Tercipta dengan Penuh Coba

January 19, 2010 at 1:26 am 17 comments

Pernahkah kau merasa terpuruk dan berada dalam keadaan sangat bersalah?? Biasanya kesalahan dan dosa tercipta karena kelalaian diri sendiri, bukan?

” Dan semua musibah yang menimpamu adalah disebabkan oleh perbuatan tanganmu sendiri. Dan Allah memaafkan sebagian besar (dari kesalahan-kesalahanmu) ” (QS.Asy-Syuura :30)

Manusia memang tempatnya salah dan lupa… Bukan manusia namanya, kalau dia selalu lurus dan aman-aman saja… Bukankah segala cobaan dan ujian di dunia ini sebagai ajang seleksi, siapa yang terbaik iman dan amalnya, sehingga berhak atas janjiNya kelak?

Maukah kuberitahukan tentang kabar yang dapat mengobati dukamu karena salah dan dosa yang pernah dilakukan?

***


Terdapat riwayat yang shahih bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam
bersabda :

“Sesungguhnya seorang mukmin tercipta dalam keadaan Mufattan (penuh cobaan), Tawwab (senang bertaubat), dan Nassaa’ (suka lupa), (tetapi) apabila diingatkan ia segera ingat“.(Silsilah Hadits Shahih No. 2276).

Hadist ini merupakan hadits yang menjelaskan sifat-sifat orang mukmin, sifat-sifat yang senantiasa lengket dan menyatu dengan diri mereka, tiada pernah lepas hingga seperti pakaian yang selalu menempel pada tubuh mereka, tidak pernah terjauhkan dari mereka…

***

Mufattan
Artinya : Orang yang diuji dan banyak ditimpa fitnah.

Maksudnya: adalah orang yang waktu demi waktu selalu diuji oleh Allah
dengan balaa’ (musibah) dan dosa-dosa…

Dalam hal ini fitnah itu akan meningkatkan keimanannya, memperkuat
keyakinannya dan akan mendorong semangatnya untuk terus menerus berhubungan dengan Allah Subhanahu wa Ta’ala, sebab dengan kelemahan dirinya, ia menjadi tahu betapa Maha Kuat dan Maha Perkasanya Allah, Rabb-nya.

***

Menurut sebuah riwayat dalam shahih Bukhari dan shahih Muslim, sesungguhnya Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda :

Perumpamaan orang mukmin ibarat sebatang pokok yang lentur diombang-ambingkan oleh  angin, kadang hembusan angin merobohkannya, dan kadang-kadang meluruskannya kembali. Demikianlah keadaannya sampai ajalnya datang….  Sedangkan perumpamaan seorang munafik, ibarat sebatang pokok yang kaku, tidak bergeming oleh terpaan apapun hingga tumbang, tumbangnya sekaligus”. {Bukhari : Kitab Al-Mardha, Bab I, Hadist No. 5643, Muslim No. 7023, 7024, 7025,7026, 7027}.

Ya.., demikianlah sifat seorang mukmin dengan keimanannya yang benar, dengan tauhidnya yang bersih dan dengan sikap keistiqomahan pada jalan kebenaran yang ditempuhnya…

***

Tawaab Nasiyy (Nassaa’)
Artinya :  Orang yang bertaubat kemudian lupa, kemudian ingat, kemudian bertaubat lagi…

Seorang mukmin dengan taubatnya, berarti telah mewujudkan makna salah satu sifat Allah Subhanahu wa Ta’ala, yaitu sifat yang terkandung dalam nama-Nya, yaitu Al-Ghaffar .

Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman:

Dan sesungguhnya Aku Maha Pengampun bagi orang yang bertaubat, beriman, beramal shalih, kemudian tetap di jalan yang benar“. (QS Thaha : 82)

***

Apabila Diingatkan, Ia Segera Ingat

Artinya : Bila diingatkan tentang ketaatan, ia segera bergegas menuju pada ketaatan itu, bila diingatkan tentang kemaksiatan, ia segera bertaubat daripadanya, bila diingatkan tentang kebenaran, ia segera melaksanakannya, dan bila diingatkan tentang kesalahan ia segera menjauhi dan meninggalkannya.

Ia tidak sombong, tidak besar kepala, tidak congkak dan tidak tinggi hati,
tetapi ia rendah hati kepada saudara-saudaranya, lemah lembut kepada sahabat-sahabatnya dan ramah tamah kepada teman-temannya, sebab ia tahu inilah jalan Ahlul Haq (Pencari Kebenaran) dan jalannya kaum mukminin yang sholih….

Terhadap dirinya sendiri ia berbatin jujur serta berpenampilan luhur, sedangkan terhadap orang lain ia berperasaan lembut dan berahlak mulia, bersuri tauladan kepada insan teladan paling sempurna yaitu Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam…

Inilah sifat seorang mukmin, yang tercipta dengan penuh coba … Maka, bersemangatlah wahai jiwa, untuk senantiasa berharap atas rahmat dan ampunanNya… hingga tiba saat perjumpaan denganNya…

(Diambil dari Majalah As-Sunnah edisi 07/th III/1419-1998, Penerbit Yayasan Lajnah Istiqomah, Solo — artikel ini dulu sangat menyentuh hatiku … )

Entry filed under: artikel, renungan dan curhatku. Tags: .

Dingin Ini ‘Membunuh’ku Alhamdulillah, Aku Makan Tempe… !!! ^^

17 Comments Add your own

  • 1. dan  |  January 19, 2010 at 3:46 am

    semoga ALLAH mengampuni kita, merahmati kita, memberi kita hidayah, keselamatan dan rizqi.

    aamiiin…

    Reply
  • 2. Ayahnya Ranggasetya  |  January 19, 2010 at 7:09 am

    memang benar menyentuh hati, Bu, terlebih saat membaca kalimat ‘fitnah itu dapat mempertebal keimanan, karena ia akan selalu berhubungan dengan Rabb-nya’. Itu adalah pengalaman almarhum Bapak saya.
    Salam

    bener, sir…semoga bermanfaat yaa…

    Reply
  • 3. gadisjeruk  |  January 19, 2010 at 7:11 am

    harus selalu istiqomah…

    ya de…

    Reply
  • 4. harumhutan  |  January 19, 2010 at 9:04 am

    Ya Rahman Ya RAhim..
    kuatkan diri ini untuk tetap istiqomah dijalanMU hin99a ujun9 usia..

    makasi sist,its so nice.and nice pict too🙂

    aamiin… u r welcome wi3nd

    Reply
  • 5. abrus  |  January 19, 2010 at 12:13 pm

    Saya sering banget merasa terpuruk dan sangat bersalah?? …🙂 …
    Kemaren aja … wahhh … banyak banget salahnya …🙂 … merasa tidak mampu *memuaskan keinginan keluarga ….

    Post sunflo semakin mencerahkan … mata hati kita semakin terbuka …😀

    semoga bermanfaat bagi kita semua yaa…

    Reply
    • 6. abrus  |  January 19, 2010 at 12:14 pm

      post *oleh-oleh dari PKU … sudah ditayangkan, baru kulitnya … hehehe

      udah diliat tuh …

      Reply
  • 7. anny  |  January 19, 2010 at 1:43 pm

    Kalau masuk sini selalu adem🙂

    alhamdulillaah…^^

    Reply
  • 8. Ruang Hati  |  January 19, 2010 at 5:01 pm

    semakin tinggi semakin kencang angin yang bertiup, itu hal wajar. pondasi dikuatin agar tidak mudah roboh

    ya pondasi keimanan…

    Reply
  • 9. vany  |  January 19, 2010 at 9:48 pm

    nice post….
    saatnya utk intropeksi nih….
    terima kasih sdh mengingatkanku ya, mbak…….🙂

    semoga bermanfaat ya de’…

    Reply
  • 10. Makna Hidup  |  January 19, 2010 at 10:48 pm

    Assalamu’alaikum,
    Kunjungan malam sebelum tidur,
    Gimana kabanya miss Sunflo? Semoga sehat wal’afiat dan selalu bahagia bersama keluarga.
    Nice post sahabatku! sebuah renungan untuk jiwaku yang hampa.
    Jawab pertanyaannya dulu dech biar afdhal….
    Aku selalu merasa terpuruk setiap saat, manakala melihat banyaknya orang-orang alim dan shaleh. Aku pun selalu merasa bersalah setiap waktu, manakala melihat banyaknya orang-orang abid yang jalan hidupnya lurus.
    Aku semakin takut manakala dosaku semakin banyak menggunung dan semuanya akibat ulah perbuatanku sendiri. Aku semakin terhina manakala kelalaianku tak dapat dihindari dan diusir dari kebiasaan burukku.
    Dan di postingan ini banyak sekali hikmah dan pelajaran yang bisa aku dapatkan untuk menjadi lebih baik.
    Dan aku berharap sahabatku ini mau mengingatkan dan selalu mengajak pada kebaikan, karena sebaik-baik teman adalah yang mampu memberikan nasehat dan selalu mengajak pada derajat tertinggi di sisi-Nya yaitu Taqwa.
    Wassalam,

    wa’alaikumussalam warahmatulaah… alhamdulillaah bikhoirin Zap… iya Zap…tetep PD dan selalu berharap… ibadah kepadaNya disusun berdasarkan 3 landasan: takut, harap dan cinta dengan tuntunan dari qur’an dan assunnah berdasarkan pemahaman org2 terdahulu (salaful ummah)… tetep semangat ya Zap… buat diriQ juga… walo terpuruk sudah… tapi tetep berharap padaNya… ^^

    Reply
  • 11. Mamah Aline  |  January 19, 2010 at 10:55 pm

    baca postinganmu membuat saya ingat soal tawaab nasiyy, kadang kita lalai dan lupa tapi kemudian diingatkan dan beruntung bagi yang dingatkan yang terus ingat coba kalo dingatkan tapi tetap lupa, alangkah meruginya orang itu. duhh sis sunflo, makasih ya memberi artikel ini pas banget

    iya jeng, moga bermanfaat yaa..

    Reply
  • 12. nakjaDimande  |  January 19, 2010 at 10:57 pm

    tak perlu kecewa dengan segala cobaan itu ya sunflo. karena Allah senantiasa mencoba yang tangguh agar menjadi lebih tangguh lagi. Semua selalu karena sayangNYA.

    iya bundo, tetep PD, jangan terlarut dalam kesedihan dan hindari keputusasaan… takut, cinta dan harap padaNya…

    Reply
  • 13. bhamz  |  January 19, 2010 at 11:14 pm

    Ass.wr.wb,
    sungguh postingan yg mencerahkan di saat mlm hening spt ini!
    Makasih, telah mengingatkan kembali bahwa kita hidup selalu penuh dg cobaan, sbg ujian unt keimanan kita.
    Salam,

    wa’alaikumussalam warahmatullaah… semoga bermanfaat bagi kita semua ya kang…

    Reply
  • 14. idana  |  January 20, 2010 at 1:36 pm

    semakin banyak cobaan…orang akan semakin kuat🙂

    betul da… makanya jalani aja cobaan itu sambil cari cara tuk menyelesaikannya dng sebaik-baiknya… biar kuat n muaantaabzz… b^^

    Reply
  • 15. bintangtimur  |  January 20, 2010 at 5:42 pm

    Baca posting ini, hati saya terasa hangat…🙂
    Jiwa saya yang beberapa hari ini disibukkan oleh urusan duniawi, rasanya mendapat banyak pencerahan saat baca posting Sunflo ini…
    Makasih ya Sunflo, tugas manusia adalah saling mengingatkan. Dan terus terang, setelah baca posting ini saya jadi introspeksi diri lagi…🙂

    duniawi dan ukhrawi harus seimbang sis… keduanya berjalan selaras, sehingga akan harmonis gerak langkah hidup kita… moga2 bermanfaat ya sis, juga buat saya nie…

    Reply
  • 16. dan  |  January 21, 2010 at 1:08 pm

    Allaahummaghfirlanaa, warhamnaa, wahdinaa, wa ‘aafinaa, warzuqnaa..

    aamiin…

    Reply
  • 17. melianaaryuni  |  January 23, 2010 at 8:44 pm

    Semoga kita termasuk orang yang mudah terbuka hatinya untuk mendengarkan, melihat, merasakan, dan berbuat kebaikan ya,Mbak….

    aamiiin… indah sekali komenmu mell…^^

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Blogger

NOVI dengan nama pena SUNFLO ... ^^ Silahkan ambil yang bermanfaat dari sini, tanpa harus meninggalkan jejak atau komentar, kalau mau copas, silahkan, tapi harap yang bertanggungjawab...

sunflo’s Calendar

sunflo’s posting

January 2010
M T W T F S S
« Dec   Feb »
 123
45678910
11121314151617
18192021222324
25262728293031

Translate My Blog

Translate this blog into different languages...
العربية
english
Français
हिन्दी

Archives

Blog Stats since August '09

  • 3,961,049 hits

sedang ada di kebun sunflower

”amung

visitors traffic

Enter your email address to subscribe to this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 393 other followers

Like My Site

FP NOVI NOUF

Instagram NoviNouf

This is another one.. #myredrose #redrose in #mygarden #gardening on a #balcony #flowerporn #love #beautiful #instaflower #instapic Tampak atas.. Aku masih terkesima aja sama penampakan ini, meski sekarang udah habis, tinggal kenangan.. Tapi cakep yak.. #gaadayangnanya :)) #pudingsusu #silkypudding #pudingbuah #me #dessert #bikinsendiri #homemade #instapic

%d bloggers like this: