Ujian Kesabaran 3 dan Akhirnya…Selesai Sudah!!

December 15, 2009 at 8:28 pm 26 comments

14-16 Dzulhijjah 1430 H / 1-3 Desember 2009

Tiga hari aku beristirahat di rumah salah seorang teman di daerah Otaibiyah, Makkah.. Alhamdulillaah cukup untuk memulihkan kembali kakiku yang sakit…

Karena bete di rumah saja, makanya pada tanggal 16 Dzulhijjah 1430 / 3 Desember 2009, aku minta diantarkan saja ke Al Haram oleh hubby, sambil berharap…, bisa pulang ke Buraidah malam ini. Namun bila tak bisa pulang malam ini, aku sudah bulatkan tekat tuk menginap di masjidil haram… (pssttt beneran…bete banget tuuh di dalam rumah, karena berbagai alasan yang tak bisa kuekspos di sini, jadiiii…mendingan ke Haram ajah…^^) Dan hubby mengizinkan, alhamdulillaah…. huhuuuuuuuyyyyy….yeesssssss…!!

***


Seneeng banget hatiku melangkah menuju al Haram bersama dengan hubby… Sampai di Haram sekitar pukul 10.00 waktu setempat.

Aku paling senang lihat gerombolan burung merpati liar di sekitar pelataran al Haram

Psssttt…ada seekor betina yang lagi ditaksir ma dua ekor jantan…hihihi..🙂

***

Sesampai di dalam komplek masjid, aku mencari tempat yang aman dan nyaman… mengingat waktu itu al Haram masih penuh sesak oleh manusia…

Ini adalah tempat berdiam diriku… Aku ambil tempat di barisan depan paling pojok sebelah kiri, dekat dengan tiang besar… Alhamdulillah aku bisa mengikuti shalat dhuhur, ashar, maghrib dan isya di sini.. sambil baca al qur’an dan berdoa sepuasnya…

Di tempat duduk ini aku bertemu dengan berbagai macam orang: ada wanita dari Bangladesh yang emang suka nginep di sini, kenalan ma seorang ibu pimpinan salah satu KBIH di Banten, wanita dari Pakistan dan dari Mesir, semuanya sama tujuannya…yaitu booking tempat di sebelahku…, terutama saat-saat shalat didirikan…

Yang paling berkesan adalah saat shalat maghrib dan isya… imamnya adalah Syaikh Al Juhny…, aku rekam suara beliau memimpin kedua waktu shalat itu di hapeku…muantabbzz dech  jernih banget kerekamnya…!!

***

Alhamdulillaah…hubby kasih tahu, urusannya dah selesai…so, malam ini bisa pulang ke Buraidah bersama dengan temennya (plus istrinya) yang tinggal di Unaizah…

Sehabis shalat isya…aku dan hubby melaksanakan thawaf wada’… Waah…arus thawaf masih juga penuuuh!! Ooopss ada polisi nie waktu aku motret…jadi fotonya jueleekk alias blawuurr…hehe..takut dimarahin ma polisi… eh, alhamdulillaah..mereka maklum…🙂

Ini saat start aku n hubby mulai thawaf..dari hajar aswad hingga di depan pintu ka’bah adalah tempat multazam… Hmm..jauh juga jarak kami ma ka’bah karena saking padatnya… ( ibu-ibu yang pakai kerudung pink itu, jamaah haji ONH dari indo…^^)

***

Setelah selesai thawaf wada’, kami segera bergegas menuju terminal bus SAPTCO, karena berdasarkan info, bus terakhir menuju Al Qasim akan berangkat pukul 22.00, sedangkan kami baru akan keluar dari al haram pukul 21.30…

Akhirnya dengan penuh perjuangan memecah arus kemacetan kota Makkah, kami berempat sampai juga di terminal SAPTCO. Namun…kami mendapat info, bahwa bus yang menuju ke arah Qasim sudah berangkat, tinggal bus yang menuju ke Madinah. Akhirnya, disepakati…kami pulang melalui jalur Madinah-Al Qasim.

Aku dan temenku (istri teman suamiku) duduk di luar loket sambil menunggu para suami selesai memesan tiket… Kami memandangi bus yang pergi satu per satu.. sambil berandai-andai… bus yang terakhir berangkat itulah yang akan mengangkut kami… Mulutku masih ramai berceloteh dengan temanku itu…bahagiaaa rasanya mau pulang malam ini… Tapiiii…

Satu jam berlalu… kok para suami belum juga menampakkan diri?? Bete dech!! Manyun mulai menyergap mukaku… :(  Ngocehnya-pun udah mulai ogah-ogahan… Kami berempat, semua terserang flu dan pilek, karena stamina yang drop selama rangkaian manasik haji. Tak terbayang kondisi badan saat itu… Hanya semangat pingin pulang ke rumah yang membuat aku dan teman perjalananku itu ceria…

***

Bad News!! Loket ditutup… penumpang terlantar!! Armada habis, pegawai loket kabuurr… Pemesanan tiket dibuka lagi keesokan harinya… Puluhan penumpang yang telah antri berjam-jam sempat emosi, dan polisi-pun tak bisa banyak berbuat untuk memecahkan masalah… Ooohh…

Banyak taksi yang menawarkan tumpangan ke Madinah, namun harga yang dipasang gak kira-kira, minta 100 real per orang, padahal harga tiket bus SAPTCO jurusan Madinah hanya 55 real per orang… Manyunku semakin bertambah…, waktu telah menunjukkan pukul 00.30 dini hari… Anehnya.., karena kelelahan dan kepayahan karena sakitnya, temanku bisa-bisanya tidur di tempat… *.^

Akhirnya, setengah jam kemudian, diputuskan untuk mencoba rute bus dari Jeddah. Otomatis, kami harus kembali ke al Haram, dan mencari taksi menuju Jeddah…

***

Inilah al Haram dari luar pagar… kemegahannya menjadi sedikit hiburan bagiku, di tengah kondisi yang membutuhkan kesabaran ini… Alhamdulillah, pukul 2 dini hari, kami mendapat tumpangan taksi ke Jeddah… Dan…kami berempat, tanpa dikomando, tidur terlelap di dalam taksi yang berisi 7 orang plus sopir. Dalam tidurku, sayup-sayup, kudengar percakapan sopir dengan anak kecil di sebelahnya dengan menggunakan bahasa Inggris… Aku terjaga, ketika taksi sampai di terminal bus SAPTCO Jeddah…

***

Alhamdulillaah…sesampai di dalam terminal, kami langsung pesan makanan dan minuman…. sambil menunggu loket dibuka setelah shubuh… Aku dan temanku menunggu di ruang tunggu khusus wanita, sedang para suami menunggu di ruang tunggu biasa… Bus ke Qasim akan berangkat pukul 07.00… waktu menunjukkan pukul 4 dini hari.. Berarti 3 jam lagi… Sambil terkantuk-kantuk, kami menunggu shalat shubuh di ruang tunggu…

Setelah loket dibuka… hmmm, ternyata antriannya puaaanjaaaang banget!! Suamiku saja berdiri mengantri selama 1,5 jam…untuk 2 buah tiket menuju al Qasim!

Sambil nunggu, iseng-iseng aku ambil gambar… Tempat aku ambil gambar adalah ruang tunggu wanita, sedang di depan itu adalah ruang tunggu umum, ada pula wanitanya, namun mereka duduk di belakang atau bersebelahan dengan suaminya…

Huh…masih lama nunggunyaaa….padahal udah ngantuk berat… Mau tidur di tempat umum?? Nggak aahh….

Saat memandang lantai, aku jadi terpaku pada sosok ini:

   

Sepatu bututku…yang telah banyak jasanya melindungi kakiku… Udah sekitar 2 tahun bersamaku, sempat mau kutinggal di tenda….tapi, sayang…akhirnya kubawa dia di dalam kantong plastik… Hehehe..malah 2 sandal baruku kutinggal di Makkah… Sampai sekarang aku masih suka pakai sepatu ini kemana-mana, sampai dia benar-benar tak kuat menangggung beban perjalanan lagi…🙂

***

Alhamdulillaah..kami akhirnya dapat tempat duduk yang nyaman di dalam bus… Dan pukul 07.00, bus bergerak meninggalkan Jeddah menuju al Qasim sekitar 14 jam perjalanan… Huupffhh…perjalanan kesabaran dimulaiiiii… *.*

Beberapa foto daerah Jeddah yang kulewati…

ini sepertinya daerah pelabuhannya…

ini adalah perumahan penduduk di dekat lautnya… masih terlihat beberapa genangan air bekas banjir hebat beberapa hari lalu…

***

Dan…terlelaplah kami dalam kelelahan selama perjalanan menuju kota kami…

Pemandangan gurun everywhere jadi santapan mataku saat terbangun… Berapa jam lagi yaa nyampenya??

Tidur lagi aahh…

***

Bangun-bangun, ternyata sudah sampai Al Rass… Kuambil foto yang satu ini… Musim dingin telah menyambangi Saudi lintang utara, sehingga menampakkan perubahan budaya tersendiri… Para penduduknya mengubah style bajunya menjadi yang berwarna gelap… Hmm…pantesan, hubby n temannya juga berbaju gelap kek mereka…

***

Setelah perjalanan panjang selama 14 jam, alhamdulillaah pada pukul 21.00 kami sampai di Buraidah Al Qasim dengan selamat… Udara dingin langsung menyapa kami… Beda sekali dengan hawa di Makkah yang panas sepanjang tahun…

Dengan demikian, berakhir sudah perjalanan hajiku tahun ini, dan aku hanya berharap sekali saja seumur hidup untuk melaksanakannya, selebihnya sangat berharap untuk bisa sering melakukan umrah… Banyak kesan yang membekas di hatiku… so sweet, manis sekali

Semoga teman-teman bisa mengambil manfaat dari kisahku ini yaa… Siapa tahu kelak Allah memperkenankan teman-teman untuk menjadi tamuNya, dan kisahku ini semoga bisa memberikan sedikit gambaran untuk bekal kalian nanti… Semoga Allah permudah jalan bagi teman-temanku yang belum pernah berkunjung ke Baitullah untuk berkunjung ke sana suatu saat nanti… Aamiiin…

Tamat

Entry filed under: kisahku di saudi, umrah dan haji. Tags: .

Aku Akan Merindukan Mereka… Kentang Kukus Tuna Pedas Edisi Revisi…

26 Comments Add your own

  • 1. nakjaDimande  |  December 16, 2009 at 5:13 am

    hyaaaaa sunflo, merpati itu bundo sukaaaaa😀

    sama bundo…sunflo juga sukaaaaaaa….😀

    Reply
  • 2. haris ahmad  |  December 16, 2009 at 8:14 am

    kalo buka blog bu sunflo
    Ogut jadi pengen ke mekah

    Ogut pernah 3 kali ke kabah tapi lewat mimpi

    weleh…^^

    Reply
  • 3. haris ahmad  |  December 16, 2009 at 8:15 am

    apalagi klo liat foto fotonya makin pingin

    sabar guuut…insyaAllah kelak ogut juga bisa kesana…

    Reply
  • 4. haris ahmad  |  December 16, 2009 at 8:16 am

    LINK dah Ogut pasang
    LINK balik yah ^.*

    haris ahmad[dot]com

    yoi gut, dah ditindaklanjuti…

    Reply
  • 5. bundadontworry  |  December 16, 2009 at 10:38 am

    akh, sedih rasanya hrs berakhir disini ceritanya Mbak.
    boleh nambah lagi nggak?he………….he………kayak makan aja…….
    pastinya banyak sekali info didlm tulisan ini yg amat sangat berguna utk jadi bekal perjalanan ke tanah suci, ditambah dgn penuturan yg ringkas, padat dan benar2 bunda menikmati banget bacanya,
    terima kasih Mbak telah berbagi info ini.
    semoga Allah swt menghitungnya sebagai sebuah kebajikan, amin.
    salam.

    yaa bunda…cukup sampe disini…ganti topik lainnya ntar…aamiin terimakasih atas doanya ya bund…^^

    Reply
  • 6. bayu  |  December 16, 2009 at 2:51 pm

    wah, tiap kisah dilengkapi dengan gambar. jadi serasa ikut dalam perjalanan yang indah ini mba. tapi sekaligus memberatkan koneksi internet. hehehe
    lagi males ngeblog mba. males blogjogging juga…

    wah…masak sih bay??? aq kalo buka postinganku cepet jeh… weh…baru nyadar aq… ayoo semangaaaaaaaattt…!!

    Reply
    • 7. Wong Jalur  |  December 17, 2009 at 6:46 am

      Iya mbak, koneksi internet di Indonesia dengan Riyadh beda, Indonesia koneksinya ya…kaya’ bekicot😉

      oohh bgono yaa… kirain sama ajah… *.^

      Reply
      • 8. alisnaik  |  December 17, 2009 at 11:00 pm

        itulah hebatnya Indonesia
        yeach !!!😈

  • 9. yangputri  |  December 16, 2009 at 5:36 pm

    waduh mbak sunflo, membaca ceritanya jadi serasa di sana deh

    hehehe…iya put..^^

    Reply
  • 10. bintangtimur  |  December 16, 2009 at 5:42 pm

    Lagi-lagi saya hanyut dalam cerita ini, sampe nahan nafas segala saking seriusnya…hehehe, bener Sunflo, rangkaian perjalanan itu kini tinggal kenangan ya, kenangan indah yang bisa saya ambil ilmunya…
    Insya Allah, kalo saya kesana untuk ibadah haji nanti, saya akan mengingat posting-posting Sunflo ini…🙂
    Eh, sepatunya berjasa banget tuh, kebayang deh, kemana-mana mengantar dengan setia…
    Posting berikutnya apa nih?
    Jadi penasaran…😛

    ah sis…postingan biasa kok, tentang jurnal kehidupan di saudi yg bisa dishare n smoga bisa diambil manfaatnya…

    Reply
  • 11. mr psycho  |  December 16, 2009 at 8:54 pm

    waduh penuh perjuangan ya sis, namun intinya ya kesabarannn ..
    ps: sandal bututnya keren,pasti enak dipake,sepertinya di sini aku belum pernah lihat model begitu😀

    yup mr, mantabz dech…masak sih??? org aq belinya di indo jeh…^^ hehehe…

    Reply
  • 12. wi3nd  |  December 17, 2009 at 6:30 am

    Amin Allahhuama Amnien**hijabahlah YA rabb..berharap san9ad..

    Alhamdulilah slese ju9a ujian kesabarannya ya madame sunflow..
    owh nama imamnya Syaikh Al Juhny yah? suarana merdu san9ad ya?sahabatQ bercerita,dia jatuh cinta pada suara imam tersebut,tapi nda bisa melihatnya,dia ju9a menunaikan ibadah haji kemarin sunflo..🙂

    aq juga ga bisa melihatnya wi3nd, tapi mgk kalo dicari di internet ada kali yaa…tapi pake bahasa arab, nama lengkapnya syaikh Abdullah bin ‘Awadh al Juhny…

    Reply
  • 13. Wong Jalur  |  December 17, 2009 at 6:43 am

    Ohh so sweet ceritanya, membuat diriku iri bukan kepalang, kapan bisa megikuti jejak ke Mekkah menyempurnakan rukun Islam. Hemh…bermimpi dulu ah…………………………………………….ZZZZZZZZZZZZZZZ

    sabar ya wong, inshaAllah kelak wong juga bs kesana, semoga Allah mudahkan jalannya bagi wong sekeluarga…aamiin..^^

    Reply
  • 14. Iksa  |  December 17, 2009 at 6:48 am

    sepatu lama terbukti lebih bersahabat dengan kaki …

    yup om…emang bener tuuh..

    Reply
  • 15. Halaman Putih  |  December 17, 2009 at 8:18 am

    Kapan ya saya bisa menjadi tamu Allah???

    inshaAllah menyusul … aamiin..

    Reply
  • 16. melianaaryuni  |  December 17, 2009 at 9:53 am

    Hoh, Mbak asyik banget bisa kesana….Saya mau…..Waktu disana,Mbak inget doain saya ga ?

    aq doain secara umum de’..

    Reply
  • 17. liza  |  December 17, 2009 at 4:52 pm

    subhanallah… indah sekali mbak sunflo… ingin rasanya menginjakkan kaki kesana

    Reply
  • 18. kakaakin  |  December 17, 2009 at 5:31 pm

    Subhanallah…
    Saya sudah ngasih tau ke nyokap, insya Allah nanti mau nunjukin foto2 perjalanan haji di blog ini ke beliau, karena kumplit banget🙂
    Boleh ‘kan…🙂

    Sekalian mau ngucapin Selamat Tahun Baru 1431 H, dan ada kado tahun baru juga dariku, silakan diambil di tempatku ya…
    http://try2bcoolnsmart.wordpress.com/2009/12/17/sebuah-tanda-tangan-dan-kado-tahun-baru-untuk-sahabat/

    Reply
  • 19. Siti Fatimah Ahmad  |  December 17, 2009 at 7:38 pm

    Assalaamu’alaikum

    SAHABAT
    Walau…
    Langkah tak bertemu
    Tangan tak berjabat (perempuan sahaja ya)
    Ucapan tak terdengar
    Izinkan hati ini memohon maaf

    aamiin…makasih sis…

    Atas segala…..
    Sikap dan lisan yang tak terjaga
    Janji yang terkota
    Hati yang kerap berprasangka (insya Allah tiada)
    Sepanjang setahun perkenalan kita
    Selama persahabatan kita terjalin di dunia maya
    Terima kasih atas kasih sayang dalam ukhuwwah yang dicerna
    Semoga kita selalu di dalam perlindungan-Nya

    SELAMAT MENYAMBUT MA’AL HIJRAH 1431
    Salam Awal Muharam dan salam manis dari saya di Bangi, Selangor, MALAYSIA.

    SITI FATIMAH AHMAD

    Reply
  • 20. alisnaik  |  December 17, 2009 at 11:08 pm

    selamat pagi

    ternyata sampai di sini sudah akhir kisah berhajinya mbak Sunflo. keren sekali😎

    imam masjidil haram yang paling saya kenal itu adalah imam Sudeish,
    sering banget ayah saya nyetel rekaman pak Sudeish. suaranya khas.

    terima kasih dan mohon maaf😮

    syaikh sudays emang terkenal, n syaikh al juhny is the rasing star…lebih tartil kalo menurutku sih…^^

    Reply
  • 21. Ruang Hati  |  December 18, 2009 at 3:50 am

    Ya Allah Ya Rahman Ya Rahim, di awal tahun baru hijriyah 1 Muharam 1431H ini hamba bulatkan tekad untuk bisa kembali kepada jalan yang Engkau Rahmati, yang penuh hidayahMu, dan yang Engkau Ridhoi.
    Maafkan bila di tahun lalu seringkali buat kesalahan, kita songsong tahun depan dengan penuh harapan dan semangat
    Wassalam
    ruanghati.com

    aamiiin…

    Reply
  • 22. fadhilatul muharram  |  December 18, 2009 at 6:10 am

    tetap semangat dalam bersabar mba..🙂

    selamat tahun baru hijriah

    btw, mau ngajak utk ikutan tasyakuran blog dila di http://dhila13.wordpress.com/2009/12/17/tasbih-bukan-kontes-biasa-sticky/ dalam rangka tahun baru hijriah dan milad dila di bulan muharram yang beruntung nanti akan dapat sebuah novel sebagai bingkisan.. dateng yaa…

    semangat juga buatmu de’…

    Reply
  • 23. mamah aline  |  December 18, 2009 at 9:00 am

    semua catatan perjalanan sebagai tamu Allah di blog ini lengkap… berikut foto-fotonya, membuat aku serasa ikut dalam perjalanan ibadahmu sis, alhamdulillah sudah berhaji semoga jadi haji mabrur, selamat tahun baru hijriyah 1 muharam 1430H semoga kita bukan termasuk orang yang merugi dan senantiasa bersyukur, amien….

    aamiiiin…

    Reply
  • 24. L-Faqeer  |  December 19, 2009 at 6:18 pm

    Wahai saudara dan saudariku:
    Berkata Abu Qotadah رضي الله عنه :
    Nabi صلى الله عليه وسلم ditanya tentang puasa ‘asyuro (10 Muharrom), beliau صلى الله عليه وسلم menjawab:
    “Sungguh aku mengharapkan kepada Allah (sebagai pahalanya) penghapusan (atas dosa) setahun sebelumnya.” (riwayat Muslim)

    Tata cara pelaksanaan:
    Yang paling sempurna: Berpuasa sehari sebelumnya dan sehari sesudahnya (berpuasa tanggal 9, 10 dan 11 Muharrom), atau
    Berpuasa tanggal 9 dan 10 Muharrom, atau
    Menyendirikan berpuasa tanggal 10 Muharrom saja.
    (kitab zaadul ma’aad karya Ibnul Qoyyim)

    Semoga Allah تعالى memberi taufiiq pada kaum muslimin..

    thank u L, it will be my inspiration…, wait for my post about it..

    Reply
  • 25. Shaquille  |  December 20, 2009 at 8:19 am

    Alhamdulillah, akhirnya tamat sudah ceritamu yang bersambung ini😀

    BTW sendal bututnya oke juga tuh buat nimpuk doggy lewat😆

    buat nimpuk sakuwil juga bisa…^^

    Reply
  • 26. Triunt  |  December 20, 2009 at 11:44 am

    Burung Dara disana dan disini sama ya Mbak
    Mbak Sunflo naik hajinya nggak ada kloter2nya ya🙂

    selamat ya Mbak.
    itu pasti pas nyampai langsung tepar di kasur.
    ngebayangi capeknya😀

    Itu yang di deket Kabah itu orangnya tinggi bener yah ck ck ck.

    hehe..ga tuh yunt..malah langsung buka blog…hihiihii…🙂

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Blogger

NOVI dengan nama pena SUNFLO ... ^^ Silahkan ambil yang bermanfaat dari sini, tanpa harus meninggalkan jejak atau komentar, kalau mau copas, silahkan, tapi harap yang bertanggungjawab...

sunflo’s Calendar

sunflo’s posting

December 2009
M T W T F S S
« Nov   Jan »
 123456
78910111213
14151617181920
21222324252627
28293031  

Translate My Blog

Translate this blog into different languages...
العربية
english
Français
हिन्दी

Archives

Blog Stats since August '09

  • 3,959,459 hits

sedang ada di kebun sunflower

”amung

visitors traffic

Enter your email address to subscribe to this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 393 other followers

Like My Site

FP NOVI NOUF

Instagram NoviNouf

Nasi Merah goreng cabe rawit spesial pake telor.

#nasigoreng #berasmerah #friedrice #menu #enyakenyak #nomnom #simplemenu #instafood #foodporn Ternyata setelah berhasil menguasai mobil, belajar motor itu jadi lebih mudah.

Aku udah bisa menaklukkan motor bebek manual ini, alhamdulillaah.. Dulu, diajari pake motor matic berulang kali, ga bisa-bisa. Setelah berhasil nyetir mobil, diajari sekali aka pake motor ini, langsung bisa ngacir.. Yaah.. Dengan prestasi, jatuh dua kali hehehe.. Hidupku jadi lebih normal sekarang, ga jalan kaki lagi n ngandelin sopir angkot.. :)) #motor #motorbebek #honda #belajarmotor #motorcycle #indonesiantransportation #me #experience #excited 
@munaayazid

%d bloggers like this: