Balada Cireng Saudi

January 10, 2010 at 12:41 am 22 comments

Cireng (aci goreng) kukenal ketika aku tinggal di Cirebon. Selama berada di Jawa Tengah, aku belum pernah menjumpai makanan ini, mungkin emang cireng merupakan makanan khas di Jawa Barat kali yaa, terutama di Bandung…

Aku suka beli cireng lewat mamang pedagang keliling yang setia mangkal di halaman sekolah, menunggu pembeli saat bubaran sekolah di sore hari dan setia berkeliling di kompleks perumahanku.

Selain cireng, si mamang juga jualan gorengan yang lainnya. Emang siih, minyak yang digunakan untuk menggoreng, hwedewwdi luar standar kesehatan kali… tapi…, cireng yang dia buat sendiri, warnanya putih dan rasanya enak, cabe rawit dan petis suka disertakan di dalam bungkusannya…

Kemudian saat jalan-jalan ke pasar, aku menemui produk cireng mentah yang dikemas di dalam bungkusan plastik, isinya 10 biji per paknya. Harganya keknya Rp 2.500,00 per pak. Rasanya macem-macem… ada yang rasa original (bawang), keju dan udang… Aku suka beli untuk persediaan cemilan pada waktu sore hari, teman untuk minum teh hangat di belakang rumah…🙂

kira-kira kek gini nie, cireng mentah yang sudah tersedia di pasaran (hehe… aku ambil gambarnya dari google..)

***

Kini, saat aku di saudi, aku pingin banget makan cireng setelah baca postingan Desri tentang resep cireng ala doi… Setelah baca postingan tersebut, aku langsung bergerak tuk membuat makanan kesukaanku itu, karena alhamdulillah bahan-bahan yang dibutuhkan tersedia di dapur.

Cuma baca resep cireng Desri sekilas, dan dikarenakan koneksi internetnya lagi lamban, aku bereksperimen sendiri… biasaaaa…. gak pake ukuran, PD ajah, inshaAllah tokcer dech!!

Tapi… yang namanya bukan resep sunflo punya gtu looh, modal tekad nekad… apa yang terjadi kemudian??

Ternyata, cireng yang kuhasilkan tidak seindah yang kubayangkan… Biasanya, cireng kalo digoreng akan muncul balon-balon kecilnya, ‘kan?? Nah, cirengku ini justru kalem bin adem ayem plus kusem dech…. 😦

liat nih… hasilnya kek gini, tapi rada mending, masih berasa acinya, saat dimakan, bentuk aci matang terlihat jelas…kek soun matang gtuu…

huadooh… terpaksa dech… adonan yang udah jadi kudu dihabisin, gak boleh buang makan ‘kan?? Aku n hubby menghabiskannya dalam 2 periode… hhuupfh…😦

***

Sore ini, aku bertekad untuk memperbaiki eksperimen cirengku yang gagal kemarin, dengan ‘lebih’ memperhatikan petunjuk Desri… “Hmm… pokoknya jangan sampai gagal…!!” pikirku…. 😆

Dengan penuh semangat, sehabis ashar kugarap bahan-bahan yang ada untuk menjadi cireng lezat… Terbayang cireng putih yang merekah saat digoreng… dimakan hangat-hangat, pake saos sambel… mmm yummmyy….  😛

hmm… penampakannya keknya meyakinkan yaaa…, n  a  m  u n  .  .  .

***

Kupandangi si cireng di dalam minyak goreng panas, dengan penuh harap… seperti biasa…. wajah yang kek gini nie   :)  lambat laun berubah jadi gini 😦

Hu..hu..hu…. si cireng gak mau merekah…!! Gak ada balon-balon yang keluar… kalau dibiarin lama-lama di penggorengan malah tambah kuseeeeeeemmmm…. !!😥

hiks…. kek gini  nie…. bantaaaaaaaaattt… !!

Plz dech Des… apa yang salah dengankyuuu??! Liat tuh… dalamnya gak seperti soun yang matang, penampakan acinya gak kliatan babar blazzz, tambah ancur bin memalukan dech…. kek tepung gurih digoreng ajah…😦

apa tepungnya ga sama dengan yang diproduksi di indo?? nie pake produk Thailand (halah…seringnya nyalahin alat, padahal… usernya sendiri yang kagak bisaaa…..😆   )

***

Tahu gak teman-teman… padahal aku pingin banget dapetin hasil cireng yang kek gini niiee….. :

Lihat tuh… betapa manis dan merekahnya mereka… 😦

***

Jadi harus bagaimanaaa??!! Hu..hu…hu… adonan itu?? Mau dikemanain dan diapaiiin?? Masak aku suruh menghabiskan lagi……. whhuuaaaaaa…. :'((

Balada cireng saudi kali ini berakhir sungguh mengenaskan… Hmmm… tunggu pembalasanku selanjutnya… :-P  xixixi…

Entry filed under: kuliner. Tags: .

Saat Sedih Menyapa Bila Bete Menyergapku

22 Comments Add your own

  • 1. nakjaDimande  |  January 10, 2010 at 7:52 am

    tinggal diutak atik lagi, kan sunflo jagonya
    pasti bisa!

    iya nieh bundo…ntar lagi merenung buat mencari tindakan darurat thd tuh adonan..xixixixi…

    Reply
  • 2. kakaakin  |  January 10, 2010 at 8:22 am

    Tindakan penyelamatannya dilakukan dong…
    Manuver2 khas Sunflo diaplikasikan…:mrgreen:
    Atau… bisa nggak dijadikan penganan lain aja❓

    can any one rescue my ‘adonan’, plzzzzzzzzzzz??? ntar kin… masih muter otak nieh…hehehe…

    Reply
  • 3. wong cilik  |  January 10, 2010 at 9:23 am

    hehehe setuju ama kakaakin .. pastinya bisa dong adonananya dibuat jadi makanan lain😀.. kalo baca dari comment rekan2 yang lain.. sunflo jagonya tuh..😛

    yoi sand.. entar qpikirkan lagi….hehehe…

    Reply
  • 4. alisnaik  |  January 10, 2010 at 12:51 pm

    selamat pagi

    kok kayak pisang goreng ya😛
    ups, iler saya netes lagi nih

    terima kasih dan mohon maaf😮

    hahaha… ga lah roel…. masih mending pisang goreng kesukaanku… ga bakalan bingung kek gini

    Reply
  • 5. monda  |  January 10, 2010 at 4:46 pm

    nggak bisa kasih saran, sori ya…he..he… nggak doyan cireng soalnya,

    hehehe…ga papa jeng, hanya ingin menumpahkan uneg2 n kesebelan ajah tuh… buat pengalaman neeh…

    Reply
  • 6. aurora  |  January 10, 2010 at 5:08 pm

    hahahhaa…. aku sih belum pernah makan cireng kak… tapi liat dari penampakan dan pendeskripsiannya, kayaknya aku ngerti rasanya gimana….

    apa coba rasanya rief….😛 ??

    Reply
  • 7. Makna Hidup  |  January 10, 2010 at 5:30 pm

    Apa kabar Sun Flo ?
    Mengunjungi lagi blog favorit saya nih..
    Cirengnya mantap…kalau di tempat kecilku dulu…kota Kuningan yang berseberangan dengan Cirebon, biasanya cireng ini sambalnya pake semacam sambal kuah…yang dibuat dari air, cuka, cabe, bawang putih, bawang merah, gula putih, garam sama bawang daun. Kayaknya kalau makannya sama cireng buatan Sunflo…makin mantap nih…
    Sukses selalu buat Sunflo.

    mantabz apanya de’… orang gatot (gagal total), ini masih cara gmana ngakalin sisa adonan itu…😦 ada saran?? makasih ya supportnya…🙂

    Reply
    • 8. Makna Hidup  |  January 10, 2010 at 10:02 pm

      Oh iya sahabat, kata tetanggaku yang jualan cireng…kalau mau bikin cireng yang mantap…tepung acinya pilih yang agak kasar, aduk adonannya pake air panas, apinya jangan terlalu besar dan minyaknya yang pasti banyak dong…kalau masih gagal….buang aja ke laut he..he..seperti bintang timur sarankan..Met mencoba lagi..Jangan lupa untuk promosikan Cireng di Saudi ya..Sunflo!

      nah….masalahnya… pake telor ga Zap?? daQ pake telor soalnya… tapi ntar mo nyoba lagi… walah…Zap…zap… jauh dari laut tauuu…, 14 jam perjalanan darat, itu laut yang terdekat…😛

      Reply
  • 9. abrus  |  January 10, 2010 at 6:30 pm

    Hmmm… tunggu pembalasanku selanjutnya…hahaha😦

    woalahhh … sunflo …😉
    pake *dendam sagala niyeeeee … pake *kesumat gak?
    untung gak dendan sama si mamang tukang cireng …

    mangkanya kudu ingat kata orang2tua, lain lubuk lain ikannya … lain koki lain masakannya … lho … lho kok saya gurui orang pinter …😀 … maaf sunflo (canda nihhh) …😆

    trus … cabut kata2: “sungguh mengenaskan… tunggu pembalasanku …
    padahal *dendam itu … nuansanya dosdos lho …😛 … ora elok … ntar di dengar si mamang cireng, bisa2 kualat … hihihi

    Reply
    • 10. abrus  |  January 10, 2010 at 6:43 pm

      ralat : …😉 … “padahal” … ganti dgn … “karena” 😀

      itu gaya bahasaku brus…. emang mengenaskan…kagak enak dimakan, soale bantaattt… terus aku mo nyoba bikin lagi, soalnya aq tuh suka penasaran kalo belom berhasil, pantang menyerah gtu…hehehe… balas dendam ma sesuatu yg bermanfaat kan boleh tho brus?? what do u think?? anyway…thx koreksiannya ntar kutelaah secara lebih sederhana namun mendalam lagi yaa…

      Reply
      • 11. abrus  |  January 10, 2010 at 10:08 pm

        Sunflo, maaf komen diatas … postingan gak ada yg salah … bagus dan jelas kok, semua runut … tepat sasaran utk ibu2 …😀

        btw saya aja yg gak nyambung, soale gak populer ama *si cireng … jadi cari2 ide mo komen apa?😉

        maklum dari kampung langsung ke Jkt, kenal *tahu, tempe, combrok dll di Betawi…disini hobby nasi uduk plus resto padang …🙂 … masakan sunda memang banyak pernik2 nya … (ingat empal Palimanan, Cirebon – dulu suka ke situ … sayang gagal … hehehe) … lho lho .. ngelantur lg nech …😛

        gapapa brus.. it’s OK… gagal PDKT ya.. hihihi…

  • 12. bintangtimur  |  January 10, 2010 at 9:26 pm

    Duuuuh, sama lagi nih…😛
    Saya suka banget cireng, kapanpun, kalo ditawarin cireng mah saya nggak pernah nolak…hehehe
    Tau nggak Sunflo (pasti nggak kan…), tadi pagi saya beli cireng mentah di pasar Cihapit, bagussss, peke irisan daun bawang, jadi ada iijo-ijonya….
    Trus kalo digoreng, dijamin mateng dan merekah sempurna…😀
    Ih, pengen ngirimin ke Sunflo deh, tapi gimana caranya ya????
    Saya juga suka cireng original, sekali-kali boleh lah isi oncom atau keju…
    Coba lagi Sunflo, kali-kali aja waktu bikin kebanyakan (atau kurang) air…trus, gorengnya pake minyak banyak dan api kecil ya…😉

    hmmm sis… apa karena dikasih telor itu yaa?? ntar sunflo mo nyoba lagi yg ga pake telor…. kalo gagal lagi..yaaaaaaa… 😦
    whhuuaaaa😥 nunggu sampe mendarat lagi di indooooo….

    Reply
  • 13. bintangtimur  |  January 10, 2010 at 9:28 pm

    Oya, ngakalin adonan gagal?
    Kayaknya dibuang aja deh…😛
    Hehehe, usul yang nggak kreatif ya!

    xixixixi….emang kek gtu akhirnya nanti……… hiksss… tapi eman sis… sayang buang makanan tuuuh… whhuuaaaa…😥

    Reply
  • 14. harumhutan  |  January 11, 2010 at 9:42 am

    aku nda sia bantu neeh sist,nda n9erti klu sual kue..
    hemm dialihkan sajah jadi makanan yan9 laen,dari acikan? mun9kin bisa ditambahin acinya trus direbus jadi empek empek makanan khas palemban9 tuch hiihihihi **sumpah inimah n9aco jan9an dicuba sist..😀

    iya yaa… empek2!! tinggal beli ikannya…hihihi… mo nyuba aahhh…

    Reply
    • 15. wi3nd  |  January 11, 2010 at 3:08 pm

      walah sistah malah mu nyuba hihihi..**ba9ii yahh..:mrgreen:

      hooh wi3nd, mo nyoba, pokoknya jgn ampe kebuang tuh makanan

      Reply
  • 16. haris ahmad  |  January 11, 2010 at 12:24 pm

    Wah kalo cireng jadi inget jaman SD di beri sangu jajan 50 rupiah, 25 rupiah beli cireng 25 rupiah beli ES kebo/ ES lilin xixixixxixixii
    bagi dong!!!

    cireng ike gagal, Gut…😦

    Reply
  • 17. haris ahmad  |  January 11, 2010 at 12:25 pm

    Bu Sunflo pandai memasak yah???
    ajarin dong!!!

    ike mo ngajari ceu’ cocom ajah or nyonya Ogut ajah…

    Reply
  • 18. idana  |  January 11, 2010 at 12:28 pm

    itu cireng namanya ya ??? waaah baru tau neh😀
    dasar gak gaul…habis orangnya gak suka makan sih hehehe

    hmmm…pantas…idana langsing…hihihi…

    Reply
  • 19. melianaaryuni  |  January 14, 2010 at 6:05 am

    Terus bereksperimen aja,Mbak…ntar depet cireng seperti yang Mbak inginkan🙂

    yup mel, makasih supportnya…^^

    Reply
  • 20. Desri Susilawani  |  January 19, 2010 at 3:20 pm

    ugh…mbakku tersayang!!! aku hadir dengan koneksi yang super payah..maklum musim ujyan niyy…
    sebenarnya…cireng yang kuposting kemaren itu adalah resep untuk cireng isi yang lagi ngetop di bandung…
    nah kalo yang penampakannya putih dan merekah dengan balonnya ityu…bahannya cuma pake aci doang!
    begini ya…
    pertama bikin dulu lem dengan cara aci dimasak dengan air. Ukurannya kira-kira juga boleh koq.dikit aja yaaa…..
    setelah jadi lem aci yang bening, angkat ya dari kompor dan pindahin ke baskom. masukkan bumbu-bumbu seperti garam, bumbu penyedap, daun bawang yang sudah dirajang, dan kalo suka boleh juga ditambah bawang putih yang sudah dihaluskan.
    sekarang mbak sunflo tambahin sama tepung aci…ingat ga boleh nambahin air lagi yaaaa….
    waktunya untuk mengeluarkan tenaga extra…hehehe…bercanda ding, maksudnya waktunya untuk menguleni adonan itu sampe dirasa ga terlalu lengket lagi ditangan. baru deh di bentuk dan diisi kalo suka.
    terakhir..gorenglah dengan minyak yang tidak terlalu panas. biarkan saja panasnya bertahap….pengalaman nih, kalo ngegoreng cireng dengan minyak yang sudah panas…jadi meletus dan nyiprat ke wajahku..lumayan lama korengannya…hiks!
    semoga sukses deh praktek nya…salam sayang selalu untukmu

    oooohhh…. aq kuper nie des…. cireng pujaanku pada pandangan pertama tuh yang original…. nah yang edisi terbaru… keknya aq blom mengenalnya…. maap yaaa…. maklum produk jadul nie… makasih banget, aq jadi tambah pengetahuan…^^

    Reply
  • 21. hasty  |  April 21, 2012 at 11:13 am

    assalamu’alaikm.masih hoby experiment bu..:-)) aq jg,n rasanya kesel banget kalo gagal.tapi g putus asa kok walau dompet makin tipis gara gara menebalkan isi dapur yg akhrnya jadi sampah..ihik..5x..:’-(kasian dech tuh bahan.kalo punya resep baru dan enak buat teman baca buku inget aq ya..;-)salam kenal dari situbondo jawa timur paling timur😀

    Reply
  • 22. maya mulyasari  |  January 12, 2015 at 2:12 pm

    hahahahaha… ak tiba” keinget kemrin sama suaminku..niatnya si bikin cemilan buat begang sma temn”ny jga..taunya malah jdi bahan ketwaan… dan kata suamiku slma ini masak baru ini nemu masakan aneh di liat dan aneh di lidah wkkwwkwk ..hahahha

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Blogger

NOVI dengan nama pena SUNFLO ... ^^ Silahkan ambil yang bermanfaat dari sini, tanpa harus meninggalkan jejak atau komentar, kalau mau copas, silahkan, tapi harap yang bertanggungjawab...

sunflo’s Calendar

sunflo’s posting

January 2010
M T W T F S S
« Dec   Feb »
 123
45678910
11121314151617
18192021222324
25262728293031

Translate My Blog

Translate this blog into different languages...
العربية
english
Français
हिन्दी

Archives

Blog Stats since August '09

  • 3,961,049 hits

sedang ada di kebun sunflower

”amung

visitors traffic

Enter your email address to subscribe to this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 393 other followers

Like My Site

FP NOVI NOUF

Instagram NoviNouf

This is another one.. #myredrose #redrose in #mygarden #gardening on a #balcony #flowerporn #love #beautiful #instaflower #instapic Tampak atas.. Aku masih terkesima aja sama penampakan ini, meski sekarang udah habis, tinggal kenangan.. Tapi cakep yak.. #gaadayangnanya :)) #pudingsusu #silkypudding #pudingbuah #me #dessert #bikinsendiri #homemade #instapic

%d bloggers like this: