    Reply
  • 4. mr psycho  |  December 15, 2009 at 2:01 am

    pengalaman dan pemandangan yg luar biasa ya sis .. gambar menara al haram nya bagus banget tuh,awannya juga mempercantik

    iyah tuh mr, motretnya waktu penuh n padat manusia, alhamdulillaah dapetnya keurreeen…^^

    Reply
  • 5. bintangtimur  |  December 15, 2009 at 3:05 am

    Subhanallah…foto Ka’bah-nya bagus banget cara ngambilnya…
    Sunflo, makasih ya udah berbagi banyak cerita ibadah haji tahun ini, makasiiiiih sekali🙂
    Mudah-mudahan semua tulisan Sunflo akan menjadi bekal yang bermanfaat buat saya jika suatu saat melaksanakan rukun Islam yang kelima ini, Insya Allah…
    Hiks, jadi terharu dan penegn nangis…😦

    aamiiin…semoga bermanfaat bagi kita ya sis, buat gambaran kalo kelak berkesempatan menunaikan haji ke sana…^^

    Reply
  • 6. dan  |  December 15, 2009 at 4:05 am

    Subhanallaah… indahnya.. terharu… ingin sekali… saat ini ku hanya bisa mimpi…😦

    mimpi, doa dan usaha Dan, smoga kelak Allah mudahkan jalan bagimu tuk ke sana… aq dulu juga kek gtu…ngimpi…

    Reply
  • 7. dan  |  December 15, 2009 at 4:08 am

    oh iya… kalendermu tunjukkan ini 28 Dzulhijjah.. sekejap lagi meninggalkan 1430…

    ho oh…

    Reply
  • 8. meidy  |  December 15, 2009 at 4:16 am

    aduh mb.. saya jadi merinding.. Allah Maha Besar..

    Subhanallaah…

    Reply
  • 9. Kakaakin  |  December 15, 2009 at 4:18 am

    Subhanallah…
    semoga ibu saya yang lansia kelak diberikan kemudahan dan kekuatan dalam menjalankan ibadah haji…
    Kapan ya ibu saya dapat giliran… yang antri panjang bener…
    Kapan ya saya juga berangkat haji… tabungannya nggak nambah2 sih…🙂

    masyaAllah..aq juga berharap demikian kin utk ortu n mertuaku…

    Reply
  • 10. mamah aline  |  December 15, 2009 at 4:55 am

    subhanallah, andai aku yang ada diantara juataaan tamu Allah disana… tapi kalo melaksanakan haji dari sana tak terkendala pelayanan haji yang kurang memuaskan seperti yang berangkat dari Indonesia kan Sis..?

    aamiin…semoga Allah mudahkan jalan bagi jeng sekeluarga tuk ke sana yaa…kuatkan niat, iya jeng, alhamdulillaah..nikmat rasanya berangkat haji dari saudi langsung…

    Reply
  • 11. Melangkah dengan hati…. » Special thank’s to………..  |  December 15, 2009 at 6:26 am

    […] Codet, ngak jadi mau nabok ne ?? Teh dina,bang julian,huda,arief, aribicara, banana, bang eka, sunflo,mba Irma,pencerah,mamah aline, Bri, cyperus, depz. lies,faiz, fandhie,gwgw, hasbie, mas hilman, […]

    segera meluncur ke lokasi…^^

    Reply
  • 12. wi3nd  |  December 15, 2009 at 9:16 am

    terharu dan merindin9 diriku membacana madam **ada embun disudut mataku……

    merasakan dirimu berada disana,men9untai namanya dan berjalan dirumah sucinya,sebhanallah…

    foto2 itu semakin membuatku rindu [ju9a] unruk kesana,amien…

    kenapa komen ini bisanya ditangkap si aki ya wi3nd??

    Reply
  • 13. wi3nd  |  December 15, 2009 at 9:19 am

    terharu dan merindin9 diriku membacana ini madame **ada embun disudut mataQ..

    foto2 itu membuaku semakin merinduNYA,in9in menjejakan kaki ke sana,men9untai kata menyebut namaNYA..

    madame trimaksi untuk untain indah foto2 dan tulisannya,srasa berada disana,insya allah madame akan kembali la9i,amien

    makasih juga wi3nd…semoga bermanfaat yaa..^^

    Reply
  • 14. adelay  |  December 15, 2009 at 9:23 am

    Loh.. ternyata masih bersambung lagi toh ? aku pikir setelah kata-kata perpisahan “… dan aku, … aku akan merindukan mereka… entah kapan kami bisa bertemu lagi… ”
    merupakan akhir dari seri posting haji sunflo…

    It’s ok.. q tunggu sambungannya.

    yup de… satu postingan lagi…^^

    Reply
  • 15. bundadontworry  |  December 15, 2009 at 10:25 am

    Subhanallah, hiks….hiks….kok bunda jadi ikut sedih harus berpisah dgn Masjidil Haram…………………
    krn Mbak Sunflo begitu hidup memaparkan cerita ini melalui tulisan, serasa ikut berada disana juga.
    Salam.

    hiks..hiks..jugaa, selain pisah ma haram, pisah juga ma temen2 TKW bund..itu yg sedihnya…kalo haram, insyaAllah bisa ksana lagi, tapi kalo mereka?? sy mo nemuin lg dimana??

    Reply
  • 16. Henny Faridah  |  December 15, 2009 at 11:16 am

    Assalamualaikum… Salam kunjungan…

    wa’alaikumussalam….silahkan…silahkan…^^

    Reply
  • 17. isnuansa  |  December 15, 2009 at 1:02 pm

    Bu Hj. Novi,😉
    Seneng baca ceritanya, kapan ya saya bisa menikmatinya juga…

    wadoww..mbak is ini…jadi maluuu niiiiiee… ^^

    Reply
  • 18. kaskuser  |  December 15, 2009 at 3:11 pm

    hmm..nae kapan yah😦

    btw, Hi salam kenal, just blogwalking doang. main dong ke blog saya

    http://blog.unsri.ac.id/kaskuserr/nais-inpo-gan/mrlist/1234/

    http://blog.unsri.ac.id/kaskuserr/news/mrlist/1233/

    dijamin KETAGIHAN …!!!! ^_^

    salam

    yoi udah dikunjungi…

    Reply
  • 19. alisnaik  |  December 15, 2009 at 7:06 pm

    saya suka dengan cara mbak Sunflo bercerita, dilengkapi dengan foto-foto yang mendukung.
    foto-foto yang dipajang di sini juga mengandung nilai jurnalistik yang bagus, ditambah penjelasan fotonya.

    mantab ^^

    terima kasih dan mohon maaf😮

    wueheehee….ulasan aroel juga mangtaabzz..

    Reply
  • 20. nuun  |  December 17, 2009 at 12:59 pm

    subhanallaah… merinding sy melihat gmbar terakhir… ingin menangis, ya Allah.. sampaikan aku ke sana…

    semoga kelak Allah mudahkan nuun sekeluarga tuk bisa k sana…aamiin

    Reply
  • 21. Shaquille  |  December 20, 2009 at 8:20 am

    Apakah kau merindukanku juga?😛

    :-?? …

    Reply
  • 22. Triunt  |  December 20, 2009 at 11:35 am

    Makin kesini makin familiar yg sering muncul di Tipi.
    wah sekarang Udah jadi Ibu haji ya.

    Selamat ya Mbak, ada syukuran kagak nih🙂

    makan2 gtu?? ga yunt…biasa ajah…^^

    Reply
  • 23. online  |  December 30, 2009 at 6:11 pm

    awal yang baik

    Reply
  • 24. faisal  |  February 2, 2011 at 11:11 am

    haji tahun brapa bak….

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Blogger

NOVI dengan nama pena SUNFLO ... ^^ Silahkan ambil yang bermanfaat dari sini, tanpa harus meninggalkan jejak atau komentar, kalau mau copas, silahkan, tapi harap yang bertanggungjawab...

sunflo’s Calendar

sunflo’s posting

December 2009
M T W T F S S
« Nov   Jan »
 123456
78910111213
14151617181920
21222324252627
28293031  

Translate My Blog

Translate this blog into different languages...
العربية
english
Français
हिन्दी

Archives

Blog Stats since August '09

  • 3,960,791 hits

sedang ada di kebun sunflower

”amung

visitors traffic

Enter your email address to subscribe to this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 393 other followers

Like My Site

FP NOVI NOUF

Instagram NoviNouf

Kalo ini buat kajian tahfizh tahsin pagi ini.
#milkypudding #pudingsutrabuah #pudingbuah #fruitpudding #dessert #jumatbarokah #blessedfriday #instapic Milky silky pudding fruit buat pagi ini.. #pudding #pudingsusu #pudingbuah #dessert #cucimulut #seger #enyakenyak #fresh #fruit

%d bloggers like this: