Mencicipi Opuntia, Si Pear Berduri

February 23, 2010 at 11:31 pm 57 comments

Temans.. pasti udah kenal ma yang namanya buah naga atawa bahkan pernah mencicipinya… Enak yaa…?? Hmm… kalau menurut jenis daunnya or batangnya, sunflo curiga… nie buah pasti dari keluarga kaktus tuh…

Aha … bener juga…setelah googling, akhirnya kutahu… Buah yang bernama ilmiah Hylocereus undatus ini ternyata emang dari keluarga Cactaceae…

Nah… kali ini bukan buah naga yang ingin sunflo ekspos, tapi ‘pak dhe’nya buah naga dari jenis Opuntia… yang sering dikenal dengan sebutan prickly pear (pir berduri).

Kemarin waktu belanja di Hyperpanda nemu buah aneh kek gini nie…

Di papan namanya tertulis Cactus Fig sekilonya 14,95 real, aku beli 3 seberat 0,5 kilogram seharga 7,25 real …

Penasaran ma rasanya… aku belah tuh buah… kek gini nie wajahnya… banyak biji keras di dalamnya… rasanya manis segar.. perpaduan kek buah pir dan buah jambu biji… beda banget ma buah naga yang bijinya halus…

***

Akhirnya aku bergoogling ria.. penasaran ma buah ini, serasa kek koboi yang ada di Meksiko aja waktu makan nie buah… hihihihi… ingat ma kaktus yang ada di gurun-gurun Meksiko…:mrgreen:

Nie dia tentang Opuntia

Opuntia

Opuntia ficus-indica (prickly pear) adalah jenis kaktus berukuran besar yang dibudidayakan terutama untuk buahnya. Namun secara tradisional, tidak hanya buahnya, daunnya juga telah ratusan tahun digunakan oleh penduduk Meksiko dan sekitarnya sebagai bahan pangan dan tanaman obat. Buahnya yang biasa disebut tuna berwarna merah jika sudah matang dan biasa dimakan segar.

Tanaman ini berasal dari Meksiko dan tumbuh subur di daerah-daerah kering…

Daging buahnya yang berwarna putih dipenuhi biji-biji hitam mirip buah naga, mengandung banyak air dan rasanya manis seperti buah semangka. Daunnya biasa dimakan sebagai sayuran, bisa mentah atau dimasak menjadi makanan tradisional yang lezat dan sehat. Kalangan kuliner menyebut tanaman ini sebagai buah pir berduri, karena warnanya yang mirip buah pir hijau dan penuh ditumbuhi rambut-rambut tajam khas tanaman kaktus.

Opuntia yang masih berbunga

bunga yang mulai menjadi buah yang masak….

di luar negeri: meksiko, india, israel, maroko… Opuntia biasa diperjualbelikan di pasaran…

***

Dewasa ini Opuntia ficus-indica tersedia sebagai suplemen makanan dalam bentuk tablet atau tepung dalam kapsul, juga digunakan dalam makanan, minuman, kosmetik, dan salep kulit untuk mengobati luka.

Selain tinggi serat larut air, tanaman ini faktanya memang kaya dengan komponen gizi yang memiliki khasiat kuratif maupun preventif seperti kalsium, besi, kalium, vitamin B1, B2, B3, B5 dan B6, vitamin C, protein, lemak, karbohidrat, saponin, glikosida, flavonoid quercetin.

Belakangan Opuntia ficus-indica semakin populer digunakan untuk menurunkan kadar gula darah dan mengendalikan diabetes. Orang yang memiliki kelebihan gula dalam darah dapat segera melihat penurunan kadar gula yang signifikan dalam waktu satu jam setelah mengkonsumsi tanaman ini. Semua manfaatyang disebutkan di atas tentu tidak lepas dari peran kandungan gizi dan serat tinggi yang ada pada Opuntia.

***

Nah begitulah temans, sekilas tentang Opuntia, semoga info ini bermanfaat buat kita semua… ^^

source: cybermed.cbn.net.id , wikipedia

Entry filed under: artikel, kuliner. Tags: .

Jika Sunflo Bikin Ikan Asin My 3rd Umrah: Parkir…Oh…Parkir… – Part 1

57 Comments Add your own

  • 1. kakaakin  |  February 24, 2010 at 4:28 am

    Wah, sepertinya segar bener🙂
    Tapi buah ini blum nyampe ke Indonesia ya?
    Subhanallah… ada buah yang manis, segar dan berkhasiat, nongol dari tanaman berduri itu…🙂

    Reply
    • 2. abrus  |  February 24, 2010 at 7:32 pm

      Hi … teman2, saya (@bru$) dapat *perintah dari :

      Sunflo … 2010/02/24 at 1:14pm
      eh @brus…, ntar aq mo izin ga ngeblog sampe hari sabtu (mau ke mekkah, for umrah) gantian kamu yg balas komen para tamuku yaa.. jgn banyak banyol n nglawak loh… yg elegan gtu.. ok?? makasih sebelumnya.. ^^

      Salam … @brus😀

      Reply
      • 3. abrus  |  February 26, 2010 at 7:37 am

        @ kakaakin … buah itu blum nyampe ke Indonesia ya?
        sabarrr – ntar dibawain Sunflo ke Indo ‘bibitnya, tanam ya …🙂

      • 4. Kakaakin  |  February 26, 2010 at 4:11 pm

        Hehe… pengen juga deh rasanya tinggal di Saudi…
        Kalo mau naik haji atau umroh, nggak jauh2 perginya:mrgreen:
        @brus, berat nggak tugas yang diemban dari Mbak Sunflo nih?😛

  • 5. adelays  |  February 24, 2010 at 7:48 am

    Koq aku geli ya liat pak dhe nya buah naga ini..
    emang sih kaya kaktus..
    ada titik titik hitamnya yang bikin berkesan gatal…
    hiks….

    Ternyata ada toh keluarga buah dari kaktus yang bisa dimakan…

    Reply
    • 6. abrus  |  February 26, 2010 at 7:41 am

      @ adelays … buah itu bikin berkesan gatal?
      marii kita garuk pakai kaktus …hiks….

      Reply
  • 7. nakjaDimande  |  February 24, 2010 at 8:39 am

    dahsyat juga kandungannya ya sunflo.. itulah karunia Allah, meski ngga ada pohon jeruk disana ternyata dari kaktus pun menghasilkan buah bermanfaat.

    Reply
    • 8. abrus  |  February 26, 2010 at 7:45 am

      @ nakjaDimande : yuhuiii … koment Bundo *dahsyat …
      (biar Sunflo yg jawab deh … biar elegan gtu …🙂

      Reply
  • 9. bidansmart  |  February 24, 2010 at 9:24 am

    Kirimin dunks…ke indonesia?????

    Reply
    • 10. abrus  |  February 26, 2010 at 7:53 am

      @ bidansmart : Kirim ke indonesia?
      (moga2 kelak Sunflo jadi pengusaha eksport-import) …
      bubidans yang jadi agen …🙂

      Reply
  • 11. bidansmart  |  February 24, 2010 at 9:29 am

    Eh…btw buah ini awet berapa lama ya….bisa nie masukin ke carefour…(ladang bisnis euy)…but ongkos kirim-na mahaaallllll….
    Urung ah…

    Reply
    • 12. abrus  |  February 26, 2010 at 7:57 am

      @ bidansmart : kita jadi pesaing carefour …
      lho belum apa2 ciutt … Urung neehhh …😦

      Reply
  • 13. ossy  |  February 24, 2010 at 10:28 am

    ooh, bisa dimakan to? selama ini taunya buat tanaman penghias aja

    Reply
    • 14. abrus  |  February 26, 2010 at 8:04 am

      @ ossy … orang ‘sono super kreatif …😀

      Reply
  • 15. abrus  |  February 24, 2010 at 11:53 am

    Waduh … Sunflo *jago banget tentang segala hal – berburu hewan2, sudah – aneka macam kuliner, sampun … kini tentang ‘tanaman … hebat oii – 4 jempol untuk dikowww …😛

    ayo ke blog-ku :
    http://abrus.blogdetik.com/2010/02/23/kisah-kasih

    Reply
    • 16. abrus  |  February 26, 2010 at 8:19 am

      Sunflo, jujur … diriku grogi berat nihh – ntar jangan2 Daiyah ngomel2 …😦 … ruang komentnya habis dakoe acak-acak … awas aja kalo mencak2 …🙂

      Reply
  • 17. nuun  |  February 24, 2010 at 1:48 pm

    assalaamu’alaikum…
    mba sunflo, aduh. kangen blogging nich. Doain aq ya, mg jng sibuk2 banget smp ga sempet buka browser bgitu lama. (sampe saat ini blum sempet nengok blogku sendiri). sedih jg rasanya. Mba krja ap sich mba, smpe sebulan bisa update hmpir tiap hari, sdangkan aq sebulan aj blum tentu. klo mang sibuk jg, gmn sich ngatur waktunya??

    oya, ttg opuntia. aq prnah pengen namain anakku nama latin itu. Indah banget kan? tpi akhirnya nama sahabat nabi…

    Reply
    • 18. abrus  |  February 26, 2010 at 8:14 am

      @ nuun : Wa’alaikumsalaam …🙂 … sunflo itu *ibu erte yg supersibuk di Saudi – ahli me-manage waktu … bisa blogging … sempet browser … mampu jadi ‘daiyah bagi TKI disana … ber-hunting-ria … pokokke seabrek-abrek ‘bisa-nyee … hehehe😛

      Reply
    • 19. abrus  |  February 26, 2010 at 9:01 am

      @ nuun : Wa’alaikumsalaam … Sunflo itu, ibu erte yg ‘super sibuk (dampingi sang hubby tugas di Saudi) – ahli me-manage waktu – bisa banget blogging – sempet browser – daiyah bagi TKI – jago kuliner – srikandi ‘hunting – kampiun posting – pokokke seabrek-abrek ‘bisa-nye – hehehe …😛
      (mpok sunflo, jangan marahin aye yee …) 😆

      Reply
  • 20. asepsaiba  |  February 24, 2010 at 6:01 pm

    Asik banget kalo blgowalking mampir di blognya mbak, ada aja pengetahuan ‘unik’ yg didapat… Kayak gini nih tentang buah, tanaman, hewan, dll…🙂

    Reply
    • 21. abrus  |  February 26, 2010 at 9:07 am

      @ asepsaiba : blog ‘saibas-san tentu juga ‘unik’ … ntar usai ibadah Umrah ini, Sunflo kesitu deh …🙂

      Reply
    • 22. abrus  |  February 26, 2010 at 9:15 am

      @ asepsaiba : blog ‘saibas-san, unik juga gak? Ntar usai ibadah Umrah ini, Sunflo mampir deh …🙂

      Reply
  • 23. wahyu  |  February 24, 2010 at 10:02 pm

    wah ibu satu ini banyak banget hidangan buahnya. aku minta impor satu dong bu …🙂

    Reply
    • 24. abrus  |  February 26, 2010 at 9:17 am

      @ wahyu : kok satu sih, tanggung … gede diongkos dong …🙂

      Reply
  • 25. Dan (TlsnKhdpn)  |  February 25, 2010 at 12:18 am

    Allah lah yang telah menciptakan buah pir berduri itu, alhamdulillah.
    Ya Allah Ya Ar Rozaq, urzuqna…
    Semoga Allah selalu menjaga & melindungi Mbak..

    Reply
    • 26. abrus  |  February 26, 2010 at 9:20 am

      @ Dan (TlsnKhdpn) : Amin Ya Rabbal Alamin … Dia Maha Pemurah lagi Maha Penyayang …

      Reply
  • 27. ismi  |  February 25, 2010 at 7:04 am

    waaah, baru tau kl kaktus bisa punya buah yg manis kek sunflo bilaang….kereeen!!!
    sist, aq wes neng gudcin maning kiye…^^

    Reply
    • 28. abrus  |  February 26, 2010 at 9:29 am

      @ ismi : Yoiii … buah Sunflo dijamin manis dan ….kereeen!!!
      Oh my God, ora mudeng iki … (sist, aq wes neng gudcin maning kiye…^^) …😉 … Ismi, tunggu Sunflo aja ya …😆

      Reply
  • 29. bintangtimur  |  February 25, 2010 at 11:09 am

    Bermanfaat banget, Sunflo…saya baru tau juga buah Opuntia ini.
    Mungkin kayak buah juwet/duwet di Indonesia yang jarang nemu, jadi opuntia ini juga kayaknya termasuk buah langka kali ya…😀

    Reply
    • 30. abrus  |  February 25, 2010 at 10:27 pm

      BintangTi, Sunflo pesan : “eh brus…, ntar gantian kamu yg balas komen para tamuku yaa.. jgn banyak banyol n nglawak loh… yg elegan gtu.. ok?? …

      Gimana nih BuDan, saya gak berani jawab komen tamu2 Bu Daiyah – was2 *gak elegan … hikss …
      BuDan jangan mesem2 gitu dong, kasih dakoww solusi … ok??

      Reply
      • 31. abrus  |  February 26, 2010 at 9:36 am

        BintangTi … hihihi … (BibiTi sdh jawab komen di blog @bru$, kini giliran Bu Komandan) …😉 sicakp Vanny, sigantg saibas dan simlanklis Melly, dll – sudah nunggu tuh …😦

        Kalo lelet kyk inet-ku, ntar honornya tak potong lho … hihihi (maaf, bu komandan – saking zemangat, syilaff)😛

        Yuhuiii … @bru$ ‘nungguin oleh2 Umrah dari Sunflo … BintangTi dan BibiTi … jangan dikasih (gak dapet tugas) … wue…*sambil ngeledek ngejulurin lidah ngikutin Kayla*

  • 32. wi3nd  |  February 25, 2010 at 3:39 pm

    Loch kaktus sist??

    subhanalloh yaaa..

    Reply
  • 33. Mamah Aline  |  February 25, 2010 at 6:24 pm

    bener deh diliat kek katus, tapi dalemnya kek buah naga ternyata banyak macemnya. belum pernah nyoba, liat juga baru nih…🙂

    Reply
    • 34. abrus  |  February 26, 2010 at 10:25 am

      @ Mamah Aline : belum pernah nyoba, liat juga baru … sammma kita …🙂 … Sunflo sudah nyicipiinn kaliii ?😆

      Reply
  • 35. muhammad zakariah  |  February 26, 2010 at 3:25 am

    weeww.. ternyata selain enak banyak kasiatnya jg ya.. penasaran pengen nyoba tu buah.. sapa tau bisa ketagihan.. hihi..:mrgreen:

    Reply
    • 36. abrus  |  February 26, 2010 at 10:28 am

      @ MZ …penasaran pengen nyoba tu buah? …
      monggo, jangan lupa kupas dulu – durinya tajam …🙂

      Reply
  • 37. Erry Andriyati  |  February 26, 2010 at 6:04 pm

    Hihih…..mas Abrus kelimpungan sendiri…..syukuriiin!!!!

    mba Sunflo….kalo ngeliat bentuknya sih,…ehm…rada eagu buat nge makan nya🙂

    Reply
    • 38. abrus  |  February 26, 2010 at 7:32 pm

      @ Erry Andriyati … kok gitu sih …😦 … senang ya lihat tetangga kelimpungan … (mata melotot kyk marah beneran) ..

      hihihi … geli lihat Mama Kayla ‘ketakutan … padahal buah Sunflo itu manis rasanya, kaya gizi dan vitamin … ruarrr biasaaa …🙂

      Reply
    • 39. abrus  |  February 26, 2010 at 7:37 pm

      @ Erry Andriyati … kok gitu sih, senang ya liat tetangga kelimpungan …😦 … (mata melotot kyk marah beneran)

      Hihihi … geli liat Mama Kayla ciut ‘ketakutan … buah Sunflo tuh (luarnya serem dlmnya manis, penuh gizi dan kaya vitamin, faham dikoww BibiTi … hehehe) … 😛

      Reply
      • 40. abrus  |  February 27, 2010 at 10:34 pm

        Alhamdulillah … Sunflo sdh pulang dengan *Selamat … legah deh … mandat dikembalikan …😛

  • 41. isil  |  February 26, 2010 at 7:14 pm

    jadi tahu kalau ternyta buah naga itu buah dari pohon kaktus…
    diawal pas liat buah itu, sil takut makannya, soalnya merah banget…
    sekarang ternyata ada yang buat jus juga mbak..

    Reply
  • 42. FaiS  |  February 26, 2010 at 7:49 pm

    hmhmm..
    kLo aku sich bLom pRnah liat buah sprti ini., untung aja ada artikeL ini jD tau dech aku.

    Reply
  • 43. bintangtimur  |  February 26, 2010 at 8:14 pm

    Tok…tok…tok…belum pulang ya…?
    Telpon kemarin itu, betul-betul bikin saya kaget banget, thanks ya….😀

    Reply
  • 44. tary curhat lagi  |  February 26, 2010 at 9:53 pm

    ass. hyy flo jadi pengen nyicipin dech buahnya. itu sama nggak rasanya sama buah naga???

    Reply
  • 45. idana  |  February 26, 2010 at 10:03 pm

    dia pakdhe nya buah naga yaaa….pantesan aku liat sepintas koq kek buah naga😀

    sunflooo belum balik yaa ?? semoga sehat selalu yaaa

    Reply
  • 46. vany  |  February 27, 2010 at 10:56 am

    memang mirip buah naga ya, mbak…
    tapi, saia baru dgr ttg buah opuntia ini….
    namanya unik bgt ya….😀

    Reply
  • 47. vany  |  February 27, 2010 at 12:40 pm

    saia br dgr ttg buah ini, mbk….
    bntuknya memang mirip buah naga ya…..hehehe

    Reply
  • 48. bintangtimur  |  February 27, 2010 at 4:09 pm

    Selamat datang, Sunflo…berhubung masih cuapek, monggo…istirahat dulu…hihihi😛

    Reply
  • 49. monda  |  February 27, 2010 at 7:47 pm

    dapat info bar terus nih dr sunflo,
    selamat beribadah umroh ya..

    Reply
  • 50. idana  |  February 27, 2010 at 9:28 pm

    sunfloooooooooooo udah balik yaaaa

    selamat beristirahat yaaa😀

    Reply
  • 51. HarisAhmad  |  March 1, 2010 at 4:46 pm

    sepertimya enak bu

    hooh gut…

    Reply
  • 52. best way to lose weight  |  March 1, 2010 at 9:06 pm

    best way to lose weight…

    Excellent article, I can see you put a lot of thought into this…

    Reply
  • 53. Meliana Aryuni  |  March 7, 2010 at 3:05 pm

    Penasaran banget dengan rasanya hmmm…semanis apa ya ?

    manis asreb gtu..

    Reply
  • 54. Triunt  |  March 9, 2010 at 7:14 pm

    Itu kalo ditanam di Indonesia bisa tumbuh nggak yah🙄

    bisa tapi susah berbuah kekna…^^

    Reply
  • 55. wong cilik  |  March 10, 2010 at 10:58 pm

    info yang bagus… btw, kalo buah naga, ada lho perkebunannya di batam.. hehehehehe… memang enak..

    iya udah banyak di indon ya… ^^

    Reply
  • 56. by  |  October 8, 2010 at 8:50 pm

    waaw, makasi infonya…
    boleh nih dijadien bahan liputan…

    Reply
  • 57. Dwi Setijo-Widodo  |  November 9, 2012 at 5:22 pm

    Waaahhh, di pesisir pantai di sebagian besar di Flores dan kepulauan sekitarnya banyak ditumbuhi jenis kaktus ini. Memang masyarakat tidak terbiasa memakan buahnya kecuali saat anak-anak mereka menggunakannya sebagai bahan tinta untuk menggambar atau menulis. Padahal rasa buahnya manis segar meski harus hati-hati saat mau memakannya karena membuang durinya cukup memakan waktu.

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Blogger

NOVI dengan nama pena SUNFLO ... ^^ Silahkan ambil yang bermanfaat dari sini, tanpa harus meninggalkan jejak atau komentar, kalau mau copas, silahkan, tapi harap yang bertanggungjawab...

sunflo’s Calendar

sunflo’s posting

February 2010
M T W T F S S
« Jan   Mar »
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728

Translate My Blog

Translate this blog into different languages...
العربية
english
Français
हिन्दी

Archives

Blog Stats since August '09

  • 3,960,791 hits

sedang ada di kebun sunflower

”amung

visitors traffic

Enter your email address to subscribe to this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 393 other followers

Like My Site

FP NOVI NOUF

Instagram NoviNouf

Kalo ini buat kajian tahfizh tahsin pagi ini.
#milkypudding #pudingsutrabuah #pudingbuah #fruitpudding #dessert #jumatbarokah #blessedfriday #instapic Milky silky pudding fruit buat pagi ini.. #pudding #pudingsusu #pudingbuah #dessert #cucimulut #seger #enyakenyak #fresh #fruit

%d bloggers like this: