Provinsi Al Bahah

February 16, 2010 at 2:11 am 16 comments

Nah ini dia… Daerah di Saudi yang mirip-mirip kek di Indonesia, karena termasuk ke dalam wilayah tropis. Hijau dan hangat sepanjang tahun…

Provinsi Al Bahah berada 1005 km barat daya Riyadh dan 265 km sebelah tenggara Makkah. Daerahnya dipenuhi oleh nuansa pepohonan kelapa, perkebunan pisang, sayur mayur, …psssstt… jangan khawatir, ada sungainya juga loh… yang mau nyari ikan di sungai bisa tersalurkan di sini…   :lol:  , dan ada hutan belantaranya. Luas wilayah provinsi ini sekitar 36.000 km persegi.

Ibu kota Al Bahah adalah kota Al Bahah itu sendiri, sedangkan kota-kota terkenal lainnya di provinsi ini adalah Balgorashi, al mandaq, al maqah dan al aqeeq. Kelembaban relatif bervariasi antara 52% dan 67% dengan suhu maksimum 23 ° C dan suhu minimum 12 ° C.

***

Nowfal mengambil rute dari Riyadh menuju Thaif dan dilanjutkan perjalanan ke Al Bahah. Suhu udara akan berangsur-angsur turun hingga memasuki wilayah Al Bahah, kek di indo gtu…

Sunset di Al Bahah yang akan membuat kemilau memukau  Dhee Ayn…

***

Dhee Ayn (Marble Village) …

Terletak 24 km barat daya Al Bahah city… terkenal akan perkebunan buahnya terutama pisang.

Perkebunan pisang adalah pemandangan yang umum dijumpai di Al Bahah. Sebelum mencapai Desa Marmer, kita akan disuguhi aroma khas pedesaan dengan banyak penjual pisang di pinggir-pinggir jalan.

***

Ini adalah daerah wisata yang terkenal di Al Bahah, yaitu Marble Village atau Desa Marmer…

Nampaknya desa ini sudah tak berpenghuni, merupakan bekas peninggalan nenek moyang mereka, terbuat dari serpihan batu dan marmer, perlu dilakukan renovasi atasnya karena banyak kerusakan yang terjadi akibat dimakan waktu…

Batu hitam dan marmer yang putih menciptakan komposisi warna yang indah dan kontras… Desa marmer ini dalam bahasa setempatnya dikenal dengan sebutan Dhee Ayn


Melihat pemandangan dari Dhee Ayn…

***

Dhee Ayn dari kejauhan dengan latar perkebunan nan hijau khas tropis, hmmm… bagaimana menurut kalian?? Eksotis yaa…🙂

***

Mengintip Dhee Ayn dari Dekat

Tembok rumah ini terbuat dari serpihan batu yang ditata sedemikian rupa, keknya tetep pake bahan perekat yaa… Lihat, batu yang besar itu buat ambang pintuuuu….:mrgreen:

Jendela kayu dengan ambang terbuat dari batu yang dilintangkan…

***

Vegetasi di sekitar Dhee Ayn

***

Al Bahah dalam Gambar

Al Bahah diantara lekuk jalan pegunungannya….

Sungai yang mengalir di Dhee Ayn

Gunung Tihama yang terkenal itu…

***

Gak bakalan percaya, ini SAUDI friends….!!! :mrgreen:

Hutan Raghdan, 5 km dari kota Al Baha… seluas kurang lebih 600.000 meter persegi…

***

Air terjun Al Kharrara…, 30 km selatan Al Baha city …

Subhanallaah… ^^

Source: http://www.splendidarabia.com (Mohammad Nowfal),  http://www.the-saudi.net and Jawlahtours.flickr.com

Entry filed under: artikel, Saudi Arabia. Tags: .

The Kingdom of Saudi Arabia Provinsi ‘Asir

16 Comments Add your own

  • 1. abrus  |  February 16, 2010 at 5:49 am

    Wowww … kampong yang indah, ijo royo-royo … air sungai mengalir ‘tenang tapi menghanyutkan …🙂

    Subhanallah – itu rumah dibangun dari batu2 diantara gunung batu …😦 … ntar kalau ada gempa, bagaimana? Apa bangunan itu anti gempa?😀
    Pada foto paling bawah ada binatang, sapi-kah? (btw, foto gak di nomorin sih, susah nandainnya?) … hehehe …

    jarang ada gempa di saudi brus… tapi sepertinya mereka juga mengenal teknologi buat bangun rumah yg aman kala itu…

    Reply
  • 2. yangputri  |  February 16, 2010 at 7:29 am

    gk perlu ke saudi di blog mbak sunflo aja komplit penjabarannya seperti acara d tipi program jelajah tuh hehe

    tul banget put…^^

    Reply
  • 3. bintangtimur  |  February 16, 2010 at 7:36 am

    Subhanallah…itu sunset di Al Bahah indah banget!
    Batu yang disusun untuk membuat rumah juga keren, Sunflo…kebayang deh gimana nyusunnya😛
    Trus pemandangan yang ijo-ijo…walaaah, nggak percaya kalo itu di Saudi, tapi berhubung Sunflo yang bikin posting ini, jadi percaya deh…hehehehe😛
    Ternyata ada juga ya ijo-ijo di Saudi, kirain cuma gurun pasir aja😉
    Thanks informasinya, matur nuwun sanget…jadi nambah wawasan nih!

    hehehe… ini saudi sis… saudi gtu…. hehehe…

    Reply
  • 4. bintangtimur  |  February 16, 2010 at 8:01 am

    Hehehehe…potongan email, udah saya kirim, maaf ya ngirimnya dicicil…😛

    udah dicek jeng..*.^

    Reply
  • 5. idana  |  February 16, 2010 at 11:45 am

    waooow…pemandangannya indah2 yaaa😀

    hooh

    Reply
  • 6. Dan (TlsnKhdpn)  |  February 16, 2010 at 11:58 am

    Subhanallaah, ternyata ada juga ya yang tropis.. baru tau saya Mbak.. alangkah indahnya…
    Syukron infonya..
    Semoga Allah selalu menjagamu Mbak..

    aamiin… afwan

    Reply
  • 7. Nisa  |  February 16, 2010 at 1:09 pm

    Subhanallah… indah nian mbak,, *bawa aku ke sanaa!! >_<

    Mbak, izin save page ini yaa ^^'' jazakillah….

    silahkan niz…

    Reply
  • 8. mandor tempe  |  February 16, 2010 at 1:30 pm

    wow benar-benar pengalaman yang menakjubkan. Ternyata ada ijo-ijonya juga di saudi sono ya

    benar pak mandor…

    Reply
  • 9. idana  |  February 16, 2010 at 1:45 pm

    sunfloo…ada PR di rumahku
    kerjain yaa…😀

    udah da…

    Reply
  • 10. anny  |  February 16, 2010 at 1:49 pm

    Ya Allah…….Maha Suci Engkau, betapa Indahnya ciptaan dan punyaMu ini, mba Sunflo makasih banget udah sharing alam disana , biarpun saya blm pernah kesana tapi lihat2 foto dan baca tulisan deskripsi disini terasa saya merasa ada disana🙂
    btw pisang ambon gak ada dong diantara pisang yg dijajakan penjual2 pisang difoto itu😀

    keknya ga ada dech pisang ambonnya ann^^

    Reply
  • 11. Adelays  |  February 16, 2010 at 2:04 pm

    Albahah keren… kek bukan di Saudi…
    Yaqin nih.. gambarnya salahsatu daerah di Saudi ??? *expresi*

    Soale hijo royo royonya mirip di Indonesia..
    Umpama aja nih.. Mekkah kaya gitu, naik Haji jadi tentrem banget ya… nggak berasa haji.. cuma kaya pergi ke Solo… hehehe….

    bener de… kalau ga percaya buktiin aja sendiri, mlancong ke sana… :p

    Reply
  • 12. aurora  |  February 16, 2010 at 2:42 pm

    tinggal disana aja deh kak… kan udah mirip banget ama indo tuh….
    *sayang, entah disana ada abang jualan bakso… hehehe

    arief mo merintis jualan bakso d sana?

    Reply
  • 13. Makna Hidup  |  February 16, 2010 at 11:52 pm

    Assalamu’alaikum,
    Semoga Kasih Sayang Allah senantiasa menyertai miss Sunflo dan keluarga, Amin. Subhanallah, foto-foto yang luar biasa indahnya. Sahabat, apakah Al-Bahah ini termasuk salah satu kota pertaniannya di KSA? Saya pikir enggak ada hutan disana.
    Terima kasih telah berbagi Sahabatku! Sukses selalu buat my Sis.

    wa’alikumussalam… sama2 zap

    Reply
  • 14. Kakaakin  |  February 17, 2010 at 12:21 am

    Sekarang aku nanya… katanya di Arab, mana gurun pasirnya???
    Hehehe…
    Subhanallah, ternyata ada daerah yang sangat hijau disana🙂

    iya kin…

    Reply
  • 15. achoey  |  February 17, 2010 at 11:55 am

    tuh kan bener, serasa jalan2 ke sana🙂

    Reply
  • 16. wi3nd  |  February 17, 2010 at 4:10 pm

    aaahh..hijauu hijauu..

    uuh..sunsetnya kereeennn..

    *hiks,mauuuuuuuuuuuuuuu

    hehehe…

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Blogger

NOVI dengan nama pena SUNFLO ... ^^ Silahkan ambil yang bermanfaat dari sini, tanpa harus meninggalkan jejak atau komentar, kalau mau copas, silahkan, tapi harap yang bertanggungjawab...

sunflo’s Calendar

sunflo’s posting

February 2010
M T W T F S S
« Jan   Mar »
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728

Translate My Blog

Translate this blog into different languages...
العربية
english
Français
हिन्दी

Archives

Blog Stats since August '09

  • 3,960,791 hits

sedang ada di kebun sunflower

”amung

visitors traffic

Enter your email address to subscribe to this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 393 other followers

Like My Site

FP NOVI NOUF

Instagram NoviNouf

Kalo ini buat kajian tahfizh tahsin pagi ini.
#milkypudding #pudingsutrabuah #pudingbuah #fruitpudding #dessert #jumatbarokah #blessedfriday #instapic Milky silky pudding fruit buat pagi ini.. #pudding #pudingsusu #pudingbuah #dessert #cucimulut #seger #enyakenyak #fresh #fruit

%d bloggers like this: