Provinsi Timur Saudi

February 18, 2010 at 11:08 pm 11 comments

Provinsi Timur Saudi (Eastern Province/ Ash Sharqiyah) adalah provinsi terbesar di KSA. Terletak di sebelah timur semenanjung Arabia dekat dengan Teluk Persia, berbatasan darat dengan Kuwait, Qatar, Uni Emirat Arab, Oman dan Yaman. Memiliki luas wilayah 710.000 km ² dan populasi 3.360.157 jiwa (sensus tahun 2004). Ibukotanya adalah Dammam yang merupakan kota terbesar ketiga di Saudi setelah Riyadh dan Jeddah. Kota lainnnya yang terkenal adalah Al Khobar, Qatif, Khafji, Jubail dan Hofuf.

***

Teluk Persia / Teluk Arab

Ingat dengan Perang Teluk tahun 1991 yang terkenal itu?? Saat itu teluk Persia menjadi latar belakangnya.. saat Irak menginvasi Kuwait… Sebenarnya perangnya sih terjadi di darat… tapi terkenalnya jadi Perang Teluk gtu…:mrgreen:

Sebenarnya teluk ini mempunyai keanekaragaman hayati yang melimpah: terumbu karang yang indah dan kerang mutiara yang melimpah. Namun dengan semakin pesatnya industrialisasi dan juga dampak dari perang yang lalu, ekosistem laut di sana menjadi turun kualitasnya.

Teluk Persia dilihat dari luar angkasa

Perahu nelayan di pantai Dammam berlabuh di Teluk Persia

Jembatan yang menghubungkan Saudi Arabia dengan salah satu pulau di Bahrain, pulau Qeshm.

***

Benteng Portugis di Pulau Tarout

Tarout adalah sebuah pulau kecil di Teluk Persia, di lepas pantai Qatif.

Benteng peninggalan Portugis di Teluk Persia, hampir 150 tahun Portugis pernah menguasai teluk ini.

a symphony of old and new katanya… :lol:   salah satu sisi bangunan benteng.

Benteng setinggi 9 m ini terbuat dari batu, gips dan keramik…

***

Jabal Qarah, Hofuf

Jabal Qarah terletak sekitar 10 km dari Hofuf. Hofuf terletak 140 km barat daya Dammam dan 300 km timur Riyadh. Jabal Qarah terkenal akan gua-gua alamnya yang unik.

Gua-gua alam ini terbentuk karena kikisan batuan secara alami oleh air dan angin dalam waktu yang lama…

Batu-batu besar di sana… orang yang dudukdi bawahnya kek seekor semut yaaa… ^^

***

Dammam

Dammam merupakan ibukota provinsi timur dan merupakan kota penting di Saudi. Kita intip sebagian wilayah Dammam yuuuuu’…:mrgreen:

salah satu gedung megah di sono…

eh itu ada Panda… anaknya Hyperpanda…!!! :mrgreen:

pantai di Dammam… hmm … mendung yang eksotis …, ada sedikit badai… :mrgreen:

***

Jubail

Jubail adalah salah satu kota di provinsi timur saudi, dikenal sebagai kota industri sejak tahun 1975 bersama dengan Yambu.

salah satu industri petrokimia di Jubail

Salah satu sudut kota Jubail di malam hari…

***

Al Khobar

Al Khobar adalah salah satu kota utama di provinsi timur, setelah Dammam dan Dhahran. Awalnya merupakan kota pelabuhan, namun setelah ditemukan minyak, berubah menjadi kota industri.

secara umum ga beda jauh ma kota-kota lainnya di Saudi….🙄

Al Khobar tuh tempat piknik… banyak taman-taman dengan air yang mancur nan indah plus sajian wisata pantainya… Half Moon Bay, Sunset Beach dan Al Azizia Beach…🙂

Nah ini dia… AlRashidMall.. Mall terkenal di Al Khobar… siapa yang mo belanja n shopping-shopping fashion dan barang-barang impor produk barat dan timur… silahkan… asal ada fulusnyaaaa…:mrgreen:

***

Dhahran

Dhahran dikenal sebagai tempat mangkalnya perusahaan minyak terbesar di dunia, yaitu ARAMCO. Perguruan tingginyapun tak lepas dari masalah perminyakan, King Fahd University for Petroleum and Minerals…:mrgreen:

Tak heran di kota ini, banyak para ekspatriat terutama om-om dan tante-tante bule, makmur banget dech… Yuk kita intip perumahan mereka… ini aja foto jadul loh… apalagi sekarang, sayang aku belum pernah ke sana…😦

pintu masuk perumahan

Rumahnya dibuat modern banget, bukan Arab punya… biar pada betah di sono…hehehe…:mrgreen:

***

hehehe.. jangan ngece ini negeri gurun, terus ga ada lapangan golfnya gtu??!! Nie lihat…

Dah cukup 3 gambar saja… idjooo kan???!! :mrgreen:

Emang minyak bisa mengubah gurun pasir jadi kek gini nieee…😆

***

King Fahd University for Petroleum and Minerals

Bandar udara internasional Dhahran

taman di tengah kota Dhahran…

***

Qatif

Qatif adalah kota perikanan di Saudi, terkenal akan hasil ikannya dan sebagai pemasok ikan terbesar untuk kebutuhan saudi, karena letaknya dekat teluk Persia.

Ngintip kek apa kotanya yuuuu’

selalu khas di saudi dan ada dimana-mana adalah bangunan rumah yang terbuat dari tanah… termasuk bangunan yang perlu dilestarikan tuh di sana…^^

salah satu peninggalan bersejarah di al Qatif adalah benteng yang terdapat di tengah oase…

pemandangan pantai di al Qatif, diambil dari salah satu hotel di sana..

sebuah pasar ikan tradisional di al Qatif, umurnya sekiar 150 tahun, yang telah digunakan sejak zaman dulu…

***

Source: http://www.splendidarabia.com (Mohammad Nowfal), colindiver.smugmug.com, http://www.the-saudi.net, aramcoexpats.com

Entry filed under: Saudi Arabia. Tags: .

Saudi Arabia in The ‘Baheula’…. *.^d Akukah Blogger yang Gagal Itu???

11 Comments Add your own

  • 1. adelays  |  February 18, 2010 at 11:38 pm

    Assalamualaikum SUnflo…
    Jembatannya mengingatkan Salah satu jembatan terbesar di tanah air..
    Apalagi namanya kalo bukan Jembatan Suramadu….

    wa’alaikumussalam de… mirip ya de..

    Reply
  • 2. bintangtimur  |  February 19, 2010 at 8:12 am

    Top…jembatan yang menghubungkan Saudi Arabia dengan Pulau Qeshm itu kereeeeen banget, kapan ya bisa melintas diatasnya…?
    Perumahan di Dahran, lapangan golf yang bikin saya jadi bilang ck…ck…ck…itu kontras banget dengan gurun pasir yang ada di sebelahnya kan…
    Sunflo…Propinsi Timur Saudi ternyata punya keindahan yang beda ya, selang seling gurun dan ijo-ijo itu…waduh, luar biasa banget, butuh kerja keras (hehehe, dan uang banyak…) untuk mewujudkannya😛

    Reply
  • 3. Charlotte19  |  February 19, 2010 at 10:42 am

    When some students are stuck with research essay creating, thus I will propose to buy persuasive essay at some paper writing service under such circumstances.

    Reply
  • 4. peri01  |  February 19, 2010 at 10:49 am

    indah bgt yah
    salam sunflo

    Reply
  • 5. BlogCamp  |  February 19, 2010 at 11:05 am

    Alhamdulillah saya sudah pernah ke Jedah, Makkah dan Madinah, jadi sudah pernah ke Saudi Arabia.

    Selamat pagi sahabatku
    Saya datang lagi untuk mengokoh-kuatkan tali silaturahmi sambil menyerap ilmu yang bermanfaat. Teriring doa semoga kesehatan,kesejahteraan,kesuksesan dan kebahagiaan senantiasa tercurahkan kepada anda .
    Semoga anda hari ini lebih baik dari kemarin.Amin
    Saya juga mengundang sahabat untuk mengikuti acara TUMPENG MILAD di BlogCamp
    Terima kasih.
    Salam hangat dari Surabaya

    Reply
  • 6. Dan (TlsnKhdpn)  |  February 19, 2010 at 11:43 am

    Masya Allah.. indahnya… Semangat terus Mbak..🙂
    betapa negeri tauhid ini.. mendapat berkah dari Allah -ta’ala-..

    Reply
  • 7. Mamah Aline  |  February 19, 2010 at 3:37 pm

    tanpa harus ke arab saudi aku punya sedikit gambaran lewat foto-fotonya, keren memang sis… ternyata tamannya bisa indah dan hijau, lapangan golfnya juga gak kalah hijau deh… dengan uang bia menyulap gurun pasir menjadi kota-kota megah dengan fasilitas yang lengkap ya

    Reply
  • 8. bidansmart  |  February 20, 2010 at 11:57 am

    Subhanallah….negeri yang makmur dan indah….Alloh benar2 memberkahi negeri suci umat muslim ini dimana dalam hadist diakhir zamanpun negeri ini akan tetap aman dan dajjal tak bisa masuk dan merusak kesuciannya…

    Jadi mupeng…( muka pengen) ke arab saudi…kabulkanlah ya robb hamba berziarah ke arab saudi…

    aamiiiin…ya Rabbiii…

    Reply
  • 9. bidansmart  |  February 20, 2010 at 1:24 pm

    Jadi mupeng ( muka pengen) terbang ke saudi…hiks..hiks..
    Kabulkan ya robb…amiiin…

    aamiin ya Rabb… alhamdulillaah jadi tahu apa tuh istilah mupeng…*gubraak.. dusun..*:mrgreen:

    Reply
  • 10. uha mamluha  |  October 20, 2012 at 6:58 pm

    makasih infonya,insya Allah sy n anak mau di boyong k jubail oleh suami.tlg info jubail sekolah anak dan adag kegiatan bt ibu2 indon

    Reply
  • 11. irfankencong  |  November 20, 2015 at 1:26 am

    Reblogged this on Irfankencong's Blog.

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Blogger

NOVI dengan nama pena SUNFLO ... ^^ Silahkan ambil yang bermanfaat dari sini, tanpa harus meninggalkan jejak atau komentar, kalau mau copas, silahkan, tapi harap yang bertanggungjawab...

sunflo’s Calendar

sunflo’s posting

February 2010
M T W T F S S
« Jan   Mar »
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728

Translate My Blog

Translate this blog into different languages...
العربية
english
Français
हिन्दी

Archives

Blog Stats since August '09

  • 3,961,049 hits

sedang ada di kebun sunflower

”amung

visitors traffic

Enter your email address to subscribe to this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 393 other followers

Like My Site

FP NOVI NOUF

Instagram NoviNouf

This is another one.. #myredrose #redrose in #mygarden #gardening on a #balcony #flowerporn #love #beautiful #instaflower #instapic Tampak atas.. Aku masih terkesima aja sama penampakan ini, meski sekarang udah habis, tinggal kenangan.. Tapi cakep yak.. #gaadayangnanya :)) #pudingsusu #silkypudding #pudingbuah #me #dessert #bikinsendiri #homemade #instapic

%d bloggers like this: