Kemakmuran Suatu Negeri

January 17, 2010 at 4:47 am 20 comments

Seorang Abrus pernah menyeletuk dengan sebuah pertanyaan yang menggelitikku tuk berkomentar.

Seorang Abrus berkata:

” makin jelas negeri kita sangat subur(?) … ttp knp kok gak makmur ?
ini peer renungan sunflo sbg duta bangsa yg sdg ada di negeri orang … :(

Si Sunflo menimpali:

” kenapa negeri kita subur tapi ga makmur?? aq tahu jawabannya brus… it’s serious berkaitan dengan masalah tauhid, that’s all… ”

Seorang Abrus-pun penasaran :

” kalo gituuuuu … postingan b*n***  yad … ;) … kupas masalah itu … :D … yg ringan2 azaa duluuu … oce … :P … ditunggu ..!!”

***

Ck… Doohh… Ini bahasan syusyaah dan berat namun perlu disampaikan dengan sesederhana mungkin dan ga ribet… Gimana caranya yaa?? Bismillaah…sunflo coba bahas ya… semoga bisa dipahami dan dimengerti oleh teman-teman semua…🙂

***


Indonesia dengan Saudi adalah 2 negeri yang kucinta saat ini… dengan kondisi alamnya yang sangat berbeda. Indonesia adalah negeri yang subur, hijau, dengan udara yang nyaman, sedangkan saudi padang pasir mlulu…kalo musim panas, puaannnaaass banget, kebalikannya…pas musim dingin, duingiiin banget, itulah yang namanya iklim gurun…

Di negeri yang ekstrim ini, aku dapat menikmati berbagai macam hasil bumi dari berbagai negeri, baik negeri tropis maupun temperate (4 musim), dan anehnya…alhamdulillaah, semua hasil alam tersebut dapat dijangkau oleh semua kalangan…

Dulu sewaktu di indonesia, buah, sayuran dan bahan makanan yang serasa sulit terjangkau… sekarang dapat kunikmati di sini… entah kenapa ya? Pikiran polos dan sederhanaku hanya bisa berucap syukur dan takjub atas semua ini…

***

Kesejahteraan dan kemakmuran negeri saudi tak hanya dinikmati oleh penduduknya… namun juga dinikmati oleh masyarakat dari negara lain, dalam bentuk kehadiran para tenaga kerja asing yang berjumlah hampir 50% dari total penduduknya…

Aku juga jarang mendengar adanya bencana alam di Saudi, kalaupun ada… pasti ada yang ‘salah’ dengan penduduknya… Jarang ada tindak kriminal… Walau realistis saja, dimana-mana selalu ada kebaikan dan kejahatan… Rasanya… Saudi adalah negeri yang diberkahi…

***

Aku mengesampingkan anggapan bahwa diriku terkena Saudi Minded…(biarin..) Mungkin ada yang bilang, “Jangan liat saudi ajah, tuuh negara-negara Eropa dan Amerika lebih hebat dibanding Saudi… :-P  “

Baiklah … ini adalah masalah keyakinan, yang mana kita satu sama lain tak berhak tuk memaksakan kehendak dan pemikiran… (akur??) Yang jelas, aku sangat yakin dengan kabar di dalam kalam-kalam Ilahi… Tinggal mana yang mau dipilih?

***

Pilihan pertama: Meningkatkan kemakmuran dengan bermaksiat dan durhaka kepada Allah

“Dan sesungguhnya Kami telah mengutus (rasul-rasul) kepada umat-umat yang sebelum kamu, kemudian Kami siksa mereka dengan (menimpakan) kesengsaraan dan kemelaratan, supaya mereka memohon (kepada Allah) dengan tunduk merendahkan diri. Maka mengapa mereka tidak memohon (kepada Allah) dengan tunduk merendahkan diri ketika datang siksaan Kami kepada mereka, bahkan hati mereka telah menjadi keras, dan syaitanpun menampakkan kepada mereka kebagusan apa yang selalu mereka kerjakan. Maka tatkala mereka melupakan peringatan yang telah diberikan kepada mereka, Kamipun membukakan semua pintu-pintu kesenangan untuk mereka; sehingga apabila mereka bergembira dengan apa yang telah diberikan kepada mereka, Kami siksa mereka dengan sekonyong-konyong, maka ketika itu mereka terdiam berputus asa. Maka orang-orang yang zalim itu dimusnahkan sampai ke akar-akarnya. Segala puji bagi Allah, Tuhan semesta alam.” (QS. Al An’am: 42-45)

Tahukah teman-teman cerita tentang kaum-kaum terdahulu yang diadzab oleh Allah disebabkan karena kedurhakaan mereka padaNya? Dulunya mereka adalah kaum-kaum yang hebat pada masanya.

Ada kaum Tsamud yang dapat memahat gunung batu untuk dijadikan rumah tempat tinggal… peninggalannya bisa dilihat di daerah Petra, Yordania.

Sisa peninggalan kaum Tsamud di Petra

Ataukah sebuah negeri yang makmur dengan hasil pertaniannya yang melimpah ruah, namun kini tinggallah sebuah padang pasir yang gersang tak berpenghuni, yang terletak di sebelah selatan Saudi Arabia. Dikenal dengan nama gurun Rub Al Khali / daerah Ubar. Dulunya ditempati oleh kaum ‘Ad. Negerinya terkubur oleh pasir sedalam bermeter-meter dan ditemukan jejaknya melalui intaian satelit milik NASA dari luar angkasa.

ekskavasi arkeologis di Ubar

Mereka semua lenyap tak bersisa dari peradaban dunia, dan diganti dengan kaum yang lainnya…

***

Dan umat Nabi Muhammad Shalallahu ‘alaihi wasallam di akhir zaman ini mendapatkan keistimewaan, dengan ditangguhkan adzab luar biasanya hingga hari kiamat nanti… Kita tinggal milih, jalan mana yang mau ditempuh… bebas!! Tapiiii… harus berani mempertanggungjawabkannya kelak di hadapanNya… Gimana?? ..😛

Oh ya… ada satu ayat yang lainnya nieh buat bikin muantaabzz keyakinan :

“Barangsiapa yang menghendaki kehidupan dunia dan perhiasannya, niscaya kami akan berikan pada mereka balasan pekerjaan mereka di dunia dengan sempurna dan mereka di dunia tidak akan dirugikan. Itulah orang-orang yang tidak memperoleh akhirat, kecuali neraka, dan sia-sialah di sana apa yang telah mereka usahakan (di dunia) dan terhapuslah apa yang telah mereka kerjakan” (QS. Hud : 15-16)

***

Pilihan kedua: Meningkatkan kemakmuran dengan iman dan takwa kepada Allah Ta’ala

“Jikalau sekiranya penduduk negeri-negeri beriman dan bertakwa, pastilah Kami akan melimpahkan kepada mereka berkah dari langit dan bumi, tetapi mereka mendustakan (ayat-ayat Kami) itu, maka Kami siksa mereka disebabkan perbuatannya.” (QS. Al A’raf : 96)

***

Sekarang lihatlah negeri kita…Bukannya aku tak cinta, namun sungguh aku dibuat berduka karenanya…

Praktek kesyirikan dan perdukunan ada dimana-mana, dari yang klasik hingga yang modern…, tindak kesewenang-wenangan merata, hingga banyak rakyat yang terluka…, maksiat dan asusila merajalela, hingga rasa malu generasi mudanya hilang entah kemana…

***

Mungkin Dia sangat menyayangi negeri kita, sehingga rakyatnya seringkali diingatkan… dengan musibah dan bencana… Namun, berapa banyak yang mau mengambil hikmah di sebaliknya dan segera memperbaiki diri? Dan apakah kemakmuran yang didamba…  ‘kan jadi nyata, bila demikian adanya??

Menurut aku sih, gak usah jauh-jauh ngurusi negara… Awalilah semua kebaikan dari diri dan keluarga kita… bila individu-individunya sudah OK, maka aku yakin… akan OK pula suatu negara…

Dan kalau gak bisa meng-OK-kan suatu bangsa atau negara… (karena terlalu kompleks n syusyaah sih…), minimal kita slametin diri dan keluarga kita ajah dulu… ya gak??🙂

“Wahai orang-orang yang beriman… peliharalah dirimu dan keluargamu dari api neraka…” ( QS. At Tahrim: 6)

Entry filed under: renungan dan curhatku. Tags: .

Orang-orang yang Tersembunyi Dingin Ini ‘Membunuh’ku

20 Comments Add your own

  • 1. nakjaDimande  |  January 17, 2010 at 5:18 am

    mulai dari diri dan keluarga, insya Allah negara kita kuat begitu ya sun flo.

    berjaya dengan cara yang bukan dijalanNYA hanyalah sia-sia.

    ya benar, bundo… pondasi awal adalah dari individu kita…

    Reply
  • 2. tary si kuman  |  January 17, 2010 at 7:58 am

    setuju sama bundo diatas, InsyaAllah jika masing-masing pribadi bisa memelihara diri dan keluarga agar selalu di Jalan Allah, maka negara kita akan makmur.

    betul ry… jangan hanya suka nyalahin orang lain ajah… yg sekarang banyak dilakukan our people… gajah di pelupuk mata tak tampak, sdangkan kuman di lautan tampaklah pula… apa pula itu…hehehe…

    Reply
  • 3. Makna Hidup  |  January 17, 2010 at 9:10 am

    Assalamu’alaikum,
    Ulasan yang sangat menarik dan membarikan pelajaran banyak buat negeri kita, sahabatku! Mungkin faktor inilah yang membuat Indonesia menjadi negeri yang kurang beruntung, hal keimanan penduduk negeri, kurangnya rasa syukur terhadap nikmat-Nya yang melimpah, kemusyrikan merajalela, konflik dan pertikaian yang semakin menjadi jadi, kepentingan bangsa dan pribadi termasuk politik yang semakin tumpang tindih, kejujuran dan keadilan yang semakin sirna, keserakahan individu dan golongan, amanahnya pimpinan dan para petinggi negeri yang masih diragukan kualitas dan kredibilitasnya, korupsi merajalela dan masih banyak kekurangan negeri yang kita cintai ini. Dan memang saya sangat setuju dengan perkataan miss Sunflo, untuk mengawali langkah perbaikan dan kepribadian dari diri dan keluarga kita sendiri, sebagai struktur paling bawah dalam suatu negeri. Allahu ‘Alam bi Showab.

    bgini Zap…yen takpikir-pikir… bisa ajah siih Allah bikin indo kek Eropa n Amerika, muaaakmuuur banget!! Namun…sepertinya, Allah bener2 sayang ma Indonesia kok, biar masyarakat indo banyak yg masuk surgaNya nanti yaa… asalkan mau eling, taubat dan memperbaiki diri… Kadang aq mikir, indon tuh kek udah jatuh ditimpa tangga, tak putus dirundung malang… ooh.. indo…, rakyatnya polos2… mereka harus diberi pencerahan, agar semakin berkilaulah hati rakyat indo…

    Reply
    • 4. Makna Hidup  |  January 17, 2010 at 10:49 am

      Maaf miss Sunflo, ada yang salah ketik di atas, membarikan = memberikan gitu lho Bu..maksud saya…Met liburan ya…Moga menyenangkan..!!

      halah.. it’s OK Zap… libur apaan Zap…😦 liburan/week end di sono tuh hari kamis n jum’at… kalo ahad yaa…tetep kerja dunk.. malam mingguannya saudi tuh ya malam jum’at…😛

      Reply
      • 5. Makna Hidup  |  January 17, 2010 at 10:23 pm

        Masya Allah, iya aku lupa mbak Novi, di Saudi itu liburannya kamis sama jum’at ya? padahal saudara aku juga ada yang disana dan aku pernah tinggal lama disana,…..ya…hanya sekedar…ngangkatin unta ke pohon kurma untuk nyari makan…he..he..jangan marah ya Bu…cuma becanda kok!
        Wah asik dong malam mingguannya malam jum’at…he..he..sekalian sunnah Nabi…..O..ow..(sensor ah..)

        untanya digendong biar bisa makan kurma gtu…hmm…keknya blom pernah denger dech..😕

  • 6. Kakaakin  |  January 17, 2010 at 10:40 am

    Nauzubillah…bila harus terkubur pasir dan tergantikan oleh kaum yang lain…
    Setuju juga, bahwa kita harus memulai dari struktur terkecil yaitu diri pribadi kita🙂

    Iya kin… mulai dari dalam diri kita dulu yuuuukk… terus merembet ke keluarga… baru ke masyarakat sekitar… jgn langsung nuding2 ke atas… silau ntar…🙂

    Reply
  • 7. yangputri  |  January 17, 2010 at 11:30 am

    hmmmm…… Saudi ternyata kota yang indah juga ya…

    weehh… indah loh Put… eniwei, masing2 tempat di dunia punya keindahan tersendiri… nah,sekarang tergantung rasa dan ketenangan jiwa saja… seindah apapun tempat, tapi kalo jiwa tak merasakan ketenangan, aah..keknya sama ajah di tempat yg sumpek yaa…

    Reply
  • 8. abrus  |  January 17, 2010 at 12:57 pm

    Sunflo, disela acr padat di PKU … saya *lirik sbentar blogmu … hmmm … (tarik napas dlm2) …seorang alumni biologi menyajikan sbh *pencerahan seperti ini ?… Subhanallah …
    (ntar komennya ya … saya ke acr dulu …)

    met bertugas Brus… PR sunflo udah kelar yaa… huuupfh…😦

    Reply
    • 9. abrus  |  January 18, 2010 at 11:48 am

      Sunflo, solusi pilihan yg dikoowww sajikan, sangat simpel or gamblang, … rasa2nya anak SD pun tahu …🙂 … Pilihan pertama: Meningkatkan kemakmuran dengan bermaksiat dan durhaka kepada Allah ….

      btw apakah ini yg dipilih or dijalani bangza kita saat ini ..? Kalaulah jalan itu yg ditempuh …😦 … celaka 12 … saya yakin dikooww pasti tahu apa yg tengah di lewati bangsa indo tercinta …🙂

      oleh sebab itu, kepalang basah sajikan pd postingan yad …😀 agar puas dan lega hati yg risau ini … moga2 apa yg dikoww sajikan merupakan ibadah disisi Allah SWT. Amin
      (saya komen di bandara sultan syarif qasim, pswt di rilei … hehehe biar g bozan menunggu … sy sintuh hati sunflo agar sudi kiranya berbagi lagi… :p
      salam taqzim …

      wadohh… PR lagi Brus?? aq harus mengumpulkan segenap kekuatan nie… doakan agar aku bisa ya

      Reply
  • 10. idana  |  January 17, 2010 at 1:32 pm

    yuup..harus di mulai dari diri sendiri dan keluarga dulu yaa

    iya Da…dari dalam diri n keluarga biar negara kita pisss gtu looh…🙂

    Reply
  • 11. elia|bintang  |  January 17, 2010 at 2:07 pm

    yg jelas semuanya dimulai dari diri sendiri dan keluarga ya. karena keluarga adalah komunitas yg solid, dampaknya akan besar jika banyak keluarga yg mengerti dampak apa yg bisa mereka berikan ke negara secara menyeluruh..😀

    emang butuh waktu n proses… makanya harapan bangsa adalah generasi mudanya…. kalo gen mud-nya pada nyadar ttg arti hidup ini…n bersungguh-sungguh tuk menjalaninya… hmmmmm…. mantaabzz dech suatu negara nantinya… OK punya gtu…

    Reply
  • 12. bintangtimur  |  January 17, 2010 at 8:47 pm

    Iya Sunflo…semua berawal dari diri sendiri.
    Justru itu awal yang sulit, karena kita (baca : saya…) lebih mudah untuk melihat dan menggunjingkan kesalahan orang lain…😛
    Tapi kita tidak boleh berputus asa kan, saya juga masih percaya, kalo suatu saat Indonesia bisa makmur dan sejahtera.
    Amin.

    yaa..harapan kan selalu ada sis… selama hayat masih dikandung badan untuk kehidupan yang lebih baik… mulai dari kita dan keluarga sendiri yaa…

    Reply
  • 13. dan  |  January 17, 2010 at 11:28 pm

    bagus sekali ulasannya, masya ALLAH, walau sedikit, tapi sangat bermanfaat, insya ALLAH.

    syukran…semoga bermanfaat..

    Reply
  • 14. sedjatee  |  January 18, 2010 at 5:43 am

    ada banyak sejarah bangsa yang makmur namun lupa diri, menjadi takabur dan sombong… yang paling ironis adalah negeri ini, makmur aja belom, pemimpinnya sudah plintat-plintut… semoga kita semua makmur, dalam keluarga kita yang sederhana… salam sukses…

    sedj

    iya mr…. wujudkan kemakmuran dalam keluarga sendiri aja dulu

    Reply
  • 15. harumhutan  |  January 18, 2010 at 11:48 am

    jika sajah semua bisa berfikir seperti ini yah sist,dimulai dari memperbaiki diri,pastilah ne9eri indonesia yan9 kaya raya ini akan makmur..

    tapi meman9 suda jalan TUHAN harus seperti ini untuk ne9eri tercinta ini

    tetep kita harus berusaha dunk wi3nd… mulai lah semua dari dalam diri dulu…^^

    Reply
  • 16. Batavusqu  |  January 18, 2010 at 2:23 pm

    Salam Takzim
    Dua kisah yang sama serunya, satu masa lalu, satunya lagi masa kini, menarik sekali mbak, maap baru mampir lagi nih
    Salam Takzim Batavusqu

    lagi sibuk ya bang?😕

    Reply
  • 17. wong cilik  |  January 18, 2010 at 11:16 pm

    duh duh duh… begitu simpel solusinya, dan aku setuju 10000% dengan itu…
    tetapi dimana mana memang hal yang simpel susah dilakukan…”being simple is not simple”… semoga kita semua diberikan kemampuan untuk memulai perbaikan dari diri kita dan keluarga kita.. Amin

    ya… segmana susahnya… tetep mulai dari diri dulu… utk membangun yg besar, mulailah dari yang kecil dulu…sedikit demi sedikit lama2 jadi bukit…

    Reply
  • 18. Desri Susilawani  |  January 19, 2010 at 4:09 pm

    mungkinkah ini terjadi karena kita untuk memulai dari diri sendiri saja belum mampu?

    harapan itu selalu ada Des…

    Reply
  • 19. Andy Rosadi, SH (Abu Adam)  |  August 6, 2010 at 11:41 pm

    Assalamu`alaikum wr.wb,
    penjelasan yang cukup bagus mengenai Kerajaan Saudi Arabia.
    Sedikit tambahan bisa dijelaskan di sini adalah walau bagaimana pun baik dan buruknya negeri Indonesia ini tetaplah ia adalah negerinya kaum muslimin di mana sebagaimana yang telah diamalkan para salafus shaleh harus tetap mentaati pemerintah dalam hal-hal yang ma’ruf dan tidak memberontak kepadanya. Sedangkan untuk Negeri Saudi perlu kita dukung karena negeri ini adalah negara yang yang tegak dari hasil da’wah kepada tauhid dan upaya menghidupkan sunnah dan menerapkan Syariat Islam sesuai pemahaman salafus shaleh. Kawan-kawan mungkin bisa membaca penjelasan yang lebih lengkap tentang hal ini di http://www.salafy.or.id, http://www.asysyariah.com, http://www.saudi-negeritauhiddansunnah.blogspot.com dan situs Royal Embassy of Saudi Arabia Jakarta (situs Kedutaan Besar Kerajaan Saudi Arabia di Jakarta, saya lupa url nya).

    Reply
  • 20. Kurma  |  June 6, 2014 at 2:46 pm

    If some one needs expert view on the topic of blogging then i recommend him/her to
    visit this webpage, Keep up the good work.

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Blogger

NOVI dengan nama pena SUNFLO ... ^^ Silahkan ambil yang bermanfaat dari sini, tanpa harus meninggalkan jejak atau komentar, kalau mau copas, silahkan, tapi harap yang bertanggungjawab...

sunflo’s Calendar

sunflo’s posting

January 2010
M T W T F S S
« Dec   Feb »
 123
45678910
11121314151617
18192021222324
25262728293031

Translate My Blog

Translate this blog into different languages...
العربية
english
Français
हिन्दी

Archives

Blog Stats since August '09

  • 3,959,441 hits

sedang ada di kebun sunflower

”amung

visitors traffic

Enter your email address to subscribe to this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 393 other followers

Like My Site

FP NOVI NOUF

Instagram NoviNouf

Nasi Merah goreng cabe rawit spesial pake telor.

#nasigoreng #berasmerah #friedrice #menu #enyakenyak #nomnom #simplemenu #instafood #foodporn Ternyata setelah berhasil menguasai mobil, belajar motor itu jadi lebih mudah.

Aku udah bisa menaklukkan motor bebek manual ini, alhamdulillaah.. Dulu, diajari pake motor matic berulang kali, ga bisa-bisa. Setelah berhasil nyetir mobil, diajari sekali aka pake motor ini, langsung bisa ngacir.. Yaah.. Dengan prestasi, jatuh dua kali hehehe.. Hidupku jadi lebih normal sekarang, ga jalan kaki lagi n ngandelin sopir angkot.. :)) #motor #motorbebek #honda #belajarmotor #motorcycle #indonesiantransportation #me #experience #excited 
@munaayazid

%d bloggers like this: