What Kind of Life Is This??

January 23, 2010 at 10:43 am 24 comments

Howdy friends…!! Semoga kalian dalam keadaan baik dan sehat selalu…^^

Masih ada ada kaitannya dengan refreshingku kemarin, kali ini aku teringat postingan pesenan Zapira. Semoga postingan kali ini dapat memberikan gambaran pada Zap dan juga pembaca yang lain tentang sekelumit kehidupan di saudi….

Jarir Bookstore, salah satu toko buku terkenal di Buraidah, telah memberikan inspirasi postingan untukku… saat aku menunggu teman hubby cari kamus di sana…

***

Zapira dalam komennya di salah satu postinganku bertanya:

“… Toko yang menjual baju “bidadari’ itu memang pakaian pesta ya? atau bisa juga buat keseharian muslim yang tidak berjilbab?
Kalau hukum dan peraturan mengenai pakaian di Saudi itu kayak di Aceh dan Padang enggak (kalau tidak salah), misalnya berjilbab bagi muslimah dan dilarang memakai pakaian ketat semisal jeans? ….”

***

Ok… simak penjelasan dan ulasan sunflo berikut ini yaa…

Nie dia ‘baju bidadari’ yang dimaksud Zapira…

Ini merupakan baju pesta yang dikenakan oleh wanita-wanita Saudi dalam acara pesta mereka… Bener-bener bak para puteri raja bila mereka berpesta…

Uniknya … mereka tetap menjaga nilai-nilai syar’i, tempat pestanya terpisah antara laki-laki dan perempuan…

Bagaimana penampilan keseharian wanita-wanita di sana??

***

Untuk kesehariannya, penampilan wanita-wanita di sana kek kebanyakan wanita umumnya… Mereka modis-modis banget, baik fashion maupun tatanan rambutnya… Bila aku mengikuti acara resmi di Jaliyat (Islamic Centre), aku kek melihat acara Fashion Show saja…:mrgreen:

Umumnya, para wanita yang ada di acara-acara dakwah berpakaian sopan dan elegan… Kesukaan mereka mengenakan rok panjang yang dipadu dengan hem lengan panjang, sangat dilarang untuk mengenakan pakaian yang ketat-ketat. Pakaian yang kek begituan hanya dipakai di dalam rumah-rumah mereka saja… Untuk  bahan jeans, mereka suka kenakan sebagai pakaian untuk keluar rumah setelah tertutup oleh abaya…. Sedangkan yang ada di acara azimah (pesta) ya… sebagaimana layaknya pesta laah…

***

Di seluruh wilayah Saudi, kecuali di daerah yang telah banyak orang-orang bulenya kek Jeddah, Dammam dan sedikit di Riyadh, para wanita diwajibkan mengenakan abaya yang menutup aurat plus wajah…

Kek gini nie bila wanita-wanita sana shopping di toko buku…🙂

***

Sering aku merasa heran dengan pemberitaan yang menyudutkan Saudi dan Islam pada umumnya, yang dilontarkan oleh mass media dari barat, bahwasanya wanita-wanita saudi tuh hidupnya terkekang…. gak boleh ini gak boleh itu…

Padahal kenyataannya??? Aku gak melihat dan merasakan seperti yang disebutkan dalam pemberitaan miring tersebut…

Kurasa ….para wanita di Saudi sangat menikmati kehidupannya… Mereka tidak terkukung melulu di dalam rumahnya. Ada waktu-waktunya tersendiri bagi mereka tuk keluar rumah, kek shopping, jalan-jalan, refreshing atau lainnya… Hanya saja, emang ada aturan-aturan tertentu yang membatasi, agar kebebasan yang ada tidak melampaui batas dari yang telah disyari’at dalam islam… Mereka juga berkarir di lembaga-lembaga yang sesuai dengan kiprahnya sebagai wanita kek di negara kita, seperti di dunia pendidikan dan kesehatan…

Jadi… bila ada yang mengatakan bahwa wanita di Saudi itu terkekang…, kurasa pernyataan itu tidaklah benar. Ya… kalau yang dituruti hawa nafsu siih, jelas mereka terkekang. Namun bila yang dituruti adalah ajaran islam, justru mereka sangat dimulikan keberadaannya…🙂

***

Terus… bila ada sebagian wanita-wanita di negara kita yang berpenampilan kek wanita saudi (yang menutup muka tuuh…), gimana dong??

Menurutku siih, sah-sah saja, toh itu ada aturannya juga dalam islam, …. kagak nyimpang. Mereka hanya berusaha tuk menjadi yang terbaik dalam menempuh kehidupannya.

Dari penampilan luarnya mungkin… syeerrraaaaaaaaaammm… tapi sebenarnya mereka baik-baik dan ramah kok… ;-)  Bila teman-teman punya pengalaman yang kurang menyenangkan dengan mereka, mungkin karena belum paham atau karena ada ulah segelintir oknumnya saja. Bukankah dimana-mana oknum itu selalu ada??

Jadi…sunflo saranin, jangan ejekin mereka yaa… kek dengan sebutan-sebutan yang kurang pantas… Toh dengan sebutan atau ejekan apapun, mereka tak kan bergeming dengan keyakinan dan prinsipnya… Malah, bila kita reseh, justru kita yang capek bin rugi… Kurang bisa menjaga lisan, yang itu merupakan salah satu adab seorang mukmin, dan … salah-salah nanti malah amal-amal kita berpindah tangan kepada orang yang kita omongin (ghibah) … ya gak mau doong… bangkrut entar…😛

***

So…. What kind of life is this?? Ya …. This is a beautiful life gtu… hehehe… Dengan kita menikmati hidup kita sesuai dengan aturan, maka hidup kita akan berasa indah dan damai, akuur??! Yuuuuk….

Btw… kedua kakak beradik dari Sudan nie yang bikin aku n hubby ngekek… Itu tuuh kuciran orang-orang dari Afrika khas banget… kalo gak kek bonsai gtu… yaa dikepang kriwil kuecil-kuecil…. dan mereka lakukan itu semua sendirian, kagak pake salon punya…. weleh….😆

(ps. entar sore aku mo ke Riyadh untuk beberapa hari… jadi libur dulu apdetnya… barangkali aja ada inspirasi buat posting di sana nanti, psssttt… pingin banget ke Mamlakah Tower yang terkenal ituuuu…. see u all… ^^  )

Entry filed under: kisahku di saudi. Tags: .

Dooohhh… Wanita!!! Huhuhu… Riyadh, Aku Gak Jadi Datang… :(

24 Comments Add your own

  • 1. yani  |  January 23, 2010 at 10:58 am

    ok ok, met jalan2 ya mba🙂

    hehehe…. kekna ditunda dech…😛

    Reply
  • 2. bintangtimur  |  January 23, 2010 at 11:51 am

    Horeeeeee, antri komennya nggak jauh-jauh nih, baru nomor dua aja😛
    Sunflo kok jalan-jalan melulu sih, jadi pengen ikutan, biar bisa bikin posting keren kayak begini nih…hehehe
    Saya juga ngekek (eh, pinjem istilahnya ya!) lihat kuncir anak-anak itu, njegrig kayak air mancur dan lucuuuuuuuuu😛
    Jangan lupa posting berikutnya ya, laporan dariRiyadh itu, pasti menarik banget, ditunggu ya!

    huhuhuhuuuu… kagak jadi siiiisss… hiks….😥

    Reply
  • 3. nakjaDimande  |  January 23, 2010 at 11:57 am

    Doooohhh yang jalan-jalan lagi..!
    ditunggu deh ceritanya, selamat menikmati Riyadh bersama suami tercinta.

    Dooohhhh… karena suatu hal, so kagak jadi bundooo… hiks…

    Reply
  • 4. sauskecap  |  January 23, 2010 at 1:02 pm

    asik juga jalan2 sambil jepret2… kok saya lihat kebanyakan berpakaian hitam-hitam yah…

    hehehe… luarnya hitam… tapi dalamnya penuh warna loh… dont judge by its cover katanya…😉

    Reply
  • 5. Makna Hidup  |  January 23, 2010 at 2:20 pm

    Assalamu’alaikum,
    Moga miss Sunflo dan keluarga sehat dan bahagia selalu.
    Alhamdulillah, makasih banyak postingannya, kereeeen.
    Aku jadi semakin banyak tau tentang kehidupan di Saudi. Dan ternyata memang banyak oknum yang suka menyudutkan Syariat Islam, terutama media masa dunia barat, padahal kenyataannya Subhanallah enak didengar dan indah dipandang. Insya Allah mereka terjaga dari fitnah, terutama zina pandangan dan kelanjutannya, amin.
    Ada yang llucu miss Sunflo ini, masa rambut dibilang kayak bonsai, he..he..jangan-jangan itu mah salah liat, itu mah pot tanaman bukan orang kali….he..he..(Astagfirullah)
    Selamat mengunjungi Riyadh ya…moga menyenangkan disana…dan jangan lupa postingannya..tentang Riyadh!
    Jazakumullah khairan katsiran…
    Wassalam,

    wa’alaikumussalaam warahmatullaah, wah zap..kagak jadi ke riyadh… tapi aq kan kasih postingan istimewa ttgnya walo aq blom eksplorasi di dalamnya… nantikan….;)

    Reply
  • 6. Desri Susilawani  |  January 23, 2010 at 6:01 pm

    yups…akuur lageee! yang bilang terkekang itu kan bukan yang memakai hijab seperti mereka…dan ditunggu oleh2 dari Riyadh nya…

    yuuuukk… tapi aq ga jadi kesana des, next time mgk…^^

    Reply
  • 7. setitikharapan  |  January 23, 2010 at 6:08 pm

    Wah gitu toh kehidupan di Saudi mbak, Jadi pengen kesana..

    semoga kelak bisa k sana ya…

    Reply
  • 8. melianaaryuni  |  January 23, 2010 at 9:05 pm

    Setuju sekali,Mbak….Jangan sekali2 menghujat tanpa tahu ilmunya….Have a nice weekend,Mbak….

    yuuuuukkk…. makasih mell…^^

    Reply
  • 9. bhamz  |  January 23, 2010 at 11:40 pm

    Ass.wr.wb,
    Wah, baca postingan2 sunflo jd inget ma bp sy nih! Thn 78, bp sy kerja proyek di Saudi. Beliau dikirim kantornya di Jkt untuk tangani proyek pemasangan kabel telpon. Beliau tinggal selama 1 thn di Jeddah. Pulangnya malah bawa banyak cerita2 lucu tentang kehidupan di Saudi. Kesimpulan beliau, hidup di Saudi itu romantis. Tentu bukan romantis ttg cinta, tp tentang masih dipegang teguhnya nilai-nilai Islam spt adab berpakaian yg dp dilihat di foto2 posting ini.
    Makasih sunflo. Postingan ini telah mengingatkan masa kecil sy waktu asik dengar crt bp! Alhamdulillah beliau saat ini masih sehat wal afiat di Sukabumi.
    Salam,

    wa’alaikumussalaam… iya kang bener2 indah…lahir bathin dech… semoga Allah merahmati akang sekeluarga dan ortu tercinta…

    Reply
  • 10. abrus  |  January 24, 2010 at 12:36 am

    Saya suka pada kalimat sunflo yg ini, berulang x saya baca …🙂 …
    “Malah, bila kita reseh, justru kita yang capek bin rugi… Kurang bisa menjaga lisan, yang itu merupakan salah satu adab seorang mukmin, dan … salah-salah nanti malah amal-amal kita berpindah tangan kepada orang yang kita omongin (ghibah) … ya gak mau doong… bangkrut entar”…😛 (minggu lalu pengajian kami membahas masalah itu … pengadilan yg maha adil di akhirat …)

    Waktu saya umroh yg lalu, sempat berobat di sbh RS di Medinah, memang pria wanita dipisahkan, wanita di urus oleh tenaga medis wanita pula dan gratis …

    iya brus…. seorang mukmin tuuh harus bisa menjaga lisannya untuk dirinya sendiri dan orang lain jangan sampai mengeluh, mengumpat ataupun menghujat… piiissss kalo gtu damai rasanya…

    Reply
  • 11. didtav  |  January 24, 2010 at 6:50 am

    mampir n lam kenal (_ _)

    kenal juga, makasih dah mampir…

    Reply
  • 12. bintangtimur  |  January 24, 2010 at 7:25 am

    Lo, kok belum ada posting baru…?
    Yah, pengunjung kecewa ni…😦
    Pasti lagi sibuk beres-beres buat ke Riyadh ya, jangan lupa dompetnya…jangan lupa juga posting selama disana…hehehehe😛
    Saya juga sering denger, bahwa wanita Saudi sangat suka fashion, hanya kegemaran mereka itu ditampilkan di acara terbatas, khusus dihadapan sesama wanita juga…😉

    xixixii… walo ga jadi ke riyadh, ntar sy postingin ttg riyadh dech sis… buat persiapan kalo ntar k sana lagi…😉

    Reply
  • 13. tary si kuman  |  January 24, 2010 at 11:20 am

    heheheh saudi ternyata banyak bangunan keren juga yah, termasuk butik, kirain cuma padang pasir aja heheheh

    weehh si tary… aja ngece sampeyan…😛

    Reply
  • 14. melly  |  January 24, 2010 at 12:50 pm

    baju bidadarinya cantik yah🙂

    iya neh…

    Reply
  • 15. wahyu  |  January 24, 2010 at 2:48 pm

    saya setuju, tergantung bagaimana orang menilainya. toh jarang banget keterpaksaan di sana utk memakai pakaian yang begitu. di qatar jg begitu, dengan pluralisme nya para wanita bisa dengan bebas memilih seperti apa mereka berpakaian.. (asal g keletawan aja hehe)

    islam telah mengatur semua aspek kehidupan manusia, salah satunya dalam hal berpakaian …

    Reply
  • 16. blingbling  |  January 24, 2010 at 4:33 pm

    seneng banget baca tulisan ini mbak. serasa diajak jalan2 kesana. ceritain yang lebih detil lagi ya…

    yoi akan kushare kisahku selama di sana inshaAllah…

    Reply
  • 17. monda  |  January 24, 2010 at 5:40 pm

    sunflo ke riyadh pake abaya hitam juga?

    iya mba monda… abaya di sana udah jadi pakaian nasional, kita harus makai, warnanya item, kecuali di Mekkah, dammam, jeddah keknya udah mulai bebas tuuh, asalka pake kerudung…. ^^

    Reply
  • 18. Kakaakin  |  January 24, 2010 at 8:31 pm

    That’s absolutely right! That is a beautiful life🙂
    Menjalankan syari’at Islam memang lebih sering dipandang aneh oleh orang-orang luar, atau bahkan orang Islam sendiri😦

    Hmm, jadi ingat masa2 pertama kali pake jilbab dulu…

    Gag jadi ke Riyadh ya…

    yup… ga Kin.. next time mungkin…

    Reply
  • 19. abrus  |  January 24, 2010 at 8:55 pm

    Lho kok belum up date … besok harus tayangkan PUISI ya!

    abrus yang harus nayangin puisi, bukan sunflo…😛

    Reply
  • 20. bundadontworry  |  January 25, 2010 at 5:08 pm

    asik………asik………jalan2 ,
    bunda duduk manis menunggu oleh2 ceritanya.
    salam.

    ah…gak jadi e bunda..😦

    Reply
  • 21. Erry Andriyati  |  January 26, 2010 at 8:16 pm

    Waduh mba…
    Jadi serasa baca buku Ayat Ayat Cinta….hihihi…
    Jadi nambah ilmu nih…..:)

    semoga bermanfaat ya

    Reply
  • 22. harumhutan  |  January 27, 2010 at 10:45 am

    dooooooooooooooooooohh..shopin9 terus sista aku yan9 satu ini😀

    aku ju9a pen9en pake cadar nanti😉

    aamiin… semoga terkabul keinginan wi3nd nanti…

    Reply
  • 23. Dan (TlsnKhdpn)  |  January 29, 2010 at 7:55 am

    Benar-benar kehidupan yang sangat indah. Bagiku kehidupan sesuai petunjuk ALLAH seperti di Saudi benar-benar menenteramkan. Semoga negeriku Indonesia tercinta ini dengan jumlah muslim terbesar di dunia, bisa segera seperti itu.

    Ayo saudara-saudara sebangsa dan setanah air, bersegeralah menuju cahaya petunjuk ALLAH itu. Tingkatkan ilmu, amal dan keikhlashan kita kepada ALLAH, niscaya Dia kan menganugerahkan ketentraman pada kita dan kehidupan yang sangat indah penuh kebahagiaan dan keberkahan. 🙂

    semoga saudara2 sekalian terketuk hatinya…

    Reply
  • 24. Jubah Dress  |  August 17, 2013 at 1:10 am

    Entah kenapa… hari nie kat office teringat blog nie…
    kat kantin tadi pon teringat blog nie.. naik keta pon teringat blog nie…

    awak ada calit minyak senyonnyong ke kat homepage ??🙂 lawak jer
    .. tahniah post yang menarik..

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Blogger

NOVI dengan nama pena SUNFLO ... ^^ Silahkan ambil yang bermanfaat dari sini, tanpa harus meninggalkan jejak atau komentar, kalau mau copas, silahkan, tapi harap yang bertanggungjawab...

sunflo’s Calendar

sunflo’s posting

January 2010
M T W T F S S
« Dec   Feb »
 123
45678910
11121314151617
18192021222324
25262728293031

Translate My Blog

Translate this blog into different languages...
العربية
english
Français
हिन्दी

Archives

Blog Stats since August '09

  • 3,957,967 hits

sedang ada di kebun sunflower

”amung

visitors traffic

Enter your email address to subscribe to this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 393 other followers

Like My Site

FP NOVI NOUF

Instagram NoviNouf

Tamu tak diundang.. Nyopiri abi yg mo ngisi khutbah nikah di Cilimus, dari pada eikeh memble sendirian di mobil nunggu hingga hajat selesai, akhirnya dipersilahkan duduk di kursi tamu. Niatnya mah numpang duduk manis aja, eh.. Dapat souvenir n snack juga deh.. Alhamdulillaah.. Kipasnya cantik-cantik, ada warna pink, ungu n biru.. #kipas #kipastangan #kipascantik #souvenir #kondangan #hajatan #nikah #me #tamu #guest #jalanjalan #jelongjelong Rasanya.. As usual, cuma.. Aq pake resep sponge cake ekonomis: 
4 butir telur
100 gr terigu
100 gr gulapasir
1/2 sdm emulsifier
50 gr mentega
#tiramisu #italiandessert #me #homemade #baking #bikinsendiri #enyakenyak #nomnom

%d bloggers like this: