Nyasar Euy…!!

January 26, 2010 at 11:19 pm 49 comments

Hi Friends, semoga kalian selalu dalam keadaan baik dan sehat … Tetap semangat dan optimis selalu dalam menapaki kehidupannya masing-masing…^^

Jumpa lagi dalam postingan kisahku di Saudi…

***

Kalian pernah dengar kata ‘ngangsu’ (jawa) air?? Yang artinya mencari air dalam bahasa Indonesianya… Biasanya dilakukan pas dalam kondisi kekurangan air atau musim kemarau di sebagian wilayah tanah air kita yaa…

Nah… kami juga suka ngangsu loh di sana…😆 Tapi, ngangsu di sana bukan ngangsu air buat kebutuhan mandi atau mencuci… Jangan dikira, mentang-mentang gurun pasir, terus kekurangan air, gtu?? Alhamdulillaah… walau kata daerah gurun pasir juga, Saudi… terutama tempat aku tinggal, tak pernah kekurangan air dan full listrik… gak byar pet gtu…

***

Dikarenakan air bersih Saudi berasal dari proses desalinasi, artinya berasal dari air laut yang ditawarkan, so… air yang ngucur di keran-keran, walau berasa tawar, namun masih mengandung kadar garam yang tinggi dibanding air tawar di negara kita.

Untuk kebutuhan minum dan memasak, air yang ngucur di keran-keran itu kurang memenuhi standar kesehatan… jadinya, kebiasaan di sana, para penduduknya sering beli air minum di depot-depot yang menyediakan air sehat (istilah mereka), dengan harga 1 – 2 real per galon, atau ada orang-orang yang baik (muhsinin) yang menyediakan air sehat secara gratis untuk umum…

Ini adalah galon yang biasa di sana, ciri khasnya ada ‘kuping’nya satu😆 … ada juga galon yang kek di tempat kita, yang biru itu… tapi belum diangkat ke atas, dan dengan ciri yang sama… ada kupingnya satu… hehehe… sekeluarga bisa punya minimal 5 galon untuk persediaan air minum

Terkadang kami beli air sehat tersebut dari depot, namun kalo kumat naluri adventure-nya… ya… lebih seneng ngangsu… hehehe…:mrgreen:

***

Seperti siang ini, aku n hubby mo nyoba tempat ngangsu baru, yang katanya airnya enak, ngucurnya besar dan keran yang tersedia banyak… Letaknya di daerah pelosok… kalau di kita kek desa gtu… Setelah ekspedisi tadi malam berakhir dengan kegagalan, karena tempat ngangsunya udah tutup… eh, malah kita kesasar lagi…. !! 😆

Namun siang ini… episode kesasarnya bersambung juga ternyata…:mrgreen: Ikuti kisah Nyasar kami plus pics salah satu sisi Buraidah area di siang hari…xixixi… Saudi emang kelihatan cantik di malam hari, tapi kalau di siang hari??? Hmmm …. wajah aslinya muncul… gurun pasir nan gersang gak seperti di indo…

episode nyasar berawal dari lampu merah ini, kami ambil jalan ke kiri tuk nyoba jalan baru… ^^  Hmm … dasar dusun, aku tertarik ma mobil yang gagah di depan tuh… produk toyota jenis land cruiser… Di sana, mobil land cruiser bertebaran kek debu di jalanan… ^^

perempatan tadi dekat ma Hyperpanda… tuh marketnya di siang hari… biasa-biasa saja kan??

***

nie udah masuk ke kampungnya, meninggalkan pusat kota… kelihatan aslinya dech…

tapi jalanannya mulus lebih mulus dari jalan tol di indo…. gratis lagi… :mrgreen:

lampu-lampu jalanan itu kalau malam melahirkan nuansa romantis bila dilihat di kejauhan…. kek deretan lampu di cakrawala gelap nan hitam gtu…

***

Tiba-tiba aku dibuat takjub… di depanku terbentang gundukan pasir kuning gading keoranyean… kek masuk ke negeri dongeng nie… It is desert area, friends!! Bener-bener gurun… Hmmm…. kalau malam hari gak kelihatan sih… ^^

garis-garis di atas gurun itu adalah jejak mobil, anak-anak muda sono suka sekali mendaki gurun dengan menggunakan mobil….😛

tapi aku juga melihat daerah perkebunan…. subhanallaah…. di gurun gersang ini ada ijo-ijo kek gtu…. ^^ tapi aku gak tau tanaman apa yang ditanam di sana….

mashaAllah… pemandangan yang sangat kontras kurasa… kuning gading dipadu dengan hijau di atasnya plus berlatar belakang langit biru… keren!!

nun jauh di sana adalah kebun kurma, dua titik putih adalah tenda…. orang-orang arab suka banget kemping, ngobrol ngalor ngidul dan ngopi… :mrgreen:

di depan kami ada jalan yang membelah dua buah gundukan pasir kuning gading… hmmm … tempat apakah gerangan di sebaliknya?? 😕

Subhanallaah…. indah banget ternyata gundukan pasir itu… dramatis, romantis… ada jejak kakinya plus alur-alur halus di atas pasir tanda tiupan angin… gundukan pasir kek gini nie sumbernya badai pasir (sandstorm) yang biasa terjadi di sana….

***

Eh…. Lihat tuh….!!

ada unta…!!!:mrgreen:

whuuuaaa… banyak banget… hihihi… ternyata kami kesasar ke pasar unta!!! banyaaaakkk banget untanya dan cakep-cakep plus gagah gak kumel gtu… karena mereka kan diperdagangkan…  Area pasar unta ini bagus banget, keknya cocok buat tempat wisata dech…

akhirnya kami memutar arah tuk kembali ke ‘jalan yang benar’… hehehe…

Good bye dech unta…*.^

***

ketemu lagi ma perkebunan kurma… emang provinsi al qasim dikenal sebagai sentra perkebunan kurma selain madinah… jadi kurma qasim dengan madinah katanya beda rasanya… perasaan rasa kurma mah sama yaa… manis!!

nie dia kampung di saudi…

jalanan kampungnya… oke dech.. gak berlubang kek di jalur pantura.…😛

walau kata kampung…. mereka juga punya mobil… land cruiser malah kebanyakan… hehehe…:mrgreen:

ini adalah salah satu gang di sana… kami muter arah lagi karena yang kami cari adalah…

Dhuar (bundaran) besar Pepsi (karena dekat dengan pabrik Pepsi) … Dooohhh.. gara-gara nyobain jalan baru, 1,5 jam kami ada di jalanan dan nyasar di pasar unta… **

***

nie dia tempat ngangsunya… hanya beberapa meter dari bundaran tadi…

hihihi…. ada temannya…

InshaAllah sunflo mau postingkan tentang kebaikan hati orang-orang di sana untuk menyediakan air minum gratis bagi umum… cerminan bagi kita… betapa di padang tandus tersebut, orang gak merasa sayang tuk bersedekah air minum kepada sesama…

Terakhir… nie jalanan jika malam hari terasa berkilau… namun di siang hari biasa-biasa saja… Sepi ya?? Ya… kalau siang hari, sedikit sekali aktivitas manusia… giliran malam hari?? Hmm… malam di arab… seperti siangnya di indo… ^^

***

Entry filed under: kisahku di saudi. Tags: .

Huhuhu… Riyadh, Aku Gak Jadi Datang… :( Kuliner Alakadarnya Sunflo

49 Comments Add your own

  • 1. Dan (TlsnKhdpn)  |  January 26, 2010 at 11:51 pm

    Masya Allah, bagus sekali laporannya Mba..🙂 biar nyasar dapat cerita..🙂
    Saudi memang luar biasa yah, Kaya, Makmur, Jalannya rata, rakyatnya baik, bagiin air gratis, wah hebat deh pokoknya. Itu berkah dari dakwah tauhid dan sunnah yah? alhamdulillah, ikut senang rasanya. Semoga ALLAH menjaganya.

    di foto terakhir ada pohon gede gitu yah.. asri..🙂

    aaamiin… alhamdulillaah

    Reply
    • 2. Shaquille  |  February 5, 2010 at 2:36 am

      🙄 🙄 🙄

      😕 :mrgreen:😕

      Reply
  • 3. Makna Hidup  |  January 27, 2010 at 3:17 am

    Assalamu’alaikum,
    Moga miss Sunflo bahagia selalu bersama keluarga. Kesunyian malam yang dikagetkan dengan postingan baru miss Sunflo nih!
    Aku aminkan do’anya ya! Negeri Saudi yang penuh cerita dan menjadikanku ingin tinggal disana.
    Miss Sunflo, aku kira foto tempat minum anak kecil….nggak taunya galon air..he..he..lucu banget galonnya!
    Subhanallah…. padang pasir yang indah jeng! Kalau aku lebih suka miss Sunflo bilang tamasya daripada nyasar..he..he…..Soal air, emang nggak ada yang bisa pesan antar sampe rumah jeng? Tapi bersyukur banget ya, negeri gurun pasir, tapi air minum tidak kekurangan, bahkan ada yang gratisan. Benar-benar negeri yang berkah Saudi ini! Mudah-mudahan suatu saat negeri kita pun demikian, Amin.
    Salam,

    aamiin… benar zap, itu juga termasuk tamasya…^^

    Reply
  • 4. falasi  |  January 27, 2010 at 5:40 am

    subhanallah, liat foto-fotonya kok perasaan saya yang jalan-jalan di sana, abisnya bagus-bagus sih..
    wah apa gak panas tuh kak riwariwi siang-siang?oya pan naik mobil, pake ac😛

    alhamdulillaah cuacanya sedang enak2nya di sana..

    Reply
  • 5. isil  |  January 27, 2010 at 6:10 am

    makasih foto – fotonya mbak..
    asa bener-bener kesasar bersama mbak sunflo..

    indah banget pemandangan padang pasirnya..
    🙂

    u r welcome sil, alhamdulillaah…

    Reply
  • 6. Aurora  |  January 27, 2010 at 7:21 am

    Waoow… Keren… Kebayang ga sih kak, waktu kesasar itu bensin mobil tiba2 habis?
    Weh, bisa berpetualang tuh… Melewati gunung pasir untuk dapat seliter bensin…

    alhamdulillaah hubby penuh perhitungan rif, bila mau berpetualang, bensin diisi penuh…

    Reply
  • 7. abrus  |  January 27, 2010 at 8:25 am

    ass ww sunflo,
    cari air? belum baca … kyknya asikkk nih …🙂
    komen dulu – sblm ke sawah

    btw ibadah Sai’ … bukankah Ibu Siti Hajar sedang ‘cari air?

    Wass

    wa’alaikumussalaam..iya cari air brus…

    Reply
  • 8. Wahyu Kresna El Haydar  |  January 27, 2010 at 8:27 am

    nice…. ^_^

    shukran..

    Reply
  • 9. setitikharapan  |  January 27, 2010 at 10:01 am

    Wah, niatnya cari air malah muter2 ya mbak. Tapi sepanjang perjalanan koq gak ada foto POM Bensin ya mbak. Mobilnya pake’ tenaga surya ya.😀

    alhamdulillah pake bensin, dan harganya lebih murah dibanding d indo….

    Reply
  • 10. harumhutan  |  January 27, 2010 at 10:37 am

    asalaaaaamu’aLaikuuuuuuuumm ^^”

    dooooochh..apa kabar sistah..,hehehhe afwan baru sin99ah la9i neeh

    aku ju9a pernah n9an9su,kan tin99al dikampun9 dulu🙂

    wuaaduuch jauh ajah n9an9suna,tapi seru ju9a yah liat perjuan9an sist ini🙂

    9urunna keren,jadi pen maen pasir😀

    iya wi3nd….seru loh… pasirnya halus banget….^^d

    waah…

    Reply
  • 11. Kakaakin  |  January 27, 2010 at 11:13 am

    Nyasar yang menyenangkan…🙂
    Apa nggak singgah ngobrol dulu sama om Unta?:mrgreen:
    Kalo di kotaku segalon air isi ulang yang biasa Rp 3500. Baek banget ya disana, mau aja berbagi🙂

    kin.. ada 2 unta yg cakep banget, tinggi besar… elegan pokokna… tapi aq ga sempat ambil gambar apalagi ngobrol…😛

    Reply
  • 12. nakjaDimande  |  January 27, 2010 at 1:07 pm

    Indah sekali, akan membuat rindu sunflo pastinya bila tiba saatnya harus hijrah lagi ke negeri lain..

    iya bundo, alhamdulillaah…^^

    Reply
  • 13. Dan (TlsnKhdpn)  |  January 27, 2010 at 2:36 pm

    Assalaamu’alaikum.. Mbak.. katanya Saudi banjir ya? dan ada korban jiwa? Semoga Mbak baik-baik saja. Semoga ALLAH selalu menjaga Mbak dan keluarga.

    wa’alaikumussalam alhamdulillaah kami baik2 saja… malah kami belum dengar berita ttg hal tsb

    Reply
  • 14. Desri Susilawani  |  January 27, 2010 at 2:38 pm

    doooh…indahnya! nyasar juga ga masalah kalo keadaannya kek gitu…asal ga sendirian…hehehe

    Reply
  • 15. abrus  |  January 27, 2010 at 3:24 pm

    Wowww … indah banget … niat *nyari air – malah nyasar … akhirnya lihat *pemandangan yang … dramatis, romantis dan bombastis …🙂 …

    sunflo saya geli membaca kalimat ini, entah kenapa : “Sepi ya?? Ya… kalau siang hari, sedikit sekali aktivitas manusia… giliran malam hari?? Hmm… malam di arab… seperti siangnya di indo”… ^^ …😀 … kyk kalong dong … (keluar dah ‘jail abrus …) … maaf ya canda … hehehe …

    sejatinya sajian sunflo ini …. hebat …😉 … pengalaman yang ruarrrrrr biassaaaaaa …😛

    ya… memang seperti itu adanya brus budaya masyarakat di sana, syukran…

    Reply
  • 16. bintangtimur  |  January 27, 2010 at 4:23 pm

    Wah, wah, wah…cerita perjalanan ngangsu yang lengkap banget…penasaran deh, kayak apa unta cakep yang nggak kumel…😛
    Di Bandung sekarang lagi hujan Sunflo, jadi saya baca posting ini sambil senyum-senyum sendiri….
    Dooohhh (hihihi, pinjem istilahnya ya, saya suka banget istilah Sunflo ini…saking sukanya, saya suka ngomong sendiri sambil ngebayangin postingan Sunflo yang lagi berkunjung ke 3 posting sekaligus itu, lucuuuuu….)
    Di Saudi kok ngangsu ya, tetangga depan rumah saya malah lagi sibuk ngebuangin air banjir yang masuk ke halaman…hehehe, di halaman belakang saya juga tuuuuh, rumputnya terendam air…
    Tapi itulah indahnya ya, di mana-mana bum Allah, di semua tempat niscaya ada berkah🙂
    Posting dan gambar yang keren, saya jadi berasa kesana deh!

    beneran sis… ada 2 unta gebetan saya, putih ma coklat, tinggi bgt, gede bgt n ganteng2 (kalo manusia sih)…. sayang wkt mo jepret gambarnya…. mobil hubby terus melaju, takut dikira ngapain tuh sama org arabnya…hehehe… indo lagi diguyur hujan ya? Allahumma shayyiban naafi’aan… smga Allah jadikan hujan yang bermanfaat yaa…^^

    Reply
    • 17. abrus  |  January 27, 2010 at 7:36 pm

      senyum sendiri … sah2 aja, pertanda senang …🙂 … kalo ‘senyum sendiri terus-menerus …😦 … jangan ya !!!

      Reply
  • 18. teamtouring  |  January 27, 2010 at 5:38 pm

    keren
    tempatnya lebih bersih dan tertata daripada indonesia
    jadi ngiri nih, tol juga gratis nih
    salam

    alhamdulillaaah…

    Reply
  • 19. julie  |  January 27, 2010 at 8:44 pm

    keren reportasenya
    aku suka warna gurun yang kuning gading itu
    *mbayangin di situ sama AP😀

    makasih jul….^^

    Reply
  • 20. HALAMAN PUTIH  |  January 27, 2010 at 10:31 pm

    Gurun pasirnya mirip2 dengan yang di pantai Parangtritis Yogyakarta, cuma beda warna pasirnya aja. Ngebayangin pasti panas banget tuh di siang terik matahari.

    iya panas banget..

    Reply
  • 21. udienroy  |  January 27, 2010 at 10:31 pm

    berarti di arab banyak hal-hal gratis ya? whee ‘e ‘e ‘e keren uyh

    alhamdulillaah..

    Reply
  • 22. aya  |  January 27, 2010 at 10:31 pm

    hai….lam eknal sis

    kenal juga sis…

    Reply
  • 23. idana  |  January 27, 2010 at 11:56 pm

    waow…lengkap bgt perjalanannya lengkap dengan gambar pulak
    cantik sekali🙂

    iya da.. ^^

    Reply
  • 24. melly  |  January 28, 2010 at 1:16 am

    Subhanallah..Indah bgt mba..
    nyasar yang menyenangkan.ya
    keren bgt yah pemandangan gurun pasirnya..
    ngerasain bisa liat gurun pasir kek gitu, senengnya

    iya mell, semoga bisa manfaat yaa..

    Reply
  • 25. getting the motivation to lose weight  |  January 28, 2010 at 6:01 am

    Fantastic post, I really like your style.

    thanks…

    Reply
  • 26. bintangtimur  |  January 28, 2010 at 11:51 am

    Halo Sunflo…saya kirim email pribadi, dibuka yaaaa…!

    okeee… ditindak lanjutiiiii…

    Reply
    • 27. abrus  |  January 28, 2010 at 12:49 pm

      saya kok gak di kasih sih … (protes.com)

      😛

      Reply
  • 28. tomi  |  January 28, 2010 at 12:06 pm

    wah langsung dr Saudi nih to sob?mantabs.. jadi pengen kesana tp kapan ya?>

    iya..

    Reply
  • 29. bintangtimur  |  January 28, 2010 at 1:28 pm

    Abrus…email saya tuh khusus buat dibaca perempuan…hanya Sunflo, tepatnya…hehehe, mau saya kasih komentar, kok belum ada posting baru sih, kan gonjang ganjingnya udah selesai…😛

    hehehe… lagi disiapin…. kroket pesenan jeng… buat postingan setelah ini….😉

    Reply
  • 30. bintangtimur  |  January 28, 2010 at 1:29 pm

    Maaf Sunflo, numpang titip pesen buat Abrus…😀
    Yailaaaahhhh, titip pesen…hihihihi, kayak di restoran aja!

    boleh… boleh… jeng, seporsinya berapa ya??

    Reply
  • 31. 1121  |  January 28, 2010 at 1:38 pm

    ini baru berita… nice

    thx..

    Reply
  • 32. anny  |  January 28, 2010 at 2:12 pm

    Gurun nya betul betul indah mbaa…….
    walah kapannn yah mau kesana😀

    iya ann…^^

    Reply
  • 33. Program kasir  |  January 28, 2010 at 3:00 pm

    wah, kebayang ya gimana aja kalau pas waktu itu kamu kehabisn bensin jadi nya berpetualang deh.
    keren2 foto nya, jadi pengen hijrah kesana tuh..
    Aminn…

    udah diperhitungkan, alhamdulillaah… karena petualangnya diniati ..^^

    Reply
  • 34. an9el  |  January 28, 2010 at 3:47 pm

    wow..potonya keren2 bgt…btw malam hari blh rame dari siang yah??? ck..ck..ck.

    iya n9el… ^^

    Reply
  • 35. bri  |  January 28, 2010 at 3:49 pm

    kalau main kasiig linknya doongg jadikan bisa main balik..weks
    lagiih kunjungan negara iaaa ke saudi..hadooh lupa bawa peta seeh
    …cemangaadd ^o^ …

    ya bri ntar sunflo tinggali jejak…

    Reply
  • 36. Mamah Aline  |  January 28, 2010 at 4:29 pm

    sis di arab kalo siang sepi keliatannya dari foto-fotomu, kalo malam kan ramai kek di indonesia, ada tempat kuliner malamnya ga disana yang mirip seperti kafe atau jajanan serba ada

    dunia laki2 semua jeng!!… kafe2 sih ada… tapi isinya ya para pemuda saudi…. warung kaki lima jelas ga ada yaa.. mungkin kalo di mekkah kali hampir kek di indo…org indo kan banyak disana…^^

    Reply
  • 37. sauskecap  |  January 28, 2010 at 6:20 pm

    jangankan di saudi, di jakarta nyari air bersih juga udah susah kalau buat dikonsumsi… harus pake air mineral… jalan2nya asik juga…

    iya ya ri…😕

    Reply
  • 38. wahyu  |  January 29, 2010 at 2:57 am

    wow keren bu, saya selalu senang membaca ulasan2 ibu ttg budaya dan keadaan di sana. mantaps..

    eh itu berapa jauh nyasarnya? hehe

    jauh banget Rez… 1,5 jam on the way…

    Reply
  • 39. UmuKamilah  |  January 29, 2010 at 4:19 am

    Asalamu alaikum🙂
    akhirnya saya masuk ke blog Mbak Sunflo. Lama nggak berkunjung ke sini hasilnya saya tertinggal banyak postingan deh..😦 .
    Wah, seru nyasarnya niy. lebih seru lagi ternyata nyasarnya bisa membagikan cerita di blog.
    Sebelumnya saya mengetahui Mbak ini tinggal di Saudi. Selama ini saya bertanya-tanya, apa saja ya pengalaman Mbak Sunflo selama tinggal di sana? Eh, ternyata sudah banyak cerita pengalaman yang Mbak ceritakan, sedang saya nggak ngikutin.😥

    *Mbak, saya masuk ke sini melalui link komen Mbak di blog Mamah Aline. Tempat saya gak ada linknya🙂 *

    iya de’… soalnya aq ga pernah log out kalo komen, jadi ga terdeteksi ya jejaknya…. maap…

    Reply
  • 40. Ruang Hati  |  January 29, 2010 at 7:39 am

    kapan yah bisa jalan2 kesana, pengen sekali pa lagi untuk ibadah

    semoga bisa terlaksana some day…

    Reply
  • 41. Nina  |  January 29, 2010 at 8:53 am

    wah nyasar ada hikmahnya jadi metr-muter ke gurun sampe ketemu onta,,hihihi
    kayaknya jalan disana enak yah,,mulus banget gitu terus ga macet kayak di bandung
    baca2 blog ini jadi makin pengen ke sana dehhh

    ngomong2 ngangsu jd inget beberapa hari yang lalu saya pengabdian masyarakat di desa dan mesti ‘ngangsu’ beneran😀
    kalo sempet mampir ke tempat saya ada ceritanya sm ada tebak-tebakan kayak kesukaan mbak,,hehehe

    iya nin, ntar mba mampir dech… lagi banyak tamu nie …jadi kagak sempet dolan….^^

    Reply
  • 42. bintangtimur  |  January 29, 2010 at 12:25 pm

    Yailaaahhhh, belum ketemu juga ya sama yang dicari…?
    Masih nyasar melulu nih…😛
    Sunflo, Sunflo…saya udah kangen komentar disini, jadilah saya ngomentarin posting yang udah hampir kadaluarsa ini…hahahaha…kayak blog saya udah ada posting baru aja ya…😀
    Sorrrrryyyyyyy!
    I miss you🙂

    mz u so too siiiisss…. gie banyak tamu nie… jadinya sibuk d dapur aja…. ^^

    Reply
  • 43. bintangtimur  |  January 29, 2010 at 6:29 pm

    Halo…halo…email tadi, sukses menjadi salah satu inspirasi saya buat posting lagi…hehehe, thanks ya…ditunggu kedatangan dan komentarnya…
    Maksih Sunflo!

    udah ditindaklanjuti siiiiss…. ^^

    Reply
  • 44. monda  |  January 29, 2010 at 8:28 pm

    lengkap deh, serasa berkelana di gurun juga,

    iya mbak… makasiih…^^

    Reply
  • 45. Triunt  |  January 29, 2010 at 10:15 pm

    Yah ngetik panjang2 malah ilang😦
    jadi tahu sebab kenapa td di molnya sepi, berarti aktifitas arab malah banyak di malam hari ya mbak??

    saya senyum2 baca tulisan ini.
    palagi bagian
    “Eh…. Lihat tuh….!! [foto unta] ada unta…!!! ”

    karakter tulisannya mbak Sunflo bagus.
    serasa tulisan reporter beneran hehe.

    siip… makasih…😆

    Reply
  • 46. adelays  |  January 30, 2010 at 6:32 am

    Assaalamualaikum, Sunflo…
    wah.. ternyata kebiasaan ngangsunya kali ini terhambat perjalananan mencoba jalan baru ke pasar onta…

    Kenapa nggak sekalian ngangsu onta , sunflo ?
    hihihihi…

    wa’alaikumussalam… eh, ade…. masih jalan2 aja ?? untanya kegedean de…^^

    Reply
  • 47. Sewa Mobil Bali  |  June 7, 2010 at 1:21 pm

    kapoan q bisa jalan” kesana ya,,,jadi pengen ney,,,salam aja ya,,,

    pingin ke sana juga ya…

    Reply
  • 48. sewa mobil di bali  |  July 10, 2010 at 1:08 pm

    Waoow… Keren… Kebayang ga sih kak, waktu kesasar itu bensin mobil tiba2 habis?………..

    Reply
  • 49. rental mobil di bandung  |  April 22, 2011 at 7:40 am

    Wiiichhhh… Kebayang ga sih kak, waktu kesasar itu bensin mobil tiba2 habis?
    Weh, bisa berpetualang tuh… Melewati gunung pasir untuk dapat seliter bensin…hakhakghakhaaaaa

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Blogger

NOVI dengan nama pena SUNFLO ... ^^ Silahkan ambil yang bermanfaat dari sini, tanpa harus meninggalkan jejak atau komentar, kalau mau copas, silahkan, tapi harap yang bertanggungjawab...

sunflo’s Calendar

sunflo’s posting

January 2010
M T W T F S S
« Dec   Feb »
 123
45678910
11121314151617
18192021222324
25262728293031

Translate My Blog

Translate this blog into different languages...
العربية
english
Français
हिन्दी

Archives

Blog Stats since August '09

  • 3,961,049 hits

sedang ada di kebun sunflower

”amung

visitors traffic

Enter your email address to subscribe to this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 393 other followers

Like My Site

FP NOVI NOUF

Instagram NoviNouf

This is another one.. #myredrose #redrose in #mygarden #gardening on a #balcony #flowerporn #love #beautiful #instaflower #instapic Tampak atas.. Aku masih terkesima aja sama penampakan ini, meski sekarang udah habis, tinggal kenangan.. Tapi cakep yak.. #gaadayangnanya :)) #pudingsusu #silkypudding #pudingbuah #me #dessert #bikinsendiri #homemade #instapic

%d bloggers like this: