Balada Ikan Hiu Part 2

February 2, 2010 at 4:26 am 34 comments

Hi temans… semoga kalian dalam keadaan sehat dan baik selalu… Tetap semangat dan optimis dalam hidup ini  yaa… b^^

Jumpa lagi dengan kisah seru kuliner sunflo…^^

Postingan sekarang adalah lanjutan dari Balada Ikan hiu yang lalu… Kali ini, rasa penasaranku bener-bener terlampiaskan dengan suksesnya pada mahluk yang satu ini… dan sunflo mo share pada kalian semua…:mrgreen:

Tapi bagi yang tak kuat hati tuk mengikuti kisah mengenaskan sang ikan hiu kali ini, mending ga usah klik ‘more’ di bawah ini yaa… takut kalian ga tega dan menghujatku, bahwasanya aku tidak punya perikeikanhiuan… :-(  ok??!  Namun bagi yang penasaran….., lanjutkaaannn… !!! 🙂

***

Dua malam yang lalu aku belanja ke Hyperpanda, dengan ditemani senyuman ceria bulan tanggal 16 Safar, kami melaju menuju lokasi…

Setelah pilah-pilih sayuran dan buah-buahan, stand tujuanku adalah tempat jualan ikan… Thuiiiing, tak lain tak bukaaaaann… ikan hiulah yang jadi target operasi dan penasaranku… Alhamdulillaah…. di sana teronggok beberapa ekor hiulita (ikan hiu yang masih bayi) sekitar 6 ekor mungkin…

Kami pilih 2 ekor dan gak pake acara dikuliti segala, langsung bungkus dan hitung… beres sudah!! ;-)  Hihihi…. karena aku tak mau kehilangan kepala ma ekornya….:mrgreen:

Setelah sampai rumah, aku langsung bereksperimen ngerjain ‘mangsa’ku itu… Pingin tahu?? Lanjuuuuut….:mrgreen:

***

Imajinasiku Bersama Mereka

Biasaa… sebelum acara pengulitan keesokan harinya, aku adakan acara foto-foto dulu terhadap mereka, hihihi…. mumpung bisa megang hiu beneran, yang masih kecil… dan gak galak…:mrgreen:

Nie dia dua ekor ikan hiu pilihan kami, masih seger dan imut loh… Mau lihat lebih deket lagi??…

Aku jepretin mereka, setelah itu kupandangi hasil ekspresi mereka di hapeku… Tiba-tiba aku nyengir sendiri, soalnya… ekspresi mereka lucu banget…!!

Tuh lihat… wajah betenya…. cemberut euy!! Hehehe… kali sebel ma aku yaa, karena beraninya ma hiu yang udah mati n masih kecil lagi…:mrgreen:

Hehehe… dah.. dia pasrah juga dengan keisenganku padanya…😆

Whooeeii sunflo … malu tau!!!

Eh.. ternyata doi punya lidah dan gigi-gigi yang tajam loh … kebayang kalo doi dah gede n memangsa korbannya.. Hiiiiiiiiiiiii….😦

Akhirnya nie pose terakhir doi sebelum kujagal keesokan harinya:

Hihihi… kek hiu yang bete habis dipermainkan ma seorang sunflo yaa…😛

seble….seble….seble….!!! (baca: sebel…)

***

Balada Hiu Berakhir Mengenaskan di Tangan Sunflo

Keesokan harinya, dengan semangat ’45, aku segera menuju dapur laga tuk ‘ngerjain’ para hiu tak berdaya itu, setelah sebelumnya kukeluarkan dari kulkas agar esnya mencair….

Langkah pertama, aku bedah perutnya dengan pisau yang tajam, dan kukeluarkan isi perutnya…

Hmm… beneran dech friends, walo terkesan sadis, tapi aku menikmatinya, secara dulu waktu praktek anatomi hewan, aku bahkan disuruh membedah binatang yang aku sendiri kasihan banget, gak tega ma mereka seperti: katak (amphibi), kadal (reptil), ikan (pisces), burung merpati (aves) dan kelinci (mamalia), bayangkan… mereka dibedah dalam keadaan masih hidup walau kemudian dibius tuk melumpuhkan kesadarannya…!! Hiks… sebenarnya aku ga tega, tapi gimana lagi… untuk ilmu pengetahuan, agar kami tahu nyatanya, bukan dari katanya-katanya….😦

Kembali ke hiuku, aku takjub dengan isi perutnya yang lumayan … banyak dan besar dibanding beberapa jenis ikan yang pernah kujagal…

Ini anatomi ikan hiu, buat pengetahuan kita bersama….🙂

Dari Wikipedia kuketahui, ternyata nama lain hiu tuh adalah ikan cucut… Hmmm… pantesaaan…. aroma dagingnya kek yang sering dibikin ikan panggang / mangut …

Setelah dua-duanya kubersihkan, akhirnya…. kupotong kepala dan ekornya…  dan kumasak asem pedas berdasarkan resep dari ibuku…. ^^ . Badannya kusimpan lagi di dalam kulkas, menunggu eksperimen yang lainnya.

Bumbunya cuma bawang merah, bawang putih, tomat, semua diiris tipis, cabe hijau atau apalah pokoknya cabe yang pedes gtu… potong gede-gede…, tambah asem jawa, enaknya sih pake belimbing wuluh…. tapi apa adanya sajalah…, udah… terus direbus n dikasih rasa, hingga matang dan mantaabz rasanya…. ^^

Nie Kepala dan Sirip Hiu Asem Pedas ala Sunflo…. ^^ sajikan dalam keadaan hangat, ga enak kalo dingin… Dooohhh, betapa mengenaskan wajahnya…😦 demi memupus rasa penasaran seorang sunflo….

Hiu termasuk ke dalam hewan dengan kerangka ulang rawan… jadinya, hiu muda ini full tulang rawan, bagi yang suka ma tulang-tulangan ke aku begini… hmm… mantaabzz… apalagi makannya di rumah, gak perlu malu kanan-kiri dech…😆

Untuk badan ikan hiu, bisa kuolah menjadi kek gini nie:

sama dengan di atas, masak asem pedas… b^^

Atau masak gule ikan gtu… pake bumbu kuning… b^^

***

Siomay Ikan ala Sunflo

Wah … hari itu benar-benar hari-hari ikannya sunflo, friends…. Tak cukup menjagal dua ekor ikan hiu, aku juga menjagal jenis ikan yang lain… Besar juga badannya…

Kek gini nie… nie lagi promosi, sekilonya dihargai 5 realan…, di labelnya sih namanya Jiniss…. Ikan apaan yaa kalau diIndonesiakan??

Kek gini nie wajahnya, ada yang kenal ga??!!

Huufph… susah banget ngulitinya, karena sisiknya agak keras, lalu kuambili dagingnya dengan memisahkannya dari durinya, kemudian dicacah-cacah, … setelah sebelumnya kubersihkan jeroannya…

Aku pingin banget bikin siomay, sekali lagi… secara di sono kagak ada orang Arab yang mau jualan siomay keliling dorong pake gerobak … (gubraakkk… :lol:  )

Nie siomay, sekali lagi pake resep ibuku yang dikirimkan lewat sms, lalu kukira-kira sendiri…cara bikinnya…  ^^ . Hampir sama kek bikin pempek, tapi gak pake telor …

***

Traraaa…. Siomay Ikan ala Sunflo tersaji untuk temans semuanya…. (picnya saja… :-P  )

Alhamdulillaah… mantaabzz rasanya, kan ikannya dibanyak-banyakin, pokoknya lengkap dech, ada telor, tahu, kentang dan kol … Siomay… siomay… 5 real…. 5 real…

***

Pernak-pernik Sekitar Shopping Kemarin

Shopping kali ini menyisakan pernak-pernik yang layak dishare pada temans sekalian, buat nambah wawasan gtu… Apa saja??? Lanjuuut…

Di stand yang jual ikan juga tersedia Ikan Tilapia ( sejenis ikan di air tawar ) yang masih segar, hidup lagi!! Tentunya harganya lebih mahal, namun kulihat mereka berenang dengan gerakan yang lambat… Kek gak ceria …😦

***

Eh… Lihat tuuh…

Rambutaaannn… Hihihi…. :mrgreen:

Di sana juga namanya Rambutan loh… tapiiiiii…. :-(  satu pak gtu harganya 17 realan (kalikan aja sama kurs saat ini…

Ogah aaahhh… kalaupun makan juga gak tega buat menelannya… mahal amiiiirrr…. nunggu pulang ke Indo aja kalau mo makan buah ini…😦

***

Ada lagi yang lain….

Jantung pisaaaang!!!!

Wkwkwkkkkk….😆

Sewaktu di kampung, kalo mo bikin sayur jantung pisang, tinggal ambil di kebon, nah sekarang di sono, sekilonya saja hampir 4 real!!!

Sayuran dan buah-buahan kampung kek jantung pisang, ubi jalar, asem jawa, mangga muda, pepaya muda, tales/uwi, kelapa plus batoknya, dll… tersedia dalam stand bahan makanan India. Hmmm… keknya ini khusus diimpor buat kebutuhan orang India dan sejenisnya, termasuk orang Indo, tapi kalau mau beli yaa mikir-mikir dulu… Harganya itu loh… selangiiit….:mrgreen:

***

Entry filed under: kuliner. Tags: .

Find Your Heart In… Al Ghurabaa’ (Orang-orang Asing)

34 Comments Add your own

  • 1. melianaaryuni  |  February 2, 2010 at 5:22 am

    Mbak gambar hiunya unik…klo liat gulai kepalanya, jadi takut makannya….Mbak emang pinter masak ya, hebat….

    mashaAllah.. alhamdulillaah, makasih mell..

    Reply
  • 2. adelays  |  February 2, 2010 at 7:51 am

    Nah.. akhirnya Hiu part 2 launching juga.. ini dia yang ditunggu-tunggu adelays.wordpress.com.

    Yang terbayang bayang adalah wajah lucu si hiu sebelum di ‘tukangi’ sama sunflo.

    Setelah itu.. ternyata nasibnya tragis tak berujung. hiks. kasihan ikan hiu itu…heheh…

    Gimana sih.. rasanya daging ikan hiu, sunflo ? jadi penasaran pingin coba sendiri deh…

    iya de… cobain dech, sekarang kayaknya udah banyak yang jual di jakarta ya…

    Reply
  • 3. kakaakin  |  February 2, 2010 at 8:14 am

    Wkwkwkwk…. pasrah deh ikannya😆
    Akhirnya kesampaian juga ya, masakin kepala ma siripnya🙂
    Ayo deh Mbak sunflo aja yang mulai duluan jual siomay 5 realan, pasti banyak yang demen tuh:mrgreen:

    dooohhh… sunflo ga bakat jualan kin, bawaannya ga tega mlulu… ntar sunflo yang tekor dech…😛

    Reply
  • 4. nakjaDimande  |  February 2, 2010 at 9:17 am

    sunfloooo, kecian banget deh hiunya. ga tega ah

    tapi demi sunflo, boleh deh🙂

    hiunya imutz ya bundooo…. btw, di padang udah banyak yg jual nie ikan kah??

    Reply
  • 5. kenuzi50  |  February 2, 2010 at 10:02 am

    ada part 1nya yah… wah ketinggalan…

    Reply
  • 6. finda  |  February 2, 2010 at 12:21 pm

    hehe..lucu bgt ikan hiunya.. oya,mksih mbak udh di link😀

    sama2 de’…

    Reply
  • 7. abrus  |  February 2, 2010 at 12:59 pm

    Komen 1 dulu ah, baru baca …🙂

    *Sunflo : bagi yg punya perikeikanhiuan…😦 ST0P !

    Namun bagi yang penasaran😉 .. Tariiqqq maanngggg … !!! 🙂

    Reply
    • 8. abrus  |  February 2, 2010 at 1:06 pm

      Kek gini nie wajahnya, ada yang kenal ga??!!

      sumpah deh … wajahnya saya gak kenal, tapiii … ‘garis matanya mirip mata sunflo … hihihi …😛

      Reply
  • 9. abrus  |  February 2, 2010 at 1:18 pm

    Rambutan loh… tapiiiiii….😦 satu pak gtu harganya 17 realan (kalikan aja sama kurs saat ini…

    di Jakarta jg musim rambutan, saya suka ‘st rapiah … pasti manis
    rambutan sunflo … pasti manis-kecut … wowww larang tenan…

    bener brus, si rafiah manis banget, di sono aq ga ngimpi buat makan rambutan, eman fulusnya…

    Reply
  • 10. abrus  |  February 2, 2010 at 1:21 pm

    Woowwww … masakan sunflo … benar2 maknyuuuusssssssss
    (ngiler deh – mirip2 ikan patin ya …)

    Reply
  • 11. setitikharapan  |  February 2, 2010 at 5:13 pm

    Weleh-weleh kasihan bener ikan hiunya. Rasanya kek ikan apa ya..? Awas mbak keluarga ikan hiu bales dendam. heheheheh😀

    kek ikan cucut de’..

    Reply
  • 12. Makna Hidup  |  February 2, 2010 at 6:35 pm

    Assalamu’alaikum,
    Semoga kebahagiaan dan keberkahan senantiasa Allah limpahkan buat miss Sunflo dan keluarga, Amin.
    Wah..lengkap banget menu hari ini ya? Perlu dicoba kuliner miss Sunflo ini, menu ikan hiu yang sangat menggoda selera makan. Harga rambutan di Saudi mahal banget ya Bu? Padahal di pasar minggu 3 ikat cuma 5 rb saja.. he..he…
    Oh Iya…miss Sunflo pernah lihat pohon rambutan sama pisang di Saudi enggak?
    Subhanallah, sungguh berkah negeri Saudi ini, menjadi Negeri yang berlimpah hasil bumi dari seluruh dunia. Semoga kita senantiasa memohon agar Allah memberikan keberkahan pada kita semua, Amin.
    Sukses selalu buat miss Sunflo

    wa’alaikumussalam, aamiiin, makasih zap… blom pernah liat kedua pohon tsb, tapi katanya pohon pisang sih ada yang nanam di sono…

    Reply
    • 13. Makna Hidup  |  February 4, 2010 at 12:10 am

      Assalamu’alaikum,
      Smoga miss Sunflo sehat selalu, Amin. Oh..jadi belum pernah liat ya miss Sunflo, pantesan harganya selangit. Mahal juga nggak apa-apa yang penting miss Sunflo tetap ada rejeki untuk membelinya ya! Semoga Allah melimpahkan keberkahan buat Saudaraku di Saudi, Amin.

      Reply
  • 14. Dan (TlsnKhdpn)  |  February 2, 2010 at 9:09 pm

    Assalaamu’alaikum wa Rohmatullaah, Mbak..
    Semoga ALLAH senantiasa menjaga Mbak sekeluarga & memberi Hidayah-Nya pada kita semua, agar tetap Istiqomah dalam Islam dan Sunnah, jalan keselamatan & kebahagiaan dunia & akhirat.

    Syukur Alhamdulillah atas banyaknya Ni’mat yang tlah ALLAH berikan pada kita, sementara banyak sekali juga diantara saudara-saudara kita yang sedang dalam ujian kesusahan. Itulah kehidupan dunia yang penuh ujian ini, baik kesenangan maupun kesedihan. Semoga ALLAH menjaga Kerajaan yang penuh berkah ini dan menjadikan negeri muslim lain lebih baik lagi.

    Tuk dunia Ilmu Pengetahuan, Praktek pembedahan yang kejam memang seharusnya dapat diminimalisir dengan adanya teknologi saat ini, gunakan hanya jika darurat saja, itupun dengan sebisa mungkin tanpa menyakiti.

    Adapun menunya kelihatannya memang spesial. Semoga dapat dinikmati dengan penuh berkah, aamiin.🙂

    wa’alaikumussalam warahmatullaah…. aaamiiin…. syukran dan…

    Reply
  • 16. Triunt  |  February 2, 2010 at 11:22 pm

    ndak tahu kenapa saya senyam senyum pas baca tulisan ini.
    gayanya mbak Sunflo banget😆

    eh…
    {foto}
    penjelasan singkat..

    gek hiunya diobok2 ik..mbak Sunflo ki kejem bener wkwkwk.

    Q : Kek gini nie wajahnya, ada yang kenal ga??!!
    A : Namanya Si Until itu mbak…
    Q : Until Siapa??!!
    A : Waaa….

    it is my style yunt…

    Reply
  • 17. liza  |  February 2, 2010 at 11:58 pm

    jantung pisaanggggg….wah liza suka banget pepes ikan dencis pake jantung pisang mbak,

    jantung pisang enak juga ya de

    Reply
  • 18. wi3nd  |  February 3, 2010 at 10:53 am

    kepala ikan hiuna kaya kepala uler yan9 pertma😀

    emm enak pastina,tapi balik la9i aku nda suka ikan😦

    oran9 arab doyan jantun9 pisan9 ju9a sist?
    hihi

    ya ga lah wi3nd..*.#

    Reply
  • 19. abrus  |  February 3, 2010 at 1:57 pm

    Hi friend … surat maya dari ku utk mu :

    http://abrus.blogdetik.com/2010/02/03/surat-jelita-…/

    Reply
    • 20. abrus  |  February 3, 2010 at 2:49 pm

      Hi sunflo, solusi yg diberikan pd @brus – ‘harus berupa postingan dan dimuat dlm blog.sunflo …. (berhadiah) hihihi …😛

      Reply
  • 21. Tanti  |  February 3, 2010 at 2:43 pm

    Ikan Hiuuu… enak gak mbak?
    Lihatnya aja nyeremin gituh ya.. keinget yang di film2..

    enak, kek ikan cucut gtu

    Reply
  • 22. idana  |  February 3, 2010 at 4:07 pm

    belum pernah makan ikan hiu😀

    rambutannya beli yaa *ya iyalah masa ya iya donk*
    nanti kalo dah ke indo..minta sama aku aja yaa 😀

    dikirim via pos ya…😛

    Reply
  • 23. an9el  |  February 3, 2010 at 6:20 pm

    wakakakaka..kasian bgt ikan hiunya dipermainkan gtu😛

    Reply
  • 24. vany  |  February 3, 2010 at 8:04 pm

    foto2 hiunya lucu, mbak…..
    pas hiu-nya dimakan, rasanya gmn, mbak?
    penasaran nih😀

    yahh… rasa standart ikan gtu de..

    Reply
  • 25. techno  |  February 3, 2010 at 8:33 pm

    hiunya lucu2 kalo kayak gitu. .

    nyeremin kalo udah gede. .😀

    Reply
  • 26. asfanforever  |  February 4, 2010 at 1:25 am

    wah….bener..bener……dech..:)

    Reply
  • 27. bri  |  February 5, 2010 at 12:03 pm

    ikan hiu nya mancung…gemesiin bener, boleh pinjem gak? makasiihh
    tapi gak suka buat dimakan…bri didn’t likes fish😦
    rambutaannn aja deh…ahahay

    🙂

    Reply
  • 28. bintangtimur  |  February 6, 2010 at 9:38 am

    Hehehehe, tetep ya masak dan belanja yang ditulis di posting ini, bikin saya ketawa melulu…😀
    Foto kepala ikan itu serem, Sunflo…swear, sampe saat ini saya nggak tau dimana enaknya makan gulai kepaka ikan yang disukai banyak orang itu…
    Siomay?
    Saya sukaaaaaaaaaaaaaaaa banget…
    Kapanpun, saya nggak pernah nolak yang namanya siomay. Tapi kalo dibikin dari daging ikan hiu…dooohhhh😛

    weeeh enak loh sis… ntar ada olahan ikan hiu yang lebih seru n serem lagi…😛 nantikan… *.^

    Reply
  • 29. yani  |  February 7, 2010 at 2:16 am

    aduh, pose ikan hiunya memelas…ngga tega diriku.. btw, ikan cucut aja dagingnya agak liat lho.. gimana ikan hiu?

    cucut itu katanya ikan hiu itu yan… kata wikipedia…^^

    Reply
  • 30. ismi  |  February 8, 2010 at 1:10 am

    bruntungnya aq yg msh bs mrasakan rmbutan yg sekilonya hanya 1500 rupiah sahaja…

    alhamdulillaah…

    Reply
  • 31. Desri Susilawani  |  February 8, 2010 at 1:09 pm

    serasa lihat isi lemarai makanan emakku mbak…hehehe…kalo aku lagi laper, masakan ikan hiu bisa langsung kumakan. tapi kalo dah kenyang tiba2 merasa eneg ya…hihihi..yaealah…orang dah kekenyangan

    beneran des, aku tahu hiu baru di sono, selama di indo kagak ngeh…^^

    Reply
  • 32. wong cilik  |  February 10, 2010 at 6:14 am

    hmmm… ikannya kayaknya namanya ikan benggol deh.. sorry kalau salah😛

    Reply
  • 33. nurul alfiah  |  October 10, 2010 at 9:25 am

    sunflo<……..
    namanya ikan ap tu low di indonesia…????????????????
    yang sunflo da bekeng siomay.
    nurul penasaran nieeeeee………………….

    namanya?? ya ikan hiu atuh…

    Reply
  • 34. Kalung Gigi Hiu - Fashion dan Belanja Jadi Satu  |  February 21, 2015 at 1:50 pm

    […] Balada Ikan Hiu Part 2 – sunflower | Blog pecinta sunflower – Balada Ikan Hiu Part 2. February 2, 2010 at 4:26 am 33 comments. Hi temans… semoga kalian dalam keadaan sehat dan baik selalu… Tetap semangat dan optimis dalam …… […]

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Blogger

NOVI dengan nama pena SUNFLO ... ^^ Silahkan ambil yang bermanfaat dari sini, tanpa harus meninggalkan jejak atau komentar, kalau mau copas, silahkan, tapi harap yang bertanggungjawab...

sunflo’s Calendar

sunflo’s posting

February 2010
M T W T F S S
« Jan   Mar »
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728

Translate My Blog

Translate this blog into different languages...
العربية
english
Français
हिन्दी

Archives

Blog Stats since August '09

  • 3,959,459 hits

sedang ada di kebun sunflower

”amung

visitors traffic

Enter your email address to subscribe to this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 393 other followers

Like My Site

FP NOVI NOUF

Instagram NoviNouf

Nasi Merah goreng cabe rawit spesial pake telor.

#nasigoreng #berasmerah #friedrice #menu #enyakenyak #nomnom #simplemenu #instafood #foodporn Ternyata setelah berhasil menguasai mobil, belajar motor itu jadi lebih mudah.

Aku udah bisa menaklukkan motor bebek manual ini, alhamdulillaah.. Dulu, diajari pake motor matic berulang kali, ga bisa-bisa. Setelah berhasil nyetir mobil, diajari sekali aka pake motor ini, langsung bisa ngacir.. Yaah.. Dengan prestasi, jatuh dua kali hehehe.. Hidupku jadi lebih normal sekarang, ga jalan kaki lagi n ngandelin sopir angkot.. :)) #motor #motorbebek #honda #belajarmotor #motorcycle #indonesiantransportation #me #experience #excited 
@munaayazid

%d bloggers like this: