My 3rd Umrah: Parkir…Oh…Parkir… – Part 1

February 28, 2010 at 3:17 am 41 comments

Alhamdulillaah… pada Rabu-Jumat kemarin Allah perkenankan aku dan hubby untuk melaksanakan umrah. Kali ini adalah umrahku yang ketiga.

Temans… bukan maksud tuk pamer atau apa… namun sungguh, sekali kita telah menginjakkan kaki ke masjidil haram (haramain), serasa kita ingin dan ingin untuk kembali lagi ke sana… Berasa kek di rumah sendiri saja…

Dulunya, sewaktu pertama kali umrah dan hajian, sempat terbersit dalam benakku untuk sekali saja melaksanakan umrah atau haji, dikarenakan sudah sangat seneng dan bersyukurnya bisa mengunjungi haramain. Namun… seiring dengan berjalannya waktu, pengalaman dan kesan yang ada, aku jadi ingin dan ingin selalu pergi ke sana… mumpung masih Allah beri kesempatan dengan didekatkan jarakku pada tempat-tempat mulia itu sekarang ini… Alhamdulillah..

Nah, sekarang… aku ingin berbagi pengalaman umrahku yang ketiga ini. Seperti biasa, aku akan membawa kalian tuk bersama menikmati perjalananku kali ini melalui banyak pics yang akan kushare di sini. Let’s go…

***

Kami berangkat menuju Makkah pada Rabu, 24 Februari 2009, pukul 16.00 dari Buraidah.

Jalanan yang kami lalui sepi, tidak seramai waktu hajian… sesekali kami menjumpai beberapa bis travel yang mengangkut para jama’ah umrah.

Temaram senja mulai memeluk langit saudi… di kejauhan sana, lampu-lampu mulai dinyalakan… tuh di depan kami ada truk yang mengangkut pakan ternak… yang akhirnya nanti truk itu kami salip…

***

Perjalanan panjang melintasi gurun, sangat jarang rumah penduduk yang bisa dijumpai, menghiasi 14 jam perjalanan kami malam itu…

di daerah Dukhnah, kami menjumpai gunung batu yang dihiasi dengan lampu-lampu… Walau nampak lucu di mataku, tapi… hmmm… bagus juga tuuh…:mrgreen:

ini bundaran saat memasuki kota Dukhnah… biasaaa… full lampu… idjo lagi…!! :mrgreen:

karena kami belum shalat maghrib, maka kami berhenti di sebuah masjid di kota Dukhnah… Aku dah siap-siap dengan segala keadaan yang akan dijumpai… doohh kek apa saja… Biasanya, toilet plus tempat shalat di sana gak pada bener bersihnya…😦

aku menuju ke mushala nisaa’ (wanita)

…dan ternyata….

….

Subhanallaah… ini tempat shalat wanita terbersih yang pernah kujumpai di sana… Lantainya kinclong banget… hehehe… cuma ada aku di sono… :mrgreen:

Aku laksanakan shalat jama’ taqdim qashar untuk shalat maghrib dan isya…dengan tas kesayanganku sebagai sutrahnya. Sstttt… tak ketinggalan tas kecilku yang kubawa ‘kan?? bukan tas wanita yang kutunjukkan dulu…😆

***

Kami mulai petualangan dengan menyusuri track panjang tanpa rumah penduduk, membelah gurun malam nan gelap, dan hanya ditemani oleh sinar rembulan serta lalu lalang teman jalanan lainnya…

Bete juga siih… tapi gmana lagi… :-(  nikmati ajalah… sambil banyakin doa dan sesekali ngobrol ma hubby…

Setelah 4 jam perjalanan bisu itu, kami berhenti di kota terdekat, ‘Afiif , dan langsung disambut dengan taman besar kota itu

kami makan malam dengan menggelar tikar di atas rerumputan taman ini… sambil mengistirahatkan sang sopir dan mobilnya….hehehe..

Setelah istirahat 30 menit di sana, kami lanjutkan perjalanan ke Thaif…

***

Kami tempuh 4 jam perjalanan dari ‘Afiif ke Thaif untuk menuju miqat di Qarn Al Manazil (As Sailul Kabiir)

Sampai di daerah Thaif, saat menuju miqat, di antara jalanan yang berliku membelah gunung batu, di langit depan kami, kami melihat meteor besar yang masuk ke bumi… hilang bergesekan dengan atmosfer bumi… subhanallaah… itu meteor terbesar yang pernah kulihat…

Ini adalah miqat Qarn Al Manazil… Kirain sepi, eehh … ternyata lumayan ramai oleh jama’ah umrah lainnya…

di dalam lokasi kamar mandi wanita, banyak pedagang yang menjual berbagai dagangan yang berkaitan dengan urusan ihram… ada sandal, kerudung, sabun mandi, pasta dan sikat gigi… dan lain sebaginya.

***

Kami lanjutkan perjalanan menuju ke Makkah… Wah, keknya gak keburu buat shalat shubuh di masjidil haram nih.. soalnya, keluar dari miqat saja pukul 5.15 am… Jarak dari miqat ini ke haram sekitar 1 jam… kalau tak macet di jalan.

Memasuki kota Makkah… Tuuh 2 hotel tinggi dekat haram udah keliatan…

Bener pulak, kami tak bisa mengejar shalat shubuh berjama’ah di haram…. dikarenakan satu hal… yaitu susah cari tempat parkir di dekat haram…!!

Ya udah, kami langsung menuju rumah salah seorang teman untuk shalat shubuh di sana dan beristirahat sebentar… Ngantuk banget euy!!

***

Pukul 9 am kami mulai menuju haram untuk melaksanakan thawaf dan sa’i.

melewati terowongan Sulaimaniyyah menuju ke haram… Subhanallah… di Makkah banyak sekali terowongan yang dibuat dengan melubangi gunung, sedikitnya 1 km panjangnya…

Jiaaahh… jalanan yang biasa kami parkir di sana, ditutup… :-(   hanya para pekerja proyek pengembangan masjidil haram saja yang boleh parkir di sana…

parkir mobil dialihkan ke bawah, belok kiri…

nie menuruni jalanan yang cukup curam… bangunan di sebelah kanan yang terlihat itu bakalan dihancurin…

dengan kepanasan dan ngos-ngosan aku n hubby jalan menuju haram dari tempat parkir di bawah… tampak di kejauhan … di bukit itu tuuh, banyak sekali traktor yang sedang meratakan bukit batu..

Pemerintah saudi emang lagi giat-giatnya mengembangkan masjidil haram tuk dijadikan kota terindah di dunia… terutama di dunia islam…

kek gini nie obsesinya… huh… tahun berapa aku bisa nikmati bentuk kota impian kek gini yaa…?? 😕

Tuh lihat temans… lahan yang biasanya jadi tempat parkir kami, eh…sekarang  jadi tempat mangkalnya robot baja ini…😦

ini pulak teman-temannya berderet dengan manisnya… peralatan ini yang digunakan untuk meratakan gundukan-gundukan batuan di sana…

***

Sampailah kami ke masjidil haram… Aku memisahkan diri dari hubby untuk mencari tempat wudhu dan shalat di bagian wanita. Ketemuannya nanti di Baab al Fath…

Ini tempat favoku… jalan menuju Baab an Nadwa yang dekat ma tempat wudhu…kulangkahkan kakiku ke sana, sendirian… :mrgreen:

Beneran temans… serasa kek di rumah sendiri saja!!!

Waah… aku membayangkan, arus thawaf ga begitu rame, sehingga aku bisa mencium hajar aswad nantinya…:mrgreen:

dan ternyataaa…

***

alhamdulillaah… sepi…🙂

Ini kali pertama aku melihat ka’bah sepi kek gini nie…

nah.. kami mulai masuk menuju start thawaf, yaitu tempat yang sejajar ma hajar aswad…

Nie dia tempat yang sejajar ma hajar aswad… sambil melambaikan tangan dan mengucap, “Allahu Akbar!!” kami memulai thawaf sebanyak 7 putaran..

***

Subhanallaah… walhamdulillaah.. bisa deket banget ma ka’bah!! 1-2 meter euy!!… Biasanya jauh banget…:mrgreen:

whuaaahh… bisa lihat n pegang hijr Isma’il…

ketika akan mendekati rukun Yamani.. aku melihat banyak orang melakukan ini di sekeliling ka’bah… pegang-pegang ka’bah, nempelin badan di dindingnya, menciuminya, berdoa di sana… itu semua tak ada contohnya dari Rasul Shalallahu’alaihi wa sallam… Makanya, petugas di sana (yang pake simagh merah itu…) selalu mengingatkan para jama’ah yang bandel-bandel itu…

Nah… kalau ini adalah sisi dari rukun Yamani… kita disunnahkan untuk mengusapnya… Alhamdulillaah aku berhasil mengusap sebanyak dua kali thawaf… Bentuknya batu dan harum baunya… Setelah putaran kedua, tempat ini ramai oleh para jama’ah yang lain… dan arus thawaf mulai ramai kala hari beranjak siang nan terik…

Yang ada payung ijonya itu adalah tempat hajar aswad… aku ga bisa cium hajar aswad, karena yang antri adalah para lelaki dan penuuuuuhhhhh… Belasan kali umrahpun, hubby kagak pernah bisa mencium hajar aswad…soalnya gak maksain diri siih…:mrgreen:

Whuuaa… aku bisa lihat secara dekat pintu ka’bah… Tuh juga ga boleh, pegangan di pintu ka’bah kek gtu…

(foto by googling)

antara pintu ka’bah dengan maqam ibrahim (ralat: hajar aswad) inilah merupakan tempat mustajab… Aku banyakin doa di sana… untuk diri sendiri, keluarga dan sobat-sobat yang namanya terlintas di pikiranku dan tersimpan di hatiku…🙂

Setelah selesai thawaf, kami melaksanakan shalat sunnah 2 raka’at, nyari tempat yang sejajar lurus ke belakang dengan maqam ibrahim… atau kalau misalnya ga bisa, ya dimana aja bisa melaksanakan shalat… (barangkali lagi penuh sesak)

***

Sebelum sa’i, aku sempatkan telpon ke orangtua (bapak, ibu dan ibu mertua) … hehehe… “Mak, aku di depan ka’bah euy… !!”

sekarang bukit shafanya dipercantik dengan pagar yang terbuat dari kaca…

ini saat aku sa’i

Tahu ga temans?? sewaktu sa’i ini .. kusempatkan pula untuk menelpon beberapa sobat nyata dan mayaku…

Teristimewa,… aku telpon ma jeng bintang timur, ismi dan riyanti… wkwkwkwkk… deg-degan ga terima telpon dari sunflo, ladies…??! ini pertama kali dengar suara sunflo yaa…?? Ntar selanjutnya, kita ketemuan dech, inshaAllah…😉

” it’s me… sunflo…, i’m real …”:mrgreen:

(bersambung)

ps. Ralat untuk al multazam adalah dari rukun hajar aswad hingga sampai pintu ka’bah, sunflo udah ralat tuh tulisan… dibaca ulang yaa… maap…^^

Entry filed under: umrah dan haji. Tags: .

Mencicipi Opuntia, Si Pear Berduri My 3rd Umrah: Parkir…Oh…Parkir – Part 2

41 Comments Add your own

  • 1. bintangtimur  |  February 28, 2010 at 6:05 am

    Pertama dulu…maafkan daku, Abruuuus…😛

    hahaha..😆

    Reply
  • 2. bintangtimur  |  February 28, 2010 at 6:18 am

    Aduuuuuh, speechless nih….perjalanannya indah banget!
    Masjidil Haram itu sekarang makin bagus aja, kalo udah selesai renovasinya, kita ketemuan disana yuk…Insya Allah, yang penting kan niat dulu ya🙂
    Sunfloooo, selamat datang lagi…ditunggu posting part 2-nya, hehehe, payung ijo tadi itu bikin saya ngebayangin bendera ijo di blog saya…terus ada juga lampu ijo yang terang benderang…wuiiih, memang disana semua serba ijo ya, yang kalo disini kan identik dengan agama kita…disana juga kali yaaaa?
    Eh iya, makasih lo udah di telpom waktu Sunflo mau Sa’i, duuuuh, bingung banget mau ngobrol apa mana waktu itu baruuuu aja bangun tidur…panik dan seneng, campur aduk jadi satu…thanks…😀

    oh.. bgono yaak, pantesan grogi banget tuuh… aamiin, semoga kita bisa menikmati kota impian itu bersama kelak ya sis..

    Reply
  • 3. bintangtimur  |  February 28, 2010 at 6:20 am

    Sssst, tas hitam kecil itu bikin saya senyum-senyum sendiri…inget cerita Sunflo dulu…😉

    ah, tetep ga bisa ke lain tas sis….😦

    Reply
  • 4. abrus  |  February 28, 2010 at 6:58 am

    Amankan posisi ke-4 – bolehkan BintangTi… eh Bu Komandan?

    silahkan…

    Reply
  • 5. abrus  |  February 28, 2010 at 7:32 am

    Subhanallah, … alangkah beruntungnya Sunflo, betapa tidak – dalam waktu singkat sudah 1 x haji plus 3x umrah – rahmat besar, anugerah dari-Nya yang istimewa. Bebahagialah dikoww dan hubby-mu.😀

    Walau saya baru 1x Umrah … hikss … Tetap bersyukur, bisa puasa Ramadhan 4 hari di Mekah plus shalat taraweh depan Ka’bah.
    Selamat datang kembali Sunflo ke blogmu (dgn oleh2 post yg menawan hati) …😛

    semoga Allah mudahkan jalan bagi abrus tuk ke sana lagi… aaamiin..

    Reply
  • 6. abrus  |  February 28, 2010 at 8:02 am

    Beneran mbak Novi Wibawanti … eh salah, Sunflo – kau langkahkan kakimu ke sana (tempat wudhu;), sendirian … berani? …😦 … saya deg2an nih – infonya, kalo disana wanita jangan (dibolehkan) jalan sendiri … hehehe

    Benar temans, ujar Sunflo lagi … disana serasa kek di rumah sendiri saja!!! … (Betul sekali, saya waktu itu juga merasakan nuansa demikian, padahal manusia2nya beda jauh sama kita) …🙂
    Hal ini tidak saya rasakan waktu berada di Pura Besakih – Bali, nuansanya sangat beda banget, padahal sudah ikutan pakai ‘seragam masuk pura itu.
    Subhanallah nikmat yang diberikan pada Sunflo dan Hubby-nya … Ya Mu’min – Ya Muhaimin – Ya Aziiz – Ya Jaabbar …

    alhamdulillaah aman Brus… ^^ makasih yaa..

    Reply
  • 7. abrus  |  February 28, 2010 at 8:06 am

    Btw BintangTi …. eh, Bu Komandan dapat telpon dari Sunflo di depan Ka’bah? … (hiksss lagi deh) …😦 … kok saya gak kebagian sih? – matanya disayu2in pura2 sedih, padahal nelongso juga sih … wkwkwkwkk… hahaha … salam taqzim …😛

    just for ladies only Brus.. emang abrus is a lady??😛

    Reply
    • 8. abrus  |  February 28, 2010 at 8:58 am

      Oo iya Sunflo hampir lupa, imel sudah saya terima dan baca😉

      Subhanallah …
      Ya Rab, Engkau Yang Maha Segala-galanya,
      Semoga Engkau Terima do’a kami – Ya Jabbaar,

      Dan semoga yang mendo’akan hamba-Mu yang hina dina ini,
      mendapat balasan berlipat ganda dari-Mu, Ya Hakiim
      Amin, Amin Ya Rabbal Alamin

      Bu Daiyah yang baik hati,
      Sungguh saya terharu atas do’anya yang tulus dan ikhlas,
      semua itu adalah buah tangan-mu yang ‘sangat tinggi nilai,
      tak sebanding dgn emas dan tidak setara dgn berlian,
      saya hanya mampu mengucapkan ‘terimakasih – terimakasih,
      Semoga semua itu menjadi ‘amal ibadah di sisi Allah SWT. Amin!

      aamiin ya Rabb, semoga Engkau mengijabahinya tuk temen bloggerQ yang baik hati ini… aamiin

      Reply
  • 9. Dan (TlsnKhdpn)  |  February 28, 2010 at 11:56 am

    alhamdulillaah… bahagia…
    postingannya bagus.. lengkap…
    semoga Allah menerima amal ibadah Mbak.. amin..

    aamiin

    Reply
  • 10. ossy  |  February 28, 2010 at 12:21 pm

    Subhanallah, senangnya bisa ada di dekat Kabah..
    btw sunflo merangkap jadi wartawan juga ya selagi umroh? Laporannya jurnalistik sekali, serasa nonton ‘jejak petualang’ ato ‘nikmatnya dunia-ajiiib’, hehe
    teruskan

    hehehe… iya nie oss, jadi jurnalis…ceritanya…😛

    Reply
  • 11. bintangtimur  |  February 28, 2010 at 1:06 pm

    Abruuus, kalo kangen komen disini, jangan diborong gitu dong…kasian kan yang lain nggak kebagian tempat, mana dapet nomor urutnya jauh lagi…hehehe😛
    Amankan deh itu nomor 4, secara nomor 1, 2 dan 3 udah diamankan duluan sama saya…hihihi…ayo, udah update blog belum?
    Inget lo ya, update-nya jangan lama-lama…😀

    hahahaha… ada apa ini rame2…hehehe…😆

    Reply
    • 12. abrus  |  February 28, 2010 at 8:13 pm

      Bu Komandan (BintangTi) – sabar napa. Orang sabar tuh, subur … eh, kurang pas … ‘disayang Tuhan …🙂

      update-ku yad ttg ………. (rahasia, biar ‘panasaran … lagi di cicil nih – kantor lagi di ‘wasrik interen) …😦

      apaan tuh wasrik intern?

      Reply
  • 13. catatanpelangi  |  February 28, 2010 at 1:27 pm

    Kunjungan balasan. Subhanallah, hanya satu kata itu yg bisa mewakili semua. Salam kenal ukhti

    kenal jugaa.. makasih dah ksini de’

    Reply
  • 14. asepsaiba  |  February 28, 2010 at 2:14 pm

    Kapan2 pulang boleh nih minta oleh-olehnya…😀
    Nikmatnya selalu dekat dengan tempat terindah di dunia….
    Kapan ya saya bisa kesana…?

    smoga Allah mudahkan kang asep sekeluarga tuk bisa ke sana some day… aamiin.

    Reply
  • 15. monda  |  February 28, 2010 at 3:43 pm

    alhamdulillah, sunflo udah pulang
    reportasenya lengkap, kamera boleh masuk ya?
    aku bacanya sampai merinding, kepengen sekali jadi tamu Allah, insya Allah

    aamiin semoga mba sekeluarga dimudahkan jalan olehNya tuk ke sana… kalau di masjidil haram kamera bleh masuk, tapi kalau di masjid nabawi… hehehe… tunggu cerita sunflo berikutnyaa.. ^^

    Reply
  • 16. ismi  |  February 28, 2010 at 3:54 pm

    speechless bner wkt ditelp!!!!!!!
    kirain miskol dowang :p

    **blon baca utuh postingannya……..
    baca dolo yaaa…..

    wakakakkkkkaa…😆

    Reply
  • 17. wahyu  |  February 28, 2010 at 5:08 pm

    jd kepingin mau ke sana..😦 kapan bisa ke sana ya?

    some day inshaAllah bisa, Rez..

    Reply
  • 18. bayuputra  |  February 28, 2010 at 5:42 pm

    wah teriamakasih banyak karena sudah berbagi.. saya sekeluarga hanya bisa mendoakan semoga bisa menjadi haji yg mambrur ….
    sukses selalu bersama keluarga tercinta…
    dan salam persahabatan blog dari bayu di kalimantan Tengah…

    makasih bayu dah berkunjung ke sini, aamiiin atas doanya…^^

    Reply
  • 19. aurora  |  February 28, 2010 at 6:04 pm

    enak banget ya kak sunflo… umrohnya udah kayak shalat aja… bisa 5 kali sehari… hehehe

    alhamdulillaah rief…^^

    Reply
  • 20. Erry Andriyati  |  February 28, 2010 at 8:02 pm

    mba Sunflo…..
    Reportase yang lengkap…dan bikin pengen dateng kesana….belum pernah…dan pengeeeeen banget…mudah mudahan bisa terlaksana yaaa…..

    Mas Abrus….Kali ini komen nya serius dan syahdu euy….hihihi….

    aamiinn.. semoga Allah mudahkan erry sekeluarga tukdapat ke sana kelak aamiiin…^^

    Reply
    • 21. abrus  |  February 28, 2010 at 8:26 pm

      BibiTi … ya iyalah – waktu Sunflo (Umrah kemaren) lagi di Multazam n Hijir Ismail (depan Ka’bah), saya ikut di do’akan Sunflo … gitu mama Fathir … wkwkwk … (ngejulurin lidah mirip Kayla) …😛

      wkwkwkkk…😆

      Reply
  • 22. dedekusn  |  March 1, 2010 at 6:12 am

    Luarr biasa, sungguh perjalanan ibadah yg tak terlupakan, apalagi disaat disana , pertama juga mendengar sahabat di dunia maya. Membayangkanya sungguh nikmat, apalagi yg erasakannya

    alhamdulillaaah…

    Reply
  • 23. isil  |  March 1, 2010 at 7:01 am

    senangnya bisa umroh mbak…
    suatu saat sil akan berada disana juga mbak..amin

    aamiiin semoga ya Sil, Allah mudahkan jalannya..^^

    Reply
  • 24. fety  |  March 1, 2010 at 11:23 am

    subhanallah, makasih mbak bisa melihat semuanya dari jarak dekat.

    sama-sama de’

    Reply
  • 25. ofaragilboy  |  March 1, 2010 at 3:15 pm

    selamat ya dah umrah.. semoga amal ibadahnya diterima Allah SWT.
    amin…

    salam kenal

    makasih de’… kenal juga…

    Reply
  • 26. wi3nd  |  March 1, 2010 at 3:15 pm

    Subhanalooh sistah…

    senan9 sekaliii bisa datan9 kemabli kerumahNYA..

    *hiks,aku kapan yah ?*

    kok aku nda ditelpuuuunnnnnnnnn???!

    heheh

    aq blom punya no telp na wi3nd…😦

    Reply
  • 27. muhammad zakariah  |  March 1, 2010 at 4:13 pm

    subhanallah.. kapan ya aq bisa kesana.. hehe.. moga nanti akan tercapai..🙂

    aamiiin semoga Allah mudahkan buat ade’ tuk ke sna kelak…aamiin

    Reply
  • 28. Kakaakin  |  March 1, 2010 at 4:53 pm

    Karena masih pagi, ya… jadinya sepi..
    Serasa kayak di rumah sendiri… Untung nggak sekalian ambil sapu untuk bersih2:mrgreen:
    Subhanallah…
    Lanjut ah ke part 2-nya🙂

    Reply
  • 29. adelays  |  March 2, 2010 at 12:00 pm

    Alhamdulillah… Kayaknya Adelays sudah didoakan nih.. disini..
    Amiiin.. Ngarep banget soalnya…
    Amiiiin…. berner2 ngarep bisa hajj dan umrah…

    hehehe…

    Reply
  • 30. Yusef  |  March 2, 2010 at 5:56 pm

    Yusef…

    Gotta say, mighty fine article…

    Reply
  • 31. Mr Sparkle  |  March 3, 2010 at 4:37 am

    Mr Sparkle…

    Superb article, great writing style, content, and blog theme….

    Reply
  • 32. lyna riyanto  |  March 4, 2010 at 9:24 pm

    setiap kali membaca dan melihat yang berhubungan dengan haji dan umrah selalu hati jadi haru

    mekkah mmg akan dibuat semakin indah, semoga nanti semakin memudahkan jamaah untuk beribadah

    tidak pernah saya melihat halaman tengah masjidil haram dengan sedikit jamaah seperti di pic diatas, belum pernah bisa mencium hajar aswad, mudah-2 kelak masih ada kesempatan lagi untuk datang kesana.

    semoga ibadahnya diterima Alllah ya Mbak🙂

    aamiin makasih jeng… emang selalu bikin rindu tuk kesana… semoga kelak dmudahkan langkah dan jalannya tuk ke sana ya…^^

    Reply
  • 33. Triunt  |  March 9, 2010 at 7:24 pm

    terharu pas baca bagian ini.

    “Sebelum sa’i, aku sempatkan telpon ke orangtua (bapak, ibu dan ibu mertua) … hehehe… “Mak, aku di depan ka’bah euy… !!”

    ternyata teteup rame juga ya…

    selalu yunt…^^ kalau habis thawaf aq sempatkan telpon enyakbabe… ^^

    Reply
  • 34. wong cilik  |  March 10, 2010 at 11:04 pm

    duh… terima kasih atas foto2nya.. kita2 yang jauh ini jadi berasa dekat benget dengan tempat suci tsb.. semoga Alloh SWT segera memberikan rejeki sehingga kami bisa segera sampai kesana…

    aamiin…. aq juga berharap demikian utk temans semua yg berkeinginan tuk ke sana

    Reply
  • 35. ardee  |  April 8, 2010 at 4:39 am

    kenapa ya? mencium hajar aswad tidak dibuat tertib, antrian atau sebagaimana yg baik. daripada berdesak2an, takutnya terbuat dosa dengan tdk sengaja (berbenturan) menyakiti fisik orang lain….

    keknya susah ngatur org sedunia tuh de’… ^^

    Reply
  • 36. fitriah  |  April 15, 2010 at 7:43 pm

    SUBHANAALLOH BGUSSS SKALI CRITA’Y

    terimakasih… alhamdulillaah… ^^

    Reply
  • 37. khuddam  |  June 26, 2010 at 12:12 pm

    doanya mudah2an allah meridoi aku berkunjung ke baitullah

    Reply
  • 38. yulika satria daya  |  August 27, 2011 at 2:26 pm

    assalamualaikum. mba afwan nih mw klarifikasi, mba wahabi yach?

    Reply
    • 39. sunflo  |  August 27, 2011 at 4:49 pm

      hooh aq ‘wahabi’ emang knapa? ga boleh?? angker… hehehe piss dah… v^^

      wahabi n ngikut paham orang2 yang bener ajah sesuai ma pemahaman para sahabat n salaful ummat, ga neko2 dengan pemahaman yang diada-adakan setelah zaman nabi shalallahu’alaihi wa sallam

      Reply
      • 40. hills  |  September 4, 2011 at 11:17 am

        ‘sesuai ma pemahaman para sahabat n salaful ummat’
        belum tentu juga mba,, itu kan cuma kata ‘ulama’2 saudi moso selingkuh ma amerika dibilang sesuai salaful ummah. hehe yg bener ajah mba ini.

  • 41. sunflo  |  September 12, 2011 at 8:28 pm

    terserah kamu deh mana yang enak n OK ajah … biar kamu seneng n puas… hehehehe… piss dah.. ^^ ike kagak suka ngebahas yang kek genean

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Blogger

NOVI dengan nama pena SUNFLO ... ^^ Silahkan ambil yang bermanfaat dari sini, tanpa harus meninggalkan jejak atau komentar, kalau mau copas, silahkan, tapi harap yang bertanggungjawab...

sunflo’s Calendar

sunflo’s posting

February 2010
M T W T F S S
« Jan   Mar »
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728

Translate My Blog

Translate this blog into different languages...
العربية
english
Français
हिन्दी

Archives

Blog Stats since August '09

  • 3,961,049 hits

sedang ada di kebun sunflower

”amung

visitors traffic

Enter your email address to subscribe to this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 393 other followers

Like My Site

FP NOVI NOUF

Instagram NoviNouf

This is another one.. #myredrose #redrose in #mygarden #gardening on a #balcony #flowerporn #love #beautiful #instaflower #instapic Tampak atas.. Aku masih terkesima aja sama penampakan ini, meski sekarang udah habis, tinggal kenangan.. Tapi cakep yak.. #gaadayangnanya :)) #pudingsusu #silkypudding #pudingbuah #me #dessert #bikinsendiri #homemade #instapic

%d bloggers like this: