Provinsi ‘Asir

February 16, 2010 at 4:38 pm 16 comments

Asir adalah sebuah provinsi di Saudi, kurasa inilah provinsi yang terindah di sana… Mau bukti?? Ikuti petualangan Nowfal di provinsi ini berikut pics yang luar biasa… ^^

Kali ini bener-bener gak bakalan nyangka…. ini SAUDI friends…!!! :mrgreen:

***

‘Asir adalah sebuah provinsi di Saudi yang terletak di sebelah barat daya. Luasnya kira-kira 81.000 km² dan berpenduduk 1.563.000 jiwa. ‘Asir berbatasan langsung dengan Yaman, beribukota di Abha. Saudi mendapatkan ‘Asir, Najran dan Jizan dari Yaman pada tahun 1934.

Secara geografis, ‘Asir terletak di dataran tinggi yang menerima curah hujan lebih banyak dibanding provinsi lainnya di Saudi. Banyak vegetasi alami yang ditemukan di sini sehingga cocok untuk bercocok tanam. Kota-kota penting selain Abha adalah Khamis Mushait dan Qal’at Bishah.

***

Abha

Abha adalah ibukota provinsi ‘Asir… dihiasi dengan pesona alam yang memukau. Abha dijuluki sebagai Ratunya Kota di saudi.

Inilah gambaran kota Abha, yang terletak 2.200 m di atas permukaan laut… bayangkan…:mrgreen:

Ini adalah gunung Saudah, merupakan puncak tertinggi di saudi… kebayangkan betapa sejuknya… kek di Indo aja tuuh…^^

Rumah-rumah penduduk di gunung Saudah…

Kompleks bangunan dengan atap yang bulat itu adalah kantor gubernur (Imarat) ‘Asir

Green Mountain adalah salah satu bukit di Abha yang dijadikan tempat wisata, bagusnya memandang pusat kota di malam hari, di sana juga disediakan fasilitas kereta gantung… jangan khawatir…😆

***

Taman Nasional ‘Asir

Taman Nasional ‘Asir adalah taman nasional pertama di Saudi, dibuka pada tahun 1980. Surga bagi 300 jenis burung yang tinggal di dalamnya…^^

Jabal Saudah, adalah gunung tertinggi di Saudi dengan ketinggian 2.995 m di atas permukaan laut, merupakan bagian dari Taman Nasional ‘Asir.

Hutan juniper/jenever yang rimbun…

Sisi lain dari lereng gunung itu…

Senja di Taman Nasional ‘Asir

***

Jabal Saudah


Tersedia fasilitas kereta gantung untuk menikmati keindahan jabal Sauda dari puncaknya menuju ke stasiun di bawahnya…panjangnya sekitar 3.061 m.

Hihihi… pingin tahu kambing gunung Saudi… Tuh liaat… cakep yaa…😆

Yang khas dari Jabal saudah adalah hutan Juniper, tempat hidup berbagai jenis burung di sana.

Nie dia buah kaktus pir berduri yang sudah matang. Eh… bisa dimakan loh, manis rasanya… tersedia di pasar buah setempat… Hayoo bekas gigitan siapa tuh??🙂

Jabal Saudah juga tempat yang nyaman bagi mahluk yang atu iniii monyet jenis baboon …:mrgreen:

Lucu yaaa…. Tapiiiiii….

.. gggrrrhhhh… mereka akan berubah jadi perompak bila kelaparan tuk menjarah mobil yang mengangkut makanan… Tuh liat korbannya…😆

Nah.. di salah satu puncaknya, terdapat juga taman bermain, namanya As Sahab Park… unik ya warnanya…^^

***

Bendungan King Fahad, Bishah

Bendungan King Fahad adalah bendungan terbesar di saudi dengan kapasitas 325 juta meter kubik. Berjarak 50 km dari pusat kota Bishah. Bishah terletak 240 km utara kota Abhah.

Bendungan ini dibuat untuk tujuan pertanian, dengan menampung air dari pegunungan di ‘Asir selama musim penghujan.

***

Pemandangan Lainnya di Bishah

Bishah adalah daratan berbatu, dengan gunung-gunung batunya yang unik, salah satunya ini… ^^

Pada rute perjalanan Bishah – Khamis Mushayt, kita akan menjumpai pemandangan gurun dengan rumah-rumah kuno di perkampungan yang kita jumpai.

Sebuah gunung putih di tengah bukit-bukit berbatu hitam adalah pemandangan yang menarik di Bishah…

***

Hanging Village di Al Habalah

Al Habalah adalah nama sebuah desa yang terletak di 2000 m di atas permukaan laut, 64 km dari kota Abha.

Susunan perumahan desanya terlihat bertingkat dan terlihat tergantung di atas ketinggan 300 m di atas tebingnya..

Penduduk asli desa ini berasal dari suku Qahtan yang melarikan diri dari Turki dan berlindung di tempat ini.

Pada sistem kehidupan modern, sejak desa ini dihuni, mobilitas penduduknya difasilitasi dengan adanya kereta gantung, sekaligus sebagai sarana wisata.

***

Itulah temans… provinsi ‘Asir…. gak nyangka euy…  ini SAUDI….!!:mrgreen:

Source: http://www.splendidarabia.com (Mohammad Nowfal), colindiver.smugmug.com,

Entry filed under: Uncategorized. Tags: .

Provinsi Al Bahah Sunflo ‘Dikerjain’ Idana

16 Comments Add your own

  • 1. abrus  |  February 16, 2010 at 4:42 pm

    Green Mountain adalah salah satu bukit di Abbha …
    woww indah pemandangannya – mirip daerah ‘Puncak – Bogor …😛

    ini komen keknya buru2 banget ya??😕

    Reply
  • 2. abrus  |  February 16, 2010 at 6:24 pm

    Mbak Sunflo … ntar sore saya mo ke PKU lagi neh … nerusin hajat & niat …😛

    semoga lancar n sukses ya Brus.. aamiin

    Reply
  • 3. sauskecap  |  February 16, 2010 at 9:03 pm

    akhirnya saya melihat sesuatu yang hijau disini… komposisi gunungnya unik ya… separo gurun separo hutan…

    alhamdulillaah

    Reply
  • 4. adelays  |  February 16, 2010 at 9:07 pm

    Selama ini propinsi yang semacam ini belum tersosialisasi dengan baik dan menjadi tujuan wisata internasional.

    Coba aja ada visit ASIR 2010 atau program semacam itu…
    (kalo visit saudi nggak perlu kali yach.. soale nggak pake promo orang orang berjuta juta manusia udah berdatangan sendiri )
    mungkin kereta gantungnya bakalan menjadi salah satu target turis mancanegara, termasuk sayah..
    hihihihi….

    jadi minat deh nyobain kereta gantung Asir… glek…

    berkunjunglah ke sana de…😉

    Reply
  • 5. Codet  |  February 16, 2010 at 9:48 pm

    Mendengar Saudi yang kebayang gurun pasir, ternyata ada hutannya juga ya.
    Salam kenal

    kenal jg, itulah sisi lain saudi…^^

    Reply
  • 6. setitikharapan  |  February 16, 2010 at 9:51 pm

    Subhanallah, keren banget mbak. Ternyata ada hijau-hijaunya disana. Kirain cuma hamparan padang pasir.

    alhamdulillaah

    Reply
  • 7. Makna Hidup  |  February 16, 2010 at 11:23 pm

    Assalamu’alaikum,
    Semoga miss Sunflo senantiasa Allah berikan keselamatan, Amin. Subhanallah begitu indahnya kota ‘Asir, apalagi foto yang diambil saat malam, sungguh menakjubkan. Saya harap miss Sunflo juga bisa banyak memfoto suasasa malam yang menakjubkan. Terima kasih semuanya Sis, aku jadi semakin tahu tentang bagian-bagian kota di KSA. Semoga menjadi penambah wawasan buat kita semua, Amin. Postingan yang selalu menarik untuk disimak.
    Sukses selalu buat Sahabatku!

    wa’alaikumussalam walillaahilhamd

    Reply
  • 8. bintangtimur  |  February 17, 2010 at 6:13 am

    Sunfloooo, kapan postingnya nih?
    Kok ujug-ujug ada dua posting yang ada disini…😉
    Propinsi Asir itu bikin saya nggak nyangka juga. Ada baboon yang ngejar-ngejar orang kayak di Sangeh segala…hihihi…kalo ke daerah itu, hindari bawa pisang dan kacang…😛

    jeng kemana ajaaaaa?? hehehe…

    Reply
  • 9. Kakaakin  |  February 17, 2010 at 6:21 am

    Subhanallah…
    Another green province ya…
    Indah banget lagi🙂

    alhamdulillaah

    Reply
    • 10. Kakaakin  |  February 17, 2010 at 6:23 am

      pengen titip salam ah buat si kambing gunung… ngganteng bener:mrgreen::mrgreen:

      hooh ganteng bgt yaa..

      Reply
  • 11. Erry Andriyati  |  February 17, 2010 at 10:04 am

    WOW!!!
    Indah banget yaaa!!!
    Tapi kok ada taman bermain di lokasi yang aneh ya?
    Emang disitu ada pemukiman kah?

    pemukimannya di puncak2 gunung Err…

    Reply
  • 12. achoey  |  February 17, 2010 at 11:53 am

    serasa jalan2 ke sana🙂

    Reply
  • 13. wi3nd  |  February 17, 2010 at 4:18 pm

    jabal saudah kereeeen..

    *pen ban9ed mendaki kesanah…

    mo ke arab wiend??

    Reply
    • 14. wi3nd  |  February 22, 2010 at 10:02 am

      Insya Allah jika Allah berkehendak🙂

      *pastina maauu sist,pen naik haji *

      aamiiin…

      Reply
  • 15. Dan (Tlsn Khdpn)  |  February 17, 2010 at 7:05 pm

    masya Allah Mbak.. indahnya…
    semangat !

    Reply
  • 16. Muhammad Sabur  |  April 12, 2011 at 12:32 pm

    Abha memang penuh dng kenangan, bgs pemandangan nya

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Blogger

NOVI dengan nama pena SUNFLO ... ^^ Silahkan ambil yang bermanfaat dari sini, tanpa harus meninggalkan jejak atau komentar, kalau mau copas, silahkan, tapi harap yang bertanggungjawab...

sunflo’s Calendar

sunflo’s posting

February 2010
M T W T F S S
« Jan   Mar »
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728

Translate My Blog

Translate this blog into different languages...
العربية
english
Français
हिन्दी

Archives

Blog Stats since August '09

  • 3,960,791 hits

sedang ada di kebun sunflower

”amung

visitors traffic

Enter your email address to subscribe to this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 393 other followers

Like My Site

FP NOVI NOUF

Instagram NoviNouf

Kalo ini buat kajian tahfizh tahsin pagi ini.
#milkypudding #pudingsutrabuah #pudingbuah #fruitpudding #dessert #jumatbarokah #blessedfriday #instapic Milky silky pudding fruit buat pagi ini.. #pudding #pudingsusu #pudingbuah #dessert #cucimulut #seger #enyakenyak #fresh #fruit

%d bloggers like this: