The Story of Saudi Arabian ‘Pempek’

January 14, 2010 at 3:15 am 21 comments

Howdy friends, jumpa lagi dalam kisah seru kuliner sunflo….😛

Friends… beneran dech, kalian semua harus turut yakin seyakin-yakinnya… bahwa selalu ada hikmah dari setiap peristiwa yang kita alami, tentu… bagi yang mau memetiknya…

Termasuk dalam urusan jagad perkulineran sunflo… :mrgreen:  Masih ingat dengan adonan cireng sunflo yang gagal kan?? Yeah…setelah kemarin sunflo berhasil bereksperimen dengan cireng dambaan, sekarang gantian sunflo ngegarap adonan cireng yang gagal itu…

Alhamdulillah, berdasarkan masukan dari Wi3nd bahwa adonan itu keknya bisa dijadikan pempek, maka Sunflo googling resep pempek di net. Dapatlah diriku akan resep yang dimaksud… dibaca sebentar, langsung turun ke dapur laga dengan semangat juang ’45….😆

***

Alhamdulillaah di rumah tersedia bahan-bahan yang kubutuhkan setelah sebelumnya aku pesen pada hubby tuk membelikannya.

hubby beli 1 ekor ikan kek gini nie yang udah dipotong-potong menjadi 10 bagian, aku gak tau namanya ikan apa …

wajahnya kek gini nie… ada yang kenal gak???  😛

Kata mereka, ikan yang bagus buat dibikin pempek adalah ikan tengiri… namun sekali lagi bukan sunflo namanya kalo ga pake prinsip ekonominya yang praktis…. Hayoo siapa masih ingat prinsip ekonominya sunflo???

Ikan ini kuambil dagingnya kemudian kucacah-cacah dan kucampur dengan adonan cireng yang lalu, sambil kutambahi dengan sedikit aci…

Kemudian adonan kubentuk menjadi pempek fantasiku… dengan PD-nya, yakin emang gtu bentuk pempek tuh.. lalu kuisi tengahnya dengan kocokan telor.

Setelah itu, kumasukkan dalam air yang mendidih yang telah dicampur ma minyak goreng… ditunggu hingga pempeknya mengapung, lalu angkat dan tiriskan..

***

Jiiaaahh…. nie dia pempek fantasi sunflo…. waahh.. tembem-tembem segede kentang dan ubi jalar nan tak beraturan bentuknya… 😛

Setelah puas dengan hasil yang kuperoleh… aku kembali googling tuk nyari bentuk pempek sebenarnya… hubby ada di sampingku… tiba-tiba pecah tawaku….

***

:lol:  …. ternyata …  pempek asli tuh bentuknya kek gini yaaa…. :mrgreen:  akhirnya… kami ketawa ngekek bersama …  😆

***

Wuuiiiiss… kagak peduli pan bentuknya kek apa!! yang penting aroma dan rasa ikannya… hmmmmm … menggodaku tuk segera menggorengnya… sambil kubikin cukonya yang terdiri dari bahan: bawang putih dikeprek, cabe rawit, gula jawa, asem, gula dan garam dikit… dicampur dengan air hingga mendidih..

nie dia pempek yang udah digoreng plus cukonya… daaaannn … traraa..

Here is… pempek saudi arabianya sunflooo…. ikannya kerasa banget euyy!! muantaaabzz…. alhamdulillaah…🙂

***

Demikianlah teman-teman…, akhir dari the story of saudi arabian ‘pempek’ ala sunflo…. hepi ending dah… Makasih banyak kuucapkan pada Desri dan Wi3nd atas resep dan saran yang indah ini, yang dengannya… sunflo akhirnya bisa membuat pempek… padahal… sebelumnya keknya masih jauuuh banget dech tuk bisa membuatnya…

Emang selalu ada hikmah di  balik suatu peristiwa… bagi siapa saja yang mau memetiknya…. ^^v

Entry filed under: kuliner. Tags: .

Hehehe… Lumayaaan… Orang-orang yang Tersembunyi

21 Comments Add your own

  • 1. melianaaryuni  |  January 14, 2010 at 6:09 am

    Wah, bisa buat empek2 juga nih….Hebat !

    iya mel…tnyata gampang bikinnya yaa.. ntar lagi mo bikin siomay aahhh….

    Reply
  • 2. bintangtimur  |  January 14, 2010 at 7:37 am

    Saya ketawa dulu ah, waktu Sunflo tanya ada yang kenal wajah ikan itu…hahahahahahaha😛
    Jadi malu nih, saran saya dulu, bener-bener saran orang apatis ya!
    Pokoknya hebat deh buat Desri dan Wi3nd, juga buat Sunflo yang udah mewujudkan saran bagus mereka…
    Saya kayaknya pengen jadi tetangga Sunflo deh, biar kebagian icip-icip terus😉

    ga kok sis…pikiran kita sama, makluum wanita… tapi, saya selalu ingat prinsip: jangan buang2 makanan, ingat sama mereka yg ga bisa makan kek kita…, jadi alhamdulillaah ada solusinya…hehehe..buat intermezo ajah tuh solusi kilat kita yaaak…^^

    Reply
  • 3. abrus  |  January 14, 2010 at 8:53 am

    Sunflo, sayang saya gak kenal wajah *ikan itu … wajah suflo aja belum nyata …😦

    ke sawah dulu ahhhh … ntar balik lagi … 😀

    dooh…ikan apa yaaak??😕

    Reply
    • 4. abrus  |  January 14, 2010 at 11:35 pm

      Tadi sore saya dan teman mampir ke resto mpek2 Palembang …🙂 … ingat MPEK2 SAUDI ARABIANYA SUNFLO … mungkin lebih sedap dari yang kami santap …😀

      So se7 banget … selalu ada hikmah di balik suatu peristiwa… bagi siapa saja yang mau memetiknya…:P

      iya keknya brus, soalnya ikan yg sunflo kasih ke adonan banyak banget…kalo yg dijual-jual tuh sedikit ikannya yaa..

      Reply
  • 5. ismi  |  January 14, 2010 at 9:02 am

    bca yg pas kalian ktawa ngakak bareng..keknya seru bgt!bs bereksperimen bikin mknan bru smbil ditemenin hubby!!what a romantic you are…
    dtmenin biy wkt msak kl hr sbt/minggu paling….

    iya is ..beneran ngakaknya… pempekku kek tales bogor ajah gedenya…hihihi…

    Reply
  • 6. asepsaiba  |  January 14, 2010 at 5:13 pm

    mantaap tuh kayanya.. kirim ke bogor ya mbak…🙂

    yang di bogor kek nya lebih enak kang…

    Reply
  • 7. annosmile  |  January 14, 2010 at 6:18 pm

    ngileer. mode on..
    nyicip dung

    beli di mamang pempek terdekat…^^

    Reply
  • 8. Zapira  |  January 14, 2010 at 7:16 pm

    Assalamu’alaikum,
    Met malam miss Sunflo, kalau di Saudi sore kali ya…
    Wuuiiiiiih mantap pisan euy pempeknya….jadi iri nih…pengen kayak miss Sunflo…pinter masak dan sering bereksperimen. Masukan bagus buat kita-kita nih bu Guru…tararengkyu…
    Tapi saya ngeri lihat ikannya….sungguh sadisme…mukanya terutama bagian mulutnya…dipapas abis dengan sadisnya..he..he.. enggak sekalian matanya dcopot hi..hi..hi..kalau enggak dipapas mulutnya mungkin saya kenal…hmmmm
    Satuju pisan pokona mah…”selalu ada hikmah di balik suatu peristiwa… bagi siapa saja yang mau memetiknya..”
    Sukses selalu buat sahabatku miss Sunflo..

    orang sono mah…tidak tau seninya makan kepala ikan zap…pokoknya yg bagi mereka menjijaykan segera dienyahkan dari peredaran bahan2 makanan di dapur…hhuupfh… *.*

    Reply
  • 9. setitikharapan  |  January 14, 2010 at 9:06 pm

    Wah mbak, sepertinya enak. Kle bentuk mah bisa dibenerin kan tinggal nyetaknya aja. Pesen satu piring dunk. mantap mbak, kata iklan pilpres Lanjutkan…! :-bd

    iya de’… wah ga trima pesenan, tlalu jauh nganternya, berat di ongkos…😛

    Reply
  • 10. alisnaik  |  January 14, 2010 at 10:24 pm

    selamat pagi

    foto ikannya.. mengerikan !!😯

    di Arab gak ada orang jualan empek-empek yaa ??
    bisa jadi peluang bisnis nih😉

    terima kasih dan mohon maaf😮

    makanya aku nanya nie roel, ini ikan apa gtu, kamu kenal gak??

    Reply
  • 11. monda  |  January 14, 2010 at 10:27 pm

    ikannya kok melotot gitu ya, biarin ah yg penting pepmpeknya enak kan sunflo

    hehehe..emang ada ikan yang matanya sayu,mbak?? alhamdulillaah enak mbak… b^^

    Reply
  • 12. nakjaDimande  |  January 14, 2010 at 10:27 pm

    walaupun bentuknya ngga ky yang asli tapi rasanya bundo yakin enaaaaakkkk. apalgi dimakan penuh cinta berdua suami tercinta.

    sunflo hebat loh bisa masukin kocokan telor ke adonan itu.. ngga tumpah, bocor?

    alhamdulillaah enak bundo… aah, masih krg memuaskan tuh sebenernya, adonannya masih terlalu lembek, maklum… acinya tinggal dikit, n… kocokan telor itu, baru sedikit kok bundo, blom bisa yg kek gambar asli di atas tuuh, yg ada mata sapinya…hehehe…

    Reply
  • 13. Aribicara  |  January 15, 2010 at 12:15 am

    KAsian tuh nasib si Ikan … Wkwkwkwkk😀

    Kasih Nama Ikan Menderita😀 ckckckck…..

    ikannya malah bahagia ri…kan udah berperan membantu sunflo bisa bikin pempek…😛

    Reply
  • 14. wi3nd  |  January 15, 2010 at 12:02 pm

    astaqfirloh alazim..ikannya serem ban9eed sistah,aku takuut liat matanyaaaa..** sun99uh aku indak men9enalmu ikan..😦

    hiyaaaa..sistah beneran membuatnya hihii..
    alhamdulilah ternyata nda terbuan9kan bahan bahan ciren9nya,kok nda nyampe kehutan yah?

    satu la9i sist,klu kuah pempeknya masih ada,sistah bisa bikin bakwan sayur ituh loch klu oran9 sunda bilan9 bala bala,klu oran9 jawa bilan9 ote-ote,hemm..bakwan pake kuah pempek sedaaap loch selamat mencuba hehehehhe…

    hehehe…kalo itu seh aq punya resep tersendiri wi3nd, namanya Badak Sambel… bakwan diiris-iris, dikucuri kuah sambel pecel, n ditaburi kecap, saos n bawang goreng…mmmm….yummy….!!

    Reply
  • 15. idana  |  January 15, 2010 at 3:13 pm

    aku liat mata ikannya..keknya kasian deh wkakakaka

    tapi pas udah jadi pempek…hmmm pastinya bikin ngiler thu😉

    ho oh, eunak tenaaan daa… di Bali banyak ikan kan??

    Reply
  • 16. Kakaakin  |  January 16, 2010 at 6:40 pm

    Wah, diriku kalo disuruh bikin pempek kuserahkan pada ahlinya aja dah, karena di samarinda lumayan banyak yang dagang🙂
    Tapi di Saudi sih kudu mandiri🙂

    Ehm… akhirnya udah tau si aci ini:mrgreen:

    gampang kok kin…beneran!! hehehe…dah tau aci juga rupanya..syukurlah…

    Reply
  • 17. riripunyakisah  |  January 17, 2010 at 1:53 am

    jiahhh…..bikin laper …malem.malem gini liat pempekmu mba!

    cobalah bikin ri…

    Reply
  • 18. ImUmPh  |  January 18, 2010 at 3:42 pm

    Wah.. maknyuz tuch! Apalagi klo pedas, cengeknya sekilo!
    Ntar bagi2 yach!

    aq ga suka pedes2 banget…berbahaya tuh

    Reply
  • 19. haris ahmad  |  January 18, 2010 at 3:44 pm

    semalam baru saja saya buat pempek ala Ogut yahut
    ujan ujan enak banget bu………….

    wah… sama siapa Gut, nyonya yg bikin apa Ogut??

    Reply
  • 20. Desri Susilawani  |  January 19, 2010 at 3:53 pm

    alhamdulillah mbak….malahan aku kalo kangen pengen makan pempek buatan sendiri, ya dari resep cireng itu juga dan ga pake ikan…whuaa hahaha….

    pake ikan tambah muantabzz des..

    Reply
  • 21. Puding Roti : Sebuah Penyelamatan « Try 2B cool 'n smart…  |  February 21, 2010 at 6:59 am

    […] Kalo pengen belajar tindakan penyelamatan lebih lanjut, Mbak Sunflo-lah ahlinya. Telah terbukti dia mampu melakukan mission impossible di bidang […]

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Blogger

NOVI dengan nama pena SUNFLO ... ^^ Silahkan ambil yang bermanfaat dari sini, tanpa harus meninggalkan jejak atau komentar, kalau mau copas, silahkan, tapi harap yang bertanggungjawab...

sunflo’s Calendar

sunflo’s posting

January 2010
M T W T F S S
« Dec   Feb »
 123
45678910
11121314151617
18192021222324
25262728293031

Translate My Blog

Translate this blog into different languages...
العربية
english
Français
हिन्दी

Archives

Blog Stats since August '09

  • 3,959,459 hits

sedang ada di kebun sunflower

”amung

visitors traffic

Enter your email address to subscribe to this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 393 other followers

Like My Site

FP NOVI NOUF

Instagram NoviNouf

Nasi Merah goreng cabe rawit spesial pake telor.

#nasigoreng #berasmerah #friedrice #menu #enyakenyak #nomnom #simplemenu #instafood #foodporn Ternyata setelah berhasil menguasai mobil, belajar motor itu jadi lebih mudah.

Aku udah bisa menaklukkan motor bebek manual ini, alhamdulillaah.. Dulu, diajari pake motor matic berulang kali, ga bisa-bisa. Setelah berhasil nyetir mobil, diajari sekali aka pake motor ini, langsung bisa ngacir.. Yaah.. Dengan prestasi, jatuh dua kali hehehe.. Hidupku jadi lebih normal sekarang, ga jalan kaki lagi n ngandelin sopir angkot.. :)) #motor #motorbebek #honda #belajarmotor #motorcycle #indonesiantransportation #me #experience #excited 
@munaayazid

%d bloggers like this: