Kuliner Alakadarnya Sunflo

January 29, 2010 at 11:29 pm 34 comments

Hi Friends… semoga harimu indah dan dipenuhi kesabaran dalam meretas hidup ini…^^

Dooohhh, lama ga posting yaa… (baru juga 3 hari… :lol:  ), dan… postingan sekarang tentang makanan ah…. makluuumm… blognya IRT, jadi harus ada yang satu ini…kuliner!!

Sunflo mo sharing aja nie… walau aku jauh terdampar di negeri unta ini, tetep dalam urusan kuliner, indonesian food is the best!!! Paling-paling kalo mo masak masakan luar negara, yaa… sebatas bikin nasi biryani saja…

And kalo misalnya pingin makan jajanan orang sono, kami pilih untuk tidak mencicipi terlebih dulu masakan indo punya…. soalnya, untuk urusan rasa, makanan orang-orang sono bakalan kebanting dech ma makanan kita ….

Tumis, sop, lodeh, masak ikan, sambel adalah menu indonesia raya punya yang menghiasi aktivitas dapurnya sunflo… Untuk camilan, yaa paling gorengan saja… soalnya aku ga demen banget bikin kue-kue gtu, sukanya kalo makannya saja…😛

Dooohhh… kok ngalor ngidul siih ngomongnya??? Jadi sunflo mo posting apa??!!….😦

***

Hmmm… ini nie, friends…. :

Tahu indomie kan??? suka bikin yaa??? Nah…. indomie di arab tuh kek gini nie…. Yang menarik perhatianku, kardusnya tuh bagus n muantaaabzzz… gak kek di indo….

( so…what dengan indomie gtu loohhh…??😦 )

Nah… dari indomie tuh, aku suka bikin Bola-bola Mie Keju …Rasanya gurih khas keju gtu… Nah yang istimewa…., aku bikin sendiri tepung panirnya…

Tepung panir/tepung roti tersebut, kubuat dari roti kek gini nie… yang mengeras akibat suhu ruangan atau dimasukkan ke dalam lemari es… Kutumbuk lalu kuayak, jadilah tepung panir….

(ooohh gtu…. terus?? )

Lalu, aku kemarin pingin bikin mie ayam.. secara di sono gak ada orang-orang Arab yang mau jualan mie ayam keliling…:mrgreen: Pinginnya sih mienya pake spaghetti gtu…. tapi ternyata waktu buka laci, spaghettinya ga ada… yaa… pake indomie itu lagi….😆

(Hmmm…. :-?   )

***

Nah, pernah kupostingkan tentang musim kentang di sono, dan berhubung aku suka banget ma kentang, maka selain dibuat perkedel, kentang yang ada kubuat ini nie:

Traraa… Kroket Kentang yang diisi ma irisan kecil telur… (hehehe… ngirit, aslinya mah pake telur puyuh…😛 )

Terus ada lagi… Timus Kentang… Tahu timus kan?? biasanya makanan ini terbuat dari ketela rambat, tapi dari pada idealis harus pake ketela rambat yang harganya selangit di sono, mending pake kentang aja… hehehe 😆

(lanjuut…. ;-)  )

***

Dan tak ketinggalan, gorengan nasional Indonesia…., yaitu:

Bakwan… !!:mrgreen:

Bakwan juga dikenal dengan nama bala-bala… Aku sempet ngekek, ketika ada acara di Islamic Centre, ada orang Arab seneng banget dengan makanan ini….

Nah… dari bakwan ini bisa kubuat jenis makanan lain yang namanya Badak Sambel… Mungkin Badak adalah nama lain dari bakwan kali yaa…

Komposisinya: bakwan dipotong kecil-kecil, kemudian disiram dengan sambel pecel, dikasih topping saos sambel, kecap dikit, seledri dan bawang goreng, kemudian dicampur kek tahu campur gtu..

Makanan ini sempat populer di kantin-kantin SMA pada tahun 1990-an… Adakah makanan kek gini di tempat kalian??

(  :-?  )

***

Ini juga salah satu gorengan favoku… Tahu Isi a.k.a Tahu Susur… Harusnya kan pake tahu pong yang tengahnya gak ada isinya itu yaa.. tapi berhubung orang sono kagakkenal tahu yg kek bgtuan, tahunya juga tahu sutra, maka aku buat tahu isi ini dari tahu putih yang padat itu…

Tahu putih dibelah miring, tengahnya dilubangi kek di gambar tuuh…. terus tahu serpihannya tadi dicampur dengan isinya… ada kol, daun bawang dan harusnya pake tauge, tapi karena gak ada tauge, biar rada-rada pantes gtu… kutambahi dengan suwiran ayam….:mrgreen:

(  :lol:  )

***

Terus apalagi nie… bahannya dari roti tawar, dikasih isi kek isi risoles, kemudian digoreng… Harusnya sih pake crackers, tapi karena aku bikin makanan ini untuk menanggulangi keadaan kritis, takut roti tawarnya keburu kadaluwarsa, makanya crackersnya kuganti dengan roti tawar….🙂

***

Memperkenalkan makanan khas Saudi yang orang Saudi seneng banget…. Ini dia.. :

Qusythah…. ( pasti teman-teman bertanya-tanya…. apaan tuuh??!! )

Jadi ini kek semacam wingko babat, tapi lembut banget, manis kan?? Terus diisi ma Qisythah (cream milk/susu krim) yang berasa tawar gurih… Jadi gmana tuh rasanya… banyangin sendiri aja yaa….:mrgreen:

***

Nah itulah kuliner ala kadarnya sunflo, friends… walau kata sunflo terdampar di negeri orang… lidah ini masih tetep rasa Indonesia Raya punya… Hmmm… jadi kangen pingin makan Docang khas Cirebon nie… hiks…😥

Entry filed under: kuliner. Tags: .

Nyasar Euy…!! Find Your Heart In…

34 Comments Add your own

  • 1. abrus  |  January 30, 2010 at 12:37 am

    Woowwww … makyuusssss …🙂

    semua sedapppp …. ntar pulang ke indo … sunflo buka resto deh … special ala sunflo resep ex saudi … 😀

    masak masakan luar negara, yaa… sebatas bikin nasi biryani … kirain priyayi (bangun tidur nech …😉 …

    makasih brus… pernah makan nasi berbumbu, selain nasi kuning dan nasi goreng??

    Reply
    • 2. abrus  |  January 31, 2010 at 4:33 pm

      Kalau “nasi kibuli – sudah (bukan ‘kibulin lho … )😀

      Reply
      • 3. abrus  |  January 31, 2010 at 4:45 pm

        * Btw … mohon baca ulang postingan “scantik cleopatra” …😉 … waktu itu belum sempat “koreksi mutakhir tayang” … karena buru2 berangkat ke Ciloto – Puncak (acara kantor) … sehingga/nampaknya “kapasitas” kami (saya dan sales “OMG”) dalam pertemuan itu kurang jelas . Terimakasih …
        (membela diri ni yee …😛

        aq percaya kok brus…

  • 4. Makna Hidup  |  January 30, 2010 at 12:43 am

    Assalamu’alaikum,
    Semoga miss Sunflo dan keluarga senantiasa Allah limpahkan kebahagiaan dan keberkahan, Amin.
    Alhamdulillah miss Sunflo mau berbagi resep kulinernya (insya Allah). Aku bener-bener jadi ngiler ngeliatnya nih! ngabibita bae lah si teteh mah!
    Kayaknya di postingan ini ada info lowongan kerja di Saudi juga nih. Aku jadi pengen jualan mie ayam di Saudi, laku kali ya…miss Sunflo?
    Ternyata prinsipnya patut dicontoh sama kita semua, walau di negeri orang, miss Sunflo tetap cinta cita rasa Indonesia, alhamdulillah.
    Sukses selalu buat Sahabatku!

    wa’alaikumussalam … bikn sendiri zap… gampang kok…

    Reply
  • 5. Kakaakin  |  January 30, 2010 at 12:48 am

    Banyak banget jenis gorengan kreasi sunflo…
    Diriku yang di kampung aja belom sempat membuat semua jenis itu… palingan bakwan aja yg paling gampang:mrgreen:

    alhamdulillaah kin… mo nyari makanan yg variasi kek di indo kagak ada yg jual siih…

    Reply
  • 6. adelays  |  January 30, 2010 at 6:37 am

    Assalamualaikum.. Sunflo..
    Sudah beberapa hari mendamparkan diri di negeri orang, bikin kita kangen ama kuliner makanan sendiri.
    Apalagi Sunflo yang udah lebih lama terbang ke negeri unta, makanan Indo yang bikin kangen bisa disiasati dengan bikin makanan sendiri.
    MemaNGna disana nggak adakah resto makanan Indo yang nyediain makanan ala Indo ??

    wa’alaikumussalam de… ga ada de… secara org indo di sana kebanyakan TKI dan TKW yang ga bebas keluar jadi ya ga ada resto ala indo, kecuali di mekkah kali yaa..

    Reply
  • 7. bintangtimur  |  January 30, 2010 at 6:55 am

    Yaaaaah, keduluan Abrus deh…😦
    Ck…ck…ck…saya selalu kagum dengan kreativitas, keindahan penyajian dan semangat Sunflo buat berkreasi dengan macem-macem makanan…hebaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaat!
    Pas ada kata-kata…ngekek…hahahaha, saya ketawa juga, istilah ngekek itu lucu banget, tiap ada kata ngekek dan dooohhh…bayangin saya lagi ketawa ya😀
    Semua makanan sip, apalagi Qusythah itu, saya kok jadi ngebayangin makanan ini pasti cocok sama selera saya, secara saya suka banget sama wingko babat, ada isinya lagi…hhhmmm, yummy😉

    hehehe… ngekek tuh sama dengan kek gini nie ni sis..😆 enak loh qusythahnya sis… yummyy…

    Reply
    • 8. abrus  |  January 31, 2010 at 5:06 pm

      abrus dimana saja ‘harus duluan dari mbak BT …🙂

      Reply
  • 9. Dan (TlsnKhdpn)  |  January 30, 2010 at 6:55 am

    wah, jadi pengin makan makanan itu..
    Sabar, alhamdu lillaah masih bisa makan.. sementara banyak saudara-saudara kita kelaparan…😦

    alhamdulillaah…

    Reply
  • 10. nakjaDimande  |  January 30, 2010 at 8:06 am

    sunflo jago deh cara penyajian makanannya.. jadi pas difoto terlihat cantik dan menggugah selera.

    justru di negeri orang sunflo makin tertantang memasak makanan Indonesia ya?🙂

    hehehe… makasih bundo, kan mau ditampilin ke readers… masak acak adut penampilannya.. ntar sunflo maluuu… ^^

    Reply
  • 11. anny  |  January 30, 2010 at 9:22 am

    Bola bola mie keju sama timus kentang sedappppp keknya😀
    Unik banget he..he…

    iya ann… mo nyoba???

    Reply
  • 12. Ruang Hati  |  January 30, 2010 at 2:40 pm

    Penghujung bulan sudah datang, ada yg suka karena baru gajian, ada yang seding karena target tidak terpenuhi, apapun yang terjadi ruanghati.com ucapkan selamat berakhir pekan dan berakhir bulan, selamat ngeblog, yang barusan gajian bisa dihemat sampai akhir bulan berikutnya,

    salam hangat san sukses selalu

    semoga hidup Anda penuh dengan Cinta, Kesehatan, kebahagiaan dan Kedamaian selalu

    ruanghati.com

    thanx de…

    Reply
  • 13. liza  |  January 30, 2010 at 3:03 pm

    liza jadi kelaparan nih mbak sunflo setelah baca postingannya😀

    hehehe…

    Reply
  • 14. Desri Susilawani  |  January 30, 2010 at 7:09 pm

    baru rencana, pengen bikin bitterballen dari mie juga …hehehe…

    gimandra caranya des???

    Reply
  • 15. Desri Susilawani  |  January 30, 2010 at 7:11 pm

    hemm…indomie di Arab pake tulisan arab juga ya? kirain biasa aja ke di indo

    :mrgreen:

    Reply
  • 16. setitikharapan  |  January 30, 2010 at 8:07 pm

    Pas lagi laper, malah lihatin ini. Jadi tambah laper neh mbak. Moga kelak istriku sama pinternya ama mbak sunflo. Pinter masak.😀
    Amiin

    aamiin.. semoga Allah kabulkan ya de…

    Reply
  • 17. setitikharapan  |  January 30, 2010 at 9:53 pm

    Oh ya mbak menurut adek neh bukan kuliner ala kadarnya. Tapi dah mantep. Top margotop dah. Kalau ada dihadapan saya langsung saya habisin neh. *Apalagi pas laper.😀

    alhamdulillaah makasih de’

    Reply
  • 18. Nina  |  January 30, 2010 at 10:09 pm

    hahaha,,hari rabu kemarin saya dn teman2 kunjungan industri ke pabrik indomie di cibitung
    terus liat2 display kemasan indomie yg diekspor juga
    ada versi arab juga😀

    wah,,dr gbr2 di atas saya paling pengen yg wingko arab itu mbak
    enak bgt deh kayaknya

    iya nin, enak tuh ‘wingko’ arabnya…😛

    Reply
  • 19. isil  |  January 30, 2010 at 11:15 pm

    hmm..yummi…
    jadi laper nih mbak…

    mhmm..jadi tambah kosakata makanan khas sana deh…

    Reply
  • 20. casrudi  |  January 31, 2010 at 12:04 am

    Masha Alloh… Ini perut lagi laper disuguhi yang beginian Mbaq… Kalau boleh kirim by email… Hehehehe… Maknyuss banget Mbaq…

    Semoga selalu sehat ya MbaqKu, baik2 disana…

    amiin…makasih ya de’

    Reply
  • 21. Erry Andriyati  |  January 31, 2010 at 10:43 am

    Halah…
    jadi laper gini yaaa??..:)

    Indomie-nya sama-kah merk nya dengan yg di Indo?
    kok kemasan plastiknya mirip yaaa?

    Reply
  • 22. tary si kuman  |  January 31, 2010 at 1:50 pm

    aduhhh bikin laper dech…
    jadi pengen cepet2 kabur dari studio:D

    mo maem yaa..

    Reply
  • 23. sauskecap  |  January 31, 2010 at 4:52 pm

    wah ternyata indomie sudah menyebar dimana-mana ya, arab, jepang, korea, dsb

    yup

    Reply
  • 24. melianaaryuni  |  January 31, 2010 at 7:23 pm

    Kayaknya lezat,Mbak….

    makasih mell, emang nie..^^

    Reply
  • 25. bintangtimur  |  January 31, 2010 at 8:14 pm

    Sunflo…saya kirim email lagi ya, nggak bosen kaaaaaaan😛

    alhamdulillaah nggaak siiiiss.. dengan senang hati…^^

    Reply
  • 26. Mamah Aline  |  January 31, 2010 at 9:21 pm

    dari semua makanan enak diatas, aku paling suka tahu isi apalagi yang puanass ditambah cabe rawit…. ni’meh rasanya hihihi, di negri orang pasti akan rindu segala makanan asli indonesia ya sis…

    aq juga suka tahu isi itu jeng, mo bikin lagi rencananya… tapi sayang ga ada cabe rawitnya… xixixi…

    Reply
  • 27. idana  |  February 1, 2010 at 1:15 am

    semuanya menggoda selera….sunflo emang paling pinter deh😀

    makasih da, alhamdulillaah…

    Reply
  • 28. wi3nd  |  February 1, 2010 at 11:01 am

    kyaaaaaaaaaaaaa…pa9i pa9i da bikin n9iler ma menu ini smua *9leekk..

    yan9 kroket kentan9 malah kaya kentan9 yah bentuknya hihihi lucu..

    aku suka bakwan sama sambel pecelna sist *hemm nyuusss..

    win9ko aku ju9asukaaa hihihi..

    **manteeeeeeeeeeeeebbbb

    makasih wi3nd…

    Reply
  • 29. haris ahmad  |  February 1, 2010 at 4:19 pm

    *ngiler* bagi donk bu……….

    Reply
  • 30. yani  |  February 1, 2010 at 6:59 pm

    indomie memang andalan buat kita2 yang nyangkut di negeri orang😀 eh, tapi Indomie yg di sini beda rasanya sama yg di Indo, kalo yg di Arab gimana? sama ngga?
    aku juga suka bikin bakwan🙂 waaa pengin mie ayam, tapi aku jarang beli daging, seringnya ikan. ntar jadinya mie ikan😆 maklum, repot nyari daging halal di sini, mesti naik bis gitu deh..

    iya yan, rasanya juga beda,kebanting ma yg ada di indo…xixixi..

    Reply
  • 31. how to ollie  |  February 1, 2010 at 8:03 pm

    how to ollie…

    […] Learn how to ollie like a professional […]…

    Reply
  • 32. bri  |  February 5, 2010 at 11:55 am

    mmhhh nyamiiii beneran masakanya…
    kalau di mam cmuanyaah..nanti jadi gendud gk ia ..oops ^_^
    plg nak makanan penutupnya escream…ahahay
    nanti buatin buat aku iaa bundaa🙂

    gmandra carana bri???😕

    Reply
  • 33. ismi  |  February 8, 2010 at 12:57 am

    kl jaman SMA dlu dikantin terkenalnya mendoan bumbu.mendoan diiris kcil2,trus disiram bumbu pecel trus diksh kecap…
    jd inget masa SMA!!prnh contek2an sm abay…

    kalo aq gmana contekannya yaa… hayoooo, dilaporin ma gurunya ntar….^^

    Reply
  • 34. Niar_rara  |  March 17, 2012 at 2:17 pm

    miss… makassiih ye, inspirasi untuk kantin ku ntar nih^^ khususnya untuk badak sambel

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Blogger

NOVI dengan nama pena SUNFLO ... ^^ Silahkan ambil yang bermanfaat dari sini, tanpa harus meninggalkan jejak atau komentar, kalau mau copas, silahkan, tapi harap yang bertanggungjawab...

sunflo’s Calendar

sunflo’s posting

January 2010
M T W T F S S
« Dec   Feb »
 123
45678910
11121314151617
18192021222324
25262728293031

Translate My Blog

Translate this blog into different languages...
العربية
english
Français
हिन्दी

Archives

Blog Stats since August '09

  • 3,957,967 hits

sedang ada di kebun sunflower

”amung

visitors traffic

Enter your email address to subscribe to this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 393 other followers

Like My Site

FP NOVI NOUF

Instagram NoviNouf

Tamu tak diundang.. Nyopiri abi yg mo ngisi khutbah nikah di Cilimus, dari pada eikeh memble sendirian di mobil nunggu hingga hajat selesai, akhirnya dipersilahkan duduk di kursi tamu. Niatnya mah numpang duduk manis aja, eh.. Dapat souvenir n snack juga deh.. Alhamdulillaah.. Kipasnya cantik-cantik, ada warna pink, ungu n biru.. #kipas #kipastangan #kipascantik #souvenir #kondangan #hajatan #nikah #me #tamu #guest #jalanjalan #jelongjelong Rasanya.. As usual, cuma.. Aq pake resep sponge cake ekonomis: 
4 butir telur
100 gr terigu
100 gr gulapasir
1/2 sdm emulsifier
50 gr mentega
#tiramisu #italiandessert #me #homemade #baking #bikinsendiri #enyakenyak #nomnom

%d bloggers like this: