Dooohhh…. Cabe Rawit !!

January 21, 2010 at 3:22 am 27 comments

Kaef  haal teman-teman?? Semoga kalian dalam keadaan baik dan sehat selalu, bila sedang ditimpa sakit atau duka, harap bersabar, berusaha dan berdoa yaa… semoga Allah Berkenan memberikan balasan kebaikan bagi kesabaran kalian… Aamiiin…

Terima kasih banget bagi sobat-sobat yang telah beratensi pada Quiz Iseng Sunflo kemarin… Terima kasih udah bikin sunflo hepi dan tersenyum membaca komen-komen kalian… Semoga Allah berikan balasan yang sebaik-baiknya atas kebaikannya… ^^

Yup … bener banget… Temen makan mendoan yang sangat sunflo gemari adalah …………….  Cabe Rawit !!

Dooohhh… akhirnya sunflo harus meluncur tuk mengantarkan hadiah dan ‘ngobrol’ di 3 postingan berbeda ke ‘rumah’ :

bundo, abrus, dasir, nina, kakaakin, idana, wi3nd, jeng bintang dan setitik harapan

Hahaha… walau pake kata Doohhh…. tapi sunflo seneng melakukannya kok… pingin silaturahmi ke tempat sobat-sobat blogger di atas… But… bagi yang salah nebak ataupun yang komen pada postingan kemarin… tetep juga sunflo kunjungi… tenang aja…:mrgreen:

***

Iya nie… sunflo kalo makan gorengan sukaaa banget ditemeni ma cabe rawit plus teh hangat… hmmm…. muantaabzz dach…!! Pokoknya ga bisa digantikan sama yang lainnya… kek macam saos sambal gtu… serasa ada yang kurang… Pssttt… walau kata sebuah cabe rawit…ternyata buat makan 3 buah gorengan!! Hehehe… hanya buat formalitas saja… soalnya sunflo takut kepedesan kalo nyeplus kebanyakan….😆

ini nie… cabe rawit favorit sunflo … yang warnanya ijo…  (gambar ambil dari google nie… )

hmmm… cabe rawit ternyata jenisnya banyak loh… kecil-kecil kek gini, nie tanaman berasal dari Amerika Selatan… ck..ck.. jauh-jauh terdampar di indo yaa… siapa yang bawa gtu??😕

Pingin tahu nama daerahnya untuk Jawa dan Sunda?? hihihi… nie namanya… cabe rawit, cabe cengek, lombok jempling, lombok jemprit, lombok rawit, lombok gambir, lombok setan (wadoww… ) dan lombok cempling… Hehehe… kalau nama daerah di luar jawa apa yaa?? Kasih tau kami dong… ^^

Ternyata cabe rawit ini banyak sekali manfaatnya buat kesehatan, kirain cuma bisa bikin kita kepedesan saja yaa… Teman-teman bisa cari infonya by googling ria… ^^

***

Lalu… bagaimana dengan cabe rawit di saudi…. Tau gak teman-teman… selama ini sunflo belum pernah menjumpai cabe rawit di pasaran dengan mata kepala sendiri. Kata hubby, hanya di waktu dan tempat-tempat tertentu saja munculnya… Segenggaman kecil tangan dihargai 2 real (hampir 5000 rupiah… hiks… :-(  )

Nah… buat pengganti cabe rawit… orang sana terutama yang berasal dari pakistan, india dan bangladesh… sukanya pake cabe ijo kek gambar di bawah ini:

Ini cabe yang ada di kulkas sunflo… paling-paling sunflo bereksperimen ma masakan pedas hanya pake cabe jenis ini…. Walau kek gini bentuknya… hmmm… rasanya gak kalah ma cabe rawit loh, puuedddeeeesssss banget!!! Anehnya…orang India, Pakistan dan Bangladesh suka makan cabe ini sebagai lalaban… ( ck..ck..ck… )

Kalau orang Saudinya sendiri gimana??

Orang Saudi??? Huadoohh… kagak doyan ma cabe!! Haarrr… (panasss… ) !! kata mereka… Cabe di Saudi keknya hanya buat memasok permintaan para ajnabi saja dech… n orang Arab yang ‘bandel’ kali … yang tahan banting ma yang pedas-pedas gtu…

Dan sunflo hanya punya cabe rawit kering kek gini…. Cabe ini kering akibat suhu loh… gak dikeringin di bawah matahari, cukup ditaro di dalam ruangan, bakalan kering sendiri…

( Masak cabe kek gini buat diklethus siih ?? :-(   )

***

Sunflo suka banget makan gorengan yang dipenyet ma sambel n makannya pake nasi anget… Hmmm… bakalan lupa sementara ma bakso solo kesukaan sunflo dech kalo dah makan ala demikian…

Nama sambelnya adalah sambel bawang, bahan-bahannya… cabe rawit atau cabe merah keriting, bawang putih dikit aja, garam dan… mmm… vetsin, dikit ajah tapi…, terus diuleg, jangan lembut-lembut dan dikasih minyak bekas goreng tempe atau bakwan tersebut… setelah itu dipenyet tuh gorengan…🙂

(cuma… yang jadi musykilah /masalah adalah bau bawangnya itu looh… ada yang punya saran tuk usir bau bawang dari mulut selain dengan sikat gigi berulangkali ?? )

***

Nah… segini dulu ulasan sunflo tentang Cabe Rawit… Dan… sunflo mo meluncur ke blog teman-teman tuk bagi-bagi hadiah…. Jangan lupa suguhin mendoan ma cabe rawit plus teh hangat yaaa… hihihi… (becanda…*.^)

Entry filed under: kuliner, Uncategorized. Tags: .

Alhamdulillah, Aku Makan Tempe… !!! ^^ Dooohhh… Wanita!!!

27 Comments Add your own

  • 1. nakjaDimande  |  January 21, 2010 at 5:52 am

    Bundo dunk! pasti tau yang sunflo mau..😛

    bundo emang okeeiii… topmarkotop sipmarkosip…makasih bundooo…^^

    Reply
  • 2. Ruang Hati  |  January 21, 2010 at 7:15 am

    ketika sang surya pagi sinarnya terlindungi oleh gumpalan awan, sejuknya pagi membuat raga enggan tuk beranjak dari peraduan, namun hati terbesit untuk memberi ucapan kepada para sahabatku tersayang, sekedar sebuah harapan, selamat pagi, selamat memulai pengembaraan di hari yang penuh harapan ini, semoga Tuhan senantiasa memberikan kita tuntunan dalam setiap langkah,

    dituliskan bersama tetes embun bagi semua sahabat

    Ruanghati.com

    thanks 4 visiting de’…

    Reply
  • 3. Nina  |  January 21, 2010 at 7:29 am

    haha,,saya pertama di bandung bingung denger kata2 “cengek”… ternyata lombok toh😀
    kalo ilangin bau bawang sih biasanya makan permen wangi,,kayak kis ato relaxa… (ada ga ya di saudi?)

    relaxa?? keknya ga da dech nin… ntar diubak-ubak tuh baqalah/toko di sono…

    Reply
  • 4. abrus  |  January 21, 2010 at 7:43 am

    Itulah orang Indo sejati …🙂 … doohhhh … walau sdh ada diujung dunia sana, tetap aja pingin *hasil buminya yg makmur loh jinawi …

    salam doohhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhh … 😆

    i love indo ma saudi bruuusss…. they are b^^d..

    Reply
  • 5. idana  |  January 21, 2010 at 8:31 am

    hehehe kaget juga di kunjungi dengan kata kunci doohhh😀
    ternyata tebakanku bener yaaa….

    makan gorengan emang kurang lengkap tanpa cabe satu itu

    aku emang suka pedes sih, bukan cuma gorengan…masakanku juga rada2 pedes semua. tapi kalau di rumah aku selalu di wanti2 sama ibu kalau masak jangan pedes2 karena gak ada yang berani makan😀

    hehehehe… keknya tingkat kepedesanku di bawahnya idana dech…

    Reply
  • 6. harumhutan  |  January 21, 2010 at 9:10 am

    doooooooooohh..pa9i ini daku dikejutkan den9an 3 komen dari my lovely sistah ini🙂 acak pula la9i hihii,daku kira becanda bakalan kasih 3 komen heheh

    trimakasiiiiiiiiiiiiiiiiiii sistah ^^

    hemm aku jadi blajar bahasa arab dikit2 neeh,makasi yaahh ^^

    ituh yan9 merah namana cabe rawit jawa ato cabe setan,pueedeesse poll yah sist,tapi eman9 klu makan mendoan nda pake cabe rawait serasa hambarr **tsaaaahhh heheh

    jadi in9et sambal ibu yan9 pake cen9ek,dan puedeseee poll,tapi n9an9enin hehe
    **keep ur health and have nice day sistah ^^**

    hooh wi3nd… cabe setan kali namanya… aq takut ma tuh cabe kalo ga kepepet… ^^

    Reply
    • 7. harumhutan  |  January 21, 2010 at 9:12 am

      lupa..
      mu bilan9 ini :
      amin..amin..amin allahuma amien..🙂

      aaamiiin…

      Reply
  • 8. fathia  |  January 21, 2010 at 10:27 am

    wah wah… cabe rawit saudinya udah kering2 ya mbak sunflo..🙂

    uuh.. itu yang ada di dapurku ajah fath…^^

    Reply
  • 9. anny  |  January 21, 2010 at 11:33 am

    Masakan tanpa cabe rawit rasanya gak makan😀

    bener banget ann….^^

    Reply
  • 10. Makna Hidup  |  January 21, 2010 at 12:56 pm

    Assalamu’alaikum,
    Semoga hari-harinya selalu menyenangkan bersama keluarga.
    he..he..he..jawabanku salah ternyata, tapi enggak apa-apa ya miss Sunflo, moga tersenyum baca-baca jawaban yang pada salah dan ngaco seperti jawabanku juga. Enggak jadi dipaketin makanan nih..!
    Miss Sunflo, katanya kalau menghilangkan bau bawang di mulut pake air daun sirih untuk dikumur mungkin bisa buat sendiri atau biasanya sudah ada khusus terjual obat kumur sari daun sirih.
    Makasih sahabat, be happy everytimes!

    dooohh… daun sirih??? di sono blom jumpai tuh zap… gapapa zap… walo salah nebak juga… makasih dah bikin aq hepi yaa…

    Reply
  • 11. setitikharapan  |  January 21, 2010 at 2:37 pm

    Doooohhh, jadi ikut kepedesan lihata cebenya.

    ga suka pedes yaa…^^

    Reply
  • 12. fandhie  |  January 21, 2010 at 6:04 pm

    gilee tuh segala macam cabe ada yahh

    ga fandh… tuh yang galak-galak merah n kuning nanya ma mang gugel…

    Reply
  • 13. bintangtimur  |  January 21, 2010 at 7:08 pm

    Dooohhhh…cepet banget postingnya di up date lagi…😛
    Eh, cabe kering yang nglemprek tadi, memprihatinkan banget bentuknya ya…bener Sunflo, masa diklethus siiiihhh…hahaha, istilahnya lucu-lucu…saya jadi ngebayangin juga, gimana tuh cabe ijo itu dibikin lalap…doooohhhh😛
    Selamat nyiapin posting baru ya, saya seneng main kesini, nulis postingnya pake hati…hihihi, plus tangan tentu saja…😉

    beneran sis…. cabe ijo di indo kan ga bgtu pedes yaa… tapi yang di sono hmmm….dooohhhh pedesnya… iya cabenya tuh sejak umrah yang kedua kemarin, syawal 1430 H, nglemprek karena pengaruh suhu di sono… kagak usah njemur, udah kering sendiri…^^

    Reply
    • 14. abrus  |  January 21, 2010 at 7:23 pm

      Yaaa iyalah … masak iya dong …🙂 …. update dunk

      nantikan apdetan terbaru sunflo yaa…^.*

      Reply
  • 15. tomi  |  January 21, 2010 at 7:21 pm

    Dooooooooohh saya kalo makan cabe rawit bisa bertapa di WC seharian😀

    doohh…pasti ga doyan pedes nie…

    Reply
  • 16. Desri Susilawani  |  January 21, 2010 at 8:54 pm

    nah kalo di bangka nama lain dari cabe rawit itu adalah cabik kecit…harrrrr, ketinggalan kereta saudi dakyu yah…payyahhh

    hehehe…. haaarrrr… telat datangnya yaa… *.^

    Reply
  • 17. monda  |  January 21, 2010 at 9:10 pm

    cabe rawit satu gorengannya 3, segitu itu aja kemampuanku,
    jadinya pohon cabe rawitku buahnya sampai kisut nggak dipetik, pengen rasanya diekspor buat sunflo

    loh..kok sama mba monda… aq cabe 1 buat 3 gorengan…hihihi..

    Reply
  • 18. wahyu  |  January 21, 2010 at 10:43 pm

    kalau cabe merah kering (cabe keriting) ada ga ya di sana? baru tau kalau di sana g ada cabe rawit..
    g perhatian soalnya hehe

    weh… kapan de’ reza ke sana yaaa??

    Reply
  • 19. Siti Fatimah Ahmad  |  January 21, 2010 at 10:50 pm

    Assalaamu’alaikum

    Apa khabar mbak SunFlowerku? Wah rindu membawaku ke mari. lam juga tidak saling berkunjung dan berkongsi hikmah. Cabe rawit ini emangnya pedas ya mbak.

    Saya juga sukakan pedas danmasakan pedas tetapi tidak sampai untuk keluar air mata saat memakannya. ternyata pengalaman memakan ayam penyet di bangi dulu (masakan padang), telah memberi rasa yang sungguh hebat dengan kepadasan cabe pada masakan padang dari Indonesia.

    hehehe… nggak sanggup untuk merasainya buat kali yang kedua. salam rindu dari saya di Sarawak, Malaysia.

    makasih sista…. sunflo juga lama ga berkunjung ke blog sista… ntar habis ini dech, lgs meluncur ke sana…^^

    Reply
  • 20. Erry Andriyati  |  January 22, 2010 at 7:39 pm

    ehm…
    jadi ngiler…..slurp….:)

    jangan dunk…^^

    Reply
  • 21. melianaaryuni  |  January 23, 2010 at 9:23 pm

    Pedas itu nikmat,Mbak hehehe. Saya juga suka pedas…

    mantaabzz mell… b^^

    Reply
  • 22. Kakaakin  |  January 24, 2010 at 8:11 pm

    Kalo diriku sih gak berani makan cabe rawit, bisa2 bercucuran air mata deh…🙂

    waah… ga seru kalo ga pake cabe rawit kiiiin…. cabe duueeeeechh… ^^

    Reply
  • 23. bundadontworry  |  January 25, 2010 at 5:11 pm

    dah disiapin mendoan pakai rawit yang banyak,
    kok Mbak Sunflo gak datang2 sih ?
    jadi,bunda ihabisin sendiri deh tuh 😀
    salam.

    iya bunda… maap, lagi ga BW nie…. duingiiiiiiiiiiinnn

    Reply
  • 24. ismi  |  February 8, 2010 at 12:12 am

    di bms namanya lombok cengis.
    waaah mbak,kl aq gorengan 1 cabe bs smpe 5!!!jd kl makan bkn lauk gorengan,tp lauk cabe…=p

    gubraakkk…!!

    Reply
  • 25. Newbiexpose  |  November 19, 2011 at 7:17 am

    Wah.. jadi punya inisiatif neh setelah baca postingan ini, terima kasih

    Reply
  • 26. putry rahmadani  |  February 17, 2014 at 3:47 pm

    Heheheh postingan nya lucu yah, oh ya buat kakak-kakak n abang-abang kalau pengen tau hasiat dari cabai kunjungin aja blog saya ini http://putrirahmadanblogku.blogspot.com/ terimah kasih

    Reply
  • 27. Maskur  |  August 27, 2014 at 9:28 am

    cessssssssssssss

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Blogger

NOVI dengan nama pena SUNFLO ... ^^ Silahkan ambil yang bermanfaat dari sini, tanpa harus meninggalkan jejak atau komentar, kalau mau copas, silahkan, tapi harap yang bertanggungjawab...

sunflo’s Calendar

sunflo’s posting

January 2010
M T W T F S S
« Dec   Feb »
 123
45678910
11121314151617
18192021222324
25262728293031

Translate My Blog

Translate this blog into different languages...
العربية
english
Français
हिन्दी

Archives

Blog Stats since August '09

  • 3,960,791 hits

sedang ada di kebun sunflower

”amung

visitors traffic

Enter your email address to subscribe to this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 393 other followers

Like My Site

FP NOVI NOUF

Instagram NoviNouf

Kalo ini buat kajian tahfizh tahsin pagi ini.
#milkypudding #pudingsutrabuah #pudingbuah #fruitpudding #dessert #jumatbarokah #blessedfriday #instapic Milky silky pudding fruit buat pagi ini.. #pudding #pudingsusu #pudingbuah #dessert #cucimulut #seger #enyakenyak #fresh #fruit

%d bloggers like this: