Kedewasaan Cinta

February 20, 2010 at 4:14 pm 20 comments

Segala puji hanya bagi Allah Ta’ala yang telah menciptakan rasa cinta di hati hamba-hambaNya. Cinta dengan karakteristiknya yang khas, akan mampu menciptakan segala rasa pada diri seorang anak manusia: rasa yang indah, semangat, kemauan, berkorban, saling mengerti …

Dan… saat Allah jadikan pernikahan sebagai saluran cinta yang halal, maka keindahan itu menjadi semakin sempurna, bahkan bernilai ibadah di sisiNya…

Khusus cinta dua insan yang terjalin dalam bahtera rumah tangga, maka perlu diupayakan untuk menjadikan cinta itu semakin berkualitas dan dewasa, bahkan mampu mengantarkan pada keridhaan Allah dan surgaNya…

***

Cinta Kurang Dewasa

Cinta ini hanya bertolok ukur pada tatanan fisik semata, dan berhenti di sana… Dibangun di atas egoisme pribadi, dan menjadikan dunia dan kenikmatannya sebagai tujuan akhirnya…

Cinta semacam ini sangat rapuh, keindahannya hanya bersifat semu dan sesaat… Tak banyak manfaat yang dirasakan oleh manusia dari rumah tangga dengan warna cinta seperti ini…

***

Cinta Dewasa

It’s the amazing of love… Cinta yang lahir dari ilmu dan iman yang kokoh. Terpancar dari hati sanubari, dan bahkan mampu ‘mendaki’ ke langit tuk menjadikan Allah Ta’ala sebagai muaranya yang tertinggi… menjadikan ridhaNya sebagai tolok ukur dalam mencintai seluruh manusia, termasuk pasangan hidupnya… Dengan semangat ibadah dan kerinduan meraih surgaNya, cinta itu akan mengalir ke dunia…

Cinta inilah yang kan melahirkan ketenangan hidup sejati, menjadi pembangkit energi tuk melahirkan karya-karya keumatan yang luar biasa, serta prestasi hidup yang kan terukir indah dengan tinta sejarah…

Cinta ini kan melahirkan kesabaran tanpa batas dan ketawakalan yang paripurna, hingga segala pahit getir ujian kehidupan, tak menggetarkan pijakan kakinya di dunia ini.. Seberat apapun pengorbanan dantuntutan perjuangan, kan ikhlas dijalaninya…

***

Kedewasaan Cinta

Allah-lah Tujuannya

Saat Dia menjadi dasar dan tujuan cintanya, maka segala hal dalam rumah tangga kan dikendalikan atas dasar ini. Hubungannya dengan anggota keluarga senantiasa berpijak pada rambu-rambu syariat, selalu mengindahkan aturanNya…


Kan Kuterima Dia Apa Adanya

Saat akad nikah telah berlangsung, sambutlah pasangan hidupmu dengan segenap kesiapan dan teimalah dia apa adanya. Penerimaan tulus akan segala kekurangannya akan melahirkan perasaan saling menghargai…

Jiwa yang kurang bijak akan selalu mengungkit kekurangan pasangannya, padahal… tiada yang sempurna di dunia ini…


Bersamaku Kau Semakin Maju

Alangkah indahnya, jika berlalunya tahun-tahun pernikahan kan berbanding lurus dengan peningkatan kualitas diri kita dan pasangan hidup kita. Romantisme yang ada, bukanlah semu belaka, keceriaan yang tercipta, bukanlah sesuatu yang sia-sia..

Semua agenda kehidupannya selalu memperhatikan kemajuan pasangan hidupnya…

Berbahagialah mereka yang setelah sekian tahun menikah telah merasakan sekian banyak kemajuaan, untuk kehidupan dunia dan akhirat..

Bersedihlah mereka yang tahun-tahun kehidupan pernikahannya justru berbuah kemunduran dari berbagai sisi kehidupan…


Memberi Bukan Meminta

Kebanyakan yang mendorong manusia untuk menikahi seseorang disebabkan karena ingin mendapatkan sesuatu dari pasangannya, entah itu ketampanan, kecantikan, kekayaan, kecerdasan dan keluasan ilmunya, walau ini semua tidaklah dilarang…

Semakin besar harapan yang dipancang pada awal pernikahan, akan makin besar pula potensi kecewa yang akan didapat….

Ubahlah paradigma cinta dari meminta menjadi memberi“Aku berumahtangga dengannya, agar aku bisa membuatnya lebih baik, agar aku bisa membantunya untuk lebih taat, lebih sukses… “


Dia Adalah Milik Allah

Suami isteri memang saling memiliki, namun harus disadari dengan beanr, bahwa pasangan hidup kita adalah milik Allah… Dia mempunyai tugas-tugas keumatan, waktunya tidak hanya untuk kita. Relakan waktu, tenaga, fikiran, harta dan jiwanya jika ummat memerlukan keberadaannya di tengah mereka..

Dan… kelakpun… dia kan kembali untuk menghadapNya…


Pengorbanan dan Kesabaran

Kedewasaan cinta berbuah pada kesabaran dan ketawakkalan yang paripurna. Tiada satupun musibah dan ujian dalam rumah tangga yang kan mampu meruntuhkan iman dan jati dirinya. Hanya keyakinan padaNya, bahwa Dia Maha Sempurna ilmuNya dan Maha Adil KetetapanNya..

Bahkan dia mampu menikmati badai ujian dalam musibah karena berharap pahala dari kesabarannya..

Tidaklah ujian itu datang, dan dia bersabar, kecuali Allah akan angkat derajatnya dan mengampuni dosa-dosanya, kelak… dia kan menghadap Allah dalam keadaan dicintaiNya…


Karya, Prestasi dan Sinergi

Dunia adalah ladang tuk mengumpulkan bekal akhirat, rumah tangga juga harus dapat menjadi ladang kebaikan dan pahala… Jadilah tim hidup yang kompak dan solid tuk meretas kehidupan bersama di dunia, abaikan dominasi ego tuk mewujudkan karya bersama.. dunia akhirat…


Di Surga Kita Kan Bertemu…

Mencintai pasangan hidup dengan tulus, menyemangatinya dalam kebaikan, menjaganya dari keburukan… agar cinta itu tak kan berakhir… saat jasad ditimbun tanah… karena, …

… cinta itu kan terus berlanjut, hingga di surga kita kan bertemu…

source: al Qowwam/30/shafar/1431H

Entry filed under: artikel. Tags: .

Akukah Blogger yang Gagal Itu??? Jika Sunflo Bikin Ikan Asin

20 Comments Add your own

  • 1. achoey  |  February 20, 2010 at 4:25 pm

    Bunda
    aku ingin cinta dewasa
    Cinta yang bermuara pada pemilik cinta hakiki🙂

    ya choey … aamiin…

    Reply
  • 2. bidansmart  |  February 20, 2010 at 8:40 pm

    hehe…ini nice post yang ada bocoran-na di blogcamp pak de…

    Subhanalloh yang sudah bisa menyalurkan cinta dengan benar…
    Ya Ummi…doain ya…saya segera menyusul mendapatkan kedewasaan cinta yang sejati…amiiin….hehe

    aamiin semoga Allah mudahkan ya bid…

    Reply
  • 3. yangputri  |  February 20, 2010 at 8:44 pm

    wadoh maming bw semua bercerita tentang cinta….
    padahal hatiku seperti teriris karna cinta hiks..hiks…

    dooohhh… maap Put, aq tak bermaksud… glek..😦

    Reply
  • 4. bidansmart  |  February 20, 2010 at 8:44 pm

    eh…satu lagi ninggalin jejak coment sesuai permintaan….btw blogroll-na ada radio rodja ya…saya pendengar setia radio rodja nie…dengerinya dari streaming or ada hubungan kerja or apa gitu????
    (mau tau aja urusan orang ya…..) hehe…afwan katsir…ga dijawab juga gpp…

    Thanks ya atas BW-na…kapan2 mampir lagi ya…kan dah tau jalan-na….mudah2han ga nyasar….

    hehehe… gapapa kok, cuma mustami’ aja… enak dengerin kajiannya .. seger buat ngademin atiiii…. sama yaa.. alhamdulillaah…^^

    Reply
  • 5. setitikharapan  |  February 20, 2010 at 9:57 pm

    Semoga cinta dewasa yang akan kudapatkan dan kujalin dimasa yang akan datang.
    Sama seperti kang Achoey.😀

    aamiiin..

    Reply
  • 6. melly  |  February 21, 2010 at 9:03 am

    aku masih ingin belajar tentang cinta yg hakiki

    teruslah tuk belajar… mell, qta semua selalu belajar tuk bisa… b^^

    Reply
  • 7. arsumba  |  February 21, 2010 at 7:10 pm

    subhanallah….. paparan bundo bisa memberi gambaran pada saya “tentang cinta dewasa”.. mudah-mudahan saya bisa mencapainya.. amiin…

    aamiiin…

    Reply
  • 8. wahyu  |  February 21, 2010 at 8:14 pm

    renungan yang bagus bu..🙂

    makasih..

    Reply
  • 9. nakjaDimande  |  February 21, 2010 at 8:16 pm

    Bundo masih sulit untuk menyadari bahwa suami adalah milik Allah SWT, suatu waktu diambil lagi sama pemilikNYA.. semoga Allah beri pemahaman itu buat bundo dan kita semua.

    iya bundo.. itu yang selalu ditakutkan oleh qta… aaamiin..

    Reply
  • 10. roffywibowo  |  February 21, 2010 at 8:19 pm

    mba aq mw nanya klo seseorang yang sudah berpacaran kemudian ingin menikah apakah termasuk pendewasaan cinta?

    itu baru mau memasuki madrasah pendewasaan cinta, cinta apa yang akan dibawa utk memasuki gerbang pernikahan, itu yang akan teruji di dalamnya… adanya komitmen dalam hati dan pada keduanya tuk sama2 berjuang di dalamnya sangatlah diperlukan…
    kita semua masih dalam tahap belajar Roff, termasuk yang udah pada nikah… so siapkan dirimu tuk mulai serius belajar di dalamnya…

    Reply
  • 11. ismi  |  February 21, 2010 at 9:15 pm

    dan disurgaNya qt akan bertemu….
    amiiin…

    Reply
  • 12. Kakaakin  |  February 21, 2010 at 11:25 pm

    sedang mancari seseorang yang bisa membawaku maju bersama-sama🙂

    semoga dipertemukan dengan someone the best yaa…

    Reply
  • 13. wi3nd  |  February 22, 2010 at 9:51 am

    aku in9in cinta yan9 tercurah hanya untukNYA,amien..

    aamiiin…

    Reply
  • 14. bintangtimur  |  February 25, 2010 at 11:02 am

    Cinta yang makin hari makin berarti, tentu bukan hanya cinta yang penuh dengan bermacam-macam tuntutan. Cinta tulus hanya dapat dibagi bila dua hati sudah menyatu, mengharap ridho dan ksih sayang-Nya…
    Mudah-mudahan cinta kita dengan pasangan, adalah cinta sejati yang hanya dipisahkan bila maut datang menjemput…sesungguhnya, cinta memang harus diberikan dengan tulus, Sunflo…🙂
    Selamat menjalankan ibadah umroh, Sunflo…bulan madu lagi ya…hehehe😛

    Reply
  • 15. Dan (TlsnKhdpn)  |  February 27, 2010 at 9:27 pm

    Ya Allah, berilah aku seorang istri penyejuk mata, cinta perempuan yang mencintaiMu, yang membantuku tuk mencintaiMu & berusaha meraih CintaMu, yang kucintai & mencintaiku, kumpulkanlah kami dalam kebaikan dunia & akhirat hingga kami bertemu denganMu dalam RidhoMu di SurgaMu, Ya Hayyu Ya Qoyyuum, Ya Mannaan, Laa ilaaha illaa Anta.. Amin.

    Reply
  • 16. asepsaiba  |  February 28, 2010 at 2:05 pm

    Subhanallah.. uraian yang sangat mencerahkan mbak…
    Kami masih dalam tahap belajar untuk menjadi dewasa mbak.. Doain kami ya…

    inshaAllah kang,semoga menjadi keluarga yg sakinah mawadah dan rahmah… aamin

    Reply
  • 17. catatanrodes  |  March 1, 2010 at 8:29 am

    NIce share,mba..

    ya, aku mau cinta dewasa!!..

    yoi…^^

    Reply
  • 18. jokerbook  |  March 7, 2010 at 7:45 pm

    keep Share,…
    Salam
    Amarah Krisdayanti mp3 downloadfilm the god babe

    Reply
  • 19. suhe  |  October 22, 2010 at 12:09 pm

    Ketika cinta dibutakan rasa cemburu, atau karena keyakinan aku yang keliru, bahwa istriku hrs terhindar dari apapun bentuk pelecehan, aku marah dan sangat marah. ketika temannya menyentuh (memegang bokong) dalam acara wisuda magister yang di dapatkannya karena istriku menghalangi ketika akan berpoto bersama.
    aku terdiam dan merenung, berlebihankah sikapku tersebut, karena selama ini aku ga pernah berbuat (bahkan menabukan hal seperti itu) terhadap kawan2 perempuan sekantor/se-sekolah.
    aku ga bisa meluapkan perasaan ini ke siapapun, aku coba mengadu disini, mudah2an ada yang bisa ngasih komen positif untuk meredakan amarahku….

    apa yang kamu rasakan itu wajar, malah sudah seharusnya seorang suami punya rasa kecemburuan pada istrinya, dalam hal kebaikan tentunya, termasuk melindunginya dari bentuk pelecehan, apapun bentuknya… karena seorang wanita itu berharga, terhormat dan mulia dalam lindungan laki-laki yang bertanggung jawab…
    kamu wajib cemburu, namun mohon maaf, saranku sih… ada yang perlu dikoreksi di sini… yaitu ttg pergaulan antara istrimu dengan temannya yang laki2…
    hendaknya kau nasehati istrimu utk tidak bergaul bebas dengan lawan jenis, hendaknya dia menjaga diri dan kehormatannya serta kehormatanmu…. bila dia sudah berusaha sekuat tenaga untuk berbuat yang demikian, kemudian ada temannya yg mungkin ga sengaja melecehkannya… mungkin kebutaan dari rasa cemburu, harus dibarengi dengan memaafkan dan nasehat utk tak terulang lagi… karena biasanya wanita yang menjaga kehormatan diri dan keluarganya akan disegani oleh banyak orang termasuk lawan jenisnya…
    namun bila istrimu masih menganut paham bergaul bebas dengan teman2nya yg laki2 sebagaimana yang terjadi di negeri kita ini, cemburumu harus dibarengi dengan sikap tegasmu sebagai kepala keluarga utk meluruskan istrimu,nasehati dia utk menjaga kehormatan diri dan keluarga, terutama dirimu sebagai suaminya…

    kamu ga salah tuk cemburu, namun pesanku, tetaplah bijak dalam bersikap, meskipun kamu terbalut oleh emosimu… tetaplah berpikir jernih dan bijaksana dalam bersikap…

    apa yang kamu lakukan sudah benar utk menjaga kehormatan diri teman2 wanitamu di kantor/sekolah, semoga dengan demikian Allah berkenan memberi ganjaran padamu dengan memberikan penjagaan terhadap kehormatan dirimu dan keluargamu terutama istri dan anak2 perempuanmu….

    jadi semuanya perlu dibenahi, suhe, baik dirimu dan juga istrimu, cobalah mengkoreksi diri apa yang kurang dari sikap kita selama ini, dan tinjauannya adalah moral secara masyarakat dan terutama tuntutan agama … demikian semoga bisa membantu mencerahkan hatimu… – sunflo –

    Reply
    • 20. suhe  |  October 22, 2010 at 2:15 pm

      terima kasih sekali nasihatnya, saya sekarang lega…. walaupun mesti kehilangan hal yang sangat berharga dalam hidupku…. istriku.. tp tidak akan dengan anak2ku…. aku tidak mau jadi lelaki yang dayus….

      jangan jadi laki2 yg dayus… itu tandanya laki2 yang lemah dan tak mampu menjaga kehormatan… semoga mendapatkan ganti yang lebih baik (bila memang telah lepas ikatan, namun bila belum, semoga masih bisa untuk memperbaiki semuanya), sehingga kamu bisa menjadi qawwam yang baik bagi keluarga, istri dan anak2mu … Semoga Allah mudahkan urusan2mu dan melapangkan segala kesulitan2mu…aamiin

      Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Blogger

NOVI dengan nama pena SUNFLO ... ^^ Silahkan ambil yang bermanfaat dari sini, tanpa harus meninggalkan jejak atau komentar, kalau mau copas, silahkan, tapi harap yang bertanggungjawab...

sunflo’s Calendar

sunflo’s posting

February 2010
M T W T F S S
« Jan   Mar »
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728

Translate My Blog

Translate this blog into different languages...
العربية
english
Français
हिन्दी

Archives

Blog Stats since August '09

  • 3,959,459 hits

sedang ada di kebun sunflower

”amung

visitors traffic

Enter your email address to subscribe to this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 393 other followers

Like My Site

FP NOVI NOUF

Instagram NoviNouf

Nasi Merah goreng cabe rawit spesial pake telor.

#nasigoreng #berasmerah #friedrice #menu #enyakenyak #nomnom #simplemenu #instafood #foodporn Ternyata setelah berhasil menguasai mobil, belajar motor itu jadi lebih mudah.

Aku udah bisa menaklukkan motor bebek manual ini, alhamdulillaah.. Dulu, diajari pake motor matic berulang kali, ga bisa-bisa. Setelah berhasil nyetir mobil, diajari sekali aka pake motor ini, langsung bisa ngacir.. Yaah.. Dengan prestasi, jatuh dua kali hehehe.. Hidupku jadi lebih normal sekarang, ga jalan kaki lagi n ngandelin sopir angkot.. :)) #motor #motorbebek #honda #belajarmotor #motorcycle #indonesiantransportation #me #experience #excited 
@munaayazid

%d bloggers like this: