Jika Sunflo Bikin Ikan Asin

February 21, 2010 at 9:24 pm 29 comments

Sekali lagi temans… inilah nasib perantau, harus mau mandiri, kagak boleh cengeng…. ngarepin orang Arab jadi tukang sayur keliling n jualan bahan makanan khas Indonesia, ga bakalan keturutan dech…😦

Kali ini naluri keingintahuanku menggelitikku buat bereksperimen tuk membuat … ikan asin…. !! Alhamdulillaah, temanku memberiku beberapa ikan kembung segar. Nah… karena persediaan ikan di rumah kami banyak, maka ikan-ikan itu ingin kuolah menjadi ikan asin peda.

Tahu ikan peda kan?? Biasanya terbuat dari ikan kembung yang diasinkan, hehehe… jadilah ikan asin… Enaknya dibikin pepes atau dimakan pake sambel sebagai lauk nasi anget yaa…

Nah… mau tahu gimana perjuangan seorang sunflo tuk bikin ikan asin peda??? Ikuti petualangan sunflo di dapur laganya yuuu’….:mrgreen:

***

Cara sunflo bikin ikan asin niee…

ikan kembung yang seger, dibuang isi perutnya… dibersihkan, cuci bersih…

aku pake garam dapur yang kasar, sekira-kira pingin asinnya gtu…

Ikan yang mengalami proses penggaraman menjadi awet karena garam dapat menghambat atau membunuh bakteri penyebab pembusukan pada ikan…

aku lakukan penggaraman basah… ikan direndam dalam air garam selama 2 hari… taro di kulkas untuk hindari pembusukan… setelah 2 hari, baru kuangin-anginkan… hingga kering

psstt… aku ga pake cara bikin ikan peda yang asli pake fermentasi segala… habis… ribet pake daun pisang, pake merang… secara di saudi mana ada benda-benda itu…😦

***

nie ikan asinku yang udah ‘rada’ kering….:mrgreen:

siap tuk diolah… ^^

menjadiiii….

goreng ikan asin plus sambal cabe ijo lalab… dimakan untuk nemeni nasi anget… ^^

dan….

ikan peda jagung manis pedas… !!

ikan peda digoreng dulu, terus diambili dagingnya, disuwir-suwir kecil, terus tumis bumbu: bawang merah putih, cabe ijo, tomat… masukkan ikan peda plus jagung manis, kasih kecap n air dikit, kasih rasa.. jadi dech..

***

Hmm… emang hidup di rantau tuh harus tegar n kreatif… kagak boleh cengeng…😆

Entry filed under: kuliner. Tags: .

Kedewasaan Cinta Mencicipi Opuntia, Si Pear Berduri

29 Comments Add your own

  • 1. adelays  |  February 21, 2010 at 9:43 pm

    Wah.. Sunflo…
    Itu ikan kalo mo langsung diolah nggak bisa ya ?
    So harus menunggu dua hari dulu baru bisa dimakan ?

    Lumayan mesti sabar juga ya untuk makan dengan dikeringin gitu… hiks…

    bisa aja de.. ini kan aq ingin bikin ikan asin… nyoba bia ga aq ini…

    Reply
  • 2. aurora  |  February 21, 2010 at 10:29 pm

    slurp… ahh… enakk…. dari sini aja udah kerasa kak… tapi kerasa asinnya doang(*pura2 OL di dapur, ada kotak garam di sebelah)

    suka ikan asin juga?

    Reply
  • 3. Kakaakin  |  February 21, 2010 at 11:02 pm

    Haha… kalo diberi nama ikan asin, bolehlah… ‘kan udah direndam air garam
    Tapi kalo dikasih nama ikan kering, gak cocok lah… ‘kan baru ‘rada’ kering:mrgreen::mrgreen:

    Makin keren aja nih!! Gimana kalo Mbak Sunflo bikin usaha dagang kuliner khas tanah air disono😛
    Psstt… resep yang di bawah tuh ok juga😀
    Lumayan… persiapan ide, jika ada ikan asin yang perlu diselamatkan🙂

    udah berasa asinnya kok kin..

    Reply
  • 4. idana  |  February 21, 2010 at 11:41 pm

    wah..wah..sunfloo, malam ini aku jadi laper lagi liat makanan di blogmu😀

    goreng ikan di dapur n bikin sambel da.. maknyuusss…

    Reply
  • 5. hanif  |  February 22, 2010 at 12:57 am

    Kayaknya enak..apalagi pas dengan nasi anget

    iya

    Reply
  • 6. sedjatee  |  February 22, 2010 at 8:24 am

    lama-lama ikan hiu pun akan menjadi ikan asin…
    selamat berkreasi… salam sukses…

    sedj

    ikan udah ada di indo mr, cucut tuh yg diasinkan kan dari hiu…

    Reply
  • 7. wi3nd  |  February 22, 2010 at 9:48 am

    kereeeeenn..!

    hemm aku suka ikan asin peda,ditumis iyah enak sist,dimakan pake nasi yan9 an9eett

    wuii..nyuussssss..🙂

    semua suka ikan asin yaa…

    Reply
  • 8. ossy  |  February 22, 2010 at 1:24 pm

    oooh, ikan peda tuh dari ikan kembung ya? aku kirain dari dulu tuh ikan peda nama asli ikan yang asin banget, ga mikir kalo itu diasinin:mrgreen:
    lihat foto yang ada lalab plus sambelnya, air liur ini langsung menetes.. (secara orang sunda yaah_tapi gadungan: ikan peda aja gatau :cry:)

    doohhh.. jangan netes dong… aq ga maksud ngiming2i…😦

    Reply
  • 9. darahbiroe  |  February 22, 2010 at 1:27 pm

    heheh klo ikan asin sambal terasi nasina anget terus maemna di suasana pedesaan gitu mantapppppp

    berkunjung dan ditunggu kunjungan baliknya makasihh😀

    di tengah sawah ya pak…^^

    Reply
  • 10. kaze  |  February 22, 2010 at 2:41 pm

    wa kira-kira enak gk ya kalau di makan? hehehe

    kok bilang gtu?? ya enak laah….😕

    Reply
  • 11. anny  |  February 22, 2010 at 3:09 pm

    Nyammm…nyam……nikmatnya, ikan asin a la sunflo pingin nyoba😀

    beli sendiri aja, ga repot, di indo kan banyak…🙂

    Reply
  • 12. abrus  |  February 22, 2010 at 4:52 pm

    duh … sunflo berjuang ‘keasinan … (eh salah) … berjuang keras demi ‘lidah tetap bergoyang bersama ikan peda …
    wah wah salut dah … selera tetap indo, walau sudah mukim di saudi sana …😀

    udah pulang, Brus??

    Reply
  • 13. setitikharapan  |  February 22, 2010 at 6:51 pm

    Wew mantep mbak, jadi lapeeer.

    Reply
  • 14. isil  |  February 22, 2010 at 7:50 pm

    mhmm…kayaknya sama yang dirasakan mbak sunflo ketika sil ingin makan “sala lauak” khas pariaman, ga ada yang jual di bandung..jadi harus ngolah sendiri…

    hoho…tapi kayaknya ikan asinnya menggoda juga tuh mbak…

    hohohoho… namanya ikan asin tuh belum ada matinya… ^^

    Reply
  • 15. nakjaDimande  |  February 22, 2010 at 9:16 pm

    Yeaahhhh SunFlo, Pejuang Kuliner..!
    Ahli P3K juga [Pertolongan Pertama Prahara Kuliner]😀

    Sunflo begitu menginspirasi..

    yeaaaaahhh…!! makasih bundoooo… makluuumm perantau…😉

    Reply
  • 16. gerhanacoklat  |  February 22, 2010 at 10:11 pm

    duuh kesian sunflo mau makan ikan asin kudu bikin dulu
    ntar kalo pulang tak traktir ikan asin yang banyaaaak hehhehee

    hehehe…

    Reply
  • 17. muhammad zakariah  |  February 22, 2010 at 11:23 pm

    weeww. resep yg bagus, keknya enak jg nih.. tp bikin ngilerr cuy.. hehe.. ngomong2 yg jualan gituan dimana ya??:mrgreen:

    salam hangat. . sukses..

    Reply
  • 18. bidansmart  |  February 23, 2010 at 5:49 am

    mmmhhhh…no coment deh !!!!!
    buru2 mau beli ikan asin peda juga nie…hihi…tancap gas………

    yuuuuuuuuuu’

    Reply
  • 20. abrus  |  February 23, 2010 at 2:55 pm

    Ikan peda karya $unflo pasti ‘asinnn …
    btw kok suka yg asin-asin sih? pengen …. ya? Hahaha …

    Reply
  • 21. monda  |  February 23, 2010 at 10:51 pm

    sunflo ini rajin banget sih, ada aja idenya
    rindu tanah air jadi terobati ya

    Reply
  • 22. bintangtimur  |  February 25, 2010 at 11:05 am

    Ck…ck…ck…sampe ikan asin aja mesti diulik ya…hebat!
    Baca posting ini saya jadi bersyukur, disini buuaanyyaak banget yang jual ikan asin…di dapu saya aja ada ikan gabus goreng, sambal, kerupuk kampung dan sayur kacang merah…hhhmm…enak banget!

    Reply
  • 23. bintangtimur  |  February 25, 2010 at 11:07 am

    Kok dapu sih?
    Dapur…😉
    Wah, pasti Sunflo lagi tawaf nih sama suami…

    Reply
  • 24. yuniarinukti  |  February 27, 2010 at 11:47 am

    klo sedang dirantau makan ikan asin serasa makan daging, tapi klo dinegeri sendiri makan ikan asin serasa makan tempe hahaha….

    Reply
  • 25. wahyurez  |  March 6, 2010 at 10:53 pm

    waaaa……malam2 liat menu makanan di sini,jd lapar krn blm makan malam😦

    sekarang kek na udah ga laper ya…

    Reply
  • 26. Meliana Aryuni  |  March 7, 2010 at 2:54 pm

    Sipssss, Mbak emang koki hebat🙂

    alhamdulilllaah..^^

    Reply
  • 27. Triunt  |  March 9, 2010 at 7:12 pm

    wealah, mbak Sunflo.
    disini ikan asin bejibun mbak.
    emang disana ga ada yg jadi nelayan laut ya mbak…❓

    ada yunt di daerah deket pantai, di t4 aq kan di tengah2 jazirah arab, lagian kalau ada juga mahal amir..

    Reply
  • 28. wong cilik  |  March 10, 2010 at 10:54 pm

    duh duh duh… salut salut…. d\(^_^)

    makasih sand… ^^

    Reply
  • 29. okfrido  |  February 23, 2012 at 6:33 pm

    ENAK TENAN IKAN ASINNYA,BOLEH DICOBA RESEPNYA

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Blogger

NOVI dengan nama pena SUNFLO ... ^^ Silahkan ambil yang bermanfaat dari sini, tanpa harus meninggalkan jejak atau komentar, kalau mau copas, silahkan, tapi harap yang bertanggungjawab...

sunflo’s Calendar

sunflo’s posting

February 2010
M T W T F S S
« Jan   Mar »
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728

Translate My Blog

Translate this blog into different languages...
العربية
english
Français
हिन्दी

Archives

Blog Stats since August '09

  • 3,957,967 hits

sedang ada di kebun sunflower

”amung

visitors traffic

Enter your email address to subscribe to this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 393 other followers

Like My Site

FP NOVI NOUF

Instagram NoviNouf

Tamu tak diundang.. Nyopiri abi yg mo ngisi khutbah nikah di Cilimus, dari pada eikeh memble sendirian di mobil nunggu hingga hajat selesai, akhirnya dipersilahkan duduk di kursi tamu. Niatnya mah numpang duduk manis aja, eh.. Dapat souvenir n snack juga deh.. Alhamdulillaah.. Kipasnya cantik-cantik, ada warna pink, ungu n biru.. #kipas #kipastangan #kipascantik #souvenir #kondangan #hajatan #nikah #me #tamu #guest #jalanjalan #jelongjelong Rasanya.. As usual, cuma.. Aq pake resep sponge cake ekonomis: 
4 butir telur
100 gr terigu
100 gr gulapasir
1/2 sdm emulsifier
50 gr mentega
#tiramisu #italiandessert #me #homemade #baking #bikinsendiri #enyakenyak #nomnom

%d bloggers like this: