Unaizah Kota Santri

February 12, 2010 at 7:00 pm 29 comments

Kamis sore kemarin kami pergi ke Unaizah untuk suatu keperluan… Alhamdulillaah… bakalan membelah gurun pasir lagi nieee… Kenangan terindahku tentang Unaizah adalah saat dikejar oleh sandstorm dalam upaya memperjuangkan ‘haji’ku…

Nah, sekarang aku akan share sedikit info tentang kota Unaizah yang dikenal sebagai Madinatul Muthawwi’in (kota santri) di kawasan Saudi Arabia.

Kesan yang kutangkap pertama kali saat memasuki kota Unaizah adalah rasa ‘adem’… mungkin karena berkah ilmu yang masih banyak dikaji di dalamnya… Di sana masih banyak dijumpai para penuntut ilmu (thalabul ‘ilmi). Memang secara umum, wilayah provinsi Al Qasim dikenal sebagai kota santri, terlebih-lebih Unaizah.

***

Unaizah merupakan kota kelahiran ulama-ulama besar seperti Syaikh Abdurrahman bin Nashir As Sa’di (1307H), penulis kitab Taisir Karimirrahman dan Syaikh Muhammad bin Shalih Al Utsaimin (1347H).

Unaizah bukanlah kota yang luas… namun perkembangannya cukup pesat… Aku takjub dengan mall yang super megah berbentuk bundar kek gedung olahraga… Mall ini terletak di dekat Masjid Jami’ Al Utsaimin.

Okeeii silahkan simak perjalananku kali ini berikut ulasannya disertai pics yang kuambil secara amatiran ini plus ambil by googling-ria….:mrgreen:

***

Perjalanan membelah gurun, dengan alur-alur berkelak-kelok di atas pasirnya… bekas rally mobilnya para anak-anak muda Saudi…🙂

Ini dia masjid Jami’ Al Utsaimin… Malam itu akan diadakan kajian keilmuan… Yang mengajar adalah Syaikh Dr Sami bin Muhammad As Suqoir (imam masjid ini) dan Syaikh Dr Khalid Al Mushlih, keduanya adalah menantu Syaikh Utsaimin…

Dulu, semasa beliau masih hidup, Syaikh Utsaimin sendirilah yang memberi pelajaran di masjid ini…

Menara masjid dari tanah ini yang masih dipertahankan sebagai warisan budaya di sana… walau digerus oleh kemajuan pembanguanan yang ada.

Ini gambar menara masjid dari tanah tersebut jadul… entah tahun berapa ini.. yang jelas pada waktu itu aku belum ke tempat ini…😆

Ini adalah asrama yang disediakan untuk para penuntut ilmu… gratisss… ^^

Di sebelah masjid jami’ tersebut ada juga masjid lain yang terbuat dari tanah dan masih dipertahankan dan difungsikan hingga sekarang…

Dan inilah Yayasan Syaikh Shalih Al Utsaimin yang berbentuk kitab… Ada 2 bangunan, yaitu bentuk kitab berdiri dan kitab yang tertidur, tuh lihat di sebalik bangunan utama itu…

Mall di Unaizah yang berdekatan dengan Jami’ Al Utsaimin, Hyperpanda di salah satu ujungnya…

***

Walaupun kota santri, kegiatan perekonomian yang lainnya jalan terus, termasuk dalam perdagangan dan pertanian. Al Qasim, terutama Unaizah dikenal sebagai sentra penghasil kurma di Saudi setelah Madinah…

Salah satu sudut jalanan di Unaizah

Toko kacamata nie…

Psssstt… ada juga toko murah meriah, riyalain.. 2 real… 2 real…

Di sebelah toko ini gak kalah heboh…..

kerajaan barang-barang 2 – 10 realan… mencari pernak-pernik di sini, yang kelihatan rungsep itu adalah bunga-bunga imitasi untuk hiasan di dalam rumah… Bunga-bunga di sana kebanyakan bunga palsu, jadi tetep mekar sepanjang waktu dan tak perlu menyirami

***

Dan akhirnya…

Kami kembali ke Buraidah dengan menyusuri jalan raya serasa kek jalan tol, 4 lajur satu arah, lagi….:mrgreen:

***

Katanya, di Unaizah ini ada tempat wisata alam berupa danau garam… mereka menyebutnya laut…hehehe…. makluum…jarang ada air di gurun pasir. Kalau danau itu surut, maka akan terlihat endapan garam berwarna putih di atasnya. Pingin banget aku ke sana, entah kapan… inshaAllah akan kushare pada temans semua bila kelak aku ke sana… ^^

Entry filed under: artikel, kisahku di saudi. Tags: .

Cherry…Cherry… Cherry !! Pssssttt… Mengintip ‘Villa’ Mereka… ^^

29 Comments Add your own

  • 1. Kakaakin  |  February 12, 2010 at 7:42 pm

    Permissi…
    Numpang kasidahan dulu…
    Jrenggg…
    Suasana di kota santri… la..la..la..:mrgreen:

    uang recehku dimana yaaa…😕

    Reply
    • 2. setitikharapan  |  February 12, 2010 at 9:49 pm

      Bantuin kakaakin ah kasidahan😀

      kagak ada receh..🙂

      Reply
      • 3. setitikharapan  |  February 13, 2010 at 2:37 pm

        Masa dikasih recehan sih…😦

  • 4. sauskecap  |  February 12, 2010 at 8:24 pm

    wah nice guide…. tapi belum bisa mampir nih….

    hooh

    Reply
  • 5. melly  |  February 12, 2010 at 8:30 pm

    selalu takjub dengn cerita2 dari gurun pasir🙂
    kapan aku bsia kesana yh

    someday..inshaAllah

    Reply
  • 6. abrus  |  February 12, 2010 at 9:29 pm

    Sunflo … jalan2 terus disana, ikut senang lihat si doiii bahagia …😦 … cuman was2 juga sih …🙂 … ntar lupa kampung sendiri …

    Memang dari ‘laporan mata daiyah, alangkah menyenangkan ‘negeri saudi ini … kota santri – ingat ‘Gontor Darussalam di Ponorogo … jauh bedanya ‘kotanya …

    Salam taqzim …😛

    aq masih senang di sana brus…

    Reply
  • 7. abrus  |  February 12, 2010 at 9:30 pm

    Ooo iya, pic ‘wisata alam berupa danau garam mana? Ingin bandingkan dengan pulau madura, asin mana ‘garamnya?!😀

    aq blom k sana

    Reply
  • 8. idana  |  February 12, 2010 at 10:36 pm

    indah banget ya pemandangannya🙂

    alhamdulillaah

    Reply
  • 9. wong cilik  |  February 12, 2010 at 11:16 pm

    hehehehe… terima kasih infonya sehingga kami di indo bisa dapat sekelumit gambaran kehidupan disana

    u’r welcome

    Reply
  • 10. abrus  |  February 13, 2010 at 1:14 am

    Kisah pada blog @bru$ pada :
    Februari 12th, 2010 at 22:57 – nsunflo Says:
    dari kemaren pesan itu…pesan itu…pesan itu saja… ga ada apdetan baru??

    @bru$> (hahaha …)
    sunflo, dont worry – barengan komenmu tiba …😉
    blog.@brus yang *keren ini (hahaha) …😆 … ‘langsung tayang ‘post baru …😛

    alhamdulillaah…

    Reply
  • 11. areeavicenna  |  February 13, 2010 at 7:37 am

    kapan ini bisa ke sana. *mupeng*

    kunjungan Pagi sambil nyari sarapan,,😆

    Reply
  • 12. bintangtimur  |  February 13, 2010 at 8:37 am

    Sunflo…selamat pagiii (WIB)…!
    Saya baru denger (hhh, tetep deh…) kota Unaizah dari posting ini. Saya mah selama ini cuma tahu Mekkah, Madinah dan Jeddah…eh, ternyata banyak banget kota-kota lain yang punya keunikan tersendiri🙂
    Kali kalo di Jawa Barat tuh kayak Garut, Kuningan atau Sumedang ya!
    Jalan-jalan yang sering Sunflo, biar makin banyak cerita dan foto yang bisa dibagi buat kita-kita di Indonesia😛

    waahhh buaanyaaakk banget kota2 di sana jeng….ntar saya bagi2 lagi dech..😉

    Reply
  • 13. yangputri  |  February 13, 2010 at 10:31 am

    mbak kalo duitnya dah banyak, kirim ke yangputri ya….. biar yangputri bisa kesana nyusul mbak sunflo…..

    mbak sunflo aimisyu lama gk mampir….😀

    iya neh, putri kemandra aja?

    Reply
  • 14. Dan (TlsnKhdpn)  |  February 13, 2010 at 10:58 am

    assalaamu ‘alaikum Mbak…
    semoga Allah selalu menjaga dan melindungi Mbak…
    subhanallah, jadi itu ya Unaizah, Kotanya Syaikh Utsaimin dan Syaikh As Sa’di, semoga Allah merahmati mereka.
    Dan akhuna Junaedi sedang belajar di sana juga ya..
    Alhamdulillah, bisa melihat masjid dan gedung yayasan Syaikh.
    Terima kasih ya Mbak.. jazakillaahu khairan…. Barokallaahu fiik.
    Semoga Allah senantiasa memberi kita Hidayah-Nya.

    wa’alaikumussalam, aamiin, malam itu habis nganterin bliau belajar di masjid itu..

    Reply
  • 16. Ruang Hati  |  February 13, 2010 at 12:42 pm

    Salam sehat buat sahabatku, semoga di akhir pekan ini senantiasa diberikan kebahagiaan, cinta dan kedamaian selalu

    Salam hangat dari ruanghati yang terdalam

    Reply
  • 17. abrus  |  February 13, 2010 at 3:08 pm

    Btw untuk Sunflo … mohon dibuat postingan “Sujud Sajjadah … (makna, tujuan, dll, dsb …) – kalo permintaan ini keliru, mohon maaf …

    inshaAllah Brus.. tapi aq butuh waktu utk menyusun artikelnya ya, semoga Allah mudahkan utk memuatnya… makasih masukannya..

    Reply
  • 18. aurora  |  February 13, 2010 at 4:44 pm

    sshh.. liat fotonya aja, udah bikin aku serasa disana… BTW, akhir2 ini kak sunflo jadi ketagihan traveling yah?

    it’s my refreshing , rief..

    Reply
  • 19. Mamah Aline  |  February 13, 2010 at 5:25 pm

    memang kalo malam di arab itu ramai dan gemerlap, sedangkan siang terlihat sepi dari gambar-gambarnya sis, … saya malah baru tahu kota unaizah ini

    ntar saya kenalin kota yg lainnya sis..^^

    Reply
  • 20. bintangtimur  |  February 13, 2010 at 5:35 pm

    Ngintip lagi ah…😛
    Lapor Sunflo, saya udah berkunjung sore ini, ada kiriman email juga tuh…dibuka ya!

    haha… udah dibuka n dikirim replynya…

    Reply
  • 21. bintangtimur  |  February 13, 2010 at 7:45 pm

    Hayoooooo….ngintip blog saya lagi ya…😛
    Hihihihi…kalo malem minggu sendiri, gini deh kerjaannya, bolak-balik buka blog…!

    ntar jeng, lagi mengarang kata-kata yang indah, habis ini publish… hehehe…

    Reply
  • 22. yani  |  February 14, 2010 at 1:52 am

    ternyata di Saudi pun ada tersendiri kota santri ya..kupikir semuanya adalah kota santri, hehe. btw itu bagus bgt ya gedung berbentuk kitabnya, unik🙂

    ini yg lebih nyantri lagi kali…

    Reply
    • 23. Abu Mujahid Amiruddin  |  November 17, 2012 at 10:49 pm

      secara khusus yang menjadi kota santri itu al-Qasim dengan dua kota santrinya, yaitu buraidah dan unaizah, tp lebih terkenalnya dengan Unaizah dengan Syaikh Ibnu Utsaimin dan Syaikh Ibnu Sa’di

      Reply
  • 24. Triunt  |  February 14, 2010 at 8:29 am

    Yayasan Syaikh Shalih Al Utsaimin wow keren banget.
    tingginya berapa meter tuh mbak🙂

    itu yg warnanya biru2 gitu lampu kan?

    waduh… belum ngukur tuh yunt…^^

    Reply
  • 25. adelays  |  February 14, 2010 at 10:19 am

    Sunflo.. mall yang katanya bundar itu mana kok nggak keliatan bundarnya…
    jadi penasaran soale adelays langsung ngebayangin kalao ada mall kek gedung olahraga senayan yang ada di Jakarta.

    Keliatan cuma hyperpandanya aja…. hiks…

    ga bisa motretnya de’… secara ambil gambarnya sambil mobilnya lari siiih…😦

    Reply
  • 26. Makna Hidup  |  February 15, 2010 at 7:12 pm

    Assalamu’alaikum,
    Semoga Allah merahmati Saudariku beserta keluarga.
    Mohon maaf baru masuk lagi ke dunia maya nih sis, habis ada keperluan dulu. Subhanallah, aku takjub banget sama Yayasan Syaikh Shalih Al Utsaimin yang berbentuk kitab itu. Arsitektur yang luar biasa. Alhamdulillah aku seakan terbawa ke Saudi dengan paparan kota Unaizah. Terima kasih telah berbagi informsi dan saya menyukai postingan seperti ini.
    Sukses selalu buat Saudaraku!

    wa’alaikumussalam, terima kasih berkunjung kmbali zap..

    Reply
  • 27. melianaaryuni  |  February 17, 2010 at 5:49 am

    Semoga akan banyak santri yang menyebarkan syiar Islam ke seluruh penjuru dunia ya,Mbak….

    aamiin…

    Reply
  • 28. wi3nd  |  February 17, 2010 at 2:49 pm

    Liat 9urun iituh jadi pen balapan:mrgreen:

    yuuuuuuuuuuu’

    Reply
  • 29. Abu Mujahid Amiruddin  |  November 17, 2012 at 10:47 pm

    Ummu,,,yang sentral kurma itu buraidah, bukan unaizah he he🙂

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Blogger

NOVI dengan nama pena SUNFLO ... ^^ Silahkan ambil yang bermanfaat dari sini, tanpa harus meninggalkan jejak atau komentar, kalau mau copas, silahkan, tapi harap yang bertanggungjawab...

sunflo’s Calendar

sunflo’s posting

February 2010
M T W T F S S
« Jan   Mar »
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728

Translate My Blog

Translate this blog into different languages...
العربية
english
Français
हिन्दी

Archives

Blog Stats since August '09

  • 3,957,967 hits

sedang ada di kebun sunflower

”amung

visitors traffic

Enter your email address to subscribe to this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 393 other followers

Like My Site

FP NOVI NOUF

Instagram NoviNouf

Tamu tak diundang.. Nyopiri abi yg mo ngisi khutbah nikah di Cilimus, dari pada eikeh memble sendirian di mobil nunggu hingga hajat selesai, akhirnya dipersilahkan duduk di kursi tamu. Niatnya mah numpang duduk manis aja, eh.. Dapat souvenir n snack juga deh.. Alhamdulillaah.. Kipasnya cantik-cantik, ada warna pink, ungu n biru.. #kipas #kipastangan #kipascantik #souvenir #kondangan #hajatan #nikah #me #tamu #guest #jalanjalan #jelongjelong Rasanya.. As usual, cuma.. Aq pake resep sponge cake ekonomis: 
4 butir telur
100 gr terigu
100 gr gulapasir
1/2 sdm emulsifier
50 gr mentega
#tiramisu #italiandessert #me #homemade #baking #bikinsendiri #enyakenyak #nomnom

%d bloggers like this: