Balada Ikan Hiu – Part 1

January 3, 2010 at 5:09 am 29 comments

Ngomongin tentang ikan hiu, jadi teringat dengan film-film yang menayangkan tentang kebengisan ikan ini memangsa manusia, ‘Shark Attack’, hmm… aku jadi gak simpati ma ikan ini…😦

Tapi… giliran aku shopping ke mall, dan menjumpai ikan ini lagi mejeng tak berdaya di stand penjualan ikan, aku n hubby jadi tergoda tuk mencoba mencicipi, kek apa siih rasanya makan ikan ini??

Teringat sewaktu masih di Cirebon, aku sempat membaca sebuah iklan restoran yang menawarkan menu spesial berupa sop bibir dan sirip ikan hiu… Karena kami maniak ikan dan sop-sopan… maka, pada kesempatan belanja kemarin, kami mo mencoba ‘menggarap’ nie ikan…

Hihihihi…. aku mo nyoba memasak bibir ikan yang menyeramkan ini…., wwuuiiihh apalagi kepalanya…, siripnya…., mmmm…yummy banget keknya…  😆

***

Ada 3 ekor hiulita (hiu di bawah 5 tahun) yang mejeng di sini bersama ikan-ikan jenis lainnya: yang ukuran gede, sedang sama yang kecil, naah….kami ambil yang ukuran sedang dengan timbangan kasar seberat 1.34 kg… Papan berwarna biru itu bertuliskan Shark: 6,95 SR/kg, terlihat si hiulita gede n si hiulita kecil yang menunggu dibeli ma pengunjung mall lainnya pada waktu itu…. kami minta hiu kami untuk dibersihkan oleh petugas, karena kami berharap, ikan hiu tersebut bisa dipotong-potong, sehingga aku tak usah repot-repot memotongnya di rumah…^^

Karena antri, disebabkan banyak pembeli di stand tersebut, maka…, kami keliling dulu untuk mencari barang kebutuhan yang lain…

***

Saat kami kembali lagi ke stand tersebut… Waah, masih harus ngantri lagii..!! Cukup lama kami berdiri di situ sambil menunggu giliran ikan kami digarap oleh petugas…

Waktu itu, aku sudah membayangkan bakalan memasak sop sirip dan kepala ikan hiu tersebut… Kami berdua memperhatikan dengan seksama, saat petugas mulai menggarap ikan kami…

Wajah yang semula begini nie….  :)    lambat laun berubah jadi gini   :(   Apa pasal??

Ooh tidaaakkk….!! Dengan tanpa belas kasihan, si petugas menguliti hiu kami dengan terampilnya… Hu…hu…hu…. sirip dan kulitnya dibuang begitu saja ke tempat sampah… daaaaannn…. whhuuuuaaaa…. :'(  … kepala hiu itu giliran berikutnya untuk dibuang ke tempat sampah…

Kak, bilangin ke petugasnya… kepala ma siripnya jangan dibuang…”, kataku penuh harap pada hubby…   “Apaa… orang udah dibuang semuanya ke tempat sampah, malu doong kalo minta lagi“, kata hubby…  Yaaach… (kecewa mode: ON) keknya ada 0,5 kg sendiri yang mereka buang dech… rugi dong…!!

Ck… Gak papalah… buat pengalaman… lain kali kalau beli yang utuhan saja, biar nanti aku bersihkan di rumah…  😦

Ini adalah daging ikan hiu yang telah dibersihkan oleh petugas…, emang kebiasaan di Saudi: kepala, kaki dan jeroan merupakan bagian tubuh binatang/ikan yang tidak mereka konsumsi… beda ma di kita yaa…?? ^^ Jadi secara otomatis, tanpa belas kasihan, petugas penjagalan akan membuang bagian-bagian tersebut ke tempat sampah… hehehe

***

Akhirnya… apa boleh buat…., jadilah ikan hiu tersebut kuolah menjadi Balado Ikan Hiu ala Sunflo … ^^

***

Ngomongin soal masak memasak ala sunflo, aku jadi teringat ma adik bloggerku sekampung halaman, si yuntYunt…mau ga masakan ini?? Keknya ikan ginian kagak ada di pasar kampung kita yaaak…^^

***

Yaaah teman-teman, kek gini nie Balada Ikan Hiu-nya Sunflo… :(   cukup mengenaskan, karena sunflo kehilangan bibir sexy-nya si hiu…, tapi alhamdulillaah masih bisa merasakan gimana rasanya daging ikan hiu tersebut…. b^^

Rasanya seperti ikan laut pada umumnya, namun dagingnya lebih lembut, dengan serat yang besar dan istimewanya, tulang belakang hiulita ini enak juga untuk dimakan looh…dan lebih asyiknya, hiulita ini gak ada durinya!! Entalah kalo hiu itu udah jadi emak-emak atau aki-aki…ntar sunflo juga mo nyari infonya ke om gugel …  ^^

***

Misi hunting ikan hiu part 1 kuanggap kurang berhasil, namun kami masih penasaran tuk membeli hiulita lagi bila belanja ke Hyperpanda beberapa hari yang akan datang, inshaAllah… Pokoknya harus berhasil membawa utuh-utuh hiu itu untuk dibawa pulang dan kugarap sendiri sesuai dengan seleraku…hehehe… 😆

Dan … akhir Balada Ikan Hiu Part 1 ini ternyata jadilah Balado Ikan Hiu, hmmm…. tunggu kelanjutannya nanti yaa, kira-kira jadi apa si Hiu pada episode ke 2…, dan sunflo persembahkan seluruh postingan Balada Ikan Hiu ini buat si yunt, salah satu penggemar postingan Kuliner ala Sunflo yang gak pake ukuran ini…hehehe… b^^d

(to be continued…)

Entry filed under: kuliner. Tags: .

Sunflo Bagi-bagi Award Mencicipi Buah Aprikot

29 Comments Add your own

  • 1. nakjaDimande  |  January 3, 2010 at 9:35 am

    pasti enak tuh sunflo, dibalado ijo kah itu?
    di bukittinggi ikan dgn ukuran besar biasanya kepala dan ekor tidak digoreng tapi cukup dimasak asam pedas saja, tanpa santan. **ngebayanginnya bikin ngacai, soale pake belimbing sayur yang banyak.

    wah makasih bundo atas idenya, buat balada hiu jilid 2 nanti tuh resep dari bundo…b^^

    Reply
  • 2. dan  |  January 3, 2010 at 1:12 pm

    wah.. di gurun aja bisa dapat ikan hiu yah… hiu gurun..🙂

    jangan anggap enteng gurun dan…*.^

    Reply
  • 3. abrus  |  January 3, 2010 at 1:33 pm

    Sunflo …mo ikut nyobain Balado Ikan Hiu ala Sunflo … ^^ eh salah, … baca Balada Ikan Hiu … jadi ingat waktu pulang kampung terus mampir ke Batam … di traktir ponakan (yg sdh jadi *orang …) mampir ke resto … nyantap SOP Ikan … (apa jg dari ikan hiu …??)

    bisa ikan hiu, ikan pari atau ikan paus tuuh..

    Reply
  • 4. abrus  |  January 3, 2010 at 1:40 pm

    Sunflo : … emang kebiasaan di Saudi: kepala, kaki dan jeroan merupakan bagian tubuh binatang/ikan yang tidak mereka konsumsi… beda ma di kita yaa…??

    se7 Sunflo … orang bilang, … di Indo diborong semua … dari hulu sampai hilir … bila perlu 7 turunan gak abis-abis … gitu ya maknanya..??!! hehehe

    keknya tuh…^^

    Reply
  • 5. abrus  |  January 3, 2010 at 1:51 pm

    sunflo … Laporan Pandangan Mata … ala sunflo sangat mengena … sampai netes neh, NGEILEr …. nggileerrrrrrr pengen nyobain *Balado Ikan Hiu …🙂

    btw rasanya ogah dah … kalo BaLaDa ikan hiu emak-emak … (gaklah yawwww … itu ntar bagian sunflo) … kalo aki-aki…(no coment deh… ntar saya akan kesitu juga … ooohhhh, itulah perjalanan hidup …)😛

    setelah kurasakan lebih lanjut, sepertinya ikan ‘panggang’ dibikinnya juga dari ikan hiu dech….rasanya kek ikan panggang…

    Reply
  • 6. Mamah Aline  |  January 3, 2010 at 2:53 pm

    sunflo emang pinter masak… ikan hiu aja bisa diolah jadi makanan lezat, rasanya kek apa ya apalagi gak ada duri, ditambah jeruk limau dan daun jeruk purut keknya tambah seger….

    ho oh jeng, kalo di indo sopnya permangkok minimal 20 rb yaa… di sono, udah dapat 1 ekor hiulita, hiu yg masih kecil…^^

    Reply
  • 7. bintangtimur  |  January 3, 2010 at 5:47 pm

    Ada makanan enak lagi niiiih…😛
    Ikan hiu?
    Ah, ikan gurame, ikan patin atau ikan bawal nggak ada ya…?
    Boleh juga tuh dicoba, ntar ah kalo saya ke Saudi…hehehe

    btw..di pasar bandung blom ada ikan hiu ya sis?? di sono mah segala macam ikan laut ada sis, ikan mujair, nila, blekuthaq, kerang, kepiting…komplit dech…^^

    Reply
  • 8. zipoer7  |  January 3, 2010 at 7:06 pm

    Salam Takzim
    Selamat tahun baru 2010
    Maap telat, jangan didamprat
    apalagi dihujat, maklum padat
    Semoga tetap sehat, dan selalu semangat
    memberikan sajian yang selalu bermanfaat
    Salam Takzim Batavusqu

    wah sunflo kan baik hati, ga suka damprat kok bang… makasiih juga..^^

    Reply
  • 9. Adelays  |  January 3, 2010 at 11:24 pm

    Ikan Hiu ???
    Wah.. jujur aja.. udah segini gede, sekalipun blom pernah makan ikan hiu. Nonton langsung paling baru di SeaWorld Ancol. Selebihnya cuma nonton di layar kaca.

    Ditunggu part 2 nya….

    yoi de’… tunggu aq bisa belanja tuh ikan lagi yaa..

    Reply
  • 10. abrus  |  January 4, 2010 at 3:49 am

    sunflo … saya sudah ambil award pemberianmu … ayo kasih komen yg panjaannngggggggggggggggggg … hehehe😛
    (mohon maaf … kalau ada yg salah or keliru …)

    udah brus…liat di blognya dech…

    Reply
  • 11. bintangtimur  |  January 4, 2010 at 7:59 am

    Eh, saya lupa mau nulis ini nih…
    Perubahan wajah dari 🙂 jadi 😦 …itu kereeeeeeeen banget!
    Selera homurnya Sunflo saya suka😛
    Oya, sama Abrus dibikinin posting ok buat Sunflo, tadi waktu saya komentar disana, belum ada komentar Sunflo…hehehe, dilihat deh!

    hehehe…. sunflo emang kocak ya sis… btw kemarin leptopnya lagi masuk puskesmas..banyak virusnya, jadi blom bisa walking2…

    Reply
  • 12. idana  |  January 4, 2010 at 1:13 pm

    hmmm….komen kali ini di dominasi ma abrus, mantap mab😀

    ikan hiu aku udah pernah nyoba belum ya ?? hehehe gak tau, tapi kalo masaknya pasti belum pernah
    sepertinya enak…kapan2 minta di bikinin aaah
    *bikin sendiri donk masa minta di bikinin*😀

    Bali kan banyak ikannya da.. :p , carilah ikan hiu di pasar hehehehe…

    Reply
  • 13. alisnaik  |  January 4, 2010 at 1:51 pm

    selamat pagi

    hmm… nyam nyam..
    hmm..
    nyamm
    sedaap.
    *saya sedang berimajinasi memakan balado hiu buatan mbak Sunnflo*
    nyam nyamm..
    terima kasih dan mohon maaf😮

    eh roel, minta dibikinin ma mamah yaa…

    Reply
  • 14. HarisAhmad  |  January 4, 2010 at 3:30 pm

    bagi donk……………

    enak ajah… :p

    Reply
  • 15. HarisAhmad  |  January 4, 2010 at 3:31 pm

    pastinya GURIH

    ho oh

    Reply
  • 16. yangputri  |  January 4, 2010 at 4:46 pm

    hmmmmm bisaan aja ni mbak sunflo….

    hehehe….😉

    Reply
  • 17. technosurvivor  |  January 4, 2010 at 8:23 pm

    hmmm. . nyummy. . . .
    dnger2 yang enak malah siripnya bunda. . sayang siripnya dibuang. .😦

    iya tuh di…😦

    Reply
  • 18. Kakaakin  |  January 5, 2010 at 8:40 am

    Hehe… kemaren pas saya ke hypermart, saya juga lihat ikan hiu dan sperti biasa…jepret2 juga, nggak beli sih, yang dibeli waktu itu cuma ikan kembung. Waktu itu mikir “hmmm..bagus juga nih ikan dibuat postingan…” eehh..ternyata dirimu telah melaksanakannya dengan kumplit sekumplit2nya…:mrgreen:
    Psst… minta bocoran dong resep yang nggak pake takaran ini🙂

    halah…kek bikin sambel tomat ajah tuh kin, ikannya digoreng dulu, sambelnya ditumis, lalu ikan dimasukkan ke tumisan sambel… gtu looh…

    Reply
  • 19. Ruang Hati  |  January 5, 2010 at 12:01 pm

    Sapaan di tahun baru…..

    Gimana rasanya yach makan ikan hiu ?? apa sama enaknya ama ikan bakar kerapu ??

    sama enaknya kok… pernah ngerasain ikan panggang?? nah keknya terbuat dr ikan2 besar, tmasuk hiu juga…

    Reply
  • 20. wahyu  |  January 5, 2010 at 5:23 pm

    hmmm…minta dong? haha
    ikan hiu itu dagingnya tebal..hawanya seperti ikan tongkol dewasa tapi lebih lembut dan amisnya g terlalu terasa..
    benar g sih?😀

    ya..bener banget tuuh,pernah nyobain?

    Reply
  • 21. alfarolamablawa  |  January 6, 2010 at 1:54 am

    wui dah pernah makan sirip hiu…
    Pengeeeeen….
    makanan mahal katanya

    ya…katanya sih mahal…semangkuknya paling murah 20rb di indo, kalo di sana dapat 1 ekor hehehehe…

    Reply
  • 22. sedjatee  |  January 6, 2010 at 7:25 am

    hemmmm… ikan hiu yang malang… tampangnya serem tapi gak ada apa-apanya di tangan sunflo.. sikat terus… btw, ntar masak ikannya yang gedhe ya… biar bisa dibagi-bagi sampai negara kita… hehehe.. salaam sukses…

    sedj

    mr sedj ada2 saja… 😆

    Reply
  • 23. wi3nd  |  January 6, 2010 at 10:07 am

    hiksss.. hikss.. nda te9a😦

    enak yah?

    ** aku nda suka ikan seeh,jadi nda bisa komen banyak..

    hahaha… ga tega??? ah si wi3nd tea..

    Reply
  • 24. Desri Susilawani  |  January 6, 2010 at 4:47 pm

    kalo emakku yang di Bangka masak ikan hiu nya dengan bumbu yang banyak…kentel banget…nama masakannya mangut…enak…cuma kalo lagi lihat pilemnya rada syerem yah makan hiu…taku ngebelah perut hiu…eh..ada potongan tangan manusia…arghhhh tidakkkk!

    yap..nah itu des, sama kek ibuku…mangut, got it!

    Reply
  • 25. Triunt  |  January 6, 2010 at 8:56 pm

    wah hujan2 adem2 laper2 diliatin makanan ituh…pengeeeeeen…

    sirip hiu denger2 mahal ya, kok malah dibuang.

    kalo di rumah beli hiu dimana yaa…🙄

    keknya blom masuk k kampung qta ya yunt

    Reply
  • 26. anny  |  January 7, 2010 at 5:27 am

    Mba betul gak kalo ikan hiu itu bisa menstruasi? ada yg bilang nih, aku masih penasaran

    kalo dia mamalia, dia akan alami kek gtu juga..cuma aq lupa dia mamalia bukan??

    Reply
  • 27. melianaaryuni  |  January 7, 2010 at 1:31 pm

    Wah, Mbak….Masak apa aja jadi keliatan enak….hmmmm, pengen cicip😦

    sambel balado tuh mell…

    Reply
  • 28. wong cilik  |  January 10, 2010 at 9:19 am

    hehehehehe.. baru tahu kalo ikan hiu bisa dibalado… enak ya mbak? kalo gitu bisa pesan ama istri nih dibuatkan…😀

    asal ada hiunya loh…

    Reply
  • 29. Makna Hidup  |  February 2, 2010 at 6:42 pm

    Assalamu’alaikum,
    Semoga Kasih sayang Allah menyertai miss Sunflo dan keluarga, Amin.
    Benar-benar ngiler nih aku! Kalau dekat aku pesan dech..masakan miss Sunflo. Seporsinya berapa Bu?
    Semoga kesuksesan selalu bersama miss Sunflo sekeluarga, Amin.
    Salam,

    wa’alaikumussalam, udah dibilang, aq ga bakat dagang zap… ^^

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Blogger

NOVI dengan nama pena SUNFLO ... ^^ Silahkan ambil yang bermanfaat dari sini, tanpa harus meninggalkan jejak atau komentar, kalau mau copas, silahkan, tapi harap yang bertanggungjawab...

sunflo’s Calendar

sunflo’s posting

January 2010
M T W T F S S
« Dec   Feb »
 123
45678910
11121314151617
18192021222324
25262728293031

Translate My Blog

Translate this blog into different languages...
العربية
english
Français
हिन्दी

Archives

Blog Stats since August '09

  • 3,960,791 hits

sedang ada di kebun sunflower

”amung

visitors traffic

Enter your email address to subscribe to this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 393 other followers

Like My Site

FP NOVI NOUF

Instagram NoviNouf

Kalo ini buat kajian tahfizh tahsin pagi ini.
#milkypudding #pudingsutrabuah #pudingbuah #fruitpudding #dessert #jumatbarokah #blessedfriday #instapic Milky silky pudding fruit buat pagi ini.. #pudding #pudingsusu #pudingbuah #dessert #cucimulut #seger #enyakenyak #fresh #fruit

%d bloggers like this: