Saat Sedih Menyapa

January 9, 2010 at 4:28 am 19 comments

Sunflower juga bunga biasa, dia kan layu kalo tak cukup kondisi tuk menopang hidupnya… Hmmm…sunflo juga manusia biasa, imannya selalu naik turun, terkadang kebahagiaan dan kesedihan itu menyambanginya…

Kesedihan adalah salah satu musibah yang Allah turunkan pada individu seorang hamba. Bisa dikarenakan faktor dari luar maupun karena ulah sendiri, semuanya sama rasanya… begitu menggores di hatihiks…😦

***

Kala kesedihan menyambangiku, entah karena faktor dari luar maupun kesalahan diri sendiri, segera aku mencari jalan, bagaimana agar aku bisa keluar dari kondisi yang menyempitkan dada ini … Dan inilah seninya hidup… Hidup adalah perjuangan dengan penuh seni, bagaimana agar kita tetap bisa menjalaninya dengan all the best yang bisa kita lakukan, begituuuu seterusnya… hingga biduk merapat ketepian nanti

Saat itu aku berusaha untuk mengembalikan semuanya kepada Allah… Karena Dialah yang Menciptakan aku, Mengujiku, Mengatur segala urusanku dan yang akan Menolongku… Berusaha meyakini, bahwa semua ini sudah menjadi ketentuanNya…

“Tiada suatu bencana di muka bumi dan tidak pula pada dirimu sendiri, melainkan telah tertulis di dalam kitab (Lauhul Mahfuzh) sebelum Kami menciptakannya” (QS. Al Hadiid : 22 )

***

Hewdeww…sakit hati jangan ditanya rasanya… Menyesal?? Emang harus… Namun itu semua janganlah membuat diri ini jadi frustasi dan berlarut dalam kesedihan…

Kuusahakan untuk tak berandai-andai… “Andai aku begini tentu tak akan begitu …”😦 … sudahlah… emang itu semua udah terjadi… yang paling baik mengucapkan:

” Innalillahi wa inna ilaihi rooji’uun… Qadarullaahu wa masyaa’a fa’ala …”


***

Aku yakin…. namanya juga dunia fana…, segala sesuatu yang terjadi di atasnyapun tak akan selamanya… Mendung tak kan selamanya bergayut, malam tak kan selamanya menyelimuti waktu… dan kesedihan pun akan sirna seiring dengan berlalunya masa dan bergantinya lembar hari-hariku… Dan emang… untuk meniti kesudahan dari rasa sedih itu emang dibutuhkan kesabaran dan ketegaran jiwa… Huufhh… Kalau baca arti surat ini, terasa begitu menyejukkan:

“Maka, sesungguhnya…bersama kesulitan ada kemudahan. Dan bersama kesulitan ada kemudahan….” (QS. Al Insyirah : 5-6)

***

Aku akan berusaha mengambil hikmah dari kepedihan yang kurasakan… pasti tidak semua musibah itu menyedihkan, di dalamnya pasti terkandung suatu pelajaran yang berharga untuk kehidupanku selanjutnya, asalkan…  aku mau mengambilnya sebagai suatu pelajaran… Tidak hanya sekedar menjalani, namun juga berpikir, “Wah…pasti ada sikap dan perbuatanku yang harus diperbaiki niih...” Agar ke depan menjadi lebih baik lagi…

Hubby sering bilang bahwasanya…tak selayaknya seorang mukmin itu bersedih hati, karena dapat menimbulkan perasaan lemah dan hina, sehingga bawaannya pesimis dan takut akan perasaan sendiri ….

“Dan janganlah kamu (merasa) lemah dan jangan (pula) bersedih hati, sebab kamu paling tinggi (derajatnya), jika kamu orang yang beriman …”  (QS. Ali Imran : 139)

***

Sesungguhnya ujung dari apa yang kurasakan hendaknya dapat mengetuk kesadaranku, bahwasanya aku harus bisa mengendalikan emosiku… Emosi dan perasaan akan bergejolak disebabkan oleh 2 hal, yaitu musibah yang sangat berat dan kegembiraan yang berlebihan.

Emosi yang tak terkendali hanya bikin capek saja… sakiiiit banget, resah dan gelisah, tubuh bergetaran, pinginnya memaki dan mengumpat serta cenderung bertindak sekehendak nafsunya… wana’udzubillah min dzaliik.. namun kala bahagia menyambanginya, bisa-bisa lupa diri saking gembiranya…

“Agar kamu tidak bersedih hati terhadap apa yang luput dari kamu, dan tidak pula terlalu gembira terhadap apa yang diberikanNya terhadapmu. Dan Allah tidak menyukai setiap orang yang sombong  dan membanggakan diri..” (QS. Al Hadiid : 23)

***

Aku pingin banget menghapus duka itu dengan banyak-banyak beristighfar, berdzikir, menyebut dan mengingat namaNya, meminta pertolongan dariNya dengan sabar dan shalat…

” Wahai orang-orang yang beriman… Mohonlah pertolongan (kepada Allah) dengan sabar dan shalat. Sungguh… Allah beserta orang-orang yang sabar… ” (QS. Al Baqarah : 153)

Akhir dari ulasan ini adalah :

” Dan semua musibah yang menimpamu adalah disebabkan oleh perbuatan tanganmu sendiri. Dan Allah memaafkan banyak (dari kesalahan-kesalahanmu) ” (QS.Asy-Syuura :30)

***

Memang ini semua adalah kesalahanku… dan aku tak ingin terpuruk di dalamnya… sungguh rahmat dan ampunanNya sangatlah luas… sebelum nafas ini berpisah dari raga… kesempatan kembali padaNya selalu terbuka lebar untukku …

Dan tak selayaknyalah bagi seorang mukmin itu untuk bersedih hati… segeralah bangkit, ‘tuk meneruskan perjuangan hidup….!!

Welcome back to the right path, my self … ^^v

Entry filed under: renungan dan curhatku. Tags: .

Biarkan Penaku Menari … Balada Cireng Saudi

19 Comments Add your own

  • 1. alisnaik  |  January 9, 2010 at 7:26 am

    selamat pagi, hmm.. kayaknya dapat PERTAMAX nih😈

    lagi bersedih ya, mbak ??
    mungkin sedang berada di titik jenuh..
    ah, entahlah😐

    kayaknya saya harus pake jurus saya biar mbak Sunflo gak sedih, parade smiley😀🙂😉😛😈😮:mrgreen:😈😎😡😀
    hehehehehehe

    terima kasih dan mohon maaf

    makasih roel, aroel emang ga suka liat mbaknya bersedih yaa..

    Reply
    • 2. alisnaik  |  January 10, 2010 at 12:57 pm

      tapi kalo mau nangis dan teriak teriak juga gak apa apa sih.
      *menurut saya*
      biar gak stress😛

      wah…ga segitunyalah roel…

      Reply
  • 3. abrus  |  January 9, 2010 at 8:16 am

    Hmm … sebuah postingan *curhat (?) … namun terasa sebuah pencerahan … kita ikut terbawa nuansa mellowww disana ..
    jangan bersedih teruzz sunflo … saya was2 kalo dikow sedih, dunia akan ikut terenyuh …😦

    Kalo langit biru ikut membara-biru terlena dlm nuansa mellow … bisa2 awan akan mendung terus …😦 … yang akhirnya bumi akan lembab, basah penuh linangan air mata.

    Namun, … keceriaan sdh di ufuk mata, dikoww sdh menemukan solusinya …😀 … pasrah, mendekat dan berserah diri serta selalu berdo’a pada-Nya.

    Pasti … kini dikoww sdh bangkit …😛 … semangat lagi …Amin!

    curhat sekaligus pencerahan secara halus brus… semoga bermanfaat bagi yg mengalami kejadian yg sama, mellow gtu…kan roda terus berputar, ga mlulu hepi terus…

    Salam taqzim selalu …

    Reply
  • 4. anny  |  January 9, 2010 at 9:21 am

    La Tahzan, coba baca buku karya Aidh Al Qarni ini mba, mungkin akan sedikit meringankan dan membuka mata hati yang sesungguhnya terjadi dan bagaimana sepatutnya kita bersikap.
    Namun kesedihan memang manusiawi, jika ingin nangis nangislah sepuasnya sampai semua kesedihan itu tumpah dan hatimu lega🙂

    yaah….namanya juga hidup ann, suka dan duka datang silih berganti…🙂

    Reply
  • 5. setitikharapan  |  January 9, 2010 at 10:13 am

    Makasih mbak tuk nasehat-nasehat didalamnya. Kebetulan lagi mengalami perasaan yang sama.

    semoga bermanfaat tuk pencerahan ya de’

    Reply
  • 6. nakjaDimande  |  January 9, 2010 at 10:54 am

    Sunflo sayang
    Sandarkan sedihmu pada ZAT Yang Tak Pernah Bersedih Hati..

    ya bundo… pasti, sunflo akan berusaha… makasih ya bundo

    Reply
  • 7. yangputri  |  January 9, 2010 at 10:54 am

    sedih napa mbak sunflo….. biasanya selalu ceria……

    hihihi…sunfloooo juga manusiaaaa puuuuttttt… ^^

    Reply
  • 8. bintangtimur  |  January 9, 2010 at 2:29 pm

    Kalo ada sedikiiiit aja kesedihan, kenapa rasanya dunia jadi kelam ya…saya suka ngeraa malu, kalo dikasih bahagia, rasanya pengen cerita kemana-mana, padahal di posting ini ditulis, kalo kita nggak boleh berlebihan…suka maupun duka…
    Ayo, ayo, ayo…saya sekarang malah lagi merasa bosan…, enaknya ngerjain apa ya…😛
    Bosan juga sama lo, kenapa bisa bikin bete…huhuhuhu, please help me, Sunflo…😦

    selama dalam taraf wajar keknya gapapa dech sis…yeah…semuanya emang harus seimbang, ga boleh terlalu, yg namanya terlalu tuh ga wajar n ga manusiawi..so pasti akan berdampak buruk dech bagi kesehatan hati…
    btw…lagi bosen yaa?? mmmm… ntar .. sunflo cari ilham dulu…. buat cari pencerahannya… ini manusiawi bgt sis, soalnya sunflo juga sering alami hal kek gini… ntar ya sis… tim SAR akan segera datang utk merespon sinyal SOS ini…hihihihi…

    Reply
  • 9. HarisAhmad  |  January 9, 2010 at 4:12 pm

    menyapa bu sunfo
    semangat bu

    ya Gut..makasih…^^

    Reply
  • 10. wi3nd  |  January 9, 2010 at 4:39 pm

    tadaaaaaaaaaaaa…🙂

    oops sistahku sedan9 bersedih rupanya..?

    9eran9an apakah?kembalikan pada san9 pemilik jiwa kak,san9 pemilik nafas..

    Ya Halimu,Ya alliyu..dibalik kesedihan ada kebaha9ian,mereka itu san9ad dekat,

    bun9a matahariiiiiiiiii**triak2..
    aku melihatnya la9i,disini den9an jelas… **indahnya..

    balut kesedihan den9an dzikirmu sist…..

    cheerrrs ^^

    kalo wi3nd menemaniku di sini, aq udah ga sedih lagi…^^

    Reply
  • 11. asepsaiba  |  January 9, 2010 at 5:42 pm

    Ini curhat masa lalu kan mbak? Mbak lg ngga bersedih kan…?🙂 Semangat…
    Mencerahkan sekali loh mbak curhatannya.. Trims, abis baca tulisan mbak, saya makin sadar kalo kehidupan adalah perjuangan…

    tadinya sih sedih kang…but buat apa sedih?? ini buat panduan saya ke depan juga… penguat semangat gtu… ^^ semoga bermanfaat…b^^

    Reply
  • 12. Meliana Aryuni  |  January 9, 2010 at 9:13 pm

    Setelah ada matahari, hari ga kan lagi gelap,Mbak….Sun flower pun akan berdiri lagi, mendonggakkan kelopaknya ke arah mentari. Dia tantang mentari. Dia tidak akan kalah dengan terpaan angin dan hujan karena dia tahu bahwa dengan bangkit kembali, dianya akan memberi makna bagi dunia….🙂

    makasih Mel atas supportnya…. udah ga sedih lagi kok…^^

    Reply
  • 13. wahyu  |  January 9, 2010 at 11:09 pm

    sedang dirudung masalah yg buat sedih ya bu? tetap tegar.. dan ingat Allah…
    Allah ingin mengajari sesuatu dari segala sesuatu, tinggal kita apakah bisa menyikapinya dengan baik dan benar🙂

    iya Rez… makasih supportnya yaa…

    Reply
  • 14. kakaakin  |  January 10, 2010 at 7:50 am

    Hmmm…diriku jadinya pengen😥😥😥
    Kembalikan pada Pemiliknya saja…🙂
    Nggak pake tawar-menawar lagi… mesti langsung ‘release’ aja…
    Mudah2an Allah Ta’ala selalu melindungi…🙂

    mantaabzz kin…serahkan semuanya padaNya…okkeeiii..semangat lagiiiiiiiiiiii… ^^

    Reply
  • 15. nuun  |  January 12, 2010 at 11:40 am

    Tuhan menciptakan pundak (suami), untuk menopang kepala saat sang istri sedang sedih dan menangis. Maka peluklah ia… dan rebahkan kepala di pundaknya…

    Reply
  • 16. bundadontworry  |  January 13, 2010 at 10:23 pm

    Sekarang udah gak sedih lagi kan,Mbak ?
    bunda datang utk menghibur dgn komentar disini.
    salam.

    udah gak bunda, alhamdulillaah…. senang bunda ke sini lagi setelah liburan yang menyenangkan yaa..^^

    Reply
  • 17. isil  |  January 16, 2010 at 11:08 am

    wah…semakin senang nongkrong disini..
    selalu saja ada tulisan2 yang mengingatkan sil..
    termasuk yang ini, bahkan dalam sedih pun selalu saja ada semangat dan inspirasi yang mbak sunflo sampaikan pada para pembacanya..

    mbak sunflo sudah bisa menyikapi sedihnya dengan baik.. yaitu berserah pada Nya..

    segala sesuatu harus kita serahkan padaNya, Sil… Dia yang Menciptakan kita, yang Menguji kita dan Dia pula yang Memberikan jalan keluarnya…

    Reply
  • 18. extraordinarydesign  |  April 12, 2010 at 11:36 pm

    sabar…
    bila rasa tak kuat..
    urutlah dada dan bisikkan pada hati ” Allah bersamaku! setiap dugaan pasti menjadi kebaikan!!”

    yup bener sis… ^^

    Reply
  • 19. extraordinarydesign  |  April 12, 2010 at 11:36 pm

    lawatlah blog saya juga

    URL nya mana.. ? 😕

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Blogger

NOVI dengan nama pena SUNFLO ... ^^ Silahkan ambil yang bermanfaat dari sini, tanpa harus meninggalkan jejak atau komentar, kalau mau copas, silahkan, tapi harap yang bertanggungjawab...

sunflo’s Calendar

sunflo’s posting

January 2010
M T W T F S S
« Dec   Feb »
 123
45678910
11121314151617
18192021222324
25262728293031

Translate My Blog

Translate this blog into different languages...
العربية
english
Français
हिन्दी

Archives

Blog Stats since August '09

  • 3,961,049 hits

sedang ada di kebun sunflower

”amung

visitors traffic

Enter your email address to subscribe to this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 393 other followers

Like My Site

FP NOVI NOUF

Instagram NoviNouf

This is another one.. #myredrose #redrose in #mygarden #gardening on a #balcony #flowerporn #love #beautiful #instaflower #instapic Tampak atas.. Aku masih terkesima aja sama penampakan ini, meski sekarang udah habis, tinggal kenangan.. Tapi cakep yak.. #gaadayangnanya :)) #pudingsusu #silkypudding #pudingbuah #me #dessert #bikinsendiri #homemade #instapic

%d bloggers like this: