Jika Sunflo Bikin Bakso

February 8, 2010 at 3:00 am 34 comments

Howdy friends..  Semoga harimu penuh dengan kehangatan dan selalu mensyukuri apapun nikmat yang diberikan oleh Allah Ta’ala…

Jumpa lagi dalam postingan kuliner seru ala sunflo… ^^

Aahh… beginilah nasib perantau… harus bisa mandiri nih!! Pingin jajan makanan khas indo??!! Nanti dulu… :-P  Secara gak bisa ngandalin orang-orang Arab buat jualan bakso, siomay ataupun mi ayam keliling pakai gerobak siih…:mrgreen: (gubraaakk..!!  ngece kamu ya sunflo…** )

Ceritanya gini:


Malam jumat kemarin, aku n hubby nganter temen hubby pulang ke Bukairiyah pukul 11 malam… Mata sudah tak bisa diajak kompromi… Kami ga mampir ke rumahnya dan aku hanya pamitan sama istrinya dengan pake sms, ” Maaf de’ aku langsung cabut aja yaa, ngantux nie… ”

Ketika mobil sudah melaju jauh dari rumahnya… Temenku itu bales sms, ” Wah.. padahal udah disiapin sambosa ma bakso loh… ya udah, lain waktu saja yaa…”

Whaattttt bakso???!!! Ooohh noooo…😦

***

Aku dan hubby saling mengungkit sebab. Yang udah ngantuk lah… yang kenapa ga telpon aja lah… Padahal biasanya aku nelpon dia, tapi sekarang kok cuma sms… Hehehe… dasar ga rejeki…😛   Ya sudah laahhh…

Sepanjang jalan… semangkok bakso seolah menari-nari di atmosfer indera pengecapku… Kabita banget dech… Langsung sampe rumah bikin semangkok indomie dan dimakan berdua, hihihi… ngilangin bayangan bakso itu…:mrgreen:

***

Keesokan harinya, saat aku berada di dapur laga untuk dinas harian, hmm… timbul ide untuk membuat bakso!! Aha… kucari info di internet tentang resep bakso. Keknya mudah dech cara bikinnya n bahan-bahan ada di rumah semua…

Di Saudi, bakso, mi ayam dan siomay adalah makanan istimewa, seporsi di sana dihargai 5 real, yang dijual di tingkat rumah tangga saja, tidak berupa warung atau gerobak keliling. Aku suka beli bola-bola baksonya saja, 1 pak isi 10 dihargai 5 real juga, pokoknya serba 5 real dech…

Dan aku ingin mengasah rasa penasaranku tuk membuat bakso. Soalnya dulu pernah nekad membuat bakso tanpa ukuran yang jelas, malah hasilnya sangat mengenaskan…😦

***

Eksperimen ini berlangsung selama 3 hari. Hayuuu… kalau udah ada maunya, sunflo bakalan demen banget bikin hingga puaaaassss….:mrgreen:

Hari 1

Aku coba bereksperimen pada ikan… hihihi… pingin bikin bakso ikan ceritanya… dan yang jadi korbanku adalaaaaahhh…..

Hiu yang malang…. hiks…😦

Hehehe… tinggal badannya tuh… Aku kuliti dan kuambili dagingnya lalu kucincang hingga lembut… Alhamdulillaah, hiu ini kagak ada durinya!! Cuma tulang belakang yang berupa tulang rawan belaka, jadi tak menyulitkan acara penjagalanku dah.. mantaabz… 😆

Daging cacah tersebut ( sekitar 300 gr) kucampur dengan bumbu berupa bawang putih 3 siung yang dihaluskan, merica bubuk 1 sdt, garam dan …huhuyy… vetsin, putih telur dari 1 butir telur, soda kue 1/4 sdt dan tepung kanji 4 sendok makan… semuanya dicampur jadi satu hingga kalis… laluuu:

Di… apa yaaa istilahnya…dooohhh, … di’plocot-plocot’ pake tangan tuuh (oops… tangan kudu bersih loh…) hingga membentuk bulatan yang disesuaikan selera untuk ukurannya, dan diambil dengan menggunakan sendok…

Terus cemplungin ke air mendidih, tunggu hingga bola-bola bakso itu mengapung, lalu angkat dan tiriskan… jadi dech..kek gini nieee:

Nie… bakso ikannya sunflo…. Alhamdulillaah, modal maksimal 15 real, dapat sekitar 40 buah bakso… hihihi…:mrgreen:

Malamnya, kami pesta makan bakso….

Huhuuuyy… Bakso Ikan ala Sunflo…. yummyyyyy….

puaaaassss…. rasa ikannya kerasa banget dan bisa makan banyak, lagiiiii….xixixi…

***

Hari 2

Eksperimenku pada hari ini adalah… daging sapi dengan dibela-belain malamnya meluncur ke Hyperpanda buat beli daging sapi giling…

Pilih yang murah saja Beef Ground, 360 gr 7,9 real (ki), di sampingnya adalah daging sapi yang udah dicampur ma bumbu-bumbu, dan siap di’plocot-plocot’…🙂

Jadilah kek gini… Huhh… terlalu lama diangin-anginkan jadi agak berwarna coklat di bagian yang bersentuhan dengan udara langsung tuuh…

Malamnya, kami kembali pesta bakso…..:mrgreen:

Nie dia… Bakso Sapi ala Sunflo…. whuaaahhh…. rekahan baksonya mantaabzzz, mashaAllah…. b^^

Puasss makannya, banyak lagiiiii….!!😆

***

Hari 3 (kemarin sore)

Kali ini penasaranku kurang satu lagi, yaitu… ngerjain daging ayam, alhamdulillaah di kulkas ada persediaan ayam frozen… jadi dech bereksperimen kembali…^^

Kukuliti dan kuambil dagingnya lalu kucacah sendiri hingga halus… Alhamdulillah gampang, walau tanganku yang udah kedinginan ini harus berjibaku lagi ma dinginnya daging ayam yang keluar dari kulkas, plus menguleni adonan yang super duper dingin itu… tangan ini jadi kaku, friends...😦

Tapi… wes… bablas dinginnya… demi memangkas penasaranku ini…

Alhamdulillaah, jadi sudah objek kerjaanku …

Nie bakso ayamnya… kali ini kebanyakan kanji…. hihihihi… tapi masih kerasa ayamnya kok….

Kuolah menjadi… Bakso Ayam Jamur Jagung Manis ala Sunflo… ^^

***

Alhamdulillaah… sunflo bisa bikin bakso euy!!… seneeeeeng banget… mulai sekarang, kalau pingin bakso, pingin siomay, pingin mi ayam… kagak usah beli… Psssstt…. karena orang-orang Arab kagak bakalan mau jualan keliling sambil mukul kentongan kecil, ” Thok..thok..thok….”  hahaha…😆

PS.

Nie pesenan Desri, resep kuah bakso: air bekas buat bola-bola bakso, dicampurin ma tulang-tulang sisanya, ditambahin bumbu irisan bawang putih dan merica bubuk, terus direbus hingga mantabz, biar bau wangur bawang putihnya hilang.

Laku masukkan irisan daun bawang dan sawi hijau. Rebus soun di tempat lain… Penyajiannya dengan ditambahi irisan daun seledri dan bawang goreng…

Met mencobaaaaa…. ^^

Entry filed under: kuliner. Tags: .

Membelah Gunung Batu Kala Air Mengalir di Atas Gurun Pasir …

34 Comments Add your own

  • 1. Kakaakin  |  February 8, 2010 at 5:00 am

    Hmm… sekarang diriku nih yang sukses ngiler…🙂
    Hwaaa…. keren banget! bisa bikin bakso sendiri euy!!!
    Nggak pengen ndorong gerobak di Saudi nih???:mrgreen:

    gubraakkk…😕

    Reply
  • 2. abrus  |  February 8, 2010 at 6:00 am

    Kantin Murah & Meriah, daftar menu & serba 5 Rial :😛

    1. Bakso Ikan ala Sunflo….
    2. Bakso Sapi ala Sunflo….
    3. Bakso Ayam Jamur Jagung Manis ala Sunflo… ^^

    Dijamin … yummyyyyy…. puaaaassss… mantaabzzz !!
    (ngillerrr juga jadinya …😀

    sayangnya belom kepikiran tuk bisnis brus… *.^

    Reply
  • 3. Meliana Aryuni  |  February 8, 2010 at 7:45 am

    Mbak Sunflo emang top deh, buat makanan terus….ngasihnya ga pernah hehehe

    jiaahh…. ngangkat langsung mbanting nie…^^

    Reply
  • 4. nakjaDimande  |  February 8, 2010 at 8:59 am

    Sunflo! bundo asli terharu banget dengan segala usahamu itu.. duuuh ampe merinding, beneran..!

    membandingkan dengan kami disini yang tingga teriak “maaanggg basonya satu mangkok, baso uratnya banyakin yah..!”

    Subhannallah.

    alhamdulillaah, sunflo banyak dapat ilmu selama merantau, bundo…

    Reply
  • 5. setitikharpan  |  February 8, 2010 at 11:15 am

    Assalamu’alaikum mbak..
    Saluuut deh ma mbak sunflo. Makin kreatif aja.

    wa’alaikumussalam… alhamdulillah, D

    Reply
  • 6. anny  |  February 8, 2010 at 1:35 pm

    Tok..tok..tok…Assalamualaikum….
    Saya mau numpang makan Bakso Ikan, Bakso Sapi dan Bakso ayamnya, boleh nambah ya hi..hi..hi…
    Yummy, wuahhhh maknyussss deh😀

    Reply
  • 7. yani  |  February 8, 2010 at 1:37 pm

    mba, aku mau donk baksonya😉 ngiler di sini…

    Reply
  • 8. tary Ayk  |  February 8, 2010 at 1:55 pm

    waw…flo paling hebat dech masalah kuliner, walaupun jauh dari tanah air, selalu bisa menyiasati dan memanjakan lidah dengan kuliner tanah air.
    sukses ya sist.

    makasih ry..

    Reply
  • 9. Desri Susilawani  |  February 8, 2010 at 2:24 pm

    nyonteeeek ah! smwah dirumah juga doyan baso…manteeeep…karena tanpa borax..hiiiyyy

    silahkan mencoba des…

    Reply
  • 10. Desri Susilawani  |  February 8, 2010 at 2:26 pm

    ga sekalian dengan resep kuah bakso nya mbak?

    Reply
  • 11. adelays  |  February 8, 2010 at 3:14 pm

    Weeeei.. enak bangeeeet bakso Ikannya…?????
    bener bener bikin kepingin..
    apa emang karena prosesnya diliatin gitu yah… jadi seolah-olah terlibat dalam pembuatan..

    tapi sayangnya… nggak terlibat dalam percobaan mencicipi bakso ikan ala sunflo…
    hiks.. hiks…

    ntar sunflo buka warung di jakarta, ade yg modalin ya…^^

    Reply
  • 12. wi3nd  |  February 8, 2010 at 3:18 pm

    hiuu la9ii😦

    hwaaa.. bakso sapi ma ayam

    yan9 ayam nda pernah nyubain,enak yah?

    doooch.. bikin n9iler yan9 la9i shaum neh ?

    *kebayan9 buka puasa ma bakso,tan99un9 ajwab❗ hahha*

    sist,buka usaha ajah,dijadiin sambilan lumayan hehe

    jualan bareng nyuuukk

    Reply
  • 13. Desri Susilawani  |  February 8, 2010 at 3:19 pm

    naaa…gitu dong, jadi nyonteknya ga setengah2…hehehe…

    Reply
  • 14. Desri Susilawani  |  February 8, 2010 at 3:24 pm

    mbak …ini katanya ya…soale aku sendiri belom pernah nyuba bikin bakso, katanya biar si bakso kenyal…bikinnya pake es yah? atao setelah diangkat dari air rebusan, si bakso dicemplungin ke air es? kalao mbak sunflo pake yang mana….?nah lo…aku bikin kerjaan lagi deh…..hahaha

    aq pake gading yang dsimpen di es dulu des…

    Reply
  • 15. vany  |  February 8, 2010 at 4:55 pm

    jadi ingat tadi siang aku barusan makan bakso….
    mau dong dibikinin bakso ama mbak sunflo….😀

    Reply
  • 16. Dan (TlsnKhdpn)  |  February 8, 2010 at 5:10 pm

    hmm.. lama gak makan bakso nih.. biar di Indonesia juga tak bisa makan bakso terus…

    Reply
  • 17. ismi  |  February 8, 2010 at 5:23 pm

    bakso,mmg tiada duanyaaa

    hooh

    Reply
  • 18. Triunt  |  February 8, 2010 at 7:31 pm

    saya yg di rumah aja jarang banget makan bakso mbak😦

    tapi kalo mie ayam sering hehehe..

    bakso solo kan enak yunt

    Reply
  • 19. bintangtimur  |  February 8, 2010 at 9:08 pm

    Hayooooo…tadi udah nengokin saya belum?
    kok nggak komen siiiiiiiih…😦
    Ya udah deh, saya aja yang komen duluan😀
    Alhamdulillah…kepala hiu malang itu udah nggak ada…hehehe, saya tadi deg-degan lo, ngeri kalo si imut itu masih terdampar di dapur Sunflo…😉
    Bakso?
    Itu mah saya banget deh…
    Pergi kemana-mana, yang dicari pasti bakso, sop buntut, sop atau soto…kuahnya itu yang bikin seger😀
    Eh, ntar kalo udah pulang kesini, kita tetanggaan yuk!
    Secara saya bisa dikirimin masakan terus menerus…😉

    udah..cuma intip2 doang… waah tinggaldi bandung, mauuu… ntar ke tangkuban bareng yaaa…^^

    Reply
  • 20. roffywibowo  |  February 8, 2010 at 9:49 pm

    oh, mba bisa g aq minta resep baksonya coz aq disini lagi coba bikin usaha jualan bakso tapi aq baksonya masih beli jadi belum bisa buat sendiri….

    insyaAllah di emailkan nanti

    Reply
  • 21. Makna Hidup  |  February 8, 2010 at 10:40 pm

    Assalamu’alaikum,
    Semoga miss Sunflo senantiasa Allah limpahkan kebahagiaan dan keberkahan-Nya, Amin. Hmmmm……mau bilang apa ya? Bu, saya pesen 3 porsi ya…paketin ke Indonesia, nanti alamatnya saya email…bener-bener bikin ngiler.. bakso buatan miss Sunflo ini…!!!
    Gimana kalau kita buat perjanjian usaha, saya yang jadi tukang baksonya di KSA, nanti miss Sunflo yang masaknya….gimana Jeng?…..
    Semoga semuanya menjadikan pahala bagi miss Sunflo karena insya Allah sudah menyenangkan suami, Amin. Tapi ngomong-ngomong yang sebelahnya doyan enggak?… he…he…jangan-jangan sudah bla bla bla dijejalin bakso selama 3 hari….
    Kabur ah takut dijitak lagi…….hi..hi…nanti kita teruskan berantemnya di media kita. Wassalam,

    Reply
  • 22. mr psycho  |  February 8, 2010 at 11:47 pm

    aduh..malam2 gini bikin lapar sis .. btw ada ya bakso ayam,baru tau nih,gak kepikiran, padahal sebenarnya semua daging bisa ya dibikin bakso

    Reply
  • 23. Yanti tukang kerupuk  |  February 9, 2010 at 12:58 am

    wah, jadi pengennnnn……

    Reply
  • 24. dida  |  February 9, 2010 at 4:25 am

    hm… lezat sekali ya keliatannya. tapi… ikan hiu? w.o.w

    Reply
  • 25. sedjatee  |  February 9, 2010 at 7:25 am

    kalo bener mau jualan, dijamin laris deh…
    boleh dong antar kemari satu porsi, lagi laper nih…
    perut udah melolong terus dari tadi…
    salam sukses…

    sedj

    makasih mr..

    Reply
  • 26. bundadontworry  |  February 9, 2010 at 7:39 am

    apa kabar Mbak Sunflo ?
    semoga selalu sehat,amin.
    maaf bunda sudah lama gak mampir.
    Begitu mampir langsung sukses ngiler sampai ngences gara2 macam2 baksonya Mbak Sunflo.
    Hebatnya Mbak Sunflo, penuh dgn kretivitas krn jauh dr tanah air.
    salam.

    alhamdulillaah baik bunda, semoga bunda sekeluarga demikan juga..^^

    Reply
  • 27. darahbiroe  |  February 9, 2010 at 9:45 am

    apa gak kurang guede tuch baksona heheheh tp enak nuy kekna cobain dunt😀

    berkunjung lagi n ditunggu kunjungan baliknya makasihh😀

    iya kurang gede, tapi itu standar yg diajari ma ibu…

    Reply
  • 28. Aribicara  |  February 9, 2010 at 2:31 pm

    Udah, kaalu gityu bikin warung Atau restaurant Baklso aja disono😀 ckckckck ….

    Bakso ala sunflo😀

    Tapi kl ada orang jualan bakso bahan dasarnya ikan hiu, yg dateng pasti org kantong tebal semua dongs😀

    pinginnya sih bisnis di Mekkah ri…^^

    Reply
  • 29. wong cilik  |  February 10, 2010 at 6:19 am

    wah kayaknya bisa buat bisnis tuh😛

    blom kepikiran buat bisnis…^^

    Reply
  • 30. fio Minicutee Flanel Craft  |  February 10, 2010 at 9:29 am

    Waduuuhhh SunFlo… foto foto bakso mu menggugah selera …. slurruup…. hmmm… kuahnya syeger anget anget… nyam ….Udah boleh deh buka Resto Bakso Indo…🙂

    ntar bisnis ma fio yaaa..😉

    Reply
  • 31. idana  |  February 10, 2010 at 1:37 pm

    aku kemarin juga bikin bakso sunflo…tapiiiiii hiks hiks😦
    sangat mengenaskan, karena kebanyakan kanji mungkin

    iya da mungkin…^^

    Reply
  • 32. Nina  |  February 11, 2010 at 10:32 am

    ngileeeeeeeer😛
    kayaknya enak banget deh mbak
    kalo bakso ikan kaldu buat kuahnya juga kaldu ikan?

    ya nin, kaldu ikan juga…^^

    Reply
  • 33. UmuKamilah  |  February 12, 2010 at 12:21 pm

    Mbak Sunflo.. bikin kepengen. Nikmatnya makan bakso buatan sendiri. Karena kata sahabat saya masak sendiri itu bisa membuat rasa yang sesuai selera kita sendiri. We make our taste, katanya.

    Terima kasih, Mbak sunflo sering sekali berbagi tips. Saya saja yang sering ketinggalan, karena jarang BW.

    semoga bermanfaat..^^

    Reply
  • 34. fety  |  March 1, 2010 at 11:54 am

    sama mbak, aku juga bikin bakso sendiri di Jepun🙂

    siip mantaabzz dech… ntar kutengok lagi blog fety…^^

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Blogger

NOVI dengan nama pena SUNFLO ... ^^ Silahkan ambil yang bermanfaat dari sini, tanpa harus meninggalkan jejak atau komentar, kalau mau copas, silahkan, tapi harap yang bertanggungjawab...

sunflo’s Calendar

sunflo’s posting

February 2010
M T W T F S S
« Jan   Mar »
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728

Translate My Blog

Translate this blog into different languages...
العربية
english
Français
हिन्दी

Archives

Blog Stats since August '09

  • 3,960,791 hits

sedang ada di kebun sunflower

”amung

visitors traffic

Enter your email address to subscribe to this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 393 other followers

Like My Site

FP NOVI NOUF

Instagram NoviNouf

Kalo ini buat kajian tahfizh tahsin pagi ini.
#milkypudding #pudingsutrabuah #pudingbuah #fruitpudding #dessert #jumatbarokah #blessedfriday #instapic Milky silky pudding fruit buat pagi ini.. #pudding #pudingsusu #pudingbuah #dessert #cucimulut #seger #enyakenyak #fresh #fruit

%d bloggers like this: