Mengamalkan Puasa ‘Asyura’

December 24, 2009 at 12:32 am 24 comments

Teman-teman coba lihat kalender hijriyah sunflo tuuh…. Tanggal berapa sekarang?? Yup…kita telah memasuki bulan Muharram 1431H, dan di bulan ini…terdapat amalan sunnah yang memiliki keutamaan besar, yaitu puasa ‘Asyura… (puasa pada tanggal 10 Muharram).

Puasa ‘Asyura ini memiliki beberapa keutamaan, sebagaimana keberadaannya di bulan Muharram, yang merupakan salah satu bulan yang diistimewakan oleh Allah Ta’ala. Sebagaimana pula firman Allah yang terdapat dalam QS. Taubah: 36 yang artinya adalah sebagai berikut:

Sesungguhnya bilangan bulan di sisi Allah ialah dua belas bulan, dalam ketetapan Allah di waktu Dia menciptakan langit dan bumi, diantaranya empat bulan haram. Itulah (ketetapan) agama yang lurus, maka janganlah menganiaya diri dalam bulan yang empat itu

Menurut penafsiran para ulama, kempat bulan haram itu adalah Dzulqa’dah, Dzulhijjah dan Muharram, serta Rajab.

***

Dan sebagaimana yang disebutkan dalam hadits berikut ini:

أَفْضَلُ الصِّيَامِ بَعْدَ رَمَضَانَ شَهْرُ اللَّهِ الْمُحَرَّمُ وَأَفْضَلُ الصَّلاَةِ بَعْدَ الْفَرِيضَةِ صَلاَةُ اللَّيْلِ

“Puasa yang paling utama setelah (puasa) Ramadhan adalah puasa pada bulan Allah – Muharram. Sementara shalat yang paling utama setelah shalat wajib adalah shalat malam.” (HR. Muslim no. 1163)

Pada hadits yang lain disebutkan bahwa puasa ‘Asyura dapat menghapus dosa setahun yang lalu:

Berkata Abu Qotadah رضي الله عنه :
Nabi صلى الله عليه وسلم ditanya tentang puasa ‘asyuro (10 Muharram), beliau صلى الله عليه وسلم menjawab:

Sungguh aku mengharapkan kepada Allah (sebagai pahalanya) penghapusan (atas dosa) setahun sebelumnya.” (HR. Muslim)

***

Bagaimana cara pelaksanaannya??

Bila dirunut secara ilmiah, maka akan memakan waktu dan tempat karena pembahasannya yang panjang. Di sini, sunflo ringkaskan bagaimana cara pelaksanaannya, sebagaimana yang tercantum dalam kitab Zaadul Ma’aad karya Ibnul Qoyyim Al Jauziyyah:

Yang paling sempurna adalah berpuasa sehari sebelumnya dan sehari sesudahnya yaitu pada tanggal 9, 10 dan 11 Muharram ( 26-28 Desember 2009) atau

Berpuasa tanggal 9 dan 10 Muharram (26-27 Desember 2009) atau

Menyendirikan berpuasa tanggal 10 (27 Desember 2009) Muharram saja.

Naaah…tersedia 3 pilihan tuuuh… Yang terbaik siiihh … pilih yang 3 hari, namun kalo ga bisa yaaa…minimal tanggal 10 Muharramnya it’s OK…

***

Memang…, pada dasarnya…hukum melaksanakan puasa ‘Asyura ini adalah sunnah. Namun, hendaknya, kita tidak meninggalkan amalan yang sangat utama ini, apalagi melihat ganjaran yang begitu melimpah. Juga ada ganjaran lain yang dapat kita lihat yang ditujukan bagi orang yang gemar melakukan amalan sunnah, sebagaimana disebutkan dalam hadits qudsi berikut ini.

وَمَا يَزَالُ عَبْدِى يَتَقَرَّبُ إِلَىَّ بِالنَّوَافِلِ حَتَّى أُحِبَّهُ ، فَإِذَا أَحْبَبْتُهُ كُنْتُ سَمْعَهُ الَّذِى يَسْمَعُ بِهِ ، وَبَصَرَهُ الَّذِى يُبْصِرُ بِهِ ، وَيَدَهُ الَّتِى يَبْطُشُ بِهَا وَرِجْلَهُ الَّتِى يَمْشِى بِهَا ، وَإِنْ سَأَلَنِى لأُعْطِيَنَّهُ ، وَلَئِنِ اسْتَعَاذَنِى لأُعِيذَنَّهُ

“Dan senantiasa hamba-Ku mendekatkan diri kepadaKu dengan amalan-amalan sunnah sehingga Aku mencintainya. Jika Aku telah mencintainya, maka Aku akan memberi petunjuk pada pendengaran yang ia gunakan untuk mendengar, memberi petunjuk pada penglihatannya yang ia gunakan untuk melihat, memberi petunjuk pada tangannya yang ia gunakan untuk memegang, memberi petunjuk pada kakinya yang ia gunakan untuk berjalan. Jika ia memohon sesuatu kepada-Ku, pasti Aku mengabulkannya dan jika ia memohon perlindungan, pasti Aku akan melindunginya.” (HR. Bukhari no. 2506)

Orang yang senantiasa melakukan amalan sunnah (mustahab) akan mendapatkan kecintaan Allah, lalu Allah akan memberi petunjuk pada pendengaran, penglihatan, tangan dan kakinya. Allah juga akan memberikan orang seperti ini keutamaan dengan mustajabnya do’a … Subhanallaah….

***

Jadi… sunflo mengajak kepada diri pribadi dan juga teman-teman sesama muslim, untuk sebisa mungkin melaksanakan puasa ‘Asyura di bulan ini… Semoga dengan keikhlasan dalam menjalankannya, akan mendatangkan rahmat dan ampunan Allah bagi kita…Dansemoga Allah Ta’ala memberikan kemudahan bagi kita untuk mengamalkan puasa ‘Asyura’ nanti yaa… aamiin…

 Yuuk kita siap-siap melaksanakannya …^^

( Terima kasih kepada L-Faqeer atas inspirasinya, jazaakumullahu khairan katsiran )

Entry filed under: artikel. Tags: .

Tutorial Membuat Tusuk Feston, Bintik dan Urat pada Kreasi Flanel Mendadak Sepi…

24 Comments Add your own

  • 1. anny  |  December 24, 2009 at 1:25 am

    Wow suatu wawasan yang harus dan wajib kupetik nih, makasih sunflo🙂
    Puasa Asyura memang patut diamalkan, jangan sampai ketinggalan kesempatan dan menyia nyiakannya karena yang sunnah itu kesempatan yang istimewa buat melengkapi yang wajib.

    iya ann….semoga kita diberi kemudahan untuk mengamalkannya yaaa…aamiin..

    Reply
  • 2. idana  |  December 24, 2009 at 6:51 am

    lagi-lagi aku ketinggalan banyak ne sunflo…maaf yaa,penyakit malas lagi mengrogoti😀

    mari kita enyahkan kemalasan…semangat idanaaa…!!🙂

    Reply
  • 3. bintangtimur  |  December 24, 2009 at 7:29 am

    Sunflo…mulai kapan puasanya?
    Pas tanggal 10 Muharram?
    Berapa hari?
    Iiiih, untung saya cepet-cepet kesini, jadi mudah-mudahan nggak ketinggalan informasi…😛
    Ssst, nanti siang saya mau ke Jakarta, kita ketemu lagi hari Sabtu ya…😉

    cari utamanya yuuuk sis…yaitu mulai tanggal 9-11 muharram, hari sabtu-senin (26-28 Desember 2009), tapi kalo ga bisa yaa sesuai dengan tata cara yang sunflo sebutkan di atas, kan..ada 3 pilihan gtu looh…
    waah…refreshing niiih yeee…met hepi ajah ma keluarga yaaa….^^, ditunggu oleh2 cerita serunya…hehehe…

    Reply
  • 4. Melangkah dengan hati…. » Award special  |  December 24, 2009 at 8:45 am

    […] Sunflo (udah pernah dapat belum ya […]

    udah meluncur ke lokasi daa…😉

    Reply
  • 5. haris ahmad  |  December 24, 2009 at 9:20 am

    mangtabs infonya bu

    yoi gut….ngamalin nyook…^^

    Reply
  • 6. JakaPrasetya  |  December 24, 2009 at 10:48 am

    Perlu di amalin nih , Insya Allah nambah pahala🙂 . Amin.

    yoi..diamalin yaaa de’..^^

    Reply
  • 7. Mamah Aline  |  December 24, 2009 at 12:47 pm

    tambah jelas dan tambah luas wawasanku disini sist, selama ini tahunya ngejalanin puasa sunah assyura kalo ditelepon nyokap hehehe makasih ya

    yuuk diamalin…biar nambah pahala n kecintaanNya…^^

    Reply
  • 8. aziz  |  December 25, 2009 at 5:51 am

    10 muharam juga mengenang tragedi karbala,
    tragedi paling tragis dalam sejarah umat islam,
    ketika cucu rasul putra Ali beserta pengikutnya dibantai hanya demi sebuah kekuasaan.

    Reply
  • 9. Ruang Hati  |  December 25, 2009 at 10:30 am

    semoga Allah senantiasa menerima amal2 kita semua dan membalasnya dengan limpahan rahmat serta ridhonya, amien

    aamiin…^^

    Reply
  • 10. Triunt  |  December 25, 2009 at 11:27 am

    Triunt belum pernah😦

    nggak janji, tapi mw nyoba ah hehe.

    cobain dech yunt…^^

    Reply
  • 11. Meliana  |  December 25, 2009 at 5:09 pm

    Moga saya bisa puasa, keknya cuma tgl 28 deh,Mbak….ada undangan hajatan temen dan wali siswa🙂

    Reply
  • 12. alisnaik  |  December 25, 2009 at 11:30 pm

    puasa . . .
    anjuran yang baik.

    hanya Allah dan diri sendiri yang tahu dan perlu tahu kalau sedang berpuasa😉

    yup..bener banget tuh roel, hanya Allah dan diri sendiri yg tau kalo sedang puasa…^^

    Reply
  • 13. Ruang Hati  |  December 26, 2009 at 4:57 am

    mengunjungi pagi hari para sahabat narablog sambil melihat jikalau ada info baru buat nambah wawasan serta ilmu, selamat berakhir pekan bersama keluarga tercinta di penghujung tahun, Selamat menjelang tahun baru 2010. Salam dari ruang hati terdalam

    makasiiih..brader..^^

    Reply
  • 14. haris ahmad  |  December 26, 2009 at 12:08 pm

    PUASA puasa nyokkkk

    nyoooookkkk…

    Reply
  • 15. bintangtimur  |  December 26, 2009 at 4:50 pm

    Halo Sunflo…
    Lagi persiapan puasa atau sedang berbuka nih..?
    Saya baru pulang dari Jakarta tadi siang…dikirain udah ada posting baru…hehehehe😛
    Selamat puasa Asyura, trima kasih jawaban tanggal puasanya…

    welcome back sis…liburan yg menyenangkan pastinya nie….ditunggu laporan perjalanannya yaaak…^^

    Reply
  • 16. yangputri  |  December 26, 2009 at 6:48 pm

    selamat menjalankan puasa asyura ya mbak sunflo

    ya put, putri sendiri gmana? puasa juga kan??

    Reply
  • 17. abrus  |  December 26, 2009 at 9:51 pm

    kalo ga bisa yaaa…minimal tanggal 10 Muharramnya it’s OK…

    Insya Allah, pilih yang ini aja deh, gpp kan?
    sebuah pencerahan / makasih *sunflo 😛

    yup…sama2 brus….puasa ntar yaa..*.^

    Reply
  • 18. Kakaakin  |  December 27, 2009 at 2:22 am

    Tadi malam ibuku nelpon tuk mengingatkan diriku yang suka lupa sama kalender…🙂

    MashaAllaah…ibu akin perhatian banget tuuh…, nuruti dua2nya pasti dapat barokah kin..^^

    Reply
  • 19. abrus  |  December 27, 2009 at 7:45 am

    Sunflo berkat saranmu … Alhamdulillah saya puasa hari ini saja (27 Des 2009) … Insya Allah niatmu menyeru kebaikan dan niatku berpuasa mendapat balasan darai Allah SWT. Amin!

    aamiiiin, alhamdulillaah…semoga semua itu lillaah ya brus… abrus dan sunflo sama2 dapat pahala dan ridhaNya, aamiiin…^^

    Reply
  • 20. achoey  |  December 27, 2009 at 8:58 am

    puasa yg indah
    ummi

    ya choey…^^

    Reply
  • 21. Dhanie  |  December 27, 2009 at 11:21 am

    iya.. makasih atas info bermanfaatnya ini.. semoga kak Sunflo mendapat rahmat dari Allah S.W.T. karena sudah menyebarkan kebaikan.. amiinnn..🙂

    aamiiiin…makasih yak Dan..^^

    Reply
  • 22. Desri Susilawani  |  December 29, 2009 at 9:17 am

    moal komen ah…dah lewat …

    hihihi..komen juga kaan??

    Reply
  • 23. ismi  |  December 30, 2009 at 7:53 am

    gatot shoumnya kemaren😦 cuman mpe jam 8 pagi….😛

    inshaAllah masih ada keutamaan lainnya…^^

    Reply
  • 24. wi3nd  |  January 6, 2010 at 10:26 am

    sayan9na diriku indak bisa sistah,”tamu” itu datan9,tepat sehari setelah daku mabit saat per9antian tahun baru hijriah..😦

    gpp wi3nd, cari keutamaan yg lainnya yaa… semangat!

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Blogger

NOVI dengan nama pena SUNFLO ... ^^ Silahkan ambil yang bermanfaat dari sini, tanpa harus meninggalkan jejak atau komentar, kalau mau copas, silahkan, tapi harap yang bertanggungjawab...

sunflo’s Calendar

sunflo’s posting

December 2009
M T W T F S S
« Nov   Jan »
 123456
78910111213
14151617181920
21222324252627
28293031  

Translate My Blog

Translate this blog into different languages...
العربية
english
Français
हिन्दी

Archives

Blog Stats since August '09

  • 3,959,441 hits

sedang ada di kebun sunflower

”amung

visitors traffic

Enter your email address to subscribe to this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 393 other followers

Like My Site

FP NOVI NOUF

Instagram NoviNouf

Nasi Merah goreng cabe rawit spesial pake telor.

#nasigoreng #berasmerah #friedrice #menu #enyakenyak #nomnom #simplemenu #instafood #foodporn Ternyata setelah berhasil menguasai mobil, belajar motor itu jadi lebih mudah.

Aku udah bisa menaklukkan motor bebek manual ini, alhamdulillaah.. Dulu, diajari pake motor matic berulang kali, ga bisa-bisa. Setelah berhasil nyetir mobil, diajari sekali aka pake motor ini, langsung bisa ngacir.. Yaah.. Dengan prestasi, jatuh dua kali hehehe.. Hidupku jadi lebih normal sekarang, ga jalan kaki lagi n ngandelin sopir angkot.. :)) #motor #motorbebek #honda #belajarmotor #motorcycle #indonesiantransportation #me #experience #excited 
@munaayazid

%d bloggers like this: