Bila Bete Menyergapku

January 11, 2010 at 4:22 am 22 comments

” Bosan juga sama lo, kenapa bisa bikin bete…huhuhuhu, please help me, Sunflo… :(

Kalimat di atas adalah sinyal SOS dari sahabat mayaku tersayang, jenk Bintang Timur… Huuufph… ada apakah gerangan dengan beliau?? Kagak biasa-biasanya begono?? Aaahh… tapi, sebagai seorang sahabat maya yang baik bagi beliau, sunflo coba mengirim bantuan SAR untuk merespon sinyal SOS tersebut… Wajah ininya nie   :(  bikin sunflo ga kuku buat segera melakukan tindakan…

Emang sih tak seberapa, … sekedar tukar pikiran saja dan berbagi pengalaman, siapa tahu bermanfaat …. ya gak??

***

Bosan a.k.a jenuh bin bete adalah hal yang manusiawi, setiap orang pasti pernah mengalaminya…

Bagi yang sedang tidak mengalami gangguan ini, akan dengan leluasa berbicara, mengeluarkan petuah bin wejangan… ini.. itu… begini… begitu… (hihihi…kek aku sekarang ini, alhamdulillaah, lagi sehat nie… :-P  )

Namun…, bagi yang sedang mengalami usikan ini, ……. huadooww… kek pingin teriak sekenceng-kencengnya, ngucel-ucel rambut, gigitin bantal dan lain sebagainya… (segitunya gak siih?? :-?  )

Dari pengalaman pribadi aja dech, biasanya sunflo akan merasa bete banget kalau:

jenuh dengan rutinitas dan menjalani sesuatu yang monoton,

kecewa terhadap seseorang atau sesuatu,

dan … penyakit malas ….😛

***

Faktor-faktor Penyebab

jenuh dengan rutinitas dan kemonotonan

Dulu sewaktu aku mejadi guru, aku sangat mencintai pekerjaan dan rutinitasku… Aku suka banget bergerak secara aktif, menjadi motor penggerak bagi yang lain. Tapi, terkadang aku juga mengalami rasa capek karena energi dan pikiran terforsir… Capek badan sih gampang obatnya…. namun capek hati?? Siapa yang jualan koyo’ buat hati???😛

Kecewa

Capek hati biasanya timbul karena kecewa terhadap sesuatu, misalnya: kemonotonan dan tidak adanya variasi gerak…. bisa juga kecewa terhadap seseorang yang tidak sesuai dengan harapan kita… Seolah kitanya yang begitu antusias… eh, dianya adem ayem terkesan menggantungkan diri pada kita atau malah tidak butuh sama kita… (weleh…cape’ dech!!)

Mungkin kita over dosis semangatnya kali yaa… kan yang terlalu-terlalu itu gak bagus di hati…ya gak?? Sehingga giliran udah titik kulminasi semangat dicapai… akhirnya jenuh itu menyergap… (whuehehehe…!!) Yang pada akhirnya … rasa malas akan timbul bak jamur di musim penghujan…

Malas

Malas…?? Hihihi…kalau yang satu ini mah penyakit namanya… kudu diusir segera… Karena kalau yang satu ini sudah mendominasi?? Hmmm… rusak dech semua acara dan kegiatan…. dengan alasan…. “Males ahh..!!

***

Jika Sunflo Bete

Faktor-faktor penyebab bete yang biasa aku alami emang tak bisa dipisahan satu sama lain… semuanya saling berhubungan. Sehingga penanganan terhadap kondisi tersebut yang selama ini aku lakukan yaa…saling terkait.

Biasanya kalau aku bete, pertama kali yang kulakukan adalah mencari hiburan atau refreshing… sukanya jalan-jalan malam hari sama hubby, keliling kota, cuci mata lihat lampu-lampu dan manusia di luar sana. Kalau siang hari, suka main ke rumah sobat dekatku, yang selalu ada untukku. Kami berdua duduk di pinggir kolam ikan, ngliatin ikan kejar-kejaran atau kasih makan ikan sambil ngemil n ngobrol, ngerumpiin diri sendiri dan keluarga, hobi (ikan dan tanaman hias) dan sedikit aktivitas sekolah dengan segala pernak perniknya… Atau kalau ada waktu dan fulus, kami suka jalan-jalan keluar: ke toko kembang atau mall

Bila bete itu menyangkut dengan manusia, maka aku coba menjalin komunikasi dengannya… “Gimana sih maunya…?? ” Pokoknya untuk menyelaraskan gtu… Tapi kalau sudah diusahakan baik-baik tak direspon positif juga… ya…sudahlah… jalani ajah, nyari solusi yang lain…

***

Aku juga berpikir, kenapa aku bisa jenuh dengan pekerjaan/ruitinitas… itu semua dikarenakan lebih banyak energi yang kukeluarkan, sedangkan pemasukan spirit secara ruhani ke dalam diriku kurang atau tak ada.

Makanya… aku usahakan untuk mencari kedamaian itu secara spiritual… ikut pengajian, baca-baca buku islam yang bermanfaat, banyak-banyak istighfar dan dzikir (termasuk baca qur’an n artinya) … Jangan sampai besar pasak dari pada tiang-lah…

Kemudian satu hal yang mungkin terlewatkan… yaitu mencoba mengkoreksi, meluruskan, dan memperbaharui niat, barangkali selama ini keikhlasan dalam beraktivitas sudah terkotori oleh debu-debu ambisi… Ambisi agar orang-orang nurut sama kita, pingin jadi yang terdepan, pingin ini … pingin itu…

Soalnya kalo suatu amalan gak diiringi dengan keikhlasan… hmmm… pasti dech hatinya capek… alias bete… bin jenuh…

***

Hihihi… contoh kasus yang sederhana banget nie… Aku sering gini nie   :(   kalo blogku lagi sepi… Hubby suka bilang, ” Yang ikhlas kalo ngeblog tuh… ada atau tidak ada yang komen, yang penting berbagi sesuatu yang bermanfaat…

Hmmm… bener juga yaa… Ini nie yang paling susah diraih… keikhlasan…, gampang diucapkan, namun pelaksanaannyaaa… hwedeww… syusyaaah…😦

***

Terakhir, … bila bete menyergapku… selalu aku akan berusaha tuk koreksi diri… kenapa bisa terjadi?? Soalnya prinsipku :

seorang mukmin tuh pantang buat sedih yang berkepanjangan, pantang berlemah diri, pantang menyerah dan pantang untuk jenuh alias bete…


Nah, segera untuk cari tim SAR-nya… Kukembalikan semua pada panduan hidupku: Al Qur’an dan As Sunnah (hadits), untuk cari penguat semangat lagi…

“Dan janganlah kamu (merasa) lemah dan jangan (pula) bersedih hati, sebab kamu paling tinggi (derajatnya), jika kamu orang yang beriman …”  (QS. Ali Imran : 139)

Setiap amal itu ada masa semangatnya, dan pada setiap masa semangat itu ada masa futur (bosan). Barangsiapa yang ketika futur tetap berpegang kepada sunnahku, maka sesungguhnya ia telah memperoleh petunjuk dan barangsiapa yang ketika futur berpegang kepada selain sunnahku, maka sesungguhnya ia telah tersesat.” (HR al-Bazaar)

***

Intinya, kita harus tahu… esensi dari aktivitas apa yang sedang kita kerjakan… Bila itu bermanfaat… kerjakan, tingkatkan dan lanjutkaaaaan … namun bila kurang bermanfaat, yaah … tinggalkan ajah (soalnya bikin capek bin sia-sia).

Terus… bila sudah tertanam hal yang demikian, kita lurusin niat karenaNya, untuk mendapatkan keridhaanNya… Pokoknya kalau muaranya hanya padaNya… maka Dia juga nanti yang akan membantu aktivitas kita…, terakhir… banyak-banyak berdoa agar terhindar dari sifat-sifat jelek seperti malas dan lemah hati… diiringi dengan tekad yang kuat untuk menepisnya.

Yang paling bontot banget (soalnya udah bilang terakhir tuuh di atas) …. bolehlah refreshing buat penyegaran … namun ingat… bila hanya mengandalkan refreshing n suka-suka belaka, sunflo yakin… itu semua hanya pelipur sementara, selesai refreshing, dijamin dech… bete lagiiiiiiiiiiiiiiiiii…😛

Jadi emang iman dan tekad dari dalam diri itulah yang dapat membuat kita bisa mengatasi semua usikan dan gangguan yang mengancam ketentraman hati kita… termasuk si bete ituuu…🙂

Begitulah teman-teman… petuah dan pengalaman dari sunflo… semoga bermanfaat yaa…

Entry filed under: renungan dan curhatku. Tags: .

Balada Cireng Saudi Mendidik Adalah Naluri Wanita

22 Comments Add your own

  • 1. bintangtimur  |  January 11, 2010 at 6:41 am

    Hahahahaha, makasih dulu ah…saya baru mau baca niiiih!

    mangga atuuuh

    Reply
  • 2. bintangtimur  |  January 11, 2010 at 6:51 am

    Waduuuuh, ketahuan deh…kemarin itu saya memang lagi bosan dengan rutinitas, dan…penyakit malas, jadilah muka saya begini😦
    Tapi setelah baca posting ini, saya jadi semangaaaaaat lagi…ssst, muka saya sekarang udah berubah jadi kayak gini🙂 …
    Sebentar lagi nih, saya harus bisa seperti ini…😀
    Sunflo, Sunflo…bisa aja deh nyenengin orang bete…!
    Thanks ya, kayaknya kalo saya sering-sering berkunjung kesini, segala macem bete itu nggak mau lagi datang lagi menghampiri…
    Insya Allah.
    Sebentar lagi nih, saya mau posting, ditunggu kedtangannya, Sunflo…I miss u…😛

    yah…maklum sis, sunflo juga tkadang ngerasain kek gtu… semoga ada manfaat yang bisa dipetik dari saling berbagi ini yaa…. bye..bye…BT… ^^

    Reply
  • 3. indra1082  |  January 11, 2010 at 8:06 am

    Kalau lagi BT, memang males ngapa2in..:mrgreen:

    ho oh

    Reply
  • 4. bayu  |  January 11, 2010 at 8:18 am

    suka banget ma ayat yg satu itu mba. jadi penenang klo pas lagi ga tenang melihat sekitar.
    BeTe? hmmm, pasti pernah. makanya sekarang sedang mencari sesuatu yg bisa membuat aq feel free

    semoga blogku bisa memberikan pencerahan yaaa… (PD ajah)

    Reply
  • 5. idana  |  January 11, 2010 at 8:42 am

    aku juga lagi bete ne sunflo😦
    mungkin karena dah lama ngak kesini yaaa…gak ada ide juga buat nulis
    bawaannya pengen teriak😦

    teriaklah daa… asal ga gigitin bantal…. usirlah si BT da… jangan biarkan dia berlama-lama di dirimyuu..

    Reply
  • 6. Kakaakin  |  January 11, 2010 at 8:43 am

    bete plus malas emang sering menghinggapiku…
    sampai2 pernah menghindari bos karena belum menyelesaikan laporan yang diminta, waktu itu lagi merasa bete beratt dengan tugas yang dikasih (hehe… bilang aja lagi malas🙂 )
    Alhamdulillah, sekarang mulai menata diri lagi, belajar ikhlas…
    Ternyata kerja jadi lebih enteng🙂

    iya kin..keikhlasan itu yang akan memperingan tugas2 kita… met tugas yaa…

    Reply
  • 7. harumhutan  |  January 11, 2010 at 9:37 am

    teran9kum suda semuannya diatas..
    semo9a sahabat maya kaka suda nda bE-te la9i yah sist..🙂

    iya de’… aamiin

    Reply
  • 8. nakjaDimande  |  January 11, 2010 at 10:02 am

    sunflooo, kata-kata suamimu sama dengan KD nya bundo : klo ngeblog yang ikhlaaaaaaassss:mrgreen:

    sama ya bundo…. xixixixixi………..

    Reply
  • 9. abrus  |  January 11, 2010 at 10:55 am

    Mbak Novi … hehehe … bu guru sunflo, alangkah besar mamfaat postingan kali ini … terasa banget …😛

    Waduuhhh … semakin diasah semakin bersinar …😉 … kini kian nyata kilauan sunflo … seorang pemilik ilmu didaktik mumpuni … hehehe …

    ayo semangat … keluarkan semua ilmu kedikdayaan dikoww … sirami orang2 dikampung halaman dgn petuah2 yg bermamfaat …
    seperti postingan diatas …😀 … gak salah saya menyebutmu SI-MATAHARI dari arah timurnya negeri Saudi …

    bisa2 hidungku push up nie brus… alhamdulillaah, yoi bruuusss…. kita belajar tuk kehidupan ini bareng2 yaaa…

    Reply
    • 10. abrus  |  January 11, 2010 at 1:21 pm

      Kalo gitu lanjut ttg kehidupan, btw negeri kita subur tapi ga makmur berkaitan dengan masalah tauhid, that’s all… (mata & kuping sy seriuss nech ..)

      kalo gituuuuu … postingan sunflo yad …😉 … kupas masalah itu …😀 … yg ringan2 aja duluuu … oce …😛 … ditunggu ..!!

      inshaAllah Brus… sunflo akan coba posting hal tersebut yang ringan2 ajah dulu… makasih idenya yaa…b^^

      Reply
      • 11. abrus  |  January 11, 2010 at 2:59 pm

        ya ya se7 … yg sederhana aja dulu …😉 …

        btw saya tanyain sama Tauchid.M (temanku) … dia gak faham tuh … napa negeri kita gak makmur …😀 … hehehe (canda lg … )

        tauchid si penjual pepaya?? ya ga bakalan tau brus…halah!!

  • 12. falasi  |  January 11, 2010 at 1:26 pm

    iiya kk saya juga sering ngerasa bosan, huhuu
    ternyata ini yang bikin gini: dikecewain seseorang😦

    yaudahlah kalo begitu, musti ikhlas…😀

    iya de’… mari sama2 belajar ikhlas yaa… terus koreksi aktivitas kita, sejauh mana manfaatnya… kalo gak manfaat mending tinggalin…, dikecewain ma seseorang?? mending jaga jarak ajah dulu jadi seorang temen ajah, jgn dimasukkin ke hati, soalnya kalo broken heart, sakiiiiiiiiit bgt, ya gak??… cari kegiatan lain yg manfaat keknya lebih OK dech… b^^

    Reply
  • 13. setitikharapan  |  January 11, 2010 at 2:52 pm

    Wah jadi mengingatkan kembali dengan kejadian beberapa hari yang lalu. tapi memang biasanya seperti itu mbak sebab-sebabnya. Dan untuk solusinya, boleh juga di terapkan.

    semoga bermanfaat ya de’ dan Allah mudahkan tuk mengatasinya…

    Reply
  • 14. anny  |  January 11, 2010 at 3:22 pm

    Jika sedang bete becanda sama anak juga hilangin rasa bete itu🙂

    yup itu salah satu solusi…^^

    Reply
  • 15. Ayahnya Ranggasetya  |  January 11, 2010 at 6:48 pm

    bedanya bete dengan stress apa, Mbak?
    saya sering ngalamin stress di tengah suasana panas, gerah dan ribut.

    bete adalah bagian dari stress,tingkatnya masih kategori rendah… gak terlalu membahayakan, berarti kalo bapak ngeluh stress, itu penyebutan secara umum… stress tingkat tertinggi adalah gila…demikian penjelasan psikologi ala sunflo…^^

    Reply
  • 16. Mamah Aline  |  January 11, 2010 at 9:28 pm

    wahh mba Bintang Timur lagi bete ya, mending kayak saya kalo bete berusaha memahami dan menikmati hidup dan cari obatnya masing-masing… tiap orang berbeda obat, dosis dan takaran…

    ya jeng, namun ga da salahnya buat berbagi, bisa saling mengisi dan melengkapi…^^

    Reply
  • 17. zapira  |  January 12, 2010 at 12:45 am

    Saluuuuto….sama miss Sunflo ini…ruarrrr biasa…
    Kayaknya…bener-bener jadi obat buat yang lagi BeTe nih postingan miss Sunflo….termasuk aku…he..he..
    Moga Mbak Irmanya semangat lagi dan ngeluarin terus postingan hebatnya…kayak miss Sunflo ini..
    Tapi kita harus tetap tenang ya miss Sunflo…apapun yang menimpa diri kita, selalu ada hikmah yang bisa kita ambil. Sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan.
    Hatur nuhun miss Sunflo…wilujeng leleson..!

    betul de’… yakin akan berita dan janjiNya…

    Reply
  • 18. alisnaik  |  January 12, 2010 at 7:47 am

    selamat pagi

    bete dan malas bisa timbul karena kurangnya determinasi dan motivasi.
    kira kira seperti itu menurut saya.

    terima kasih dan mohon maaf😮

    ya…itu tambahan dari aroel, makasih ya..

    Reply
  • 19. nuun  |  January 12, 2010 at 1:31 pm

    wah, kalo saya bete gara2 blog gak ada yg comment, bisa2 gila nich.. hehehe🙂 soalnya sepi comment. untung comment gak ada yg comment, gak ngaruh. Mudah2an ikhlas dan motivasi uhtuk sendiri yg lebih penting. bener ga mbak?

    ya nuun, sama… yuuk sama2 belajar tuk ikhlas yaaa…

    Reply
  • 20. sandalilang  |  January 12, 2010 at 2:24 pm

    hehehehe tulisan yang ringan tetapi meneduhkan…

    makasih sand, semoga bermanfaat yaa..

    Reply
  • 21. bundadontworry  |  January 13, 2010 at 10:20 pm

    alhamdulillah, bunda gak pernah bete utk selalu berkunjung kesini, malahan selalu mendapatkan sesuatu yg bisa dibawa pulang, tentunya dgn sajian yg selalu penuh manfaat dari Mbak Novi.
    terimakasih utk sharingnya,Mbak.
    salam.

    sama2 bunda.. senang bunda bisa mengunjungi novi sunflo lagi…. ^^

    Reply
  • 22. Desri Susilawani  |  January 19, 2010 at 3:26 pm

    sebenernya lagi bete sama koneksi inet….hihihi….tadi pagi nol banget, kosong ag ada sinyal….waaaaa….

    pake apa des??? …

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Blogger

NOVI dengan nama pena SUNFLO ... ^^ Silahkan ambil yang bermanfaat dari sini, tanpa harus meninggalkan jejak atau komentar, kalau mau copas, silahkan, tapi harap yang bertanggungjawab...

sunflo’s Calendar

sunflo’s posting

January 2010
M T W T F S S
« Dec   Feb »
 123
45678910
11121314151617
18192021222324
25262728293031

Translate My Blog

Translate this blog into different languages...
العربية
english
Français
हिन्दी

Archives

Blog Stats since August '09

  • 3,961,049 hits

sedang ada di kebun sunflower

”amung

visitors traffic

Enter your email address to subscribe to this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 393 other followers

Like My Site

FP NOVI NOUF

Instagram NoviNouf

This is another one.. #myredrose #redrose in #mygarden #gardening on a #balcony #flowerporn #love #beautiful #instaflower #instapic Tampak atas.. Aku masih terkesima aja sama penampakan ini, meski sekarang udah habis, tinggal kenangan.. Tapi cakep yak.. #gaadayangnanya :)) #pudingsusu #silkypudding #pudingbuah #me #dessert #bikinsendiri #homemade #instapic

%d bloggers like this: