Keanekaragaman Flora Arab Saudi: Bunga Gurun

February 15, 2010 at 4:15 am 20 comments

Sangatlah tidak benar jika dikatakan bahwasanya Arab Saudi adalah negara yang nyaris tanpa vegetasi dan tanah tandus belaka… Sebenarnya, kita masih bisa menjumpai daerah yang semisal dengan Indonesia di sana, yaitu di provinsi Baha dan Asir yang termasuk ke dalam daerah beriklim tropis. Pun kita dapat menjumpai puncak gunung dengan sedikit salju di atasnya pada waktu musim dingin yang ekstrim, yaitu di daerah ‘Ar’ar.

Variasi iklim tersebut, tentunya turut mewarnai keanekaragaman hayatinya, tentu saja tetap didominasi oleh nuansa iklim gurun…

Berikut ini aku share tentang keanekaragaman flora di Saudi, khas banget… Bunga Gurun…, yuuuuuuu’…….:mrgreen:

***

Echinops sp.

Merupakan tanaman berduri, sesuai dengan nama latinnya, tingginya bisa mencapai 1 m. Foto diambil oleh Mohammad Nowfal di daerah Dirriyah, 40 km arah barat laut Riyadh.

***

Cassia italica

Kek sejenis ma tanaman kacang polong-polongan yaa… Diambil gambarnya di daerah Al Hair, Wadi Hanifah.

***

Convolvulus cephalopadus

Tingginya bisa mencapai 40 cm, nama lokalnya adalah Rakham, diambil di daerah Al Kharj, 90 km selatan dari Riyadh.

***

Convolvolus arvensis

Mempunyai kesamaan genus dengan tanaman di atas, hanya bedanya ini merupakan jenistanaman merambat. Nama lokalnya adalah Ulleq Maddad, diambil di Al Ammariyah, 15 km sebelah utara Al Dirriyah.

***

Achillea biebersteinii

Tanaman berdaun tegak, setinggi 35 cm, kemarin kujumpai juga ditanam di villa, bunganya wangi… biasanya tumbuh bergerombol. Nowfal ambil gambarnya di Ragbah, 160 km arah barat laut Riyadh.

***

Cistanche phelypaeaa

Cantik tapi…hhuuuu…. Nowfal menyebutnya tanaman parasit… :lol:  diambil di Laila al Aflaj, 265 km arah selatan Riyadh.

***

Anthemis deserti

Semacam bunga krisan, tumbuh di sekitar wadi pada saat musim semi, tingginya mencapai 20 cm… Diambil di Sha’ib Awsat 50 km barat daya Riyadh.

***

Anvillea garcini

Tumbuhan perennial (tumbuh sepanjang tahun) dengan tinggi mencapai 60 cm, berbunga pada waktu musim semi. Diambil gambarnya di Rawdat Khureem, 110 km timur laut Riyadh.

***

Dipterygium glaucum

Tumbuhan semak, berbunga kecil pada saat musim semi, terutama setelah hujan mengguyur bumi Saudi… Diambil di Sha’ib Awsat, 50 km barat daya Riyadh.

***

Teucrium oliverianum

Tumbuhan semak dengan tinggi mencapai 40 cm, tumbuh di sekitar wadi dan tanah berlumpur… Nama lokalnya adalah Qasba’a. Diambil gambarnya di Tumair 160 km timur laut Riyadh.

***

Rhazya stricta

Diambil gambarnya di Tumair, tingginya bisa mencapai 60 cm.

***

Centaurea pseudosinaica

Diambil gambarnya di Sha’ib Awsat.

***

Bunga gurun lainnya yang belum terdeteksi nama ilmiahnya:

Source: http://www.splendidarabia.com (Mohammad Nowfal)

Entry filed under: artikel, Saudi Arabia. Tags: .

Bentang Alam Arab Saudi: Tebing-tebing Curamnya The Kingdom of Saudi Arabia

20 Comments Add your own

  • 1. abrus  |  February 15, 2010 at 5:52 am

    Asikkkkk … mbak Sunflo baru posting sudah posting lagi ?
    Alangkah indah bunga2 itu …🙂 … yang belum terdeteksi nama ilmiahnya …

    Yang kuning berikan saja nama :
    @brusfloraria dari Divisi : Spermatophyta
    Sub divisi : Angiosperrnae
    Kelas : Dicotyledonae
    Bangsa : Resales
    Suku : Leguminosae
    Marga : Abrus😛

    gubraaakk…

    Reply
  • 2. asepsaiba  |  February 15, 2010 at 6:21 am

    Bunganya unik-unik ya mbak… Kapan ya saya bisa melihatnya langsung? *sambil berdoa agar aku ‘diundang’ oleh-Nya🙂

    some day kang inshaAllah..

    Reply
  • 3. bintangtimur  |  February 15, 2010 at 10:40 am

    Waaaa… (kaget…!)
    Cepet banget postingnya😉
    Nggak nyangka, bunga gurun ternyata cuantik-cuantik ya, yang warna kuning itu…hm, susah dah saya melukiskannya😀
    Sunflo…Sunflo…ternyata flora gurun beragam juga ya…hihihi…baru tau setelah baca posting ini lo…
    Seandainya saja banyak blog yang informatif (ssstt…plus menarik) kayak gini…keren lah, pokoknya😛

    alhamdulillaah, saya ingin share info yang mangfaat buanget jeng…^^

    Reply
  • 4. bundadontworry  |  February 15, 2010 at 11:07 am

    wah, ternyat banyak bung

    a yg cantik2 ya disana, pmereka bisa tumbuh subur dan indah.
    paling suka lihat si rakham, cantik ya
    salam.

    iya bunda, kebesaran Allah ta’ala… alhamdulillaah…^^

    Reply
  • 5. Dan (TlsnKhdpn)  |  February 15, 2010 at 11:19 am

    Hebat Mbak postingannya.. Masya Allah.. Terima kasih.
    Semoga Allah selalu menjaga Mbak..
    Semoga Allah senantiasa memberikan Hidayah-Nya pada kita dan kebahagiaan dunia & akhirat. Amin.

    alhamdulillaah … aamiin

    Reply
  • 6. putirenobaiak  |  February 15, 2010 at 4:44 pm

    subhanallah, gak nyangka bunga gurun seindah ini

    alhamdulillaah

    Reply
  • 7. sedjatee  |  February 15, 2010 at 4:46 pm

    wow.. indah… begitu indah…
    karena ada sunflo juga disana..
    salam sukses…

    sedj

    makasih mr…

    Reply
  • 8. aurora  |  February 15, 2010 at 6:32 pm

    cantik-cantik banget bunganya kak!! namun secantik-cantiknya bunga gurun, tentunya lebih cantik lagi sang sunflower.. hehehe(gombal.)

    iya bener rief…

    Reply
  • 9. Makna Hidup  |  February 15, 2010 at 7:45 pm

    Assalamu’alaikum,
    Semoga Sahabat senantiasa Allah berikan kedamaian dan ketentraman hidup, Amin. Tak ada kata yang lain yang bisa kuucapkan selain Puji Syukur kehadirat Allah Yang Maha Kuasa atas segala penciptaan-Nya. Betapa indahnya bunga dan tanaman itu, hingga membuat kita terpesona. Dan kita sangat yakin bahwa Allah itu sangat mencintai keindahan.
    Alhamdulillah telah berbagi dengan kami Saudariku…semoga semua ini dapat menjadi penguat iman bagi kita semua, Amin.
    Sukses selalu buat Sahabatku!

    wa’alaikumussalam makasih zap aamiin…

    Reply
  • 10. setitikharapan  |  February 15, 2010 at 10:03 pm

    Wah indah-indah ya, ternyata digurunpun ada bunga yang indah. Gak kalah dengan di Indonesia.😀

    alhamdulillaah…

    Reply
  • 11. Kakaakin  |  February 15, 2010 at 10:11 pm

    Subhanallah…
    Ternyata bunga2 yang kecil itu sangat indah saat di close-up ya…🙂

    iya Kin…^^

    Reply
  • 12. idana  |  February 15, 2010 at 10:37 pm

    sunfloooo udah banyak aja postingannya
    aq ngutang baca lagi 2 postingan yaa…besok aq balik lagi, udah ngantuk soalnya😀

    bunganya indah2…seneng banget bisa dapat pengethuan baru🙂

    hooh… tidur aja dulu da..^^

    Reply
  • 13. isil  |  February 15, 2010 at 11:52 pm

    wah..bener..indah2 bunganya ya mbak..
    foto nya sil suka bagus banget…

    yoi Sil

    Reply
  • 14. lose weight fast  |  February 16, 2010 at 9:19 pm

    lose weight fast…

    […] Find out how to lose your weight in a healthier way […]…

    Reply
  • 15. achoey  |  February 17, 2010 at 11:59 am

    Maha Kuasa Allah
    yang telah menciptakan apa pun di sana

    Reply
  • 16. wi3nd  |  February 17, 2010 at 2:57 pm

    hemm..

    tetep sama komenya cantiks cantiks smua bun9anya🙂

    *makasi da dishare sist*

    sama2 wi3nd

    Reply
  • 17. Boutique musulmane  |  February 28, 2010 at 5:59 am

    Boutique musulmane…

    Petite anecdote en passant. À Tanger, j’ ai connu un français d’ origine converti à l’ Islam depuis plusieurs années. Il devait avoir 39- 40 ans environ. Sa femme est elle aussi française d’ origine, mais catholique. Cet homme est épatant. Il va évidem…

    Reply
  • 18. pelatihan pengadaan barang dan jasa  |  August 4, 2013 at 9:34 am

    Very good information. Lucky me I discovered your site by chance (stumbleupon).
    I have saved it for later!

    Reply
  • 19. أحمد أولي اﻷلباب  |  June 15, 2015 at 7:12 am

    سبحان الله عدد ما خلق الله..
    Mb mohon dicantumkan nama khas asli arabx + tulisan huruf arabx tiap bunga tsb..
    syukron.

    Reply
    • 20. sunflo  |  June 19, 2015 at 12:47 am

      Afwan de.. ini jg ambil dari situs muhammad naufal yg emang petualang asli ngulik keanekaragaman flora di saudi. Aq sebatas sharing aja.

      Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Blogger

NOVI dengan nama pena SUNFLO ... ^^ Silahkan ambil yang bermanfaat dari sini, tanpa harus meninggalkan jejak atau komentar, kalau mau copas, silahkan, tapi harap yang bertanggungjawab...

sunflo’s Calendar

sunflo’s posting

February 2010
M T W T F S S
« Jan   Mar »
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728

Translate My Blog

Translate this blog into different languages...
العربية
english
Français
हिन्दी

Archives

Blog Stats since August '09

  • 3,959,441 hits

sedang ada di kebun sunflower

”amung

visitors traffic

Enter your email address to subscribe to this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 393 other followers

Like My Site

FP NOVI NOUF

Instagram NoviNouf

Nasi Merah goreng cabe rawit spesial pake telor.

#nasigoreng #berasmerah #friedrice #menu #enyakenyak #nomnom #simplemenu #instafood #foodporn Ternyata setelah berhasil menguasai mobil, belajar motor itu jadi lebih mudah.

Aku udah bisa menaklukkan motor bebek manual ini, alhamdulillaah.. Dulu, diajari pake motor matic berulang kali, ga bisa-bisa. Setelah berhasil nyetir mobil, diajari sekali aka pake motor ini, langsung bisa ngacir.. Yaah.. Dengan prestasi, jatuh dua kali hehehe.. Hidupku jadi lebih normal sekarang, ga jalan kaki lagi n ngandelin sopir angkot.. :)) #motor #motorbebek #honda #belajarmotor #motorcycle #indonesiantransportation #me #experience #excited 
@munaayazid

%d bloggers like this: